Jurnal Sekolah Dasar
Vol 14, No 2 (2005): Tahun 14, Nomor 2, November 2005

PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK APRESIASI CERITA DI SEKOLAH DASAR

- Dawud ( Universitas Negeri Malang (UM))



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Menurut teori skema, proses membaca memilik empat aspek, yakni membaca merupakan proses aktif mencari makna, proses konstruktif, proses penerapan beragam pengetahuan, dan proses strategis. Membaca merupakan proses memahami dan bernalar; kegiatan mehubungkan gagasan dalam bacaan dan pengetahuan tentang “dunia”. Pembaca efektif memiliki tujuan yang jelas dalam membaca. Pemahaman proses membaca dan kekhasan cerita sebagai bacaan berperan penting dalam proses memahami dan mengapresiasi cerita untuk anak sekolah dasar. Pembelajaran apresiasi cerita dapat ditingkatkan melalui kerangka pembelajaran yang memperhatikan proses membaca dan hakikat strukur cerita.

Copyrights © 2005