cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
joy.tulung@unsrat.ac.id
Phone
+6282311115902
Journal Mail Official
emba@unsrat.ac.id
Editorial Address
FEB UNSRAT
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
ISSN : 23031174     EISSN : 26226219     DOI : https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39971
Core Subject : Economy,
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357" : 12 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI, UPAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CATATAN SIPIL MANADO Lomban, Merrel C.; Mandey, Silvya; Walangitan, Mac Donald
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.689 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7084

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama dalam sebuah organisasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi, upah, dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai kantor catatan sipil di manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kantor catatan sipil manado. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 43 responden. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif untuk menguji keterhubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi, upah, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. motivasi, upah, dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaiknya pihak pimpinan di kantor catatan sipil, dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja karyawan sehingga tujuan utama dari organisasi dapat tercapai. Kata kunci: motivasi, upah, dan disiplin kerja, kinerja pegawai
DETERMINANTS OF CONSUMERS’ BRAND SWITCHING BEHAVIOR IN THE PURCHASE OF MINERAL WATER PRODUCTS IN MANADO CITY Kawengian, Rico Reski
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.17 KB) | DOI: 10.35794/emba.v3i1.7103

Abstract

Business of bottled mineral water is more appealing, companies have to keep maintaining their customers to prevent them on switching to another brand by analyzing what factors determines consumers switch brand. This research is conducted in Wanea sub-district Manado, North Sulawesi.The objectives of this research are to analyze the determinants of consumer brand switching behavior in the purchase of mineral water products partially and simultaneously. This research is the causal type of research where it will investigate the influence of elements on consumer brand switching behavior. Use multiple regression models to answer the research problem. The population in this study is a consumers of mineral water products, whereas samples taken by each respondent 100 respondents. The hypothesis testing, this research conduct a conclusion of there is a significant influence of Price, Promotion, Brand Image, and Brand commitment simultaneously and partially on Consumers Brand Switching behavior. This study reveals that brand image of mineral water products has a strong influence on consumers brand switching behavior because consumers’ in Manado city do not want to buy a product that have a bad image whether on their product or company itself because it will affect the both performance. Keywords: price, promotion, brand image, brand commitment, brand switching.
PENGARUH EKSPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA MOBIL SUZUKI ERTIGA PADA PT. SINAR GALESONG PRIMA MANADO Warokka, Christy Angelina; Lapian, Joyce; Jorie, Rotinsulu Jopie
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.232 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7083

Abstract

Pesatnya perkembangan ekonomi di Indonesia memunculkan banyak industri besar serta perusahaan-perusahaan besar baru, salah satunya di bidang otomotif. Salah satu perusahaan otomotif yang ada di Indonesia adalah perusahaan otomotif asal negara Jepang yaitu Suzuki yang dijual melalui distributor PT. Sinar Galesong Prima Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eksperiental marketing dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna Suzuki Ertiga, yang berjumlah 1.500 konsumen, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang responden yang didapat lewat rumus Slovin. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Eksperiental Marketing dan Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing dan Kepuasan secara parsial  memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing juga merupakan variabel paling dominan atau yang paling kuat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dibandingkan dengan variabel lainnya dalam model penelitian ini. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan Eksperiental Marketing agar loyalitas konsumen dapat menjadi lebih baik. Kata kunci: eksperiental marketing, kepuasan, loyalitas konsumen.
PENGARUH PERSEPSI, SIKAP DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN TIKI DI MANADO Manoppo, Marisca C.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.788 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7086

Abstract

TIKI merupakan sebuah usaha jasa pengiriman di Indonesia. Jasa pengiriman barang (ekspedisi), memiliki peranan penting dalam menunjang kelancaran perekonomian nasional. Pentingnya jasa ekspedisi tercermin pada sarana dalam menunjang distribusi dan transportasi, sehingga dapat memperlancar arus barang. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh persepsi, sikap, dan motivasi konsumen terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Populasi penelitian sebanyak 5.462 konsumen/kiriman per bulan, dan sampel yang digunakan sebanyak 99 orang responden. Metode penelitian asosiatif dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan, persepsi, sikap, dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Secara parsial sikap dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman sedangkan persepsi tidak berpengaruh. Manajemen perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar kedepannya perusahaan jasa pengiriman menjadi lebih baik. Kata kunci: persepsi, sikap, motivasi, dan minat pengguna jasa.
THE ANALYSIS OF SERVICE QUALITY, INNOVATION, AND CORPORATE IMAGE ON CUSTOMER LOYALTY OF RAGEY VON VON RESTAURANT Mongdong, Meidy Angel
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.459 KB) | DOI: 10.35794/emba.v3i1.7102

Abstract

People always get hungry so they need food and people find themselves hungry with no time to cook, so they eat out. That’s why booming the restaurant industry. The restaurant business in North Sulawesi especially in Tomohon have been growing rapidly, particulary minahasa restaurant that selling typical local food Tomohon or Manado because the majority is Christian people therefore many restaurant selling Minahasa food. Service quality, innovation and corporate image is very supportive of customer behavior, especially customer loyalty at Ragey VonVon restaurant. Ragey VonVon restaurant toward the service quality, innovation, and corporate image on customer loyalty. This research used primary and secondary data. The method used to analyze the data is the Multiple Regression Analysis. The population in this study is a customers of Ragey VonVon restaurant where as samples taken by each respondent 100 respondents. This study reveals that service quality, innovation, and corporate image has significant effect partially on customer loyalty in Ragey Von Von. Therefore, Service quality, innovation, and corporate image very influence toward customer loyalty that has been one of the most important keys to the restaurant success. of Ragey Von Von restaurant must consider about the importance of service quality, innovation and corporate image, regarding with it in advanced. Keywords: service quality, innovation, corporate image, customer loyalty
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ROTI JORDAN CV. MINAHASA MANTAP PERKASA Mokalu, Frendy O.; Tumbel, Altje
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.815 KB) | DOI: 10.35794/emba.v3i1.7085

Abstract

Roti Jordan di bawah CV. Minahasa Mantap Perkasa merupakan IKM yang berkembang pesat di sektor industri makanan khususnya makanan ringan berbahan dasar tepung terigu. Dimana perusahaan menghadapi berbagai kemajuan yang pesat seperti peningkatan wilayah pemasaran, perilaku konsumen yang semakin menggemari produk roti dari perusahaan dan faktor-faktor positif lainnya. Namun disatu sisi perusahaan belum terlalu fokus dalam pengembangan pemasaran berupa penelitian pasar antara lain penelitian yang berkaitan dengan penjualan roti Jordan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan produk roti Jordan di CV. Minahasa Mantap Perkasa. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang membeli produk roti Jordan di CV. Minahasa Mantap Perkasa. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dan hipotesis menunjukan bahwa kualitas produk, harga, distribusi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. kualitas produk, harga, distribusi secara parsial  berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sebaiknya manajemen roti Jordan yang dikelola oleh CV. Minahasa Mantap Perkasa dapat mempertahankan bahkan meningkatkan Kualitas Produk, Harga, maupun Distribusi sehingga laba yang didapat akan semakin besar dengan loyalitas konsumen yang mengutamakan harga dan kualitas produk itu sendiri. Kata kunci: kualitas produk, harga, distribusi, volume penjualan
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNA PIUTANG USAHA PADA DEVELOPER GRAND KAWANUA INTERNATIONAL CITY Singal, Christian Richo; Tirayoh, Victorina Z.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.864 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7088

Abstract

Perkembangan industri yang semakin kompetitif membuat perusahaan menyadari harus memiliki strategi yang digunakan untuk meningkatkan laba, salah satunya dengan melakukan penjualan secara kredit sehingga menimbulkan piutang terhadap konsumen. Piutang usaha suatu perusahaan pada umumnya merupakan bagian terbesar dari aset lancar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian intern piutang usaha pada Developer Grand Kawanua International City. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data untuk menjawab pertayaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukan pengendalian intern piutang usaha telah berjalan baik, dikarenakan tidak terdapatnya kesalahan yang signifikan pada pencatatan piutang dan penagihan juga berjalan dengan lancar. Manajemen perusahaan sebaiknya mengurangi penerimaan piutang lewat kasir secara tunai untuk menghindari resiko kehilangan dan pencurian, Sebaiknya perusahaan menggunakan sistem baru yang mengikuti perkembangan zaman. Kata kunci: pengendalian, internal, piutang.
PENERAPAN KONSEP SUNK COST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKTIVA TETAP PADA CV. JATI JAYA LOPANA Djuri, Phatra Anggana
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.017 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7109

Abstract

Sunk cost adalah suatu biaya yang terjadi di masa lalu yamg tidak dapat di ubah di masa kini atau di masa yang akan datang. Biaya ini cenderung tidak diperhatikan manajemen, karena biaya ini merupakan biaya yang akan terus ada walaupun proses produksi dihentikan. Biaya sunk cost erat kaitannya dengan aktiva dan penyusutan dalam sebuah perusahaan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sunk cost terhadap pengambilan keputusan pada pembelian aktiva tetap. Untuk pengambilan keputusan dalam membeli aktiva tetap, perusahaan harus mempertimbangkan apakah aktiva masih dapat berfungsi dengan baik, memperhitungkan masa manfaat, dan jumlah output yang akan dihasilkan dari aktiva yang telah mengalami penyusutan selama bertahun-tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data perusahaan, dan menganalisa data yang dikumpulkan serta memberi keterangan-keterangan yang dihadapi. Perhitungan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu biaya diferensial dengan memasukkan sunk cost sebagai salah satu komponen perhitungan. Hasil penelitian, menunjukkan CV. Jati Jaya belum melakukan analisa terhadap sunk cost dan menerapkannya kedalam perusahaan. Sebaiknya manajemen melakukan pembelian mesin baru karena lebih menguntungkan dibandingkan mempertahankan mesin lama. Kata kunci: sunk cost, keputusan pembelian, aktiva tetap
PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA DINAS TATA RUANG KOTA BITUNG Nelwan, Mario; Mawikere, Lidia
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.37 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7089

Abstract

Pengadaan Barang dan Jasa pada instansi pemerintah merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan yaitu penyerapan anggaran yang efektif dan efisien. Peraturan Presiden (PP) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, menjadi pedoman bagi setiap instansi pemerintah khususnya dalam hal ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengguna barang dan jasa. Penelitian saat ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengadaan barang dan jasa khususnya pengadaan lampu hias jalan pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung Tahun 2014.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengadaan barang dan jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung khususnya pengadaan lampu hias jalan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan telah terencana dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data-data yang valid serta penerapan sistem yang selalu mengikuti perkembangan atau pembaharuan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung. Oleh karena itu, pengadaan barang/jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung sebaiknya berpedoman pada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan. Kata kunci: pengadaan, barang, jasa, pemerintah
ROLE JUST IN TIME METHOD FOR EFFORTS TO ELIMINATE NON-VALUE ADDED ACTIVITY IN PRODUCTION GARMENT COMPANY VOXI 73 Kantjai, Silvana; Pandowo, Merinda
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.673 KB) | DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7091

Abstract

The concept of cost effectiveness or known as the manufacturing cycle effectiveness (MCE) is the ratio between the processing time to the cycle time.This research is to identify the extent to which the benefits and role of Just In Time (JIT) Method for eliminating all activities or resources that are not value-added and to give an idea of ​​the importance of the implementation of Just In Time for companies to improve efficiency and productivity. This research using a Garment Company "VOXI 73" Pandaan is in JalanJuanda 2 PandaanPasuruan Malang – Surabaya as a object. By using a JIT method this research found that Company make a wasting in several indicator. This is evidenced by the amount of non-value added time which consists of the top set-up time, move time, waiting time, and inspection time in throughput time. After using the JIT system efficiency of processing time becomes 93.93% means non-value added time by only 6.07%. With the efficiency that it creates a huge cost savings.advice to companies, along with the progress of science and technology is so rapid, and the increasing levels of competition among companies that are very tight, so that each managment is required to be able to compete and organize an effective strategy in the global competition. Keywords: just in time, production, garment

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 01 (2025): JE. Vol. 13 No 1 Vol. 12 No. 4 (2024): JE. VOL 12 NO 4. 2024 Vol. 12 No. 03 (2024): JE. Vol. 12 No 3 Vol. 12 No. 01 (2024): JE. Vol. 12 No 1 Vol. 12 No. 2 (2024): JE. Vol. 12 No 2 Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023) Vol. 11 No. 1 (2023): JE. Vol 11 No 1 (2023) Vol. 11 No. 4 (2023): JE. VOL. 11 No. 4 Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3 Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022) Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022) Vol. 10 No. 2 (2022): JE. Vol 10 No 2 (2022) Vol 10, No 1 (2022): JE. Vol 10 No 1 (2022) Vol 9, No 4 (2021): JE. Vol 9 No 4 (2021) Vol 9, No 3 (2021): JE. Vol 9 No 3 (2021) Vol 9, No 2 (2021): JE VOL 9 NO 2 (2021) Vol 9, No 1 (2021): JE VOL 9 NO 1 (2021) Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE VOL 8 NO 3 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE. VOL 8 NO. 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020): JE VOL 8 NO 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020) Vol 7, No 4 (2019): JE VOL 7 NO 4 (2019) Vol 7, No 3 (2019): JE VOL 7 NO 3 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol 7, No 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019) Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 2 (2018): JE VOL 6 NO 2 (2018) Vol 6, No 1 (2018): JE VOL 6 NO 1 (2018) Vol 5, No 2 (2017): JE Vol 5 No 2 (2017) Hal 1193-1314 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL.1060 -1192 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 487 - 611 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 363 - 486 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 235 - 362 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO 1 (2017) HAL. 115 - 233 Vol 5, No 02 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2488 No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4475 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4365 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4235 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4095 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3985 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3885 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3764 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 No 3 (2017) HAL 3644 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3529 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3416 Vol 5, No 3 (2017): JE.VOL.5 NO 3 (2017) HAL. 3303 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3180 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3058 Vol 5, No 3 (2017): JE Vol 5 No 3 (2017) HAL 2938 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2829 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2713 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2597 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2385 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2286 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2193 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2099 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 1989 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1882 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1781 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1653 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1542 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 No 2 (2017) Hal 1433 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1315 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO. 1 (2017) HAL. 1 - 114 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL. 955 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2. (2017). HAL 847 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 734 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1145 - 1249 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1025 - 1143 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1486-1604 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1356-1485 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1221-1335 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1097-1220 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 903 - 1024 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 974-1096 Vol 4, No 5 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 236 - 301 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 783 - 892 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 (2016) HAL. 651 - 781 Vol 4, No 3 (2016): JE. VOL 4 NO.3 (2016) HAL 545 - 649 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 223 - 334 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol.4 No.3 (2016) Hal. 001-101 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 768-892 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 641-767 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 518-640 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 395-517 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 121-265 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 001-120 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 743-859 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 504-623 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 376-503 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-375 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-251 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 001-130 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 860-973 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 624-742 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 HAL 411 - 554 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 303 - 409 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 102-221 Vol 4, No 2: JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 266-394 Vol 3, No 3 (2015): JE Vol.3 No.3 (2015) Hal. 1266-1395 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 621-728 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 509-619 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 395-508 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 279-394 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 143-277 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 001-142 Vol 3, No 2 (2015): JE V3 No.2 Juni 2015, Hal. 001 - 123 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1008 - 1123 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1204- 1323 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1072- 1203 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 878 - 1003 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 884- 1007 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1126 - 1265 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 951- 1071 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 744 - 877 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 483 - 607 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 241 - 362 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 119 - 240 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001 - 118 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 758- 883 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 629- 757 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 375-499 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 247- 374 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 124- 246 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 841- 950 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 592- 716 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 474- 591 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 358- 473 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 118- 230 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001- 117 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 500- 628 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1686 - 1814 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1564 - 1685 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1443 - 1563 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1330 - 1442 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1214 - 1329 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1089 - 1213 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1594 - 1722 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1472 - 1592 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1212-1338 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 973 - 1089 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 714- 831 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 613- 713 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 482- 612 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 364- 481 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 233- 363 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 117- 232 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 853 - 972 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 727 - 852 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 598 - 726 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 477 - 597 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 361 - 476 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 116 -235 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 001 - 115 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 716-840 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 595-715 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 470 - 594 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 353 - 469 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 234 - 352 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 124 - 233 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 01 - 122 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1- 116 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2264 - 2381 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2143 - 2263 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2015 - 2142 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1892 - 2014 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1770 - 1891 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1650 - 1768 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1533 - 1649 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1406 - 1532 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1285 - 1405 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1165 - 1284 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1054 - 1164 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1193 - 1312 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1080 - 1193 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 936 - 1053 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 960 - 1079 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 821 - 935 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 709 - 820 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 582 - 708 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 462 - 581 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 344 - 461 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 235 - 342 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 882 - 997 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 841 - 959 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 722 - 840 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 603 - 721 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 558-663 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 476 - 601 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 446-557 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 356 - 475 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 339-445 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 233 - 354 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 230-338 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 118 - 232 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 110-229 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 001 - 117 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1 - 115 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 1-109 Vol 1, No 4 (2012): Jurnal EMBA, HAL 116 - 234 More Issue