JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360"
:
12 Documents
clear
CONSUMER PERCEPTION OF GLOBAL VS LOCAL BRANDS BETWEEN WALLS AND CAMPINA ICE CREAM IN MANADO
Kiwol, Diana Natalia;
Mekel, Peggy Adeline
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (333.869 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5514
Food brand is one main concern for a lot of people in every city or region in each part of this world when purchasing and using products or choosing and spending services, without denying the importance of features and quality of available items. This aim of study perception of global and local brand in Manado between Walls and Campina ice cream with five important element: sensation, absolute threshold, differential threshold, subliminal threshold and consumer perception. The method that used in this research is Independent Sample t-test. Independent Sample t-test is a method to compares the mean score of two groups on given variable. The fact that Walls ice cream has become more popular for the majority in Manado, compared with comparable products from Campina. The companies management from Walls and Campina ice cream  product in the Manado City must be aware with common customers’ concern about sensation factor (include products, packages, brand names,advertisements and commercials) because it can directly impact to cunsumers. Keywords: consumer perception, local brand
ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA UD. SINAR SAKTI
Macpal, Octavianus;
Ilat, Ventje
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (314.245 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i3.5496
Perusahaan perlu memperhatikan informasi tentang biaya karena biaya merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan tidak dapat dilepaskan dari setiap kegiatan perusahaan. Salah satu informasi penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan adalah mengenai informasi analisis biaya relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan biaya relevan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menerima atau menolak pesanan khusus serta untuk menganalisis biaya relevan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan atas menerima atau menolak pesanan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen belum menerapkan analisis biaya relevan dalam menghitung harga pokok produksi untuk sebuah pesanan khusus. Analisis biaya relevan, khususnya dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukkan bahwa dari alternatif yang diajukan mampu memberikan laba bagi perusahaan. Manajemen UD. Sinar Sakti sebaiknya menerapkan analisis biaya relevan agar supaya pesanan khusus dapat dijadikan sebagai sebuah strategi untuk mendapatkan peningkatan laba. Kata kunci: biaya relevan, pengambilan keputusan, pesanan khusus.
ANALISIS PENCATATAN DAN PELAPORAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA PT. WENANG PERMAI SENTOSA
Armelia Pania, Armelia;
Pangemanan, Sifrid s;
Afandy, Dhullo
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (280.166 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5500
Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen. Mekanisme pemungutan, penyetoran, dan pelaporan PPN suatu perusahaan ada pada pihak pedagang atau produsen yang disebut Pengusaha Kena Pajak (PKP). PT Wenang Permai Sentosa adalah anak dari perusahaan AKR Land Development yang bisnis utamanya bergerak dalam bidang property dimana dalam proses pencatatan maupun pelaporan PPN harus sesuai dengan prinsip serta aturan yang berlaku.Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menganalisis ketaatan terhadap proses pencatatan dan pelaporan PPN pada PT Wenang Permai Sentosa. Metode analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk perhitungan pajak masukan dari pembelian barang kena pajak dan pajak keluaran dari penjualan/penyerahan barang kena pajak selama tahun 2010–2012 mengalami angka perhitungan PPN Lebih Bayar itu di sebabkan karena VAT In lebih besar dari VAT Out. Disarankan agar sistem administrasi perpajakan secara historis terus mengalami perubahan oleh karenanya perusahaan sebaiknya terus melakukan update atas regulasi perpajakan. Kata kunci: pencatatan, pelaporan, pajak pertambahan nilai
THE INFLUENCE OF POWER PRESTIGE, ANXIETY, DISTRUST AND CREDIT CARD USAGE ON COMPULSIVE BUYING
Daun, Stella C.;
Pangemanan, Sifrid S.;
Mekel, Peggy A.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (361.627 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5513
Consumer behavior has been a topic of interest for many academics in the past few years, and one of the many subjects from consumer behavior is compulsive buying. Compulsive buying has known as an abnormal form of consumer behavior, regarded as the dark side of consumption. The purpose of this study is to analysis the influence of power prestige, anxiety, distrust, and credit card usage on compulsive buying of college student. The population observed was IBA students who use credit card with sample as many as 100 respondents. This research used quantitative analyze by using questionnaires and used multiple regression analysis. Result showed that power prestige, anxiety, distrust, and credit card usage influence compulsive buying simultaneously but not partially because distrust variable has no significant influences to compulsive buying. However, measuring money attitudes gives a clearer picture of how students perceive money and how money makes them feel towards themselves and towards various products or services. Therefore, further studies should widen the variable of money attitude that can potentially influence compulsive buying. A factor which captures obsession with money would be an improvement. It is captured by the power prestige dimension, but could be made explicit as a separate factor. Keywords: compulsive buying, power prestige, anxiety, distrust, credit card
THE EFFECT OF EXTRINSIC MOTIVATIONAL FACTORS TOWARDS IBA STUDENT ACHIEVEMENT
Rondonuwu, Mariska;
Saerang, David Paul Elia;
Pangemanan, Sifrid S.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (457.632 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5515
The reason students can facing the world of competition because they have a motivation. A thing that help students to get their motivation when they are not get a motivation by themself is through extrinsic motivational factors. There are two objectives of this research are to analyze the effect of extrinsic motivational factors towards student achievement and to identify the most influental factors on student achievement. The method is multiple linear regression analysis to examine the effect of independent variable (Environment, Lecturer, Family, Study Group) on the dependent variable (student achievement). IBA students in Economics and Business Faculty, Sam Ratulangi University as the population with 100 respondents. The result of this analysis which extrinsic motivational factors have positive effects on student achievement and lecturer is the most influencing variable that significantly influence student achievement. Moreover, based on F-test and T-test, all independent variable influence student achievement simultaneously but not partially because family factor has no significant affect to student achievement. This study suggest that the IBA system better to keep and maintain enthusiastic lecturer and family factor better to be increased  to make students can keep to be motivated more. Keyword: student achievement, environment, lecturer, family, study group.
PENERAPAN PSAK NO. 30 TENTANG PENDAPATAN SEWA PADA PERUM BULOG DIVRE SULUT DAN GORONTALO
Reza, Muhammad;
Saerang, David Paul Elia;
Sabijono, Harijanto
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (252.45 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5499
ABSTRAK Kegiatan sewa aktiva tetap dalam perusahaan umum harus memiliki ketentuan-ketentuan dalam setiap proses transaksi sewanya. Perlakuan akuntansi untuk transaksi sewa perlu diterapkan secara konsisten sesuai dengan PSAK No.30 dalam rangka penyusunan laporan keuangan. Dalam PSAK No.30 tentang sewa diatur pengakuan, pengukuran dan pengungkapan sewa yang dalam hal ini terdiri atas lessee dan lessor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah sewa pada Perusahaan Umum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo telah diterapkan sesuai dengan PSAK No.30. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan akuntansi sewa aktiva tetap menggunakan metode sewa operasi dimana pada akhir masa sewa aktiva tetap yang disewakan tetap menjadi milik pihak pemberi sewa dalam hal ini Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo. Hasil sewa aktiva tetap yang berada di daerah luar Manado agar supaya dilaporkan dulu di Bulog Divre Sulut dan Gorontalo sebelum dikirimkan ke Bulog pusat. Kata kunci: sewa, lessee, lessor
ANALISIS PENERAPAN SAK ETAP PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PT. NICHINDO MANADO SUISAN
Pratiwi, Ade Astalia;
Sondakh, Jullie J;
Kalangi, Lintje
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (352.754 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i3.5498
Laporan keuangan merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban pengelolaan perusahaan oleh manajemen kepada pihak eksternal maupun internal. Melihat pentingnya dari segi kegunaan, laporan keuangan harus disusun berdasarkan standar yang berlaku agar dapat diinterpretasikan dengan konsep dan pemahaman yang sama oleh para penggunanya. Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku umum cukup menyulitkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang hanya berpengetahuan akuntansi minim dalam menyusun laporan keuangan. Standar Akuntasi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) hadir dengan tujuan untuk mengakomodir kebutuhan entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan dalam penyelenggaraan usahanya seperti UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan SAK ETAP pada penyajian laporan keuangan PT. Nichindo Manado Suisan. PT. Nichindo merupakan usaha menengah yang bergerak di bidang pengelolaan dan ekspor ikan kayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian berdasarkan Neraca dan Laporan Laba Rugi tahun 2011 dan 2012, menunjukan bahwa perusahaan belum menyajikan laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan (CALK) serta terjadi inkonsistensi dalam penyajian beberapa pos pada Neraca yang tidak diungkapkan dalam CALK. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan menyusun komponen laporan keuangan lainnya dan mengungkapkan kebijakan akuntansi perusahaan dalam CALK. Kata kunci: sak etap, laporan keuangan,
THE EFFECT OF CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER LOYALTY, AND BRAND COMMITMENT ON WORD OF MOUTH OF WALL’S ICE CREAM IN MANADO
Kindangen, Citra Pingkan;
Pandowo, Merinda Pandowo
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (373.947 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5504
Food and beverage products and the followed improvement in industry are familiar for common people in every part of this world. The aim of this research is to analyze the effect of customer satisfaction, customer loyalty, and brand commitment on word of mouth. To achieve the objectives, the research method used is causal research by using multiple regression analysis as the analytical tool. The population of this research is the consumers in Manado who ever taste wall’s Ice cream with sample size as many as 120 respondents. This research found that customer satisfaction, customer loyalty and brand commitment generally give the significant influence for word of mouth of wall’s ice cream in Manado. Customer satisfaction, customer loyalty and brand commitment have significant influence for the changing of the significant influence for the word of mouth of wall’s ice cream. This research suggests that the management must give the in-depth consideration about the importance of customer satisfaction, customer loyalty and brand commitment for the word of mouth in purchasing its products and the management must also give concern about other important factors that can influence the word of mouth for ice cream products from this company.Keywords: customer satisfaction, customer loyalty, brand commitment, word of mouth.
EMPLOYEE DISCIPLINE AND ATTITUDE TO JOB SATISFACTION IN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MINAHASA
Demak, Jihan Rizki Kiay;
Pangemanan, Sifrid S
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (551.982 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5503
The society requires the work of government apparatus who are able to give serious attention in optimalize public service well. Experience and observation of Indonesian bureaucracy history along this time is not showing prime condition as the society expectation.This condition is the main factor that the core problem of the unsuccesful inefficiency of the bureaucracy work in order to go to bureaucracy in good governance.The matter of work satisfaction in relation with discipline and working attitude becoming essential since at last all of that will influenced the institution’s ability in reaching the goals. The purpose of this research is to analyze influence of employee discipline and attitude towards employee job satisfaction and to identify which factors that have the most significant influence to the employee job satisfaction. The research method that used in this research associative with multiple linear regression analysis technique, as sample of the research 58 respondent taken from employees at Sekretariat Daerah of Minahasa regency. The finding revealed that both employee discipline and employee attitude have significant effect to the job satisfaction of SEKDA Minahasa. They should apply the discipline sanction objectively and feel free in carrying on their aspiration. Keywords: employee discipline, employee attitude, job satisfaction.
KUALITAS LAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI CABANG MANADO
Pontoh, Michael B.;
Kawet, Lotje Kawet;
Tumbuan, Willem A.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (673.217 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.3.2014.5502
Industri perbankan memegang peranan yang sangat strategis karena kegiatan perekonomian suatu negara kususnya dalam industri perbankan tidak terlepas dari sebuah alur lalu lintas pembayaran uang. Tingkat kesuksesan bank dipengaruhi dengan seberapa besar kepuasan yang dirasakan melalui kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan dimata nasabah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 orang nasabah. Metode penelitian yang dgunakan adalah jenis penelitian asosiatif dengan  teknik Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, secara parsial citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pihak manajemen perlu meningkatkan citra perusahaan melalui komunikasi pemasaran dan strategi iklan yang tepat untuk meningkatkan citra perusahaan pada para nasabahnya. Kata kunci: kualitas layanan, citra, kepercayayaan, kepuasan.