Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 2 (2018): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Disertai Crowsword puzzel Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia

Latif, Fransiska ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Rumape, Opir ( Universitas Negeri Gorontalo)
Tangio, Julhim S. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) disertai media crowsword puzzel terhadap prestasi belajar pada materi hukum-hukum dasar kimia. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berjumlah 40 siswa, dengan menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Pretest Posttest Control Group Design”. Pengujian hipotesis data dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa  terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) disertai media crowsword puzzel terhadap prestasi belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung 6,84 > ttabel 1,684 pada taraf nyata α = 0,05 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...