Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 1 (2006): Tahun 15, Nomor 1, Mei 2006

PENERAPAN MODEL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Moh. Syarif (Universitas Terbuka UPBJJ Malang)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Model interaktif menekankan pada bagaimana pembaca menggunakan pengetahuan sintaksis, semantik, grafofonenik, dan skemata. Asumsi teori ini adalah bahwa semua sumber informasi tersebut berinteraksi ketika seseorang sedang membaca. Dengan demikian, membaca bukanlah proses yang berurutan, melainkan proses yang melibatkan banyak kejadian pada suatu waktu. Model interaktif dalam pembelajaran membaca berusaha untuk membuat anak mahir dalam mengaktifkan skemata dan pengetahuan tentang huruf-huruf dan bunyi-bunyi, makna kata, serta susunan kata. Dalam model interaktif, pembaca menggunakan skemata ketika memproses informasi di dalam teks. Model interaktif dalam pembelajaran membaca dapat diterapkan pada semua tingkatan kelas di sekolah dasar.

Copyrights © 2006