JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357"
:
12 Documents
clear
PENGARUH MOTIVASI, UPAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CATATAN SIPIL MANADO
Lomban, Merrel C.;
Mandey, Silvya;
Walangitan, Mac Donald
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (353.689 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7084
Manajemen sumber daya manusia merupakan cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama dalam sebuah organisasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi, upah, dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai kantor catatan sipil di manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kantor catatan sipil manado. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 43 responden. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif untuk menguji keterhubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi, upah, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. motivasi, upah, dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaiknya pihak pimpinan di kantor catatan sipil, dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja karyawan sehingga tujuan utama dari organisasi dapat tercapai. Kata kunci: motivasi, upah, dan disiplin kerja, kinerja pegawai
DETERMINANTS OF CONSUMERS’ BRAND SWITCHING BEHAVIOR IN THE PURCHASE OF MINERAL WATER PRODUCTS IN MANADO CITY
Kawengian, Rico Reski
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (437.17 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7103
Business of bottled mineral water is more appealing, companies have to keep maintaining their customers to prevent them on switching to another brand by analyzing what factors determines consumers switch brand. This research is conducted in Wanea sub-district Manado, North Sulawesi.The objectives of this research are to analyze the determinants of consumer brand switching behavior in the purchase of mineral water products partially and simultaneously. This research is the causal type of research where it will investigate the influence of elements on consumer brand switching behavior. Use multiple regression models to answer the research problem. The population in this study is a consumers of mineral water products, whereas samples taken by each respondent 100 respondents. The hypothesis testing, this research conduct a conclusion of there is a significant influence of Price, Promotion, Brand Image, and Brand commitment simultaneously and partially on Consumers Brand Switching behavior. This study reveals that brand image of mineral water products has a strong influence on consumers brand switching behavior because consumers’ in Manado city do not want to buy a product that have a bad image whether on their product or company itself because it will affect the both performance. Keywords: price, promotion, brand image, brand commitment, brand switching.
PENGARUH EKSPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA MOBIL SUZUKI ERTIGA PADA PT. SINAR GALESONG PRIMA MANADO
Warokka, Christy Angelina;
Lapian, Joyce;
Jorie, Rotinsulu Jopie
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (431.232 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7083
Pesatnya perkembangan ekonomi di Indonesia memunculkan banyak industri besar serta perusahaan-perusahaan besar baru, salah satunya di bidang otomotif. Salah satu perusahaan otomotif yang ada di Indonesia adalah perusahaan otomotif asal negara Jepang yaitu Suzuki yang dijual melalui distributor PT. Sinar Galesong Prima Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eksperiental marketing dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna Suzuki Ertiga, yang berjumlah 1.500 konsumen, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang responden yang didapat lewat rumus Slovin. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Eksperiental Marketing dan Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing dan Kepuasan secara parsial memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing juga merupakan variabel paling dominan atau yang paling kuat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dibandingkan dengan variabel lainnya dalam model penelitian ini. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan Eksperiental Marketing agar loyalitas konsumen dapat menjadi lebih baik. Kata kunci: eksperiental marketing, kepuasan, loyalitas konsumen.
PENGARUH PERSEPSI, SIKAP DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN TIKI DI MANADO
Manoppo, Marisca C.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (447.788 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7086
TIKI merupakan sebuah usaha jasa pengiriman di Indonesia. Jasa pengiriman barang (ekspedisi), memiliki peranan penting dalam menunjang kelancaran perekonomian nasional. Pentingnya jasa ekspedisi tercermin pada sarana dalam menunjang distribusi dan transportasi, sehingga dapat memperlancar arus barang. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh persepsi, sikap, dan motivasi konsumen terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Populasi penelitian sebanyak 5.462 konsumen/kiriman per bulan, dan sampel yang digunakan sebanyak 99 orang responden. Metode penelitian asosiatif dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan, persepsi, sikap, dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Secara parsial sikap dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman sedangkan persepsi tidak berpengaruh. Manajemen perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar kedepannya perusahaan jasa pengiriman menjadi lebih baik. Kata kunci: persepsi, sikap, motivasi, dan minat pengguna jasa.
THE ANALYSIS OF SERVICE QUALITY, INNOVATION, AND CORPORATE IMAGE ON CUSTOMER LOYALTY OF RAGEY VON VON RESTAURANT
Mongdong, Meidy Angel
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (403.459 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7102
People always get hungry so they need food and people find themselves hungry with no time to cook, so they eat out. That’s why booming the restaurant industry. The restaurant business in North Sulawesi especially in Tomohon have been growing rapidly, particulary minahasa restaurant that selling typical local food Tomohon or Manado because the majority is Christian people therefore many restaurant selling Minahasa food. Service quality, innovation and corporate image is very supportive of customer behavior, especially customer loyalty at Ragey VonVon restaurant. Ragey VonVon restaurant toward the service quality, innovation, and corporate image on customer loyalty. This research used primary and secondary data. The method used to analyze the data is the Multiple Regression Analysis. The population in this study is a customers of Ragey VonVon restaurant where as samples taken by each respondent 100 respondents. This study reveals that service quality, innovation, and corporate image has significant effect partially on customer loyalty in Ragey Von Von. Therefore, Service quality, innovation, and corporate image very influence toward customer loyalty that has been one of the most important keys to the restaurant success. of Ragey Von Von restaurant must consider about the importance of service quality, innovation and corporate image, regarding with it in advanced. Keywords: service quality, innovation, corporate image, customer loyalty
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ROTI JORDAN CV. MINAHASA MANTAP PERKASA
Mokalu, Frendy O.;
Tumbel, Altje
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (375.815 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7085
Roti Jordan di bawah CV. Minahasa Mantap Perkasa merupakan IKM yang berkembang pesat di sektor industri makanan khususnya makanan ringan berbahan dasar tepung terigu. Dimana perusahaan menghadapi berbagai kemajuan yang pesat seperti peningkatan wilayah pemasaran, perilaku konsumen yang semakin menggemari produk roti dari perusahaan dan faktor-faktor positif lainnya. Namun disatu sisi perusahaan belum terlalu fokus dalam pengembangan pemasaran berupa penelitian pasar antara lain penelitian yang berkaitan dengan penjualan roti Jordan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan produk roti Jordan di CV. Minahasa Mantap Perkasa. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang membeli produk roti Jordan di CV. Minahasa Mantap Perkasa. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dan hipotesis menunjukan bahwa kualitas produk, harga, distribusi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. kualitas produk, harga, distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sebaiknya manajemen roti Jordan yang dikelola oleh CV. Minahasa Mantap Perkasa dapat mempertahankan bahkan meningkatkan Kualitas Produk, Harga, maupun Distribusi sehingga laba yang didapat akan semakin besar dengan loyalitas konsumen yang mengutamakan harga dan kualitas produk itu sendiri. Kata kunci: kualitas produk, harga, distribusi, volume penjualan
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNA PIUTANG USAHA PADA DEVELOPER GRAND KAWANUA INTERNATIONAL CITY
Singal, Christian Richo;
Tirayoh, Victorina Z.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (272.864 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7088
Perkembangan industri yang semakin kompetitif membuat perusahaan menyadari harus memiliki strategi yang digunakan untuk meningkatkan laba, salah satunya dengan melakukan penjualan secara kredit sehingga menimbulkan piutang terhadap konsumen. Piutang usaha suatu perusahaan pada umumnya merupakan bagian terbesar dari aset lancar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian intern piutang usaha pada Developer Grand Kawanua International City. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data untuk menjawab pertayaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukan pengendalian intern piutang usaha telah berjalan baik, dikarenakan tidak terdapatnya kesalahan yang signifikan pada pencatatan piutang dan penagihan juga berjalan dengan lancar. Manajemen perusahaan sebaiknya mengurangi penerimaan piutang lewat kasir secara tunai untuk menghindari resiko kehilangan dan pencurian, Sebaiknya perusahaan menggunakan sistem baru yang mengikuti perkembangan zaman. Kata kunci: pengendalian, internal, piutang.
PENERAPAN KONSEP SUNK COST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKTIVA TETAP PADA CV. JATI JAYA LOPANA
Djuri, Phatra Anggana
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (311.017 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7109
Sunk cost adalah suatu biaya yang terjadi di masa lalu yamg tidak dapat di ubah di masa kini atau di masa yang akan datang. Biaya ini cenderung tidak diperhatikan manajemen, karena biaya ini merupakan biaya yang akan terus ada walaupun proses produksi dihentikan. Biaya sunk cost erat kaitannya dengan aktiva dan penyusutan dalam sebuah perusahaan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sunk cost terhadap pengambilan keputusan pada pembelian aktiva tetap. Untuk pengambilan keputusan dalam membeli aktiva tetap, perusahaan harus mempertimbangkan apakah aktiva masih dapat berfungsi dengan baik, memperhitungkan masa manfaat, dan jumlah output yang akan dihasilkan dari aktiva yang telah mengalami penyusutan selama bertahun-tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data perusahaan, dan menganalisa data yang dikumpulkan serta memberi keterangan-keterangan yang dihadapi. Perhitungan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu biaya diferensial dengan memasukkan sunk cost sebagai salah satu komponen perhitungan. Hasil penelitian, menunjukkan CV. Jati Jaya belum melakukan analisa terhadap sunk cost dan menerapkannya kedalam perusahaan. Sebaiknya manajemen melakukan pembelian mesin baru karena lebih menguntungkan dibandingkan mempertahankan mesin lama. Kata kunci: sunk cost, keputusan pembelian, aktiva tetap
PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA DINAS TATA RUANG KOTA BITUNG
Nelwan, Mario;
Mawikere, Lidia
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (197.37 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7089
Pengadaan Barang dan Jasa pada instansi pemerintah merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan yaitu penyerapan anggaran yang efektif dan efisien. Peraturan Presiden (PP) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, menjadi pedoman bagi setiap instansi pemerintah khususnya dalam hal ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengguna barang dan jasa. Penelitian saat ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengadaan barang dan jasa khususnya pengadaan lampu hias jalan pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung Tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengadaan barang dan jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung khususnya pengadaan lampu hias jalan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan telah terencana dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data-data yang valid serta penerapan sistem yang selalu mengikuti perkembangan atau pembaharuan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung. Oleh karena itu, pengadaan barang/jasa pada Dinas Tata Ruang Kota Bitung sebaiknya berpedoman pada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan. Kata kunci: pengadaan, barang, jasa, pemerintah
ROLE JUST IN TIME METHOD FOR EFFORTS TO ELIMINATE NON-VALUE ADDED ACTIVITY IN PRODUCTION GARMENT COMPANY VOXI 73
Kantjai, Silvana;
Pandowo, Merinda
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (330.673 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7091
The concept of cost effectiveness or known as the manufacturing cycle effectiveness (MCE) is the ratio between the processing time to the cycle time.This research is to identify the extent to which the benefits and role of Just In Time (JIT) Method for eliminating all activities or resources that are not value-added and to give an idea of ​​the importance of the implementation of Just In Time for companies to improve efficiency and productivity. This research using a Garment Company "VOXI 73" Pandaan is in JalanJuanda 2 PandaanPasuruan Malang – Surabaya as a object. By using a JIT method this research found that Company make a wasting in several indicator. This is evidenced by the amount of non-value added time which consists of the top set-up time, move time, waiting time, and inspection time in throughput time. After using the JIT system efficiency of processing time becomes 93.93% means non-value added time by only 6.07%. With the efficiency that it creates a huge cost savings.advice to companies, along with the progress of science and technology is so rapid, and the increasing levels of competition among companies that are very tight, so that each managment is required to be able to compete and organize an effective strategy in the global competition. Keywords: just in time, production, garment