Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 1 (2016): Februari

Peningkatan Kompetensi Guru IPA di MTs Al-Huda Gorontalo Melalui Pendampingan Supervisi Akademik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture

Lamohamad, Nita ( Dinas Pendidikan Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap  tahun pelajaran 2014/2015 yakni  dari bulan April 2015 sampai dengan bulan Juni 2015.dengan  Subyek Penelitian sejumlah 3 orang guru IPA MTs Al-Huda  Kota Gorontalo yang menjadi binaan peneliti. dan menetapkan indikator keberhasilan  84 % untuk kualitas kinerja masing-masing guru IPA dalam menggunakan model pembelajaran Picture and Picture  dan Tingkat keterlibatan Siswa dalam pembelajaran. Hasil  analisis setelah dilaksanakan pengamatan siklus 1   maka   3 orang guru IPA MTs Al-Huda Gorontalo  yang menjadi subyek penelitian, satu orang belum mencapai target di atas 84%. Hasil yag dicapai adalah  33.33 %. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 2  maka hasil analisis menunjukkan  guru tersebut sudah memenuhi target kinerja yakni mencapai nilai di atas 84 %. Dan Peningkatan keterlibatan siswa  dari 74.52% menjadi 85.64%. Dengan demikian  target kompetensi guru  menggunakan model Picture and picture dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendampingan yang dilakukan pengawas terhadap guru IPA di MTs Al-Huda Kota Gorontalo dalam pembelajaran berhasil dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa,sehingga prestasi siswa dapat meningkat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...