JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733"
:
11 Documents
clear
ANALISIS INFORMATION SHARING PADA PT GOJEK INDONESIA CABANG MANADO
Eman, Marsel;
Tumbel, Altje L.;
Sumarauw, Jacky S. B.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (756.172 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15925
Abstrak: Teknologi kita saat ini yang semakin canggih dalam teknologi informasi. Kondisi dimana masyarakat ingin dipermuda dalam menginginkan, mencari, dan mendapatkan, dalam hal ini kebutuhan barang dan jasa, Go-jek hadir untuk mempermuda masyarakat dalam membeli ataupun mengantarkan barang maupun penumpang ketempat tujuan yang diinginkan tampah harus keluar atau malas untuk beraktivitas atau tidak mau membawa kendaraan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mangalisis information sharing dalam suply chain management pada PT Gojek Indonesia cabang Manado. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dan sumber data didapat melalui pendekatan wawancara. Penelitian pada PT. Gojek Indonesia cabang Manado telah memiliki kurang lebih 1.700 driver sehingga dapat disimpulkan bahwa Go-Jek menyediakan lapangan pekerjaan dalam konteks virtual sehingga memudahkan masyakat memakai GO-jek. Sejauh ini pun para driver Go-Jek menurut survey yang telah dilakukan merasa puas dengan gaji/upah yang mereka dapatkan. PT Gojek merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi. Go-jek bukan suatu perusahaan yang bergerak dibidang transportasi. Pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu manajemen opersional dengan analisis information sharing dalam suply chain management  Kata kunci: Information Sharing, Supply chain
ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI KOTA TOMOHON
Pardede, Awal P. B;
Wullur, Magdalena;
Palandeng, Indre D.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1167.587 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15843
 Abstrak: Kota tomohon merupakan salah satu kota yang memiliki capaian IPM tertinggi di level Kabupaten/kota pada tahun 2014/2015. Tetapi tidak semua orang dapat memperoleh pendidikan karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Kondisi inilah kemudian mendorong dimasukkannya klausul tentang pendidikan dalam amandemen UUD 1945. Konstitusi mengamanatkan kewajiban pemerintah untuk mengalokasikan biaya pendidikan 20% dari APBN maupun APBD agar masyarakat dapat menikmati layanan pendidikan, khususnya pendidikan dasar. Namun setelah mengikuti perkembangan bahwa APS maupun APK dan APM, demikian juga sertifikasi guru tidak memberikan jaminan meningkatkan kualitas siswa dan kinerja layanan, serta tidak bergerak seiring dengan profesionalisme dan profesionalisasi dari tenaga pendidik secara outcome. Maka Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen kualitas dari layanan pendidikan di Kota Tomohon. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Dari segi performance ditemukan lebih 50%-70% responden menyatakan tentang masalah kebersihan sarana-prasarana. Dari segi Realibility terdapat 55% dari para responden yang menyatakan tentang kehadiran para pengajar yang masih sering absen. Untuk aspek Service Ability masih terdapat 56% responden yang menyatakan bahwa pelayanan administrasi masih kurang baik. Kata Kunci: pendidikan, kualitas, layanan
ANALISIS PELATIHAN, PENEMPATAM KERJA DAN MUTASI KARYAWAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN NON MEDIS DI RSUP PROF Dr. R. D KANDOU MANADO
Kasim, Nursella;
Adolfina, Adolfina;
Tawas, Hendra N
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (585.538 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15953
Abstrak : Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa apakah Pelatihan, penempatan kerja dan Mutasi Karyawan Berpengaruh Terhadap Kepuasaan kerja karyawan pada Karyawan Non Medis Rumah sakit PROF Dr. R. D Kandou Manado. .Metode penelitian adalah assosiatif, jumlah populasi 596 dan Sampel 86, tempat penelitian di Rumah Sakit Umum PROF Dr. R. D Kandou Manado. Teknik analisis data penelitian bersifat kuantitatif maka data yang diperoleh dari responden lewat kuesioner dikodekan sesuai dengan skala interval 1 – 5, dan kemudian ditabulasi dengan menggunakan analisis statistik dengan program komputer SPSS. Hasil penelitian yaitu: Pelatihan, penempatan kerja, dan Mutasi Karyawan terhadap kepuasaan kerja karyawan pada karyawan Non Medis di Rumah Sakit Umum PROF Dr. R. D Kandou Manado. Pelatihan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan Non Medis RSUP PROF Dr. R. D Kandou Manado. Penempatan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap karyawan Non Medis Rumah sakit RSUP PROF Dr. R. D Kandou Manado. Mutasi Karyawan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan kerja karyawan pada karyawan Non Medis RSUP PROF Dr. R. D Kandou Manado. Kata kunci: Pelatihan, Penempatan Kerja, /mutasi Karyawan, Kepuasan kerja karyawan
THE INFLUENCE OF PRICE, SERVICE QUALITY, AND PHYSICAL ENVIRONMENT ON CUSTOMER SATISFACTION. CASE STUDY MARKOBAR CAFE MANDO
Cristo, Mandang;
Saerang, David P. E;
Worang, Frederik
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (501.92 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15962
Abstract: The Customer Satisfaction is the extent to which the responds of products or service meet the expectation of buyers. If the performance of the product or service is higher than the expectation of customer, the buyers will be satisfied. There are several factors that influence customer satisfaction such as price, service quality and physical environment. At the beginning of 2016 Markobar café become famous, and now Markobar Café already open some new brach in several cities in Indonesia and also in Manado. This studied aimed to determine the effect of price, service quality and physical environment on customer satisfaction in Markobar Café Manado. The type of this research is Multiple Regression analysis and the data was collected from 60 respondents of Markobar Café’s Manado. This research showed that simultaneous price, service quality and physical environment significantly influence customer satisfaction. Partially service quality and physical environment significantly influence customer satisfaction and price variable is not significant influence on customer satisfaction. Service quality and physical environment has contributed greatly to the customer satisfaction so the manager should consider about that two factors.Keywords: price, service quality, physical environment, customer satisfaction.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN SIKAP KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. BANK NEGARA INDONESIA KANTOR CABANG MANADO
Matasik, Christian P.;
Adolfina, Adolfina;
Lumintang, Genita G.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1046.648 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15841
ABSTRAK: Prestasi kerja bagi karyawan di suatu perusahaan sangat penting, demikian juga menciptakan suatu prestasi kerja adalah impian dan harapan yang harus tercapai. Komunikasi dan sikap kerja adalah beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi kerja seorang karyawan dalam suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. BNI Kantor Cabang Manado. Populasi penelitian karyawan PT. BNI Kantor Cabang Manado berjumlah 108 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 52 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi dan sikap kerja terhadap prestasi kerja karyawan PT. BNI Kantor Cabang Manado. Metode penelitian yaitu asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan kedua variabel bebas (komunikasi dan sikap kerja) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja PT. BNI Kantor Cabang Manado. Saran yang disampaikan kepada manajemen perusahaan, sebaiknya memperhatikan peran komunikasi dan sikap kerja para karyawannya, agar dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan. Kata kunci: komunikasi, sikap kerja, prestasi kerja
ANALISIS RANTAI PASOKAN PADA OLAHAN PRODUK KELAPA PADA PERUSAHAAN COCOPRIMA
Mawuntu, Christian Vrenly;
Hasan Jan, Arrazi bin;
Wangke, Shinta
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (972.88 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15842
ABSTRAK: Di era globalisasi kemampuan teknologi saat ini terbuka peluang baru bagi pengusaha dan bagi prioritas baru memenuhi permintaan baik di dalam daerah maupun luar. Salah satu bahan baku yang dijadikan Olahan Produk adalah Kelapa. Sulawesi utara sendiri merupakan salah satu wilayah penghasil komoditi kelapa terbesar di pulau Sulawesi. Manajemen Rantai Pasok bertujuan untuk membuat seluruh sistem menjadi efisien dan efektiv, meminimalisasi biaya transportasi, distribusi sampai inventori bahan baku, bahan dalam proses dan barang jadi. Tujuan dari pada Penelitian ini untuk menganalisis Rantai Pasokan Pada Olahan Produk Kelapa Pada Perusahaan COCO PRIMA. Dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, didapat pada perusahaan COCO PRIMA terdapat masalah pada proses pendistribusian bahan baku kelapa, sehingga mengakibatkan kurangnya produksi pada perusahaan. Pihak perusahaan harus memikirkan strategi untuk mendapatkan bahan baku dengan menambah jaringan pemasok atau supplier ke wilayah-wilayah diluar Sulawesi Utara seperti Gorontalo dan sekitarnya. Kata Kunci: Manajemen Rantai Pasok , Bahan Baku, COCOPRIMA
PENGARUH DISIPLIN KERJA, PENEMPATAN, SERTA DIKLAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN HUTAN LINDUNG (BPDASHL) TONDAN DI MANADO
Mahale, Dewi Y.A.;
Dotulong, Lucky O. H.;
Tawas, Hendra N.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (811.884 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v5i2.15951
Abstrak :Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan atau tidaknya signifikan dari disiplin kerja, penempatan serta diklat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan atau secara langsung. Hal ini berarti bahwa bagus atau tidaknya kinerja pegawai di pengaruhi oleh disiplin kerja,penempatan,serta diklat.Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Disiplin Kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL). Hal ini berarti bahwa bagus atau tidaknya kinerja pegawai di pengaruhi oleh Disiplin Kerja.Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Penempatan Kerjaberpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai diBalai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL) Tondano di Manado. Hal ini berarti bahwa bagus atau tidaknya kinerja pegawai di pengaruhi oleh Penempatan Kerja. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Diklat tidak signifikan pengaruhnyaterhadap Kinerja Pegawai diBalai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL) Tondano di Manado. Sebaiknya pimpinan instansi memperhatikan faktor kesesuaian pengetahuan, kesesuaian keterampilan, dan kesesuaian sikap yang dimiliki oleh pegawai tersebut (The right man on the right pleace), sehingga pegawai dapat lebih mudah melaksanakan tugas/pekerjaannya guna mencapai kinerja yang lebih baik. Kata kunci::disiplin kerja, penempatan, diklat, kinerja pegawai
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. FIF GROUP MANADO
Bawarodi, Meike;
Tewal, Bernhard;
Raintung, Michael Ch.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (570.844 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15952
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. FIF GROUP Manado, serta untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan pada PT. FIF GROUP Manado. Jenis penelitian yaitu asosiatif. Lokasi penelitian di PT. Federal International Finance (FIF) GROUP Manado. Waktu penelitian Oktober–Desember 2016. Sampel 67 responden, sampling jenuh. Metode analisis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian: (1) secara simultan, variabel kepemimpinan transaksional dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan; (2) secara parsial, variabel kepemimpinan transaksional dan budaya organisasi masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan transaksional merupakan variabel tertinggi sedangkan budaya organisasi merupakan variabel terendah yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Saran yaitu: PT. FIF Group cabang Manado perlu memperhatikan gaya kepemimpinan transaksional dari para manajer dan supervisor yang bisa membantu meningkatkan kinerja para karyawan dan staf yang bekerja di perusahaan ini. Selain itu PT. FIF Group cabang Manado juga perlu memperhatikan budaya organisasi perusahaan khususnya lebih menanamkan nilai-nilai budaya perusahaan agar lebih meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan.Kata Kunci : kepemimpinan transaksional, budaya organisasi, kinerja karyawan
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DAN BANK MANDIRI(PERSERO)TBK PERIODE 2012-2015
Munadi, Meryho M;
Saerang, Ivonne S.;
Mandagie, Yunita
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1212.425 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.5.2.2017.15901
Abstrak: Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah di mata dunia dan banyak memiliki potensi-potensi untuk menjadikan negara yang maju dan makmur, tetapi banyak faktor-faktor penghambat kemajuan tersebut, salah satunya adalah faktor kondisi keuangan yang sampai saat ini merupakan masalah yang membutuhkan perhatian khusus, karena lembaga keuangan saat ini memegang peranan sangat penting dalam kelangsungan perekonomian Indonesia. Penelitan ini bertujuan menganalisis kinerja keuangan pada Bank Rakyat Indonesia (PERSERO)Tbk dan Bank Mandiri (PERSERO)Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan alat analisis rasio keuangan dan uji beda Independen Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank BRI dan Bank Mandiri dalam ratio ROA dan ROE dan tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam CAR, LDR, NPL, NPM. Manajemen Bank Mandiri sebaiknya lebih memperhatikan serta meningkatkan kinerja keuangannya, sedangkan manajemen Bank BRI meskipun sudah dikatakan baik namun perlu meningkatkan kualitas kinerja keuangannya. Kata kunci : kinerja keuangan, rasio keuangan.
PENGARUH PERENCANAAN SDM, REKRUTMEN DAN PENEMPATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.PLN (PERSERO) WILAYAH SULUTTENGGO
Noer, Siti W.P.;
Trang, Irvan;
Uhing, Yantje
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (501.362 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v5i2.15950
Abstrak : Perencanaan SDM yang baik, the right men in the right place akan dapat diraih oleh perusahaan. Penempatan pegawai yang kompeten dan tepat pada posisinya dapat tercapai dengan lebih optimal dan cepat karena perusahaan telah mengetahui dengan baik kualitas SDM yang diperlukan, bagaimana merekrutnya bila hendak menambah karyawan, juga bagaimana mempertahankan karyawan-karyawan terbaik. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja karyawan, dalam penelitian ini penulis hanya meneliti tiga variabel yaitu Perencanaan SDM, Rekrutmen Dan Penempatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan SDM, Rekrutmen Dan Penempatan Terhadap Kinerja Karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah PT.PLN (PERSERO) WILAYAH SULUTTENGGO. Sampel sebanyak 65 karyawan dari 181 karyawan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan yaitu secara simultan dan parsial Perencanaan SDM, Rekrutmen Dan Penempatan Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan. Kata kunci: Perencanaan SDM, Rekrutmen, Penempatan Dan Kinerja Karyawan