JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840"
:
11 Documents
clear
PENGARUH PENDIDIKAN, KEMAMPUAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS SOSIAL KOTA MANADO
Kontu, Oktafia;
Mekel, Peggy;
Moniharapon, Silcyljeova
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (334.584 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7549
Sumber daya manusia merupakan kekuatan dalam keberhasilan suatu organisasi, sehingga sumber daya yang berkualitas diperlukan kemauan dan kemampuan untuk mengubah dan berkembang seiring dengan tuntutan jaman dan perubahan yang harus dihadapi. Sumber daya manusia yaitu tenaga kerja atau pegawai, memegang peranan yang sangat penting bagi peningkatan kinerja atau kemajuan suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, kemampuan kerja, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai Kantor Dinas Sosial Kota Manado. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan pendidikan, kemampuan kerja, dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, secara parsial kemampuan kerja dan kompensasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaiknya pimpinan Dinas Sosial Kota Manado lebih memperhatikan pendidikan, kemampuan kerja, dan kompensasi pegawai sehingga dapat menciptakan kinerja yang lebih baik. Kata kunci: pendidikan, kemampuan kerja, kompensasi, kinerja pegawai
ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA TOMOHON
Kolinug, Monika Sutri;
Ilat, Ventje Ilat;
Pinatik, Sherly
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (345.254 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7556
Abstrak: Aset tetap merupakan salah satu unsur yang harus dikelola dengan baik agar menghasilkan informasi yang andal dalam laporan keuangan daerah. Tertibnya pengelolaan barang milik daerah (aset tetap) membawa efek signifikan terhadap kesempurnaan penyajian neraca daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian pengelolaan aset tetap pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tomohon dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.17 Tahun 2007 dilihat dari siklus pengelolaan barang milik daerah yang diterapkan serta kelengkapan dokumen sumbernya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPPKAD Kota Tomohon sebagai pembantu pengelola telah menerapkan 6 siklus dalam pengelolaan  aset tetap. Dari 15 dokumen sumber yang diperlukan hanya ada 13 dokumen saja, sehingga pengelolaan aset tetap pada DPPKAD Kota Tomohon dengan Permendagri No.17 Tahun 2007 belum sepenuhnya sesuai. Sebaiknya, DPPKAD Kota Tomohon melakukan koordinasi yang lebih baik lagi dengan semua SKPD selaku pengguna/pihak yang bertanggungjawab dalam pembuatan Daftar Kebutuhan Pemeliharaan Barang Milik Daerah (DKPBMD) dan Daftar Hasil Pemeliharaan Barang sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Kata kunci: pengelolaan aset tetap, dokumen sumber
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMODERASI OLEH MASA KERJA PADA PT. DEHO CANNING COMPANY BITUNG
Lumantow, Rudie Yobie;
Tewal, Bernhard;
Lengkong, Victor P.K.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (249.279 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7546
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang memegang peran penting pada perusahaan. Dalam melakukan kegiatan perusahaan, diperlukan sumber daya manusia yang disebut tenaga kerja atau karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dimana Variabel motivasi dan Variabel kepuasan kerja dimoderasi oleh masa kerja. Metode yang digunakan Asosiatif dengan teknik Analisis Regresi Linear Berganda dan alat analisis MRA (Moderated Regression Analysis). Populasi penelitian sebanyak 256 orang dengan sampel 100 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, motivasi secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, kepuasaan kerja secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, hubungan motivasi dan kinerja karyawan tidak dimoderasi oleh masa kerja dan hubungan kepuasan kerja dengan kinerja karyawan tidak dimoderasi oleh masa kerja. Sebaiknya manager tetap pada prinsip untuk selalu berusaha memotivasi karyawan dan mencari ide-ide terbaik untuk pencapaian kepuasan kerja maksimal dengan berpegang pada prinsip kebersamaan tanpa mengurangi nilai-nilai etika kerja di perusahaan. Kata kunci: motivasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan
ANALISIS PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS DI PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA
Pajouw, Ria Valentina;
Poputra, Agus T.;
Afandi, Dhullo
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (221.505 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7551
Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melaksanakan akuntansi terhadap transaksi ekonomi yang terjadi pada bagiannya, hingga menghasilkan laporan keuangan. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) merupakan salah satu entitas pemerintah yang menyajikan laporan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pencatatan dan pelaporan keuangan pada UPTD Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.71 Tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan  teknik wawancara, teknik studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPTD Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah melakukan proses pencatatan akuntansi, serta pelaporannya telah sesuai dengan PP No. 71 Tahun 2010. Pada tahun anggaran berikutnya, sebaiknya pimpinan UPTD Metrologi terus mempertahankan penyajian laporan keuangan sesuai amanat PP yang berlaku dengan transparan dan tepat waktu sehingga dapat dipergunakan bagi pengguna laporan guna pengambilan keputusan. Kata kunci: pencatatan pelaporan keuangan, peraturan pemerintah
ANALYSIS OF SERVANT AND TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP ON CORPORATE SOCIAL REPONSIBILITY AT GEREJA KALVARI PENTAKOSTA MISSI DI INDONESIA
Rau, Theodorus Vincent;
Saerang, David P.E;
Pangemanan, Sifrid S.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (350.861 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7550
Servant leadership and Transformational leadership are a leadership styles that must be owned by the present leaders. In this study, leadership style (servant leadership and transformational leadership) become the keys for investigating the corporate social responsibility in church. The aim is to examine the impact servant leadership and transformational leadership for the succeed of corporate social responsibility. The population of this research is all pastors of GKPMI. And the sample is 8 pastors from this church. This research used qualitative analysis, using the interview and observation techniques. This research found that servant leadership and transformational leadership must run together to obtain the corporate social responsibility, and it compliment and balanced the CSR in organization. Because it mixed together, the CSR is higher than before. Conclusion Servant leadership and transformational leadership have a positive impact toward congregation and because of that the corporate social responsibility in this organization is good enough, or can say extremely well. Recommendation for the church is to apply this servant and transformational leadership so the church can manage the CSR well. Keywords: servant, transformational leadership, corporate social responsibility
ANALISIS LAPORAN ARUS KAS OPERASI, INVESTASI DAN PENDANAAN PADA PT. GUDANG GARAM TBK
Wehantouw, Andre B.;
Tinangon, Jantje J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (507.246 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7555
Laporan arus kas memberi informasi pengelolaan berupa penerimaan dan penggunaan kas dalamperusahaan, dinyatakan sebagai salah satu laporan keuangan pokok yang wajib disusun untuk pengambilankeputusan ekonomi.Laporan arus kas menyajikan aliran kas masuk dan aliran kas keluar dalam suatu perusahaan. Laporan arus kas terdiri dari tiga aktivitas, yaitu arus kas operasi, investasi dan pendanaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi perkembangan arus kas yang dapat dilihat dari perubahan atau perbandingan arus kas pada PT. Gudang Garam.Metode yang digunakandeskriptif kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan data untuk mengkaji satu variabel dari subjek penelitian.Hasil penelitianmenunjukkan PT. Gudang Garam, pada umumnya memiliki laporan arus kasyang baik dapat dilihat dari setiap rata-rata perbandingan arus kas yang ada.Sebaiknya karyawan PT. Gudang Garam meningkatkan dan mempertahankan tren positif khususnya pada 3 tahun terakhir yang mengalami penurunan,dengan memperbaiki arus kas sehingga menghasilkan arus kas yang baik serta mendapatkan kepercayaan penuh dari investor. Kata kunci: arus kas, operasi, investasi, pendanaan
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN PAD PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SITARO
Janis, Raisa Stephanie;
Sondakh, Jullie;
Sabijono, Harijanto
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (269.23 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i1.7552
Setiap SKPD yang mempunyai tugas memungut dan menerima pendapatan daerah wajib melaksanakan pemungutan dan penerimaan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada DPPKAD Kabupaten Sitaro. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, sedangkan analisis terhadap sistem dan prosedur dilakukan dengan cara membandingkan antara konsep-konsep, teori dan peraturan dalam pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan PAD khususnya dengan ketentuan PERMENDAGRI No.59 Tahun 2007. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara umum DPPKAD Kabupaten Sitaro telah menerapkan sistem dan prosedur penerimaan PAD sesuai dengan PERMENDAGRI No.59 Tahun 2007. Namun pelaksanaan pengendalian intern belum memadai pada bidang akuntansi yang belum melaksanakan pencatatan atas penerimaan PAD ke dalam buku jurnal. Sebaiknya DPPKAD Kabupaten Sitaro memperbanyak sosialisasi dan bimbingan teknis untuk meningkatkan SDM yang ada. Kata kunci: sistem, prosedur, PAD
ANALISIS LAYANAN FISKUS TERHADAP SURAT PEMBERITAHUAN WAJIB PAJAK KOTA TOMOHON
Kapoh, Randy
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (204.246 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7557
Abstrak: Tidak semua wajib pajak taat dan patuh terhadap semua peraturan perpajakan, khususnya pada kegiatan pembayaran pajak. Faktor yang mempengaruhi kesadaran membayar pajak adalah adanya pelayanan fiskus yang berkualitas. Fiskus yang berkualitas adalah fiskus yang memberi informasi yang akurat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Layanan fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak kota Tomohon, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari 5 Indikator Variabel Fiskus menunjukan aparat pajak dituntut untuk memberikan pelayanan yang ramah, adil, dan tegas setiap saat kepada wajib pajak serta dapat memupuk kesadaran masyarakat tentang tanggung jawab membayar pajak. Wajib pajak dapat mengenal pajak dari pelayanan yang diberikan oleh aparat pajak. Sebaiknya pihak fiskus memiliki kompetensi atau keahlian, pengetahuan dan pengalaman dalam perpajakan, administrasi dan perundang-undangan. Sebaiknya pimpinan kantor pelayanan pajak Pratama kota Tomohon melakukan perluasan tempat pelayanan terpadu untuk  memudahkan pengawasan terhadap proses proses pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak Kata kunci: layanan fiskus,  kepatuhan wajib pajak.
ANALISIS PENERAPAN PP. NO.46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN UMKM TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN WAJIB PAJAK DAN PENERIMAAN PPH PASAL 4 AYAT (2) PADA KPP PRATAMA MANADO
Hakim, Fadli;
Nangoi, Grace B.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (339.38 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7553
Tanggal 1 Juli 2013 pemerintah telah menetapkan PP. No. 46 Tahun 2013, tentang pengenaan pajak UMKM. Dalam membantu kegiatan ekonomi kecil dan menengah, pemerintah memberikan pelayanan perpajakan untuk Wajib Pajak UMKM dengan tarif  pajak 1% yang dikenakan pada siklus penjualan bruto sampai dengan Rp 4,8 miliar per tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pertumbuhan wajib pajak selama tujuh belas bulan sebelum dan setelah penerapan PP. No. 46 Tahun 2013, juga bertujuan untuk menjelaskan penerimaan terhadap PPh Pasal 4 Ayat (2) di wilayah kerja KPP. Pratama Manado. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan PP. No. 46 Tahun 2013 mengalami penurunan pertumbuhan wajib pajak sebesar 0,23 %, sedangkan rata-rata penerimaan PPh Pasal 4 Ayat (2) dari PPh UMKM selama tujuh belas bulan sejak pelaksanaan PP. No. 46 Tahun 2013 adalah sebesar 3,89% dengan kriteria Sangat Kurang. Kedepannya Pemerintah dalam hal ini KPP. Pratama Manado harus melakukan sosialisasi langsung dengan pendekatan secara personal kepada wajib pajak. Kata kunci: peraturan, pajak penghasilan, penerimaan
ANALISIS EFEKTIVITAS PEMERIKSAAN PAJAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BITUNG
Panga, Ricky Billy;
Elim, Inggriani
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (299 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.7554
Konsep efektivitas yang dikaitkan dengan pemeriksaan adalah seberapa besar realisasi yang dapat dicapai atas target yang telah ditetapkan oleh pihak KPP Pratama di setiap tahunnya untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pemeriksaan pajak dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak di KPP Pratama Bitung. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif yang fokus pada efektivitas dengan menggunakan indikator Jumlah Surat Perintah Pemeriksaan dan jumlah Surat Ketetapan Pajak. Hasil penelitian efektivitas dari segi penyelesaian SP2 pada tahun 2011 masuk dalam kategori cukup efektif dengan presentase 84%, pada tahun 2012 masuk dalam kriteria kurang efektif dengan presentase 73,6%, sedangkan tahun 2013 tingkat efektivitas dikategorikan sangat efektif dengan presentase 100%. Dari segi penyelesaian SKP, tahun 2011 cukup efektif dengan presentase 90,78%. Sedangkan tahun 2012 dan 2013  mempunyai tingkat efektivitas yang tidak efektif dengan presentase 53,92% dan  37,89%. Pimpinan KPP Pratama Bitung sebaiknya dapat meningkatkan kinerja serta melakukan penyuluhan terhadap seluruh masyarakat di Kota Bitung. Kata kunci: efektivitas, pemeriksaan pajak, penerimaan pajak