cover
Contact Name
Cucuk Nur Rosyidi
Contact Email
performa@ft.uns.ac.id
Phone
+62271-632110
Journal Mail Official
performa@ft.uns.ac.id
Editorial Address
Gedung I, Lantai 1 Fakultas Teknik UNS Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta, 57126 , Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PERFORMA : Media Ilmiah Teknik Industri
ISSN : 14128624     EISSN : 26206412     DOI : https://doi.org/10.20961/performa
Core Subject : Engineering,
PERFORMA : Media Ilmiah Teknik Industri merupakan jurnal teknik industri yang menyajikan artikel orisinil pada bidang teknik dan manajemen industri. Tema naskah yang diterbitkan mencakup: Manufacturing System, Operation Research, Product Design and Development, Manufacturing Technology, Work Study, Ergonomic, Logistic System, Business System, Quality and Reliability Engineering, Information System and Knowledge Management, System Modelling, Small-medium Enterprise Optimization, Public Sector Optimization, and Industrial Engineering Education . Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian, analisis, kajian ilmiah, opini, dan makalah teknik.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010" : 8 Documents clear
Pengukuran Kinerja Kartu Seluler Smart Berdasarkan Atribut-Atribut yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggannya di Kota Surakarta Fakhrina Fahma; Dzakiyah Widyaningrum; Irwan Iftadi
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.733 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13884

Abstract

Bagi perusahaan jasa, keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan merupakan salah satu kunci sukses. Komitmen akan kualitas pelayanan yang berorientasi pada pelanggan merupakan prasyarat utama dalam menunjang keberhasilan bisnis, terutama industri jasa. Perusahaan harus memberikan pelayanan sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen agar konsumen merasa puas, sehingga perusahaan akan dinilai memiliki kinerja yang baik atau optimal menurut perspektif pelanggan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja kartu seluler Smart berdasarkan perspektif penggunanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, langkah-langkah meliputi empat tahap, yaitu (1). identifikasi atribut-atribut kepuasan pengguna kartu seluler, (2). penghitungan gap persepsi-ekspektasi dan penghitungan Customer Satisfaction Index (CSI), (3). analisis faktor menggunakan SPSS, dan (4). pemetaan tingkat kepentingan kinerja (IPA) untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu diprioitaskan untuk perbaikan. Dari hasil identifikasi atribut didapatkan 47 atribut kepuasan pengguna kartu seluler. Faktor yang terbentuk berjumlah sembilan faktor, yaitu keandalan pelayanan informasi, kualitas pelayanan Gallery Smart, kualitas fasilitas utama, tarif, masa aktif dan tenggang kartu, kelengkapan fasilitas pendukung, kewajaran harga dan kualitas layanan, akses internet dan bonus, promosi dan ketersediaan pulsa, dan keandalan layanan pendukung. Sedangkan nilai CSI diperoleh rata-rata -0,152 artinya secara keseluruhan kinerja kartu seluler Smart masih buruk atau belum memuaskan konsumen. Hal-hal yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki, yaitu jangkauan (coverage) area yang luas, kualitas sinyal sangat bagus, jarang terjadi error, dan Gallery Smart tersebar merata.
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Organisasi Non Profit (Studi Kasus pada UTDC PMI Surakarta) Jauhari, Wakhid Ahmad; Liquiddanu, Eko; Nugraheni, Eka Agustina
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.463 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13888

Abstract

In this paper we developed performance measurement system in UTDC PMI Surakarta. We used Integrated Performance Measurement System (IPMS) methodology which based on stackeholder’s requirement, to design the measurement system. From the design process, it can be identified 8 stakeholders, and based on stakeholder’s requirements, it can be obtained 27 requirements and 7 objectives. Furthermore, we developed 19 key performance indicators (KPIs) which can be classified into 6 aspects, including donor, human resources, blood preparation, output, administration, and control and evaluation.Finally, we conducted Analythic Hierarchy Process (AHP) method to weight the all aspects and KPIs. It was found that human resources(0.435) was most importance aspect and employee’s performance achievement (0.24) became most importance indicator among them.
Peningkatan Produktivitas Kerja Operator melalui Perbaikan Alat Material Handling dengan Pendekatan Ergonomi Taufiq Rochman; Rahmaniyah Dwi Astuti; Rahardian Patriansyah
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.655 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13874

Abstract

The method is being used in anthropometry approach. Anthropometry approach is needed to determine material handling appliance dimension. This research also assess productivity from material handling appliance, use result from material handling simulation model. Simulation model meant as information from material handling condition after conducted redesigning. The result of this research indicate that redesigning material handling appliance assist by using anthropometry approach can reduce processing time become 48,873.6 second. Besides that also make improvement a productivity index value, that is for the index of material productivity occured improvement equal to 22% and time productivity index occured improvement equal to 38%.
Perancangan Sistem Informasi Tugas Akhir dan Kerja Praktek di Jurusan Teknik Industri UNS Rendro Prasetyo; Irwan Iftadi; Taufiq Rochman
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.977 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13890

Abstract

Pengelolaan data Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA) yang sekarang dilakukan di Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) masih bersifat manual sehingga proses penyampaian informasi menyita banyak waktu dan tenaga. Hal ini memperbesar peluang terjadinya kesalahan manusia dalam penyampaian informasi yang pada akhirnya informasi yang disampaikan menjadi tidak akurat. Informasi yang dibutuhkan namun sulit didapatkan antara lain penyebaran minat KP dan TA, progress pengerjaan KP dan TA, serta rekapitulasi beban dosen pembimbing KP dan TA. Pada penelitian ini digambarkan alur aktivitas sistem sekarang, pemodelan sistem, dan kemudian dilakukan perancangan sistem. Alur aktivitas sistem sekarang digambarkan dalam bentuk flowchart untuk mengetahui tahapan aktivitas yang harus dilalui. Sistem dimodelkan menggunakan data flow diagram (DFD) untuk mengetahui data yang mengalir pada setiap proses. Sedangkan tahap perancangan sistem terdiri dari perancangan database, perancangan user interface, dan pembuatan program aplikasi menggunakan Visual Basic 6.0. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi KP dan TA berbasis komputer yang dapat menyajikan informasi minat pengerjaan KP dan TA, progress pengerjaan KP dan TA, rekapitulasi beban dosen pembimbing KP dan TA, serta fasilitas yang memudahkan mahasiswa dan bagian administrasi dalam membuat kelengkapan administratif KP dan TA. Sistem yang dirancang memiliki database untuk menyimpan data serta aplikasi untuk memasukkan dan mengambil data yang diperlukan. Aplikasi dapat diakses oleh beberapa user secara bersamaan melalui koneksi internet. Melalui sistem informasi berbasis komputer, informasi dapat disajikan dengan cepat, relevan, akurat, dan up to date.
Perancangan Ulang Alat Bantu Penghitung Dop Berdasarkan Anthropometri dengan Analisis RULA Rahmaniyah Dwi Astuti
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.623 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13876

Abstract

Shuttlecock consists of two parts that are dop and feather. Dop is part of the shuttlecock-shaped half-sphere which is at the end of the shuttlecock. In a dop small industry of Mr. Sumeri in Jagalan have four main activities in the production processes that are dop pressing, dop cutting edge, put a cloth on the end of the dop and counting. The calculation activity done during the change of dop production process, after buying dop that has not been coated nylon fabric and when there is order. Calculation is needed to determine how many dop that has been processed by the workers as the basis for the calculation of the workers earned wages each week. Calculation activity can disturb the workers because they have to use work time to calculate the dop that has been processed and waiting for the counting is complete. In this study is conducted redesign tool of dop counter based on anthropometri with RULA analysis. The purpose of this research is to produce a dop counter so that it can improve ergonomic working posture. The tool is designed as dop counter with anthropometri approach to retrieve data anthropometri 3 workers in the dop industry of Mr. Sumeri. By RULA method for dop calculating, the activity use thier upper body is more dominant which it aims to investigate the working environment that is not ergonomic in the human upper body. The result based on RULA is posture of workers can work longer when using the tool indicates a high risk level. Furthermore redesigned tool of dop counter provides working posture at the lower level of risk and the time counsumed by dop calculation process using a new tool as 1 minute per 20 dozen dop. This research produces dop counter-dimensional with high, wide and long of dop counter, respectively 67 cm, 63 cm and 80 cm; dimensions of the dop channel are length: 84 cm, width: 52 cm and height: 20 cm; dimension counter are length: 48 cm, width: 40 cm and the dimensions of the hole are length: 3.5cm, width: 3.5 cm and height: 6 cm. The total cost of making the new light bulb counter is Rp 266,000.00.
Perancangan Prototipe Sistem Perparkiran di Universitas Sebelas Maret dengan Menggunakan Teknologi RFId Yuniaristanto -; Ardy Denta Utama; Roni Zakaria Raung
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.249 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13892

Abstract

One of the public facilities that still using conventional method is the parking system of Sebelas Maret University. This system has several weaknesses that are: the transaction data is not recorded; lack of security; uncomfortable for the user; and recording tickets every day that cause inefficient in terms of time, effort and cost. So we will be used RFId technology to overcome these parking system weaknesses. We develop an application software through several steps such as software design, database design, interface design, program verification and system validation. The application software that can be integrated with RFId. This software is created by using Borland Delphi 7 and MySQL database.
Perancangan Sistem Pengecoran Logam Injection Die Casting Produk Handel Rem Sepeda Motor dengan Simulasi Program C Mold Hakam Muzakki
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.73 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13878

Abstract

Pengecoran die casting dengan sistem injeksi dengan produk handel rem sepeda motor yang telah dilakukan pada tugas akhir terdahulu mengalami beberapa permasalahan antara lain cacat pada produk yang dihasilkan diantaranya adalah cacat retak, cacat porosity, cacat misrun dan cacat flash. Untuk memaksimalkan hasil analisa yang akan dilakukan maka dipakai program simulasi c mold yaitu program khusus untuk menganalisa proses pada pengecoran die casting. Cacat retak disebabkan karena kondisi pada titik tersebut adalah kondisi yang paling lemah dengan banyaknya weld line pada program simulasi tersebut. Cacat porosity disebabkan terjebaknya udara dalam logam cair, solusinya adalah dengan menambahkan lubang vent sehingga udara dapat keluar. Cacat misrun disebabkan kurangnya volume yang diinjeksikan. Penyebabnya adalah karena cawan tuang yang tidak standar. Solusinya dibuatkan cawan tuang khusus, volume logam cair adalah 66 cm3. Cacat flash terjadi karena membukanya tangkupan male die dan female die yang disebabkan kurangnya gaya pengunci dies. Gaya yang dibutuhkan untuk mengunci dies adalah sebesar 26,9 Newton. Solusi dari beberapa cacat yang terjadi adalah dengan memindahkan titik injeksi dengan menggunakan program simulasi c mold dengan mencari posisi yang paling minimal terjadinya cacat.pada produk pengecoran. Program simulasi sangat dibutuhkan untuk memprediksi suatu kesalahan-kesalahan yang akan terjadi sebelum masuk pada tingkat uji coba atau praktek. Kesalahan human error pada saat proses pengecoran menjadi kendala utama sehingga kesalahan masih terjadi. Maka mesin injeksi die casting sistem otomasi yang lebih canggih. Pada proses pengecoran jenis cold chamber ini sangat pesat perkembangannya sehingga kita harus banyak membaca dan membuka wawasan kita terhadap perkembagan terbaru. Adapun buku-buku yang lama masih harus dibaca sebagai dasar dan pegangan utama.
Perencanaan Distribusi LPG dengan Periodic Vehicle Routing Problem guna Minimasi Biaya Transportasi (Studi Kasus : PT.Gading Mas Indah Malang) Annisa Kesy Garside; Nyimas Mirnayanti Jayasari Sutadisastra
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.337 KB) | DOI: 10.20961/performa.9.1.13882

Abstract

PT. Gading Mas Indah Malang represent one of LPG distributor which has a handling of inefficient distribution problem in delivery process to agent where less gives attention to demand, no definite scheduling and route make the high of distribution cost. Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) is a route planning from a depot to consumer among m-day period. In this research, PVRP used to optimize visit frequency and route of each agent to minimize distribution cost. The first step is clustering agents by k-means approach then determining delivery quantity, formulate mathematical model of PVRP, and solution searching using LINGO software to select the route which gives the minimum cost. From the result, optimum visit frequency is 1 visit and transportation cost saving is Rp 733,500,-/week equal to 40.82%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 2 (2024): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 23, No 1 (2024): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 22, No 2 (2023): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 22, No 1 (2023): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 21, No 2 (2022): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 21, No 1 (2022): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 20, No 2 (2021): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 20, No 1 (2021): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 19, No 2 (2020): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 19, No 1 (2020): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 18, No 2 (2019): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 18, No 1 (2019): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 17, No 2 (2018): PERFORMA Vol. 17, No 2 September 2018 Vol 17, No 1 (2018): PERFORMA Vol. 17, No 1 Maret 2018 Vol 16, No 2 (2017): PERFORMA Vol. 16, No 2 September 2017 Vol 16, No 1 (2017): PERFORMA Vol. 16, No 1 Maret 2017 Vol 15, No 2 (2016): PERFORMA Vol. 15 No. 2, September 2016 Vol 15, No 1 (2016): PERFORMA Vol. 15 No. 1, Maret 2016 Vol 14, No 2 (2015): PERFORMA Vol. 14 No. 2, September 2015 Vol 14, No 1 (2015): PERFORMA Vol. 14 No 1, Maret 2015 Vol 13, No 2 (2014): PERFORMA Vol. 13 No. 2, September 2014 Vol 13, No 1 (2014): PERFORMA Vol. 13, No 1 Maret 2014 Vol 12, No 2 (2013): PERFORMA Vol. 12, No 2 September 2013 Vol 12, No 1 (2013): PERFORMA Vol. 12, No 1 Maret 2013 Vol 11, No 2 (2012): PERFORMA Vol. 11, No 2 September 2012 Vol 11, No 1 (2012): PERFORMA Vol. 11, No 1 Maret 2012 Vol 10, No 2 (2011): PERFORMA Vol. 10 No 2, September 2011 Vol 10, No 1 (2011): PERFORMA Vol. 10, No 1 Maret 2011 Vol 9, No 2 (2010): PERFORMA Vol. 9, No 2 September 2010 Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010 Vol 8, No 2 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 2 September 2009 Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009 Vol 7, No 2 (2008): PERFORMA Vol. 7, No. 2 September 2008 Vol 7, No 1 (2008): PERFORMA Vol. 7, No. 1 Maret 2008 Vol 6, No 2 (2007): PERFORMA Vol. 6, No. 2 September 2007 Vol 6, No 1 (2007): PERFORMA Vol. 6, No. 1 Maret 2007 Vol 5, No 2 (2006): PERFORMA Vol. 5 No 2, September 2006 Vol 5, No 1 (2006): PERFORMA Vol. 5, No. 1 Maret 2006 Vol 4, No 2 (2005): PERFORMA Vol. 4 No 2, September 2005 Vol 4, No 1 (2005): PERFORMA Vol. 4 No 1, Maret 2005 Vol 3, No 2 (2004): PERFORMA Vol. 3 No 2, September 2004 Vol 3, No 1 (2004): PERFORMA Vol. 3 No 1, Maret 2004 Vol 2, No 2 (2003): PERFORMA Vol. 2, No. 2 September 2003 Vol 2, No 1 (2003): PERFORMA Vol. 2, No. 1 Maret 2003 Vol 1, No 1 (2002): PERFORMA Vol. 01, No 1 Maret 2002 More Issue