cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
joy.tulung@unsrat.ac.id
Phone
+6282311115902
Journal Mail Official
emba@unsrat.ac.id
Editorial Address
FEB UNSRAT
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
ISSN : 23031174     EISSN : 26226219     DOI : https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39971
Core Subject : Economy,
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471" : 12 Documents clear
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT. SINAR PASIFIK INTERNUSA MANADO Wereh, Hendra S.; Mekel, Peggy A.; Nelwan, Olivia
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.605 KB) | DOI: 10.35794/emba.v2i2.4733

Abstract

Hasil produksi dari berbagai sektor yang dihasilkan kemudian akan dipasarkan didalam daerah maupun di kirim ke luar daerah untuk dipasarkan. Ada lagi kebutuhan akan barang-barang yang belum tercukupi diluar daerah kemudian membeli barang-barang dari pasar ataupun toko yang ada di Manado. Dari kegiatan ini tentunya membutuhkan jasa pengiriman yang mampu mengirimkan barang yang cepat sampai di tangan pembeli.  Pola antrian merupakan karakteristik suatu antrian ditentukan oleh unit maksimum yang boleh ada di dalam sistemnya yang terbatas maupun tidakterbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem antrian yang efisien untuk peningkatan kinerja dan optimalisasi pelayanan pada PT. Sinar Pacifik Internusa. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif.  Kesimpulan penelitian ini adalah, sistem antrian yang diterapkan pada PT. Sinar Pacifik Internusa adalah jenis sistem antrian model Multiple Channel Query System atau M/M/S, dimana terdapat beberapa Teller (front desk staff) yang dapat melayani para pelanggannya, namum fase yang dilewati oleh pelanggan untuk melakukan transaksi melalui teller hanya satu kali. Dengan demikian tidak terjadi penumpukan atau penundaan terhadap pengiriman barang,   Hasil analisis menunjukkan model  untuk  sistem  pelayanan kondisi real yaitu M/M/S model First in first out (FIFO), dan rata-rata waktu pelayanan selama 20 menit untuk setiap pelanggan. Kata kunci: sistem antrian, optimalisasi pelayanan
PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP PADA BLU RSUP PROF.DR. R.D. KANDOU MANADO Sangeroki, Grifyth P. C.; Tinangon, Jantje J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.791 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4811

Abstract

Sistem yang digunakan pada RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado dianggap kurang mampu menyediakan informasi biaya yang akurat sehingga dapat mempengaruhi profitabilitas rumah sakit. Dengan menggunakan metode activity based costing (ABC) pihak rumah sakit dapat menulusuri aktivitas yang terjadi dalam memberikan pelayanan jasa rawat inap, sehingga dapat diketahui jumlah biaya yang wajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan tarif jasa rawat inap dengan metode ABC dibandingkan dengan tarif yang berlaku saat ini. Metode  analisis yang digunakan adalah  metode deskriptif komparatif yaitu metode yang menunjukkan dan membandingkan penentuan tarif jasa rawat inap sebelum dan sesudah menggunakan metode ABC. Hasil penelitian menggunakan sistem ABC, harga kelas VVIP dan VIP memperoleh harga yang lebih kecil dibandingkan harga yang berlaku saat ini. Berbeda dengan harga kamar kelas-kelas lainnya yang memperoleh harga yang jauh lebih besar daripada harga yang ditetapkan. Pihak rumah sakit dapat menggunakan metode ABC hanya untuk mengetahui perbandingan harga jasa rawat inap yang ditentukan pemerintah. Sehingga dapat diketahui berapa besar subsidi yang diberikan pemerintah untuk kelas I. II, dan III. Kata kunci: activity based costing, rumah sakit
PROMOSI, HARGA DAN INOVASI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU FUTSAL NIKE DI TOKO AKBAR ALI SPORT MANADO Umaternate, Maulana M.I.; Tumbuan2, Willem JF.Alfa; Taroreh, Rita
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.58 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4757

Abstract

Sepatu Futsal Nike merupakan salah satu sepatu Futsal yang banyak digemari pemain Futsal saat ini. Kebijakan promosi, harga dan inovasi menjadi hal penting bagi Perusahaan Nike untuk meningkatkan penjualan Sepatu Futsal Nike. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana faktor-faktor promosi, harga dan inovasi  mempengaruhi keputusan pembelian sepatu futsal Nike. Metode penelitian asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian berjumlah 953 orang, teknik sampling yang digunakan accidental sampling dimana jumlah sampel 91 orang dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara bersama promosi, harga dan inovasi terhadap keputusan pembelian. Promosi dan inovasi mempunyai nilai positif, harga mempunyai nilai koefisien regresi negatif. Perusahaan sebaiknya mempertahankan harga sepatu futsal yang ada karena harga yang ditawarkan selama ini berbanding lurus dengan kualitas yang diterima konsumen, promosi agar lebih ditingkatkan sehingga konsumen lebih cepat mengetahui produk-produk sepatu futsal Nike yang terbaru. Kata kunci: promosi, harga , inovasi, keputusan pembelian
ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN, KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ASURANSI JASARAHARJA PUTERA MANADO Mufidah, Mufidah; Mandey, Silvya L.; Mananeke, Lisbeth
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.266 KB) | DOI: 10.35794/emba.v2i2.4726

Abstract

Karyawan dapat bekerja dengan baik bila memiliki kinerja tinggi sehingga dapat menghasilkan kerja yang baik pula. Dengan adanya kinerja yang tinggi yang dimiliki karyawan, diharapkan tujuan organisasi dapat tercapai, sebaliknya tujuan organisasi susah atau bahkan tidak dapat tercapai bila karyawannya tidak memiliki kinerja dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk tingkat pendidikan, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada  PT. Asuransi Jasaraharja Putera Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer  yang diperoleh melalui kuesioner ini dibagikan kepada karyawan yang bekerja pada PT. Asuransi Jasaraharja Putera Manado. Instrumen penelitian adalah skala likert dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan, kompetensi dan kompensasi berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhada kinerja karyawan pada PT. Asuransi Jasaraharja Putera Manado. Hasil uji penelitian menunjukkan karyawan menganggap kompensasi yang diberikan masih rendah, untuk itu sebaiknya manajemen berupaya meningkatkan kompensasi agar dapat meningkatkan kinerja dari para karyawan.   Kata kunci: tingkat pendidikan, kompetensi, kompensasi, kinerja karyawan
PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA PT. FORTUNA INTI ALAM DIMANADO SULAWESI UTARA Lepar, Septyani Martha; Morasa, Jenny; Mawikere, Lidia
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.302 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4723

Abstract

PT. Fortuna Inti Alam adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri kopi yang memiliki 3 jenis produk kopi yaitu Fortuna-1, Formula-1, dan Fortorang. Metode Activity Based Costing (ABC) merupakan sistem perhitungan harga pokok produksi (HPP) yang didasarkan pada aktivitas dalam perusahaan sehingga dapat menghasilkan HPP yang lebih akurat. Metode ini diharapkan dapat diterapkan pada PT. Fortuna Inti Alam. ABC ini memiliki 4 Tingkat (Level) yaitu level unit, level batch, level product, dan level facility. Metode ini diharapkan dapat diterapkan pada PT. Fortuna Inti Alam  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penetapan HPP dengan sistem ABC dan untuk mengetahui perhitungan HPP dengan metode ABC. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan perhitungan HPP dengan metode ABC menunjukkan kondisi undercost untuk produk Fortuna-1 dan kondisi overcost untuk Formula-1 dan Fortorang.  Hal ini disebabkan perhitungan harga pokok produksi dengan sistem tradisional hanya menggunakan satu cost driver yaitu jumlah unit produksi sebagai dasar pembebanan biaya overhead pabrik sedangkan metode ABC menggunakan lebih dari satu cost driver Kata kunci: harga pokok produksi, sistem tradisional, activity-based costing
KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KARYAWAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK SULUT (PERSERO) TBK. Malonda, Wibie Ch.; Kojo, Christoffel; Sepang, Jantje L
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.143 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4812

Abstract

Makin besar suatu perusahaan, makin banyak karyawan yang bekerja didalamnya, sehingga besar kemungkinan timbulnya permasalahan yang tergantung pada kemajemukan masyarakat di mana para karyawan itu berasal, yang nantinya akan bersinergi dengan kinerja organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik individu, kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Bank Sulut (Persero) Tbk. Metode penelitian asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi sebanyak 208 dengan menggunakan metode Slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Hasil penelitan menunjukan bahwa karakteristik individual, kompensasi, dan motivasi secara simultan dan parsial memiliki pengaruh positif  dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Sulut. Manajemen PT Bank Sulut di Kota Manado perlu melihat tentang kompensasi, dan motivasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja karyawan. Kata kunci: karakteristik individu, kompensasi, motivasi, kinerja
PELAKSANAAN PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA SERTA PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN UD. SINAR SAKTI MALALAYANG Dahlan, Mohammad Y.; Mananeke, Lisbeth; Dotulong, Lucky O.H
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.544 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4809

Abstract

Usaha perusahaan dalam menciptakan kinerja yang tinggi membutuhkan adanya peningkatan kualitas kerja. Dalam sebuah organisasi terdapat hal yang bisa mempengaruhi tingkat kinerja seorang karyawan. Beberapa hal yang berpengaruh pada kinerja karyawan di bidang industri adalah tingkat kesehatan dan keselamatan kerja serta pemberian insentif. Proses produksi yang tidak lancar kerena kecelakaan kerja akan mengakibatkan berkurangnya efisiensi. Penurunan kinerja dapat terjadi karena karyawan yang cidera dan sebagainya. Pemberian insentif merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Semangat tidaknya karyawan bisa juga disebabkan oleh besar kecilnya insentif yang diterima. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesehatan dan keselamatan kerja serta pemberian insentif terhadap kinerja karyawan UD. Sinar Sakti Malalayang. Jumlah anggota populasi sebanyak 39 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja serta pemberian insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan UD.Sinar Sakti Malalayang. UD. Sinar Sakti harus bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas kesehatan dan keselamatan kerja dan sistem pemberian insentif yang baik agar karyawan bisa termotivasi. Kata kunci: kesehatan dan keselamatan kerja,insentif, kinerja Karyawan
ROA, ROE, NPM PENGARUHNYA TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DAN FINANCIAL INSTITUSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2012 Lioew, Alfian Meykel; Murni, Sri; Mandagie, Yunita
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.235 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4807

Abstract

Kebijakan deviden merupakan hal yang penting karena bukan hanya menyangkut kepentingan perusahaan, namun juga menyangkut kepentingan pemegang saham. Dividen yang dibagikan kepada pemegang saham tergantung pada kebijakan perusahaan. Penelitian ini  untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi  dividend payout ratio pada perusahaan financial sektor yang listed di BEI periode 2010-2012 dengan menggunakan variabel Return on Asset (ROA), Return on Equity(ROE) dan Net Profit Margin (NPM), sebagai variabel independen. Teknik sampling yang digunakan adalah Judgment Sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak sepuluh  perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dividend payout ratio sebagai variabel dependen dan ROA, ROE, dan NPM sebagai variabel independen. Data diperoleh dari publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2010, 2011, dan 2012). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama, sehingga perusahaan dapat melihat nilai profitabilitas yang akan mempengaruhi kebijakan dividen perusahaan. Kata kunci: profitabilitas, dividend payout ratio
PERHITUNGAN PENCATATAN DAN PELAPORAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA PT. SIMPLE JAYA MANADO Sepang, Juvenalis Paulus; Ilat, Ventje; Mawikere, Lidia
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.65 KB) | DOI: 10.35794/emba.v2i2.4725

Abstract

Evaluasi terhadap Pencatatan, Pelaporan, dan Perhitungan Pajak Pertambahan Nilai pada perusahaan berpengaruh pada besar pajak yang dilaporkan serta disetorkan terlebih pada peningkatan pendapatan perusahaan itu sendiri. Tujuan Penelitihan ini adalah untuk mengetahui serta mengevaluasi perhitungan, pencatatan serta pelaporan pajak pertambahan nilai (PPN), apakah sesuai dengan peraturan UU No.1 Tahun 2012  tentang PPN dan jasa dan UU No. 18 Tahun 2000 perubahan kedua dari UU No.8 1983 tentang PPN yang berlaku. Metode analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitihan menunjukan bahwa perusahaan telah melakukan perhitungan, pencatatan, dan pelaporan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Manajemen perusahaan melakukan pengurangan antara pajak keluaran dengan pajak masukan, dikarenakan perusahaan mengalami kurang bayar akibat pajak keluaran lebih besar dari pada pajak masukan. Kata kunci: pajak pertambahan nilai, pajak masukan, pajak keluaran
KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA HILUX PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG KOTAMOBAGU Tundoong, Endru K.; Mandey, Silvya L.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.504 KB) | DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4759

Abstract

Persaingan perusahaan otomotif dalam mempertahankan pelanggan maupun menarik konsumen merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat. Sebagai usaha menarik minat konsumen maka perusahaan otomotif harus menyusun strategi yang lebih akurat, diantaranya meningkatkan kualitas produk dan ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Hilux. Populasi penelitian ini adalah 55 konsumen yang telah membeli Toyota Hilux dengan sampel sebanyak 40. Metode pengambilan sampel secara purposif dengan kriteria yaitu pembeli mobil Toyota Hilux di PT. Hasjrat Abadi Kotamobagu. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian Toyota Hilux di PT. Hasjrat Abadi Kotamobagu. Ekuitas merek merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam penelitian ini. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan keputusan pembelian konsumen dengan memfokuskan pada kualitas produk serta ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menjadikan perusahaan sebagai perusahaan otomotif terbaik di wilayah Kotamobagu. Kata kunci: kualitas produk, ekuitas merek, keputusan pembelian

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 01 (2025): JE. Vol. 13 No 1 Vol. 12 No. 4 (2024): JE. VOL 12 NO 4. 2024 Vol. 12 No. 03 (2024): JE. Vol. 12 No 3 Vol. 12 No. 01 (2024): JE. Vol. 12 No 1 Vol. 12 No. 2 (2024): JE. Vol. 12 No 2 Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023) Vol. 11 No. 1 (2023): JE. Vol 11 No 1 (2023) Vol. 11 No. 4 (2023): JE. VOL. 11 No. 4 Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3 Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022) Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022) Vol. 10 No. 2 (2022): JE. Vol 10 No 2 (2022) Vol 10, No 1 (2022): JE. Vol 10 No 1 (2022) Vol 9, No 4 (2021): JE. Vol 9 No 4 (2021) Vol 9, No 3 (2021): JE. Vol 9 No 3 (2021) Vol 9, No 2 (2021): JE VOL 9 NO 2 (2021) Vol 9, No 1 (2021): JE VOL 9 NO 1 (2021) Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE. VOL 8 NO. 3 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE VOL 8 NO 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020): JE VOL 8 NO 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020) Vol 7, No 4 (2019): JE VOL 7 NO 4 (2019) Vol 7, No 3 (2019): JE VOL 7 NO 3 (2019) Vol 7, No 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019) Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018) Vol 6, No 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 2 (2018): JE VOL 6 NO 2 (2018) Vol 6, No 1 (2018): JE VOL 6 NO 1 (2018) Vol 5, No 2 (2017): JE Vol 5 No 2 (2017) Hal 1193-1314 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL.1060 -1192 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 487 - 611 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 363 - 486 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 235 - 362 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO 1 (2017) HAL. 115 - 233 Vol 5, No 02 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2488 No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4475 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4365 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4235 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4095 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3985 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3885 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3764 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 No 3 (2017) HAL 3644 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3529 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3416 Vol 5, No 3 (2017): JE.VOL.5 NO 3 (2017) HAL. 3303 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3180 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3058 Vol 5, No 3 (2017): JE Vol 5 No 3 (2017) HAL 2938 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2829 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2713 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2597 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2385 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2286 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2193 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2099 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 1989 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1882 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1781 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1653 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1542 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 No 2 (2017) Hal 1433 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1315 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO. 1 (2017) HAL. 1 - 114 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL. 955 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2. (2017). HAL 847 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 734 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1145 - 1249 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1025 - 1143 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1486-1604 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1356-1485 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1221-1335 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1097-1220 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 903 - 1024 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 974-1096 Vol 4, No 5 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 236 - 301 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 783 - 892 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 (2016) HAL. 651 - 781 Vol 4, No 3 (2016): JE. VOL 4 NO.3 (2016) HAL 545 - 649 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 223 - 334 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol.4 No.3 (2016) Hal. 001-101 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 768-892 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 641-767 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 518-640 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 395-517 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 121-265 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 001-120 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 743-859 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 504-623 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 376-503 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-375 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-251 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 001-130 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 860-973 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 624-742 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 HAL 411 - 554 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 303 - 409 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 102-221 Vol 4, No 2: JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 266-394 Vol 3, No 3 (2015): JE Vol.3 No.3 (2015) Hal. 1266-1395 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 621-728 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 509-619 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 395-508 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 279-394 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 143-277 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 001-142 Vol 3, No 2 (2015): JE V3 No.2 Juni 2015, Hal. 001 - 123 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1008 - 1123 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1204- 1323 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1072- 1203 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 878 - 1003 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 884- 1007 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1126 - 1265 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 951- 1071 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 744 - 877 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 483 - 607 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 241 - 362 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 119 - 240 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001 - 118 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 758- 883 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 629- 757 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 375-499 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 247- 374 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 124- 246 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 841- 950 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 592- 716 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 474- 591 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 358- 473 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 118- 230 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001- 117 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 500- 628 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1686 - 1814 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1564 - 1685 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1443 - 1563 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1330 - 1442 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1214 - 1329 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1089 - 1213 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1594 - 1722 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1472 - 1592 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1212-1338 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 973 - 1089 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 714- 831 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 613- 713 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 482- 612 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 364- 481 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 233- 363 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 117- 232 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 853 - 972 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 727 - 852 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 598 - 726 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 477 - 597 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 361 - 476 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 116 -235 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 001 - 115 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 716-840 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 595-715 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 470 - 594 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 353 - 469 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 234 - 352 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 124 - 233 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 01 - 122 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1- 116 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2264 - 2381 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2143 - 2263 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2015 - 2142 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1892 - 2014 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1770 - 1891 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1650 - 1768 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1533 - 1649 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1406 - 1532 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1285 - 1405 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1165 - 1284 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1054 - 1164 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1193 - 1312 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1080 - 1193 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 936 - 1053 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 960 - 1079 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 821 - 935 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 709 - 820 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 582 - 708 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 462 - 581 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 344 - 461 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 235 - 342 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 882 - 997 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 841 - 959 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 722 - 840 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 603 - 721 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 558-663 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 476 - 601 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 446-557 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 356 - 475 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 339-445 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 233 - 354 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 230-338 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 118 - 232 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 110-229 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 001 - 117 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1 - 115 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 1-109 Vol 1, No 4 (2012): Jurnal EMBA, HAL 116 - 234 More Issue