EDUKASI
Vol 17, No 1 (2019): Edisi Januari 2019

POTENSI MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU DENGAN NUMBERD HEADS TOGETHER ( DLNHT ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUBTANSI GENETIK

Sofina Banyal (Program Studi Magister Pendidikan Biologi Unkhair)
Chumidach Roini (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Biologi Unkhair)
Sundari Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam model Discovery Learning dipadu dengan Numberd Heads Together (DLNHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental (Quasy Experiment). Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018 - 2019 di SMA Negeri 5 di Kota Ternate. Teknik analisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan membandingkan nilai pre dan post test. Soal pre test berjumlah 15 nomor dan soal uraian berjumlah 5 nomor. Teknik analisis deskriptif hasil belajar meliputi presentase hasil belajar,ketuntasan dan presentase predikat sangat baik (A),baik(B),Cukup(C) dan kurang (D) serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dari pre test ke post test. Teknik analisis statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian melalui sistem (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh model pembelajaran Discovery dikombinasikan dengan Numberd Heads Together adalah 83. Prosentase ketuntasan hasil belajar 100%,perolehan kategori sangat baik (20,8%), kategori baik (75%), kurang (4,2%) dan kurang (0%). Hasil analisis statistik inferensial uji N-gain adalah 3,8  > 0,7 pada sampel menunjukan ada peningkatan kategori tinggi terhadap hasil pre dan post test. Hasil uji homogenitas adalah 0,00 > 0,05 menunjukan sampel berada dalam homogenitas, uji normalitas adalah 0,77  > 0,05  menunjukan sampel berada dalam keadaan homogen dan uji anacova adalah 0,01 <  0,05. Hasil Uji anacova membuktikan hipotesa ada peningkatan  hasil belajar dengan menggunakan model  Discovery Learning dipadu dengan Numberd Heads Together (DLNHT). Kata kunci : Model Discovery Learning, Numberd Heads Together (DLNHT), Hasil                             Belajar Siswa , Subtansi  Genetik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...