cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 7 Documents clear
POLA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren As-syi’ar Leles) Faqih Affandi M
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.46

Abstract

Pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren sangat esensial. Hidup atau matinya sebuah pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang dijalankan di pesantren itu. Disinilah para pemimpin pendidikan pesantren diharapkan mampu menjadi inspirator dari terciptanya komunitas belajar yang dinamis. Adapun rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimana pola kepemimpinan kyai di pesantren? 2) Bagaimana pendidikan pesantren di pesantren as-syi’ar leles? 3) Bagaimana pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren as-syi’ar leles? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pola kepemimpinan kyai di pesantren, 2) Mengetahui pendidikan pesantren di pesantren As-syi’ar Leles, dan 3) Mengetahui pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren As-syi’ar Leles. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata (narasi), gambar, pemahaman dari hasil penglihatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan pola kepemimpinan kyai di pesantren As-syi’ar Leles. Dari hasil penelitian, bahwa sukses atau tidaknya sebuah lembaga pendidikan pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang berada di dalamnya, unsur-unsur kepemimpinan yang menunjang keberhasilan pendidikan pesantren diantaranya: 1) sifat-sifat dasar pemimpin yang kredibel, 2) tipe pemimpin yang objektif, 3) etika yang sesuai ajaran Rasulullah saw., 4) fungsi pemimpin yang responsif. Kata Kunci: kepemimpinan, kyai, pendidikan, pondok pesantren
PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP EKSISTENSI PESANTREN SALAFIAH DI PESANTREN AN-NUR KECAMATAN CILAWU KABUPATEN GARUT Lukman Nulhakim
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.47

Abstract

Adanya pendidikan formal ini menjadi salah satu magnet pertambahan jumlah santri di suatu pesantren, hal ini dilakukan agar pesantren tidak tergerus oleh pendidikan formal yang jumlahnya lebih banyak, dan menyeimbangkan pendidikan, antara pendidikan agama yang didapatkan dari pesantren dan pendidikan umum yang didapatkan dari pendidikan formal. Hal ini juga membuktikan bahwa pesantren bukan lagi lembaga pendidikan yang dianggap ndeso dan kumuh, tetapi dapat bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan lain yang ada di luar sana. Dari hal di atas diduga bahwa pendidikan formal mempunyai pengaruh yang kuat terhadap eksistensi sebuah pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sebuah metode deskriptif survey yaitu melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mengamati fenomena yang sedang terjadi sekarang dan bersifat aktual. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi, dan Angket (Quesioneare). Berdasarkan hasil perhitungan bahwa koefesien korelasi signifikan ditunjukan dengan nilai ????ℎ???????????????????? sebesar 12,838. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ???????????????????????? (12,838>1.993), ini menegaskan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha, maka dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara variabel pendidikan formal terhadap eksistensi pesantren salafiah di pesantren An-Nur. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai determinasi sebesar 69%. Nilai tersebut menggambarkan kondisi bahwa variabel eksistensi pesantren salafiah di pengaruhi oleh pendidikan formal dengan tingkat hubungan sebesar 0.831, yang mendapatkan kategori “Sangat Kuat” Sedangkan sisanya sebesar 30,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Variabel lain tersebut bisa berasal dari sarana prasana yang memadai, sosok kiai yang karismatik, ataupun ustadz/ah yang berkualitas. Kata kunci: Pendidikan Formal, Eksistensi, Pesantren Salafiah
PERANAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF ERA GLOBALISASI (Penelitian di pondok pesantren Nurul Huda A1-Manshuriyyah Kampung Cimaragas Desa Karangsari Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut) Cep Habib Mansur
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.48

Abstract

Dalam sistem pendidikan Islam ada komponen yang bersifat tetap dan ada komponen yang bersifat berubah. Dalam Islam tidak ada dikhotomi antara agama dengan sains dan teknologi. Dalam pandangan Islam, suatu sistem pendidikan harus bersifat dinamis, fleksibel dengan perubahan dan perkembangan peradaban manusia dan didalamnya melingkupi perkembangan sains, problematika zaman modern ini termasuk harus mampu mengantisipasi segala dampak hegemoni jahiliyyah modern juga globalisasi. Tujuan penelitian yang di lakukan penulis adalah mengetahui pendidikan agama Islam di pesantren Nurul Huda Al-Manshuriyyah, mengetahui dampak negatif era globalisasi, dan mengetahui peranan pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi dampak negatif era globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode servey deskriptif melalui penelitian langsung ke lokasi tempat terjadinya penomena yang bersifat aktual. Adapun langkah-langkah yang ditempuh meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Dampak negatif era globalisasi merambat ke beberapa sektor, diantaranya di lingkungan pesantren, seperti kurangnya respon masyarakat terhadap pesantren, di lingkungan para santri seperti menirunya gaya hidup ala barat, dan lebih menekuni dunia teknologi, seperti handphone, dan di lingkungan tenaga pendidik seperti Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup tenaga pendidik di pesantren yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, dan tidak secara langsung akan mendangkalkan reproduksi Ulama. Kata kunci: Peranan, Pesantren, Dampak Negatif, Era Globalisasi
PENGARUH TA’ZIR TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah Garut) Widi Widayatullah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.49

Abstract

Indonesia yang mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam, dimana mempunyai sebuah lembaga pendidikan yang usianya sudah cukup tua yakni pondok pesantren, Pengenaan sanksi terhadap santri yang melanggar peraturan (Ta’zir) yang pada dasarnya menjadi faktor penting dalam menanamkan sikap tanggung jawab yang sekaligus mendidik agar para santri disiplin dalam menjalani kehidupannya sehari hari. Pondasi yang dibangun atas anak menjadi bahan kajian menarik untuk diteliti karena sikap kedisiplinan santri erat kaitanya dengan pengenaan hukuman (Ta’zir).Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui realitas Ta’zir di pondok pesantren, realitas kedisiplinan santri dan pengaruh Ta’zir terhadap Kedisiplinan di Pondok Pesantren Al-Musadaddiyah Garut. Dengan metode deskriptif analisis, penulis melakukan studi penelitian mengenai pengaruh Ta’zir terhadap Kedisiplinan pada khususnya di Pondok Pesantren AlMusadaddiyah Garut, dengan analisis statistik, penulis mengolah data-data angka yang didapat dari responden, sehingga dapat diketahui besar atau tidaknya pengaruh Ta’zir terhadap Kedisiplinan di Pondok Pesantren. Berdasarkan pengolahan data dengan analisis data yang menggunakan uji korelasi Rank Spearmen dari Ta’zir (variabel X) terhadap Disiplin Santri (variabel Y), maka berdasarkan kriteria uji ????ℎ????????????????????>???????????????????????? yaitu dengan hasil (2.033 > 2.017), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 artinya dalam penelitian ini terdapat hubungan antara variabel Ta’zir dengan variabel Disiplin Santri di Ponpes Al-Musadaddiyah Garut. Besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 8.76 %.Nilai tersebut menggambarkan kondisi bahwa variabel disiplin santri di pengaruhi oleh Ta’zir dengan tingkat hubungan sebesar 0.296, yang mendapatkan kategori “Rendah”. Kata Kunci :Ta’zir, Disiplin, Santri.
PERAN PESANTREN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) ENTREPRENEURSHIP (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung) Yusni Fauzi
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.44

Abstract

Peran pesantren telah lama diakui oleh masyarakat, mampu mencetak kader-kader handal yang tidak hanya dikenal potensial, akan tetapi mereka telah mampu mereproduksi potensi yang dimiliki menjadi sebuah keahlian. Di era global ini, kepiawaian, kultur dan peran pesantren itu harus menjadi lebih dimunculkan, atau dituntut untuk dilahirkan kembali. Pesantren mempunyai reputasi tersendiri sebagai lembaga yang bercirikan agama Islam. Pertama, sebagai lembaga pendidikan. Kedua, sebagai lembaga sosial kemasyarakatan berbasis nilai keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran yang dilakukan Pesantren AlIttifaq Bandung dalam upaya pengembangan manajemen sumber daya manusia (MSDM) entrepreneurship. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan triangulasi, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data dengan melakukan data reduction, data display, dan clonclution drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, Pesantren Al-Ittifaq Bandung mampu memfungsikan perannya dalam upaya pengembangan manajemen sumber daya manusia (MSDM), yang berperan dalam pengembangan santri dan masyarakatnya dalam membangun jiwa entrepreneurship sesuai dengan potensi sumber daya alam yang berada di lingkungan pesantren. Kata kunci : Peran, Pesantren, , Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Entrepreneurshi
UPAYA KYAI DALAM MENERAPKAN PUNISHMENT PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Garut) Ernawati .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.50

Abstract

Secara teoritik upaya penerapan punishment pendidikan dimaksudkan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan peraturan yang ada, yang merupakan tatatertib atau kedisiplinan bagi santri. Namun di sisi lain terdapat santri yang belum disiplin dalam melaksanakannya. Dari fenomena tersebut timbul suatu permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana upaya kyai dalam menerapkan punishment pendidikan sebagai motivasi belajar santri di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kyai dalam menerapkan punishment pendidikan, untuk mengetahui motivasi belajar santri, dan untuk mengetahui hubungan antara keduanya . Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan statistik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas upaya menerapkan punishment pendidikan berkategoricukup, dengan hasil perolehan nilai parsial 3,26 dan prosentase rata-rata sebesar 95,1%. Sedangkan realitas motivasi belajar santri termasuk sangat tinggi dengan hasil perolehan nilai parsial 4,2 dan prosentase ratarata sebesar 122,2%. Jadi, hubungan antara keduanya termasuk kategori sedang dengan nilai indeks koefisien 0.284. Begitu pula hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa ttabel lebih besar dari thitung yaitu 2,05 > -9,25. Adapun besar pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 15% hal ini berarti 85% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Darussalam Garut. Kata Kunci: Kyai, Punishment Pendidikan, Motivasi Belajar, Santri, Pesantren
PENGARUH SISTEM BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut) Anisa Rizkiani
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v6i1.45

Abstract

Karakter peserta didik pada saat ini merupakan salah satu kegelisahan nasional karena dikatakan bahwa karakter peserta didik pada saat ini banyak menyimpang jauh atau bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan ataupun aturan-aturan agama Islam. Sistem boarding school yang mengisolasi peserta didik dari pengaruh negatif dunia luar merupakan salah satu wadah untuk membina karakter peserta didik pada saat ini sehingga akan membentuk peserta didik yang berkarakter dan menjadi generasi penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem boarding school di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut, untuk mengetahui karakter peserta didik di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut dan untuk mengetahui pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter peserta didik di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu teknik pengumpulan data uji dan statistik, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian sistem boarding school berada pada kategori baik, dengan angka rata-rata sebesar 75,9% angka tersebut menunjukkan kualifikasi baik karena berada pada interval 68% - 83%. Begitu pula karakter peserta didik berada pada kategori baik, dengan angka rata-rata 73% angka tersebut menunjukkan kualifikasi baik karena berada pada interval 68% - 83%. Realitas korelasi antara sistem boarding school (variabel X) terhadap pembentukan karakter peserta didik (variabel Y) sebesar 0,969 angka tersebut berada pada rentang 0,80-1,00 menunjukkan kategori sangat tinggi. Dari hasil uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 20,57 > ttabel 2,048, ini berarti bahwa variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan yang signifikan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan menerima H1, Sedangkan kadar pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter peserta didik di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut mencapai 93,8%, hal ini menunjukan bahwa masih ada 6,2% faktor lain yang mempengaruhi karakter peserta didik Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut. Kata Kunci: Sistem Boarding School-Karakter Peserta Didik

Page 1 of 1 | Total Record : 7