Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 2 (2006): Tahun 15, Nomor 2, November 2006

POTRET PEMBELAJARAN, MASALAH KEMAMPUAN BERPIKIR, DAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS DI SD

Makrina Tindangen (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
28 May 2013

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah dasar belum menunjukkan pembelajaran yang bermakna. Dampaknya bermasalah pada kemampuan berpikir siswa, terutama pada kemampuan berpikir kreatif, seperti kemampuan memecahkan masalah. Agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah, maka harus terjadi pembelajaran bermakna. Ini akan terjadi apabila siswa mengaitkan konsep yang ada dengan materi pelajaran yang dipelajari atau masalah yang akan dipecahkan. Media belajar bermakna adalah peta konsep karena melalui peta konsep terjadi hubungan antara konsep yang satu dengan yang lainnya dalam bentuk proposisi. Konsep merupakan dasar bagi proses berpikir yang lebih tinggi. Pemecahan masalah menuntut seorang siswa mengetahui aturan-aturan yang relevan, dan aturan-aturan ini didasarkan pada konsep-konsep yang dimilikinya. Pembelajaran yang menekankan pada upaya agar terjadi belajar bermakna adalah pendekatan siklus belajar, pendekatan kelompok untuk peta konsep, dan pendekatan metaparadigma.

Copyrights © 2006