Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 2 (2018): Agustus

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE(Predict Observe Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Getaran Dan Gelombang

Suranti, Meliana ( Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Yusuf, Mohamad ( Universitas Negeri Gorontalo)
Payu, Citron S. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, dan jenis analisis yang digunakan menggunakan rumus uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh perhitungan dan analisis data menggunakan uji t dengan  nilai thitung 16,81 > ttabel 2,042 yang menggambarkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima. Pengaruh penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang dengan nilai N-gain sebesar 0,65 kategori sedang. Nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 81,02 lebih tinggi dari nilai KKM yang ditentukan (75). Berdasarkan uji statistik, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan  hasil belajar siswa dari penggunaan model POE  pada materi getaran dan gelombang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...