Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN No.2 Lombonga. Jumlah siswa16 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari  4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Materi untuk siklus I yaitu penyesuaian diri tumbuhan, dan untuk siklus II yaitu penyesuaian diri hewan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 75%, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 84,37%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 95,31%. Hasil observasi aktivitas siswa berupa penilaian afektif berada dalam kategori sangat baik yaitu 90,2% dan psikomotor berada dalam kategori sangat baik yaitu 89,0%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN No.2 Lombonga pada Mata Pelajaran IPA.   Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe STAD, hasil belajar IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013