Jurnal Genta
Vol 4, No 1 (2016): Genta Vol. 4 Nomor 1 Tahun 2016

Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pengajaran Berbasis Multimedia dengan Semangat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMK Senopati Sedati Sidoarjo

prasetyo, yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru mata pelajaran Sejarah di SMK Senopati Sedati Sidoarjo kelas X yang dalam proses pembelajaran sejarah masih menggunakan media sederhana seperti papan tulis,gambar dan lain-lain,juga masih mengandalkan metode ceramah oleh guru pengajar sejarah yang mengakibatkan banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak semangat dalam proses pembelajaran sejarah di kelas X SMK Senopati Sedati Sidoarjo.Adapun populasi penelitian ini adalah 300 siswa (kelas Xa – Xg), sedangkan sampel penelitiannya adalah 12% dari 300 siswa sebanyak 36 siswa kelas X SMK Senopati Sedati Sidoarjo tahun ajaran 2015-2016, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling.; Adapun rancangan penelitian yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah Penelitian Hubunganonal berjenis Resiprical atau hubungan timbal balik.Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, observasi,interview, dan angket.; Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan media pengajaran berbasis multimedia di SMK Senopati Sedati Sidoarjo adalah tergolong kurang. Hal ini terbukti dari hasil prosentase tertinggi ( 55,6 % ) adalah berada pada interval 40 % - 55 % yang berarti kurang. (2) Semangat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah di SMK Senopati Sedati Sidoarjo adalah tergolong kurang. Hal ini terbukti dari hasil prosentase tertinggi ( 52,8 % ) adalah berada pada interval 40 % - 55 % yang berarti kurang. (3) Terdapat hubungan antara pemanfaatan media pengajaran berbasis multimedia dengan Semangat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah di SMK Senopati Sedati Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rxy ( 0,974 ) adalah lebih besar dari hasil perhitungan tabel ( rt ) baik pada taraf signifikansi 5 % ( 0,325 ) atau pada taraf signifikansi 1 % ( 0,418 ).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian dan kajian pustaka tentang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah. ...