Jurnal Sekolah Dasar
Vol 20, No 2 (2011): Tahun 20, Nomor 2, November 2011

PENDEKATAN-PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Bambang Sugianto (Universitas Haluoleo)



Article Info

Publish Date
30 May 2013

Abstract

Abstract: The succesfull of teaching in the elementary school mostly determined by teachers as classroom managers. Islamic religion teachers should give best services, provide enjoyment and passionate environment. Therefore, it needs teaching approaches. There are approaches used in Islamic religion teaching, eg. Experiential approach,  habitual approach, emotional approach, rational approach, cultural approach, individualapproach, group approach, variety approach, educative approach, and meaning approach.   Abstrak: Keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar banyak ditentukan oleh guru pengelolan kelas. Guru agama Islam hendaknya memberikan layanan terbaik, menyediakan lingkungan yang menyenangkan, dan menggairahkan. Untuk itu diperlukan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar, antara lain pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pedekatan rasional, pendekatan fungsional, pendekatan  kultural, pendekatan lndividual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan edukatif, dan pendekatan  kebermaknaan.

Copyrights © 2011