Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor internal yangmempengaruhi proses belajar. Untuk mengetahui sejauh mana telahmencapai sasaran belajar maka dibutuhkan penilaian dari hasil belajar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosionaldan hasil belajar matematika siswa. Kecerdasan emosional siswamerupakan kemampuan untuk mengendalikan emosi yang meliputi dapatmengenali emosi diri, dapat mengelola emosi, dapat memanfaatkanemosi, dapat mengenali emosi orang lain serta dapat membina hubungandengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifinstrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi hasil belajarulangan harian 1 pada materi faktorisasi bentuk aljabar. Data yangdiperoleh dari penelitian ini adalah terdapat korelasi sebesar 0,46yangmenyatakan ada hubungan kecerdasan emosional dan hasil belajarmatematika siswa yang berarti memiliki tingkat hubungan sedang.Melalui persamaan regresi Y =4634,04 + 1,33X, hubungan kecerdasanemosional dan hasil belajar matematika siswa sebesar 21,36% dan sisanya78,6% ditentukan faktor lain.Kata Kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar matematika
Copyrights © 2015