Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 2 (2006): Tahun 15, Nomor 2, November 2006

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN SENIRUPA DI SD/MI

- Sumanto (Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 May 2013

Abstract

Keragaman bentuk kreativitas senirupa di SD/MI berkaitan langsung dengan penggunaan berbagai jenis media seni (bahan dan peralatan) sebagai sumber belajar. Penggunaan sumber belajar senirupa secara tepat akan dapat mengembangkan kreativitas senirupa anak SD/MI. Untuk mewujudkan kreativitas senirupa tersebut harus diikuti dengan upaya guru dalam mengembangkan sumber belajar sesuai dengan materi seni yang dilatihkan. Pengembangan sumber belajar senirupa di SD/MI diharapkan bermanfaat secara edukatif bagi perkembangan pikir, emosi, ekspresi, motorik halus, keterampilan, cita rasa keindahan sesuai kompetensi yang dicapainya. Pemahaman mengenai pengembangan sumber belajar senirupa di SD/MI dalam uraian ini berisikan pengetahuan mengenai pengertian sumber belajar senirupa, dasar pengembangan sumber belajar senirupa di SD/MI, bentuk pemanfaatan sumber belajar senirupa di SD/MI, lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, sumber belajar berwawasan jender, sumber belajar sesuai minat anak dan sumber belajar berwawasan teknologi sederhana.

Copyrights © 2006