Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

Sari, Nova Hartika (Unknown)
Sesunan, Feriansyah (Unknown)
Nyeneng, I Dewa Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share ditinjau dari keterampilan berkomunikasi dan pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berkomunikasi. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA1 dan X MIPA3 SMAN 13 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2017/2018 menggunakan desain control group pretest-posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,60 dan pada kelas kontrol sebesar 0,38.  Peningkatan pada kedua kelas memiliki kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar dengan nilai sig. pada uji two way anova sebesar 0,00<0,05. Rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada kelas eksperimen  yaitu 69,71 lebih besar dibandingkan dengan pada kelas kontrol yaitu 61,42. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa semakin tinggi keterampilan berkomunikasi siswa maka hasil belajar yang dicapainya akan semakin tinggi pula.Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Keterampilan Berkomunikasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...