Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) disertai media crowsword puzzel terhadap prestasi belajar pada materi hukum-hukum dasar kimia. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berjumlah 40 siswa, dengan menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Pretest Posttest Control Group Design”. Pengujian hipotesis data dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) disertai media crowsword puzzel terhadap prestasi belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung 6,84 > ttabel 1,684 pada taraf nyata α = 0,05 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2018