cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : 24075302     DOI : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial" : 24 Documents clear
STRATEGI PENGEMBANGAN PENGELOLAAN HUTAN ADAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA LUBUK BERINGIN Norsidi, Norsidi
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.732 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1231

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan model hutan berkelanjutan berbasis kearifan lokal di masa mendatang. Penelitian ini lebih menekankan dengan pendekatan kuantitatif melalui analisis data model interaktif dan SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Matrix Grand Strategy terlihat titik staregi pengembangan model pengelolaan hutan berkelanjutan Desa Lubuk Beringin Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo masa mendatang berada di posisi strategi pertumbuhan, yaitu memanfaatkan seoptimal mungkin kekuatan dan peluang yang dimiliki. Dalam diagram menunjukkan bahwa titik potong (1,150; 0,530) berada pada kuadran I, dimana situasi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang agar dapat meningkatkan pertumbuhan untuk pengembangan model pengelolaan hutan berkelanjutan Desa Lubuk Beringin di masa mendatang.
FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENGAWASI KINERJA KEPALA DESA DI DESA SUNGAI BESAR KECAMATAN BUNUT HULU KABUPATEN KAPUAS HULU Yuliananingsih, Yuliananingsih; Novianty, Fety; Jumiati, Jumiati
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.521 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1259

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan mengenai fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mengawasi kinerja kepala desa di Desa Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu ditinjau dari Permendagri Nomor 110 tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi dalam pembuatan regulasi belum terlaksana dengan baik. Sama halnya dengan fungsi dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melaukan pengawasan kinerja kepala desa yang belum maksimal dalam pelaksanaan dikarenakan kurangnya pemahaman anggota BPD terhadap tugas dan fungsinya.
PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP KOPERASI PONTIANAK Andriati, Novi; Hidayati, Novi Wahyu
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.745 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1253

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data faktual mengenai program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa SMP Koperasi Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu prosedur yang memaparkan keadaan objek yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum interaksi sosial siswa SMP Koperasi diperoleh persentase sebesar 57,11% tergolong sedang. Hal ini dapat dinterpretasikan melalui 4 aspek interaksi sosial yaitu interaksi sosial terhadap komunikasi, interaksi sosial terhadap sikap, interaksi sosial terhadap tingkah laku kelompok dan interaksi sosial terhadap norma sosial. Rancangan program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa disusun berdasarkan asesmen kebutuhan tentang interaksi sosial yang disusun berdasarkan program bimbingan dan konseling komprehensif yang terdiri dari layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, serta dukungan sistem.
PENGEMBANGAN MEDIA WEBBLOG UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI IKIP-PGRI PONTIANAK Trisnowati, Eli; Ralasari, Tri Mega
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.078 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1260

Abstract

Media webblog mempunyai banyak manfaat dalam bidang pendidikan salah satunya dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling. Untuk berkontribusi pada pelaksanaan layanan, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media webblog dalam  layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian berdasarkan uji coba lapangan utama yang dilakukan oleh 18 subjek diperoleh skala penilaian dengan rata-rata 3, 98 dengan kategori baik, kemudian uji coba lapangan operasional pada 60 subjek setelah revisi produk utama diperoleh skala penilaian 4, 33 dengan kategori sangat baik, sedangkan media webblog untuk layanan bimbingan dan konseling dengan kategori sangat baik telah berhasil dikembangkan dan layak digunakan sebagai salah satu media untuk layanan bimbingan dan konseling di UPT Pelayanan Konseling.
HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK Anggela, Rika; Suherdiyanto, Suherdiyanto; Rina, Rina
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.525 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1254

Abstract

Konsep dasar geografi merupakan bagian dari hakikat grografi yang harus diketahui sejak awal oleh peserta didik di sekolah atau mahasiswa yang melanjutkan pedidikan geografi di perguruan tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Penguasaan Konsep Dasar Geografi Dengan Hasil Belajar Geografi Regional Indonesia Pada Mahasiswa Semester IV Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak TA.2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan studi hubungan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan Dokementasi.Analisis data dengan mencari nilai rata-rata untuk Penguasaan Konsep Dasar Geografi dan Hasil Belajar sedangkan untuk hubungan dengan uji hipotesis menggunakan rumus product moment. Koefisien korelasi hasil perhitungan menunjukkan 0,503 > 0,381, berarti terdapat hubungan yang positif signifikan antara penguasaan Konsep Dasar Geografi dengan hasil belajar pada mahasiswa Geografi IKIP PGRI  Kota Pontianak. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: ”Terdapat Hubungan Penguasaaan Konsep Dasar Geografi Dengan Hasil Belajar Geografi Regional Indonesia Pada Mahasiswa Semester IV Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak TA.2017/2018”, diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KECAKAPAN SOSIAL Saragih, Siti Zahara; Ritonga, Nurhakima; Sari, Novi Fitriandika
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.542 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kecakapan sosial dan hasil belajar mahasiswa pada materi polusi lingkungan di STKIP Yayasan Universitas Labuhan Batu. Metode penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kecakapan sosial mahasiswa (F = 3,262; P = 0,042). Kecakapan Sosial mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) (85,100 5,546) tidak berbeda secara statistik dengan model inkuiri (83,100 5,042), tetapi lebih tinggi dibandingkan model konvensional (81,380 5,133); (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa (F = 3,505; P = 0,033). Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) (79,040 9,793) tidak berbeda secara statistik dengan model inkuiri (75,070 9,466), tetapi lebih tinggi dibandingkan model konvensional (68,530 7,149).
IMPLEMENTASI SILA KE EMPAT BERLANDASKAN PANCASILA PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK Octavia, Erna; Rube’i, Anwar
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.543 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1261

Abstract

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, dasar-dasar negara Indonesia, juga merupakan ideologi nasional negara kita. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai yang kebenarannya diakui, dan menimbulkan tekad untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari telah mengalami degradasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat, fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Implementasi sila keempat berlandaskan Pancasila pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak sudah terlakasana dengan baik, walaupun semua nilai-nilai pancasila belum dapat terimplementasi secara maksimal.
POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR Gunawan, Tri; Muhabbatillah, Sajidah
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.191 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1006

Abstract

Globalisasi dan modernisasi membawa perubahan yang sangat besar terutama dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi memunculkan kemudahan-kemudahan dalam mengakses pelbagai media sosial di internet. Bahkan, Facebook telah dimiliki oleh siswa-siswi Sekolah Dasar dan dapat mereka akses kapan saja. Penelitian ini dilakukan di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Facebook yang adalah anak Sekolah Dasar dilandasi fanatisme mereka terhadap klub sepakbola Persebaya. Pola asuh yang dikembangkan orang tua dalam penggunaan Facebook pada anak mereka adalah dengan menerapkan pola asuh authoritarian yaitu membebaskan anak bermain Facebook tetapi menerapkan batasan-batasan seperti tidak melupakan kewajiban anak sebagai siswa Sekolah Dasar. Serta pola asuh neglectful dimana orang tua acuh tak acuh terhadap anaknya yang menggunakan Facebook.
PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SEJARAH BANI UMAIYAH KELAS VIII SMPN 3 PONTIANAK Muhson, Nurul
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.234 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1230

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih konvensional  dan kurang inovatif. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran blended learning dengan prosedur yang benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh blended learning  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah Bani Umaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penerapan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar dari siklus ke siklus berikutnya. Sebelum diterapkannya blended learning di pra-siklus dilakukan uji coba tes kepada 29 siswa dan hanya 3,45% siswa yang tuntas, berarti ada 96,55% siswa yang belum tuntas. Pada siklus 1 dilakukan tindakan dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 55,17% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 44,83%. Pada siklus 2 dilakukan tindakan yang sama, yaitu dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 86,21% dan siswa yang belum tuntas sebesar 13,79%. Dengan demikian, pembelajaran dengan menerapkan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR Pratama, Rinaldo Adi; Pratiwi, Inne Marthyane
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.088 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v6i1.1036

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Indonesia pada siswa setelah mengikuti model pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMAN di Tangerang. Instrumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar dan tes hasil belajar siswa pada materi Sejarah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa. Apabila ditinjau berdasarkan kemandirian belajar, hasil belajar Sejarah Indonesia pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian rendah. Dengan demikian model pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi.

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 1 (2025): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 3 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 2 (2024): Sosial Horizon ( Jurnal Pendidikan Sosial) Vol. 11 No. 1 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 10, No 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 7, No 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial More Issue