Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 1 (2016): Februari

Deskripsi Hirarki Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo dalam Memahami Materi Ikatan Kimia dengan Menggunakan Instrument Tes Terstruktur

Ineng, Jahardi ( Jurusan Kimia, Fakultas Matematikan dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi hirarki kemampuan siswa dalam memahami materi ikatan kimia. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 82 orang siswa. Pada penelitian ini digunakan instrumen sebagai alat pengumpul data, yaitu soal tes uraian terstruktur. Persentase kemampuan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo dalam memahami materi ikatan kimia sebanyak 59,52 %. Berdasarkan data hasil penelitian, maka kemampuan siswa dalam memahami materi ikatan kimia secara keseluruhan masih rendah. Sedangkan berdasarkan hirarki kemampuan siswa dalam memahami materi ikatan masih sangat rendah, terbukti kemampuan siswa hanya sampai pada menentukan struktur lewis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...