cover
Contact Name
Nadya Safitri, S.T., M.Kom.
Contact Email
nadyasafitri@binainsani.ac.id
Phone
+6282214400040
Journal Mail Official
jmbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bina Insani
ISSN : 25286919     EISSN : 25286919     DOI : -
Jurnal Mahasiswa Bina Insani merupakan jurnal interdisiplin yang melingkupi aspek-aspek tentang Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Ekonomi Makro dan Mikro, Kesekretarisan, Komunikasi, Humas, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing, dan Administrasi Kantor. Jurnal ini juga mengkaji Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang Keputusan. Selain itu Lingkup kajian jurnal ini juga meliputi substansi-substansi berikut: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keperilakuan, Sistem Informasi Akuntansi, Pengauditan, Etika Profesi, Perpajakan , Akuntansi Syariah, Pendidikan Akuntansi, Good Governance, Corporate Social Responsibility, Fraud & Forensic Accounting. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)" : 10 Documents clear
Analisis Laporan Keuangan PT Ciputra Property Tbk Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Perusahaan Pada Periode 2011-2014 Cindy Yuliane Khanjaya; Triyogo Moelyo Adi
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.102 KB)

Abstract

Abstrak: PT Ciputra Property Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang property, banyak perusahaan sejenis sehingga perusahaan harus dapat bersaing dan bertahan dengan perusahaan lainnya, untuk menilai kinerja perusahaan diperlukan alat ukur tertentu. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis rasio keuangan. Tujuan peneliti yaitu untuk memberi gambaran tentang keadaan laporan keuangan perusahaan dengan membandingkan rata-rata industri. Jenis data yang peneliti dapat yaitu data sekunder ekternal yang peneliti dapat dari web Bursa Efek Indonesia. Hasil dari analisis laporan keuangan perusahaan sebagai berikut : (1) Rasio likuiditas perusahaan mengalami penurunan, tetapi perusahaan masih dalam keadaan liquid. (2) Rasio solvabilitas perusahaan mengalami kenaikan, tetapi perusahaan masih dalam keadaan solvable. (3) Rasio profitabilitas perusahaan untuk rasio laba kotor dan laba bersih lebih baik dibanding dengan rata-rata industri, sedangkan rasio return on asset dan return on equity kurang baik dibandingkan dengan rata-rata industri. (4) Rasio aktivitas perusahaan masih kurang baik dibandingkan dengan rata-rata industri. Kata kunci: Laporan Keuangan, Rasio Aktivitas, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio profitabilitas Abstract: PT Ciputra Property Tbk is one company that is engaged in property, many of its peers so the company should be able to compete and survive with other companies, to assess the performance of the company required a certain measuring devices. In this case the researchers used financial ratio analysis. Destination researchers is to give an overview of the state of the company's financial statements by comparing the industry average. The type of data that researchers can namely external secondary data that researchers can from the web Bursa Efek Indonesia. The results of the analysis of the company's financial statements as follows (1) Company's liquidity ratio has decreased, but the company is still in a liquid state. (2) The company's solvency ratio increased, but the company is still in a state of solvable. (3) Profitability ratios for the ratio of gross profit and net profit is better than the industry average, while the ratio of return on assets and return on equity is less good than the industry average. (4) The ratio of the company's activities is still not good compared with the industry average Keywords: Financial Statement, Activity Ratio, Liquidity Ratio, Solvency Ratio, Profitability ratios
Analisis Prosedur Pengendalian Intern Penjualan Kredit Pada PT Prima Orbit Saahdila Indrijayanti; Natalia Titik Wiyani
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.842 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini berfokus pada prosedur penjualan kredit yang diterapkan perusahaan dalam mendukung upaya peningkatan pengendalian intern PT Prima Orbit. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pada keadaan yang sebenarnya yang diperoleh dari data skunder dan primer untuk mengetahui dan menganalisis pemasalahan yang ada pada objek penelitian sehingga dapat memeberikan saran dari permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian pada PT Prima Orbit menunjukan bahwa Perusahaan tidak memiliki beberapa dokumen yang seharusnya diperlukan dalam siklus pendapatan seperti faktur penjualan, salinan kredit, dan catatan piutang pelanggan serta masih terjadi perangkapan tugas seperti fungsi penjualan merangkap fungsi kredit. Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Prosedur, Penjualan Kredit, Pengendalian Intern Abstract: The purpose of this study focuses on credit sales procedure applied by the company in support of efforts to improve internal control PT Prima Orbit. This research was conducted with a qualitative descriptive method by describing the actual circumstances derived from primary and secondary data to identify and analyze the existing problems in the research object so it can be giving out advice from the problems encountered. Results of research at PT Prima Orbit indicates that the Company does not have some documents that should be required in the revenue cycle such as sales invoices, copies of credit and notes receivable customers and is still occur germinating tasks such as sales functions concurrently credit function. Keywords: Accounting Information Systems, Procedures, Credit Sales, Internal Control
Analisis Prosedur Gadai Emas Syariah Dalam Produk Rahn Emas IB. Hasanah (Studi Kasus Pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Bekasi) Trisnawati T; Euis Komariah
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1126.968 KB)

Abstract

Abstrak: Kondisi Perekonomian Indonesia saat ini sangat sulit karena dengan melemahnya rupiah akibat menguatnya dollar, terjadinya pemberhentian kerja karyawan dan meningkatkan harga pokok mengakibatkan masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu jalan keluar ialah dengan menggadaikan barang berharga seperti emas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan gadai emas syariah di Bank BNI Syariah dan untuk mengetahui apakah prosedur gadai emas syariah telah sesuai dengan karakteristik dan prinsip kehati-hatian produk qardh beragun emas berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/7/DPbS tanggal 29 Februari 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang dicapai adalah terdapat 4 prosedur yang dilaksanakan oleh Bank BNI Syariah yaitu prosedur pemberian pembiayaan Rahn, prosedur pelunasan, prosedur perpanjangan pembiayaan, dan prosedur penjualan barang agunan. Secara umum, Bank BNI Syariah telah menyesuaikan prosedur gadai emas syariah berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/7/DPbS tanggal 29 Februari 2012. Kata kunci: prosedur gadai emas syariah, pembiayaan Rahn Abstract: Indonesia Economic conditions today are very difficult because of the weakening of the rupiah due to the strengthening of the dollar, the dismissal of employees and increase the cost of goods resulted in people not being able to make ends meet. The solution of this problem is to pawn valuables such as gold. The purpose of this study was to determine the procedures for the implementation of sharia pawning gold in Bank BNI Syariah and to determine whether the procedures have sharia gold pawn according to the characteristics and the precautionary principle based on the gold-backed products qardh Bank Indonesia Circular Letter No. 14/7 / DPbS dated February 29, 2012. The method used is descriptive qualitative. While the result is there are four procedures implemented by Bank BNI Syariah namely granting procedures Rahn financing, settlement procedures, the extension of funding procedures, and procedures for the sale of collateral. In general, Bank BNI Syariah has adjusted procedures based on sharia gold pawn Bank Indonesia Circular Letter No. 14/7 / DPbS dated February 29, 2012. Keywords: procedures of gold pawn sharia, Rahn financing
Perbandingan Full Costing,Variable Costing Terhadap HPP Serta Perhitungan Titik Impas UKM Tempe Papan Mas Yogi Irfania; Lucia Ari Diyani
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.392 KB)

Abstract

Abstrak: Membandingkan metode Full Costing dan Variable Costing untuk perhitungan Harga Pokok Produksi akan menunjukan metode yang lebih tepat untuk di terapkan, dan penyajian laporan analisis perhitungan Titik impas ditujukan untuk mengantisipasi kerugian, dimana disaat tidak mendapatkan keuntungan, perusahaan tidak mengalami kerugian atau Pendapatan= Biaya. Analisis tersebut dapat dilakukan dengan mendeskripsikan Kegiatan produksi UKM Tempe Papan Mas, dimulai dari pembelian Bahan Baku, Upah Gaji pekerja, dan pembelian Overhead. Permasalahan pada Indonesia sendiri adalah banyaknya masyarakat yang bergerak pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang pada dasarnya berkontribusi besar terhadap perekonomian negara, akan tetapi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut tidak mampu membuat laporan keuangan secara akurat. Akibatnya adalah mereka tidak mengetahui apakah usaha mereka ada pada kondisi mendapatkan keuntungan atau rugi. Tidak akuratnya pembuatan laporan keuangan, mengakibatkan juga Usaha Kecil Menengah (UKM) tidak bisa mengantisipasi terjadinya kerugian. Kata kunci: UKM, HPP, Full costing, Variable costing Abstract: Comparing the Full Costing and Variable Costing for the calculating Cost of Good Sold will shows the most appropriate to in the apply, and presentation reports analysis break even point to anticipate a loss, where the gain not benefit, the company is not having a loss or Revenue = Expenses. The analysis can be done by describing the activities of production Tempe Mas boards, starting from the purchase of raw materials, wages of workers salaries, and purchase Overhead. The obstacles UKM, Compare Full Costing and Variable Costing, Break Even Point The problem in Indonesia is the number of communities movie on UKM who basically contribute big against the economy of the country, but the perpetrators UKM is not able to make its financial report to the accurate. As a result is they don’t know if their efforts on condition benefit or a loss. If financial report inaccurate UKM can not anticipate the loss. Keywords: SME, COS, Variable costing, full costing
Penerapan Seven Tools Pemeliaharaan Pada Mesin Press Keramik Pada PT Perkasa Primarindo Tambun Koriyanti Anjani; Lia Muliati
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.409 KB)

Abstract

Abstrak: Peningkatan kualitas dan produktivitas membutuhkan keterlibatan peralatan proses produksi untuk selalu prima, sehingga dibutuhkan suatu pemeliharaan alat yang terencana, terjadwal secara periodic, selain itu pentingnya menemukan akar masalah dalam kerusakan mesin menuntut digunakannya tujuh alat analisis sebagai alat analisa untuk menemukan penyebab masalah yang berulang agar tidak terjadi lagi dikemudian hari. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan tujuh alat mesin press keramik di PT. Perkasa Primarindo, Tambun. Penelitian menggunakan teknik analisa deskriptif kualitasif dengan melakukan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara pada pihak yang terkait selama 1 bulan pada perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengetahui akar penyebab kerusakan mesin perusahaan alat analisa berupa histogram, laporan kerusakan mesin dan diagram sebab akibat. Dalam penelitian ini diusulkan, sebaiknya PT. Perkasa Primarindo menggunakan kertas cek sebagai pengganti buku laporan pemeliharaaan mesin karena penggunaan kertas cek lebih mudah dan sistematis, selain itu juga dapat digunakan untuk mendukung penggunaan tujuh alat lainnya. Seperti diagram pareto yang dapat memudahkan mengidentifikasi masalah paling dominan pada mesin. Kata kunci: analisis tujuh alat, korektif, pemeliharaan, preventif. Abstract: Improved quality and productivity require the involvement of production process equipment for the always excellent, so it takes a maintenance tool that is planned, scheduled periodically, in addition to the importance of finding the root of the problem in engine damage requires the use of seven tools of analysis as an analytical tool to find the cause of recurring problem that does not happen again in the future. This study aimed to determine the application of seven tools analysis in press machine at PT Perkasa Primarindo ceramics, Tambun. The research using descriptive analysis techniques kualitatif to perform data collection techniques of observation and interviews on related parties during one month at the company. The results showed that to know the root cause engine damage in the form of histogram analysis tools company, reports damage to the engine and diagram cause - effect. In this study suggested, should PT Perkasa Primarindo use check sheet as replacement of maintenance book report engine for easier and systematic, but it also can be used to support the use of other seven tools. As with Pareto charts that can help identify the most dominant problems in the engine. Key words : maintenance, preventive, corrective, seven tools analysis
Sistem Pemantauan Dan Pemeliharaan Perangkat Teknologi Informasi Berbasis Web Pada Departemen IT PT Denso Indonesia Bekasi Ahmad Jaenudin; Dwi Wahyuningtyas; Petrus Dwi Ananto Pamungkas
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1748.933 KB)

Abstract

Abstrak: Semakin besar suatu perusahaan maka aset yang dimiliki juga semakin banyak, demikian pula dengan data asetnya. Pemantauan dan pemeliharaan data aset menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan tersebut. Tidak terpantaunya aset dan data aset dapat menjadi permasalahan penting bagi perusahaan. Sistem pemantauan dan pemeliharaan aset ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam memantau data aset yang ada di perusahaan terutama pada departemen IT di PT Denso Indonesia. Pemantauan digunakan untuk proses pengumpulan dan analisis informasi berdasarkan indikator yang ditetapkan secara sistematis dan berkelanjutan tentang kegiatan atau program sehingga dapat dilakukan tindakan koreksi untuk penyempurnaan program atau kegiatan itu selanjutnya. Suatu perusahaan memiliki aset, dimana aset tersebut harus diketahui jumlah dan keadaaannya. Untuk itu perlu adanya suatu pemantauan data aset tersebut dan untuk memperlancar jalannya operasional perusahaan tersebut, aset harus dipelihara agar kondisi aset tersebut terjaga kualitasnya. PT Denso Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur. Terdapat beberapa departemen dan barang yang menjadi aset dan non aset diperusahaan tersebut. Salah satunya adalah Departement IT. Salah satu tugas dari Departemen IT adalah memonitoring data aset komputer. Selama ini untuk memantau data aset berupa barang komputer masih menggunakan MS. Office (Excel) untuk pengolahan datanya. Departemen IT diharuskan mendata dan memantau setiap aset yang diminta dan aset yang dikeluarkan. Untuk mempermudah pendataan tersebut maka dibuatlah sistem pemantauan dan pemeliharaan perangkat teknologi informasi berbasis web yang diharapkan dapat mempermudah departemen IT dalam mengolah data kapan saja dengan menggunakan fasilitas website. Kata Kunci : sistem, sistem pemantauan dan pemeliharaan, website. Abstract: The bigger a company, the assets are also more and more, as well as the data assets. Monitoring and maintenance of asset data becomes very important to the company. Not terpantaunya assets and asset data can be an important issue for the company. Asset monitoring and maintenance system aims to simplify the company to monitor the data of existing assets in companies primarily in the IT department at PT Denso Indonesia. Monitoring is used for the collection and analysis of information based on the indicators set in a systematic and continuous activity or program so that corrective action can be done for the improvement of the program or activity further. A company has the assets, these assets must know the number and keadaaannya. For that we need a data monitoring these assets and for the smooth running of the company's operations, assets must be maintained so that the condition of these assets maintained its quality. PT Denso Indonesia is a company engaged in manufacturing. There are several departments and stuff that becomes an asset and non asset in the company. One is the IT department. One of the tasks of the IT Department is monitoring the computer asset data. During this time for monitoring data assets such as computer goods still using MS. Office (Excel) for data processing. IT departments are required to record and monitor any asset that is requested and issued asset. To facilitate the data collection then be made of monitoring systems and maintenance of web-based information technology devices are expected to facilitate IT departments in data processing at any time using the website facility. Keywords: system, system monitoring and maintenance, website.
Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan Perbankan Menggunakan Metode RGEC (Studi Kasus Pada Bank BUMN Periode 2011-2014) Nur Shinta; Indra Wijaya
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.706 KB)

Abstract

Abstrak: Perbankan merupakan lembaga keuangan yang sangat penting peranannya dalam menggerakan perekonomian suatu negara. Penilaian kinerja keuangan suatu bank dapat dinilai dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan keuangan bank BUMN periode 2011-2014. Populasi penelitian ialah semua bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Coorporate Governance, Earnings, and Capital). Laporan yang digunakan adalah laporan keuangan komprehensif dan laporan laba rugi komprehensif bank Mandiri, bank BRI, bank BNI, dan bank BTN. Hasil penelitian menunjukkan dari ke empat bank bumn, bank BRI memiliki kinerja keuangan yang paling baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan Return on Assets paling besar tahun 2011-2014. Kinerja keuangan paling buruk dimiliki bank BTN karena memiliki LDR dibawah standar Bank Indonesia. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Kesehatan Bank, Bank BUMN, metode RGEC Abstract: Banks are financial institutions that ver important role in driving the economy of nation. the valuation Financial performance of the bank could be value by doing analyze of the financial statements of the bank. The research aim was to analyze the level of financial health governance bank from 2011 to 2014. The population was all of governance banks listed in Indonesia Stock Exchange. The research was used by RGEC (Risk Profile, Good Coorporate Governance, Earnings, and Capital) method. The financials were used financial statement comprehensive and income statement comprehensive Mandiri’s bank, BRI’s bank, BNI’s bank and BTN’s bank. The results showed, BRI’s bank owned the most excellent financial performance. This is indicated b the larger ROA in 2011-2014. The worst financial performance BTN owned because had LDR substandar predicate bank Indonesia. Keywords : Financial Performance, health of bank, BUMN’s bank, RGEC method.
Analisis Rasio Keuangan Pada PT Gudang Garam Tbk Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Periode 2011-2014 Febriyanto F; Triyogo Moelyo Adi
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.191 KB)

Abstract

Abstrak: RatiosAbstrak: PT Gudang Garam Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur. Banyak perusahaan yang sejenis, sehingga perusahaan harus terus bersaing dan mempertahankan usahanya. Laporan keuangan perusahaan merupakan sumber utama dalam menyampaikan informasi keuangannya serta informasi lainnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi. Penelitian ini menganalisis rasio keuangan serta menilai kinerja perusahaan. Jenis data yang penulis gunakan yaitu data sekunder eksternal yang didapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun tujuan penelitian untuk memberi gambaran tentang keadaan laporan keuangan perusahaan serta membandingkan rata-rata industri. Dari analisis laporan keuangan dapat dilihat apakah perusahaan tersebut dalam keadaan baik atau tidak dengan menggunakan rasio keuangan seperti Rasio Likuiditas untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban lancarnya, Rasio Solvabilitas untuk mengetahui aset perusahaan yang dibiayai oleh total hutang, Rasio Profitabilitas untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, Rasio Aktivitas untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengelola aset yang dimilikinya. Kata kunci: Laporan Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas Abstract: PT Gudang Garam Tbk is one company that is engaged in the manufacturing industry. Many companies are alike, so the company must continue to compete and maintain their business. The financial statements of the company is a major source in delivering financial information and other information to those who need the information. This study analyzed the financial ratios as well as assess the performance of the company. The type of data that the authors use the external secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange (BEI). The research aimed to provide information on the state of the company's financial statements as well as comparing the industry average. From the analysis of financial statements can be seen whether the company is in good condition or not by using financial ratios such as liquidity ratio to determine a company's ability to meet its current liabilities, Solvency Ratio to determine the company's assets are financed by total debt, Profitability Ratios to determine the company's ability to generate profit, Activities ratio to determine a company's ability to manage its assets. Keywords: Financial Statements, Liquidity Ratios, Solvency Ratios, Profitability Ratios, Activity Ratios
Proses Penyusunan Uraian Pekerjaan Berdasarkan Tahapan Analisis Pekerjaan Staf Administrasi Underwriting Pada Perusahaan Asuransi Umum Fatimah Az-Zahra; Sri Endang Kamuljan
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.461 KB)

Abstract

Abstrak: Suatu perusahaan perlu melaksanakan analisis pekerjaan, karena analisis pekerjaan merupakan salah satu prose mendapatkan gambaran tentang suatu pekerjaan. Analisis pekerjaan memiliki tahapan yang akan menghasilkan uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penyusunan uraian pekerjaan berdasarkan tahapan analisis pekerjaan staf administrasi klaim bagian teknik pada perusahaan dan metode yang digunakan untuk melakukan peneliatan adalah dengan wawancara dan data dari perusahaan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan yang dilakukan perusahaan yaitu, merencanakan analisis pekerjaan, mempersiapkan analisis pekerjaan, implementasi analisis pekerjaan, dan evaluasi analisis pekerjaan, dari tahapan-tahapan tersebut maka menghasilkan uraian pekerjaan. Kata Kunci: analisis pekerjaan, asuransi, proses, uraian pekerjaan. Abstract: A Company needs to carry out job analysis, because job analysis is one of process to get an overview of the work. Job analysis has phases which will generate job description and job specification effectively and efficiently. The purpose of this research is to know the process of the preparation of job description based on phases of job analysis administration underwriting/claim staff, technique section in company and the methods used to conduct research is by interview and the data of the company. The result showed that the company carried out phases are, planning job analysis, preparing job analysis, implementation job analysis, and evaluation job analysis of the phases, the phases generate job description. Keywords: , job analysis, insurance, process, job description.
Analisa Lindung Nilai (hedging) Terhadap Transaksi Pembelian Bahan Baku dalam Mata Uang Asing USD (Studi Kasus PT.TD Automotive Compressor Indonesia periode Oktober 2014 – Januari 2015) Rinny R; Rishi Septa Saputra
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (897.536 KB)

Abstract

Abstrak: Transaksi pembelian bahan baku dengan menggunakan mata uang asing akan terpengaruh dengan fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang mengakibatkan ketidak pastian akan nilai mata uang yang selalu berubah-ubah setiap waktunya. Perusahaan dapat melakukan metode hedging untuk melindungi nilai transaksi pembelian bahan baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan dan kerugian dengan menggunakan metode hedging forward dan metode normal.Penelitian ini menggunakan empat transaksi pembelian bahan baku PT. TD Automotive Compressor Indonesia selama periode Oktober 2014 – Januari 2015. Metode analisis yang digunakan adalah metode hedging forward. Dari analisis ini diperoleh hasil bahwa adanya keuntungan dan kerugian nilai transaksi pembelian bahan baku perusahaan, ketika menggunakan metode hedging forward dan spot. Kata Kunci: Hedging, Hedging Forward, Spot Abstract: Raw material purchase transactions use foreign currency will be affected by fluctuations in foreign currency exchange rates resulting uncertainty of the value of a currency that is always changing any time. The company can undertake hedging method to hedge raw material purchase transactions. The purpose of this study was determine the advantages and disadvantages of using hedging forward and normal methods. This study uses four raw material purchase transactions in PT. TD Automotive Compressor Indonesia during the period October 2014 – January 2015. The analytical method used is a method of hedging forward. From this analysis result that the profit and loss transaction value of raw materials companies, when using the method of hedging forward and spot. Keywords: Hedging, Hedging Forward, Spot

Page 1 of 1 | Total Record : 10