Jurnal Genta
Vol 5, No 1 (2017): Genta Vol. 5 Nomor 1 Tahun 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWAKELAS X SMA KATOLIK UNTUNG SUROPATI KRIAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2016-2017

fitriany, aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas X SMA Katolik Untung Suropati Krian Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2016-2017. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar Sejarah sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas X SMA Katolik Untung Suropati Krian Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 55 siswa, 27 siswa dari kelas X-1 dan 28 siswa dari kelas X-2. Kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning sedangkan kelas X-1 sebagai kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori yang biasa digunakan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan membandingkan mean.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebutdibuktikan dari hasil mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, yaitu 87,70> 77, 21.Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian dan kajian pustaka tentang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah. ...