Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap tahun pelajaran 2014/2015 yakni dari bulan April 2015 sampai dengan bulan Juni 2015.dengan Subyek Penelitian sejumlah 3 orang guru IPA MTs Al-Huda Kota Gorontalo yang menjadi binaan peneliti. dan menetapkan indikator keberhasilan 84 % untuk kualitas kinerja masing-masing guru IPA dalam menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan Tingkat keterlibatan Siswa dalam pembelajaran. Hasil analisis setelah dilaksanakan pengamatan siklus 1 maka 3 orang guru IPA MTs Al-Huda Gorontalo yang menjadi subyek penelitian, satu orang belum mencapai target di atas 84%. Hasil yag dicapai adalah 33.33 %. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 2 maka hasil analisis menunjukkan guru tersebut sudah memenuhi target kinerja yakni mencapai nilai di atas 84 %. Dan Peningkatan keterlibatan siswa dari 74.52% menjadi 85.64%. Dengan demikian target kompetensi guru menggunakan model Picture and picture dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendampingan yang dilakukan pengawas terhadap guru IPA di MTs Al-Huda Kota Gorontalo dalam pembelajaran berhasil dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa,sehingga prestasi siswa dapat meningkat.
Copyrights © 2016