cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016" : 10 Documents clear
Kinerja Pengembangan Dan Pelayanan Candi Ratu Boko Dalam Mendukung Kesempatan Usaha Masyarakat Setempat Atun Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.878 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.473

Abstract

Abstract - Candi Ratu Boko is the culture heritage sites in the 8th century the heyday of the Sailendra dynasty. This temple maintained entirely by BUMN appointed by the government that is PT. Taman Wisata Candi. In accordance with UU RI No.10 tahun 2009 about tourism consider that the tourism development be required to grow the society business opportunities. On the basis these conditions The purpose of this research is know the successful development and service of the temple especially Ratu Boko in an attempt supporting the business opportunity local communities. Research methods that used is qualitative descriptive supported by surveys and quantitative data. Results of the study provide the qualifications, that site temple Ratu Boko with indicators of diversity, uniqueness, potential for conservation, and economic potential measured from employees internals considered to be already good with score grade 2, so that it can support community business opportunity and potential market rated enough with a grade score 1. While service efforts the business opportunity for local people has been given with properly by PT. Taman Wisata Candi units Ratu Boko Temple, but is not fully utilized by the local people.Keywords: Performance, Development, Services, Business Abstrak - Candi Ratu Boko adalah situs peninggalan sejarah pada abad ke 8 masa kejayaan dinasti Sailendra. Wisata candi ini dikelola sepenuhnya oleh BUMN yang ditunjuk pemerintah yaitu PT. Taman Wisata Candi. Sesuai dengan UU RI No.10 tahun 2009 tentang kepariwisataan mempertimbangkan bahwa pembangunan kepariwisataan diperlukan untuk mendorong pemerataan kesempatan berusaha bagi masyarakat. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pengembangan dan pelayanan objek wisata candi khususnya Ratu Boko dalam upaya mendukung kesempatan usaha masyarakat setempat. Metode Penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang didukung survey dan data kuantitatif. Hasil penelitian memberikan kualifikasi bahwa kinerja pengembangan situs wisata candi Ratu Boko dengan indikator keragaman, keunikan, potensi konservasi, dan potensi ekonomi diukur dari internal karyawan dinilai baik dengan grade score dua sehingga dapat mendukung kesempatan usaha masyarakat dan potensi pasar dinilai cukup dengan grade score satu. Sedangkan upaya pelayanan untuk kesempatan usaha masyarakat setempat telah diberikan dengan baik oleh PT.Taman Wisata Candi, namun tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Kata Kunci : Kinerja, Pengembangan, Pelayanan, Usaha
Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Kembali Akh. Fajar Rahman; Anton Triyantoro; Suradi - AKPAR STIPARY Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.358 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.489

Abstract

Abstract - This study aims to determine: (1) to analyze the influence of product quality to customer satisfaction INNA Hotel Garuda; (2) to analyze the influence of service to customer satisfaction INNA Hotel Garuda; (3) to analyze the direct influence of the quality of products to the consumer decision to stay back as well as indirect influence through customer satisfaction; (4) to analyze the direct influence of service quality to the consumer's decision to stay back, as well as indirect influence through customer satisfaction; (5) to analyze the direct influence of service quality to the consumer's decision to stay back. This research was conducted by interview through a questionnaire of 125 bundles. Distributing questionnaires carried out for five weeks with an average of 30 bundles per week, in order to obtain the respondents more than 125. This is to anticipate the questionnaires are not returned. Questionnaires assisted by a hotel employee. The results showed that four factors that affect a guest's stay back are factors: (1) Products 90% more respondents answering high category; (2) The quality factor services 90% more respondents are satisfied; (3) The factors of customer satisfaction as much as 70-90% of consumers feel the expectations and needs during the stay at the Inna Garuda fulfilled; (4) Factors decision to stay back no more than 90% expressed a desire to stay back at Inna Garuda. With multiple linear regression analysis found 90% influenced the decision to stay back a factor of four independent variables. The remaining 10% are influenced by other factors. Keywords: quality, service, satisfaction, consumer decisions  Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Menganalisis pengaruh faktor kualitas produk terhadap kepuasan konsumen INNA Hotel Garuda; (2) Menganalisis pengaruh faktor pelayanan terhadap kepuasan konsumen INNA Hotel Garuda; (3) Menganalisis pengaruh langsung kualitas produk terhadap keputusan konsumen  menginap kembali serta pengaruh tak langsung melalui kepuasan konsumen; (4) Menganalisis pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen menginap kembali, serta pengaruh tak langsung melalui kepuasan konsumen; (5) Menganalisis pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen menginap kembali. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara melalui kuesioner sebanyak 125 bendel. Penyebaran kuesioner dilakukan selama lima minggu dengan rata-rata 30 bendel per minggu, sehingga diperoleh responden lebih dari 125. Hal ini untuk mengantisipasi kuesioner yang tidak kembali. Penyebaran kuesioner dibantu oleh karyawan hotel.  Hasil penelitian menunjukkan, bahwa empat faktor yang mempengaruhi tamu menginap kembali adalah faktor : (1) Produk 90% lebih responden menjawab kategori tinggi; (2) Faktor kualitas pelayanan 90% lebih responden menjawab puas; (3) Faktor kepuasan konsumen sebanyak 70-90% konsumen merasakan harapan dan kebutuhan selama menginap di Inna Garuda terpenuhi; (4) Faktor keputusan menginap kembali ada 90% lebih menyatakan keinginannya untuk menginap kembali di Inna Garuda. Dengan analisis regresi linear berganda ditemukan 90% keputusan menginap kembali dipengaruhi empat faktor variabel independen. 10% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, kepuasan, keputusan konsumen
Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam Heri Maulana - AMIK BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.853 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.474

Abstract

Abstract - This research aims to describe the implementation of character education in the School of  Universe and Sekolah Alam Bogor. The methodology of this study is a case study and collecting data use interviews, observation, and documentation. The conclusion showed the existence of a systematic and comprehensive effort in the implementation of character education. Character education is applied include the values ​​of life or called by the green values. The curriculum was developed base on the curriculum pillar in sekolah alam, and integrated with the values ​​of life. Then, the assessment system is not only academic oriented, but describe the development of children character and talent clearly. Keyword: Education, Character, School of Universe   Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter yang berlangsung di sekolah alam yaitu di School of Universe dan Sekolah Alam Bogor. Metodologi penelitian ini adalah studi kasus dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan adanya upaya yang sistematis dan menyeluruh dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang diterapkan meliputi nilai-nilai hidup yang dikembangkan di sekolah. Kurikulum yang dikembangkan terdiri dari pilar akhlak atau taqwa, pilar ilmu pengetahuan, pilar kepemimpinan dan pilar kewirausahaan. Proses pembelajaran mengacu kepada pilar-pilar kurikulum dan diintegrasikan dengan nilai-nilai hidup. Kemudian, sistem penilaian yang diterapkan tidak hanya berorientasi prestasi akademik, tetapi mampu menggambarkan perkembangan karakter dan bakat anak secara jelas. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sekolah Alam
Peranan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening Pada “Abdi Dalem” Kadipaten Pakualaman Yogyakarta R. Jati Nurcahyo - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.688 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.490

Abstract

ABSTRACT - This research discusses the influence of Leadership on work performance with Organizational Commitment and Work Motivation as the intervening variabels of “abdi dalem” in Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. The objective of this research is to find out how far Leadership, Organizational Commitment, and Work Motivation influence the Work Performance of “abdi dalem”, both directly and indirectly. The research methods used are Multiple  Regression Analysis and Path Analysis. The findings of the research show that Leadership - either directly or indirectly; that is through Work Motivation - influences positively and significantly to the work performane of “abdi dalem”. The research findings also show that Leadership does not have significant influence on the performance of “abdi dalem”. On the other hand, Leadership - together with Organizational Commitment and Work Motivation- has positive and significant influences on the work performance of “abdi dalem”. Specifically, Leadership directly has greater influence compared to Organizational Commitment and Work Motivation on the work performance of “abdi dalem” in Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. Keywords           : Leadership, Organizational Commitment, Work Motivation and Work Performance.   ABSTRAK - Penelitian ini membahas pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja kerja dengan Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja sebagai variabel intervening dari "abdi dalem" di Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kerja pengaruh Motivasi Kinerja Kerja "abdi dalem", baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dan Path Analysis. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan - baik secara langsung maupun tidak langsung; yaitu melalui Motivasi Kerja - pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja "abdi dalem". Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Kepemimpinan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja "abdi dalem". Di sisi lain, Kepemimpinan - bersama dengan Komitmen Organisasi dan Kerja Motivation- memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karya "abdi dalem". Secara khusus, Kepemimpinan langsung memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap kinerja karya "abdi dalem" di Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. Kata kunci: Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja Kerja.
Peranan Pastry Section Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Ros In Hotel Yogyakarta Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta; Putri Novitasari - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.904 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.491

Abstract

Abstract - Hotel is one type of accommodation that use some or all of the building to provide an accommodation to eat and drink as well as other services are managed commercially. Ros In Hotel has departments that play an important role, one that is Pastry section. Pastry Section is one part kitchen, which plays a role in making cakes or commonly known as the cake to add to earnings in addition to hotel rooms and restaurants. Pastry section provides products of pastry can be enjoyed by guests. The method used qualitative descriptive method that describes a symptom, events, events that occur in the present related increase revenue in the pastry section Ros In Hotel. Pastry section products in the form of bakery products, pastry and cake every day are produced which become the flagship product it supports revenue Ros In Hotel sizeable addition to the cost of hospitalization. Keywords: Hotel, Pastry Section, Revenue hotel   Abstrak - Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan makan dan minum serta jasa lainnya yang dikelola secara komersial. Ros In Hotel mempunyai departemen-departemen yang memegang peran penting, salah satunya yaitu Pastry section. Pastry Section merupakan salah satu bagian kitchen, yang berperan dalam pembuatan kue-kue atau yang biasa dikenal dengan istilah cake untuk menambah pendapatan hotel selain kamar dan resto. Pastry section menyediakan produk-produk pastry yang dapat dinikmati oleh tamu. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang yang berkaitan pastry section dalam meningkatan pendapatan Ros In Hotel. Bentuk produk dalam pastry section produk bakery, pastry dan cake setiap hari diproduksi yang menjadi produk unggulan hal ini menunjang pendapatan Ros In Hotel cukup besar selain biaya inap. Kata Kunci : Hotel, Pastry Section, Pendapatan hotel
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) International Standardization Organisation (ISO) 9001:2008 Di SMKN 2 Pengasih Kulon Progo Yayan Mulyana - AMIK BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.278 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.480

Abstract

Abstract - Application of management systems International Standardization Organization (ISO) 9001: 2008 in SMKN 2 Pengasih Kulon Progo is related to clauses pelakanaan ISO from start input, process and output. So the result of the application of ISO 9001: 2008 may be perceived by stakeholders. And the constraints faced in the implementation of these systems such as human resources are not in accordance with their competence or the teacher is not in accordance with the basic edukasinya, so also happen to the employees there that do not fit between the basic education with a job works, this results in less than optimal service to students as learners. Thus it should of SMKN 2 Pengasih continuously improve consistently to meet customer needs, so that customer satisfaction is the benchmark of success Keywords: system, management, clause   Abstrak - Penerapan sistem manajemen International Standardization Organisation (ISO) 9001:2008 di SMKN 2 Pengasih Kulon Progo ini berkaitan dengan pelakanaan klausul-klausul ISO dari mulai input, proses, dan outputnya. Sehingga hasil dari penerapan ISO 9001:2008 dapat dirasakan oleh stakeholders. Dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem ini seperti sumber daya manusia yang belum sesuai dengan kompetensinya atau guru yang mengajar tidak sesuai dengan basic edukasinya, begitu juga terjadi pada kalangan karyawan ada yang tidak sesuai antara basic edukasi dengan job kerjanya, ini mengakibatkan kurang optimalnya pelayanan terhadap siswa sebagai peserta didik. Dengan demikian sudah semestinya SMKN 2 Pengasih memperbaiki terus-menerus secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga kepuasan pelanggan menjadi tolok ukur keberhasilan. Keywords: sistem, manajemen, klausul
Peranan Volume Usaha Dalam Mencapai Keberhasilan Koperasi Ubaidillah - AMIK BSI Jakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.931 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.481

Abstract

Abstract - Cooperatives have an important role in the economy in Indonesia. Even during an economic crisis where many companies public and private property encountered a problem and many are falling, cooperatives proved capable of sustaining the country's economy. Besides the cooperative development is very helpful in the development of social economy. The development of cooperatives themselves from year to year has increased in terms of quantity, but in terms of quality has decreased. Loss of quality can be seen from the increasing percentage of the number of cooperatives that are not active. Many factors influence the percentage increase in the number of cooperatives that are not active. But one of the factors that influence the development of cooperatives is the volume of business. This study aims to determine the role of business volume in cooperative development. The method used in this research is descriptive qualitative method where data collection techniques used is a literature study. The results showed that the volume of business was instrumental in the development of cooperatives, especially in realizing the independence of the cooperative, the cooperative into a cooperative help achieve healthy, help to achieve success, as well as help in maintaining the activity of cooperatives, especially in terms of financial cooperatives. Keywords: cooperative, business volume, the independence of cooperative   Abstrak - Koperasi mempunyai peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Bahkan saat terjadi krisis ekonomi dimana banyak perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta mengalami masalah dan banyak yang berjatuhan, koperasi terbukti mampu menopang ekonomi negara. Selain itu pengembangan koperasi sangat membantu dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Perkembangan koperasi sendiri dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dari sisi kuantitas, tetapi dari sisi kualitas justru mengalami penurunan. Penurunan kualitas tersebut dapat dilihat dari meningkatnya persentase jumlah koperasi yang tidak aktif. Banyak faktor yang berpengaruh pada peningkatan persentase jumlah koperasi yang tidak aktif tersebut. Tetapi salah satu faktor yang berpengaruh dalam pengembangan koperasi adalah volume usaha. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan volume usaha dalam pengembangan koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah literature study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume usaha sangat berperan dalam pengembangan koperasi terutama dalam mewujudkan kemandirian koperasi, membantu pencapaian koperasi menjadi koperasi sehat, membantu mencapai keberhasilan, serta membantu dalam mempertahankan keaktifan koperasi terutama dari sisi finansial koperasi.  Kata kunci: koperasi, volume usaha, kemandirian koperasi
Upaya Pastry Section Menjaga Kualitas Produk Bakery Di Hotel Eastparc Yogyakarta Nur Raga Ardhani; Ani Wijayanti - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.211 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.1275

Abstract

Yogyakarta city as a cultural and educational city become a very interest tourism destination of many tourist. The tourism growth in Yogyakarta have reached high level in 2012, 39,95%. The high interest of touris visit have provided opportunity in tourism industry, one of them is business accomodation services. The number of accomodation in Yogyakarta until 2014 is registered as much as 417 hotels, consist of 54 star hotels and 363 non-star hotels. Eastparc hotel is one of five star hotel in Yogyakarta that provide accommodation and food-beverage services. Eastparc hotel manage their own pastry as one of effort in maintaining and increasing service quality in food and beverage, particularly bakery product. The research design is descriptive qualitative research wich take place at pastry section in Eastparc hotel Yogyakarta. The research result state that pastry section implementated three operational standard, there are storing standard, tool using standard, and employee operational standard. Pastry section produce many kind of bakery are Cake. Pie, Cookies, Soft roll bread., Multimalt bread, Rye bread., Hard roll, Praztel bread, Sweet bread, Toast, Croissant, and Danish. However, there are obstacles faced by pastry section related with raw material, product storing, and employee competencies. Three main points able to implement to overcome the obstacles are cooperation with other departement, improve employee competencies, and quality control.. Key Words : Hotel, Pastry, Quality, Bakery, Operational Standard
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasaan Pengunjung Wisata Pemancingan Pesona Alam Dusun Sendang Kumitir Kembang Arum Turi Sleman Wisnu Hadi - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.588 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.472

Abstract

Abstract - Tourism is always associated with foreign exchange therefore need good management of destinations as well so that the responsibility of government, private sector and individuals to increase foreign countries and regions. Many factors cause tourists to visit attractions that include the sector in its appeal, kebersihaan, accessibility, completeness of facilities and infrastructure, and of course the promotion that will make terpuasakan travelers. As in this study where researchers want to determine the factors that influence satisfaction of visitors travel pemancingan Pesona Alam Dusun Sendang Kumitir in Turi Sleman extent to which aspects of services, consideration and planning of facilities for land location, price offered as well as access to and location of attractions. The extent to which aspects affecting visitor satisfaction at the object with the children complete with a number 40 respoonden secondary data as an object of research and analyzed the data in the form of a percentage to be tabulated, classified, processed and analyzed then interpreted to determine conclusions. The result is that the aspect of services, pricing, planning and consideration of the location and access to and location of tourism is considered good by visitors. Data 90% of visitors said the ministry supported by kebersihaan aspect, completeness of equipment, appearance and good communication between visitors and employees is considered good. Then planning and consideration for the location of the facility owner-managed tourist attraction has been rated 90% good, causing the visitor comfortable and at ease. Data 90% of respondents also said that the issue price is in conformity with what is acceptable and beneficial when they enjoy the service at these attractions. But the problem of access to the site is still a narrow path into consideration managers to find solutions to develop these attractions. Keywords: performance, price, amenities and location Access Travel Abstrak - Pariwisata selalu identik dengan devisa oleh karena perlu pengelolaan destinasi yang baik pula sehingga tanggungjawab pemerintah, swasta dan perorangan untuk meningkatkan devisa negara dan daerah. Banyak faktor yang menyebabkan wisatwan berkunjung disuatu obyek wisata yang meliputi daya tariknya, kebersihaan, aksesibilitasnya, kelengkapan sarana dan prasarana dan tentunya promosi sehingga nantinya menjadikan wisatawan terpuasakan. Seperti dalam penelitian ini dimana peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengunjung wisata pemancingan Pesona Alam Dusun Sendang Kumitir di Turi Sleman sejauh mana aspek pelayanan, pertimbangan dan perencanaan fasilitas untuk  lahan lokasi, harga yang ditawarkan serta akses dan lokasi obyek wisata. Sejauh mana aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasaan pengunjung di obyek tersebut dengan menyebar kuesioner dengan data sekunder sejumlah 40 respoonden sebagai obyek penelitian dan dianalisis datanya dalam bentuk prosentase untuk ditabulasi, diklasifikasi, diolah dan dianalisis kemudian diinterpretasikan untuk menentukan kesimpulan. Hasilnya bahwa aspek pelayanan ,harga, perencanaan dan pertimbangan lokasi serta akses dan lokasi obyek wisata dinilai baik oleh pengunjung. Data 90% pengunjung mengatakan pelayanan ditunjang dengan aspek kebersihaan, kelengkapan peralatan, penampilan serta komunikasi yang baik antara pengunjung dan pegawai dinilai baik. Kemudian perencanaan dan pertimbangan fasilitas untuk  lokasi obyek wisata yang dikelola pemilik dinilai 90% sudah baik sehingga menyebabkan pengunjung nyaman dan betah. Data 90% responden juga menyatakan masalah harga sudah sesuai dengan apa yang diterima dan bermanfaat ketika mereka menikmati pelayanan di obyek wisata tersebut. Namun masalah akses menuju lokasi yang masih sempit jalannya menjadi pertimbangan pengelola untuk mencari solusi untuk mengembangkan obyek wisata tersebut.Kata kunci : Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Akses Lokasi Wisata
Aktivitas Wisata Pilihan Keluarga Perkotaan Rahmat Ingkadijaya - STP Trisakti; Janianton Damanik - FISIP UGM; Heddy Shri Ahimsa Putra FIB UGM; Nopirin - FEB UGM
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.444 KB) | DOI: 10.31294/khi.v7i1.459

Abstract

ABSTRACT - This study aimed to determine the frequency and duration of tourist activities that family did, family members who decided the selection of tourist activity, the family's selection of travel destinations. The survey method used in this study. Samples were obtained from residents of Bogor City, West Java and amounted to 300 families selected using convenience sampling technique. Descriptive statistics were used to analyze the data. The results showed that the family has a favorite tourist activity which is often done, that culinary tourism, shopping, and enjoy the scenery. The duration of time required to conduct tourist activities depends on each activity. Travel activity selection decisions made democratically by the family of father, mother, and child. Families choosing a tourist destination that is close to where they live. Keywords: Family Travel, Tourist Activity, Travel Decision Making   ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) frekuensi dan durasi aktivitas wisata yang dilakukan keluarga, (2) anggota keluarga penentu pemilihan aktivitas wisata, dan (3) destinasi wisata pilihan keluarga. Metode survei digunakan dalam penelitian ini. Sampel diperoleh dari penduduk Kota Bogor, Jawa Barat dan berjumlah 300 keluarga yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga mempunyai aktivitas wisata favorit yang sering dilakukan, yaitu wisata kuliner, wisata belanja, dan menikmati pemandangan alam. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas wisata sangat tergantung pada masing-masing aktivitas. Keputusan pemilihan aktivitas wisata oleh keluarga dilakukan secara demokratis antara ayah, ibu, dan anak. Keluarga memilih destinasi wisata yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Kata kunci: Wisata Keluarga, Aktivitas Wisata, Pengambilan Keputusan Wisata

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue