cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN SOFTWARE BEESMART UNTUK TES KETRAMPILAN ISTIMA’ DAN QIRA’AH: (STUDI KASUS DI PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO) miftahul mufid
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.563 KB) | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3226

Abstract

Dalam pembelajaran evaluasi menjadi hal yang paling menentukan dalam pendidikan. Seiring berkembangnya zaman teknologipun ikut berkembang. Jika pada zaman dulu ujian masih menggunakan kertas dan pensil akan tetapi pada saat ini ujian sudah berbasis komputer. Salah satu software yang dapat di manfaatkan untuk tes bahasa Arab adalah Beesmart. Pada penelitian ini peneliti ingin membahas tentang bagaimana efektifitas software Beesmart dalam tes maharah istima’ dan qira’ah. penelitian ini dilakukan di Prodi Bahasa dan Sastra Arab fakultas Adab IAI Sunan Giri Bojonegoro. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menguji efektifitas software ini peneliti menggunakan uji normalitas menggunakan rumus liliefors dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software Beesmart efektif dalam meningkatkan tes maharah istima’ dan qira’ah. Hal ini dibuktikan dengan terjadi peningkatan nilai rata-rata yang pada pretes 72,5 kemudian pada nilai postes 78,2, dengan selisih nilai 5,7. Ada dua faktor yang mempengaruhi efektifitas software Beesmart yakni, fokus mahasiswa semakin bertambah dan yang kedua karena simpel.
المادة التعليمية على أسس قيم الألعاب التقليدية بإندونيسيا (بحث تطويري لدى طلبةقسم تعليم اللغة العربية بجامعة التنوير الإسلامية بوجونغارا) nur laila rahmawati
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3246

Abstract

Dewasa ini, selain di Madrasah Ibtidaiyah dan SD Islam, diberbagai TK/TPQ yang tersebar di hampir seluruh Indonesia pun telah mulai menyajikan bahasa Arab sebagai pelajaran tambahan. Hal ini disamping bertujuan untuk lebih mengkhaskan sebuah lembaga pendidikan Islam, sekaligus merupakan upaya mengenalkan bahasa Arab kepada anak sedini mungkin. Kenyataan ini cukup menggembirakan, namun bersamaan dengan itu pula dituntut adanya penanganan pengajaran bahasa Arab secara profesional dalam rangka menanamkan sikap positif siswa terhadap bahasa Arab.Diantara masalah yang muncul dalam pembelajaran adalah perlu adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di prodi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan Bahan Ajar Al-‘Arabiyah Lil Athfal (ALA) berbasis Permainan Tradisional Indonesia untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro dalam bentuk produk buku, (2) mengetahui validitas dan kelayakan Bahan Ajar Al-‘Arabiyah Lil Athfal (ALA) berbasis Permainan Tradisional Indonesia untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development)model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Jenis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan instrumen pengumpul data menggunakan angket dan wawancara serta dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku ini valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab,dilihat dari analisis uji ahli serta uji tanggapan pengguna.
HIDDEN CURRICULUM: POLARISASI PESANTREN DALAM UPAYA MEMBENTUK KESALEHAN INDIVIDU DAN SOSIAL (: Case Study Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo) Alhamuddin Alhamuddin; Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.794 KB) | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3351

Abstract

Pesantren merupakan model lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Pesantren memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam meraih kemerdekaan dan mencetak generasi bangsa yang memiliki kepribadian utuh (intelektual dan akhlak). Jiwa dan nilai yang ditanamkan di pesantren menjadi modal utama bagi para santri untuk merespons dan menghadapi tuntutan yang ada, sehingga dapat exis dan surfing on the chaos. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana polarisasi pendidikan pesantren, terutama di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Gontor berdiri sejak tahun 1926 oleh KH. Ahmad Sahal, KH. Zainuddin Fananie, dan KH. Imam Zarkasy. Di usianya yang ke-90 tahun, Gontor telah melahirkan generasi dan pemimpin umat dalam berbagai lini dan bidang, sehingga layak untuk dipaparkan bagaimana model pendidikan di lembaga tersebut.
Kelekatan Ayah-Anak sebagai Media Dasar Memberfungsikan Kejiwaan Positif Anak Azam Syukur Rahmatullah
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.998 KB) | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3398

Abstract

Abstract: The Father having a great responsibility to care for the children, and they can not avoid it.The Result of the research is show if the father have to develop nearly and care attachment to the children since early (unborn child). Several done by the father; give attention to a baby, the dialogue with a baby, reading a prayer to a baby, touching a baby while wife’s pregnancy. In the other hand, a father have to become “like a mother” after the baby born; wear and change the diapers, follow a mom to cleaning the faces, giving a milk, carry on a baby, and hug a baby. On going process to be an adult, a father must increasing to improve the attachment to the children, although he is busy. Communication between father to children or children to father should built by warm and intimate condition, and have to continuing. Hopely, The warm and intimate communication can make positive soul and alive soul to the children.
Komitmen Beragama dalam Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Mahasiswa STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur Dian Febrianingsih; Arih Merdekasari
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.969 KB) | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3402

Abstract

Abstract : This study aims to describe and analyze 5 things, 1) factors that influence the religious commitment of students in implementing community-based Islamic education, 2) forms of community-based Islamic education by students, 3) the impact of community-based Islamic education for students, and 4 ) psychological dynamics of religious commitment of STIT Islamiyah student KP Paron Ngawi in implementing community-based Islamic education. To answer the above problem, the researcher uses qualitative method with case study. Data were collected by in-depth interviews, participatory observation and documentation. The next data is analyzed with Miles & Hubberman concept which include data reduction, data exposure and conclusion. The form of community-based Islamic education conducted by the students is education diniyah non-formal path that is TPA and / or boarding. Implementation of TPA and pesantren have a positive impact on personal and social life on the whole subject. On the other hand, there is no negative impact of the activity on students. The dimensions of religious commitment consisting of dimensions of belief, ritual, knowledge, experience and belief; have varying degrees of influence on the subjects. Based on this there is a unique dynamics of religious commitment to each subject in the implementation of community-based Islamic education
Pendidikan Kebahagiaan dalam Revolusi Industri 4 Wahyudi Setiawan; Fitriah M Suud; Moh Toriqul Chaer; Azam Syukur Rahmatullah
AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 5 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.086 KB) | DOI: 10.53627/jam.v5i1.3403

Abstract

Abstract: Happiness is the essence of everyone's life. Its existence in itself has always been the driving force of man to do the best in his life. Civilization is constantly changing, but the happiness and meaningfulness of life remain the ultimate human choice of life. The industrial revolution 4 challenges people to do more quickly to achieve the quality of life through technology. The happiness education and meaningfulness of life are challenged to face the massive disruptions happening globally. In the end, the millennial generation as the holder of the industrial revolution 4 will be a superior generation of intelligent and qualified in running a global civilization. Live with a high level of intelligence that is comparable to quality life. This paper will present a discussion to open the higher-order thinking with a combination of the dimensions of religiosity and science as well as a healthy personality.

Page 1 of 1 | Total Record : 6