cover
Contact Name
Rully Pramudita
Contact Email
rullypramudita@binainsani.ac.id
Phone
+6282218441010
Journal Mail Official
itbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi, Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
ISSN : -     EISSN : 25483412     DOI : -
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)" : 10 Documents clear
Aplikasi Rekam Medis Pasien Berbasis Web Pada UPTD Puskesmas Saigon Pontianak Timur Rizky Ade Safitri
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1714

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh besar bagi umat manusia di segala bidang. Salah satu bidang yang menggantungkan dirinya hammpir disegala aspek adalah bidang kesehatan. Dimana bidang tersebut selalu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di setiap pekerjaannya. Semua ini dilakukan untuk memberi pelayanan yang optimal kepada setiap orang. Puskesmas merupakan salah satu sarana kesehatan yang mudah dicari disetiap daerah, ini karena puskesmas merupakan sarana yang diberikan pemerintah untuk penanggulangan pertama pada setiap warganya yang sakit. Namun pada salah satu pelayanannya, terdapat masalah yang cukup berarti. Masalah itu terletak pada proses pendaftaran pasien yang akan berobat, dimana pasien diharuskan membuat kartu berobat yang akan membuat tumpukan kartu menjadi penuh sesak di puskesmas. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode waterfall yang mempunyai tahap : analisis perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian, dan pendukung atau pemeliharaan. Kemudian pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan metode dan teknik pengumpulan data tersebut, penulis akan merancang aplikasi yang beguna sebagai rekam medis setiap pasien agar lebih mudah dalam mendapat pelayanan kesehatan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan puskesmas sebagai sarana kesehatan tahap awal.
Klasifikasi Berita Kriminal Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Berbasis PSO Dzaffa 'Ulhaq; Nana Suarna; Gifthera Dwilestari
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1701

Abstract

Tindakan kriminal dipandang sebagai suatu masalah tindakan kejahatan atau hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan (pelanggaran hukum) yang dapat dihukum menurut undang-undang. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat memicu penyebaran informasi kriminal melalui internet menjadi tidak terkontrol. Sehingga diperlukan suatu sistem cerdas yang dapat melakukan klasifikasi konten berita kriminal yang tersebar melalu media internet. Penelitian ini mengklasifikasikan berita kriminal berdasarkan subkategorinya yang terbagi menjadi 2 yaitu pembunuhan dan narkoba. Berdasarkan klasifikasi berita kriminal tersebut maka akan dapat menekan terjadinya tindakan kriminal yang lebih buruk lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melakukan klasifikasi berita kriminal menggunakan algoritma Naïve Bayes berbasis Particle Swarm Optimization. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naïve Bayes yang merupakan salah satu algoritma klasifikasi yang sederhana akan tetapi Naive Bayes memiliki kekurangan yaitu sangat sensitive dalam pemilihan fitur maka dari itu dibutuhkan metode Particle Swarm Optimization untuk meningkatkan hasil akurasi. Proses klasifikasi kriminal dapat dilakukan melalui tahap preprocessing kemudian pembobotan kata dan dilakukan klasifikasi menggunakan naïve bayes. Hasil akurasi dari klasifikasi berita kriminal diperoleh sebesar 93.33%. Berdasarkan hasil klasifikasi tersebut maka dapat digunakan sebagai dasar penetapan berita kriminal yang valid. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam suatu berita dan dapat digunakan sebagai dasar sumber informasi yang dipercaya dalam bermasyarakat.
Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Berbasis Website Rany Solafide Letare; Laila Septiana; Tuti Haryanti Haryanti
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1766

Abstract

Pada perusahaan XYZ hampir diseluruh kegiatannya menggunakan sistem secara konvensional,hal tersebut tentu saja sering menghabiskan waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan ketidak efisienan dan ketidak akuratan dalam penyajian data serta laporan. Sistem secara konvensional ini yang khususnya pada bagian rekruitmen karywan tentu memiliki banyak kekurangan dan proses pengolahan laporan penerimaan karyawan baru menjadi tidak efektif. Melihat hal tersebut penulis mencoba membuat Perancangan sistem penerimaan karyawan baru dengan menggunakan pendekatan model pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) berbasis website. Untuk memudahkan dalam memahami setiap tahapan-tahapan dalam perancangan sistem penerimaan karyawan baru, penulis menggunakan model linear waterfall agar menghasilkan sebuah rancangan program yang mampu mengelola data rekruitmen karywan sampai dengan laporan-laporan terkait dengan proses rekruitmen tersebut menjadi informasi sesuai dengan kebutuhan dengan lebih efektif dan efisien. Hasil dari perancangan sistem penerimaan ini menunjukkan bahwa peranan sistem komputerisasi dalam bidang rekrutmen sangat penting sebagai penunjang dalam meningkatkan kualitas kegiatan penerimaan karyawan pada perusahaan.
Aplikasi Rumah Laundry Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development Herjunadi Wicaksono
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1918

Abstract

Laundry house is a business engaged in laundry services. Every day the laundry house can receive about 20 to 25 laundry per day. Most data management processes are still carried out manually, starting from customer data registration, recording transaction data, and even for making reports still written in the general ledger. This causes various problems such as, the difficulty of finding customer data, making complicated reports because they have to recap transaction data that takes a long time and is not efficient. The creation of a Web-Based Laundry Application at a Laundry House using Rapid Application Development (RAD) models that aims to make it easier for employees to serve costamers, with this Web-Based Laundry Application, employees can more quickly handle transactions quickly and accurately so that transaction calculations can be done quickly based on the service chosen by the customer. With the Web-Based Laundry Application, it is also easier for laundry business actors to monitor their daily income in real time, see the busiest time in the field and make accurate reports automatically.
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Bantuan Penanggulangan Korban Bencana Pada Dinas Sosial Kota Padang Menggunakan Metode Waterfall Rika Apriani
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1816

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan pada Kantor Dinas Sosial Kota Padang ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengolahan data bantuan dan selanjutnya mengembangkan sistem yang sedang berjalan tersebut agar dapat meningkatkan kinerja dalam pengolahan data bantuan penanggulangan korban bencana dan dapat menghasilkan laporan secara lebih cepat dan relevan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research yaitu dengan mengadakan penelitian langsung kelapangan serta mewawancarai pimpinan dan petugas yang terkait dengan penelitian. Dari hasil data penelitian yang dikumpulkan, selanjutnya penulis menggunakan metode Laboratorium Research dan Library Research, yaitu mengolah hasil penelitian dilaboratorium komputer dan membaca buku – buku yang berkaitan dengan objek penelitian. Yang kemudian dirancang suatu sistem informasi pengolahan data bantuan, dimana sistem informasi tersebut menghasilkan informasi berupa laporan – laporan penyaluran bantuan yang terjadi dengan memanfaatkan sarana komputer sebagai alat bantu dalam pengolahan data. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall dimana metode ini terdiri dari beberapa tahap dalam prosesnya. Berdasarkan analisa dan pengembangan yang telah dilakukan didapat kesimpulan bahwa sistem baru yang dikembangkan ini dapat membantu dalam proses pengolahan data persediaan dan penyaluran bantuan korban bencana, agar mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi, sehingga rancangan tersebut dapat bermanfaat bagi Kantor Dinas Sosial Kota Padang dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan pimpinan.
Komparasi Metode Deep Learning, Naïve Bayes Dan Random Forest Untuk Prediksi Penyakit Jantung Ivana Alhabib
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1881

Abstract

Jantung adalah organ yang mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia karena fungsinya untuk mendistribusikan darah dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, yang dimana darah tersebut mengandung banyak sekali oksigen sehingga dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh manusia. Ada banyak aktivitas dalam tubuh manusia yang tidak dapat diprediksi dalam bentuk umum. Serangan jantung adalah salah satunya, dan itu adalah aktivitas yang sangat serius dalam tubuh manusia yang menyebabkan kematian manusia. Meskipun tidak terlalu terlihat dalam kondisi normal, itu dilakukan secara tiba-tiba. Jadi ini adalah salah satu kejadian yang sangat tidak terduga dalam tubuh manusia. Dengan kemajuan teknologi beberapa algoritma penambangan data dikembangkan untuk memprediksi serangan jantung. Dalam kelanjutannya, algoritma penambangan data yang berbeda, dengan pendekatan machine learning mampu memprediksi terjadinya serangan jantung dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu tugas diagnosis yang khas, tetapi harus dicapai secara akurat dan efisien dengan bantuan pembelajaran mesin. penelitian ini adalah upaya untuk memodelkan dan memecahkan masalah prediksi serangan jantung. Algoritma mesin yang berbeda seperti Deep Learning, Naives Bayes dan Random Forest diambil di sini untuk membentuk model dalam penelitian ini. pendekatan pembelajaran mesin adalah pendekatan yang baik untuk memprediksi terjadinya serangan jantung. Dataset diambil dari laman Kaggle dengan judul heart attack analysis dan prediction dataset. Akurasi paling tinggi yang dapat dihasilkan adalah menggunakan metode algortma deep learning dimana menghasilkan akurasi yang bernilai, yaitu 83,49%.
Sistem Pendeteksi Kebocoran LPG dan Api Melalui Notifikasi Telegram Delvia Oktaviani; Dwi Ismiyana Putri
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1883

Abstract

Gas LPG sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi adanya permasalahan yang terjadi. Yaitu adanya kebocoran gas LPG yang dapat membahayakan pengguna dan masyarakat sekitarnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi terjadinya kebocoran gas LPG yang dapat menyebabkan bahaya seperti kebakaran. Dengan adanya alat ini yang berfungsi untuk mendeteksi kebocoran gas LPG yang dilengkapi sensor gas MQ2 serta yang dilengkapi sensor api. Alat pendeteksi kebocoran gas LPG ini dapat mengirim notifikasi adanya indikasi kebocoran melalui telegram sehingga pengguna alat ini dapat memantau keadaan tabung gas melalui telegram, dengan NodeMCU yang telah diprogram. Dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu pengguna gas LPG dalam mendeteksi kebocoran gas yang terjadi, sehingga dapat melakukan tindakan selanjutnya yang dapat mencegah adanya ledakan akibat kebocoran gas LPG.
Rancang Bangun Aplikasi Bekafe Untuk Membantu Menghubungkan Customer Kopi Dan Kafe Di Seluruh Indonesia Berbasis Android Albert Arapenta Sembiring; Muhammad An Naufal Langnegara; Hoga Saragih
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1723

Abstract

The coffee shop business is one of the rapidly growing business industries in Indonesia. This encourages many people to open coffee shops or develop existing coffee shops. Bepahkupi creates a better coffee shop ecosystem in Indonesia by building an Android-based Bekafe application. This application helps connect coffee shops and coffee customers. With one application, the information and connection between the two parties is greatly facilitated. The Android-based Bekafe application is specifically designed to make it easier for customers to find cafe locations. In addition, customers will also get information about operational schedules, routes/locations and cafe menus. Blackbox method is testing the fundamental aspects of the system without paying attention to the internal logical structure of the software. Starting from the login page, home, cafe, shop, cart, notification, and maps work well with VALID results on every test. In addition, the authorss chose the User Acceptance Test (UAT) in the stages of the testing process. UAT is done by asking a number of respondents to operate the Bekafe application. The results of testing on the Bekafe application get good results. Almost all respondents gave satisfactory results. Although the test results were satisfactory, the respondents gave additional suggestions to complete the Bekafe application. As for what can be added, news features about coffee or cafes in Indonesia, delivery features, and updating the UI and UX appearance of the Android-based Bekafe application
User Acceptance Test Terhadap Aplikasi Augmented Reality Quivervision 3D Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai Ari Nurul Alfian; Mardi Yudhi Putra; Rama Rafsanjani; Afifah Putri Witjaksono
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1663

Abstract

Media pembelajaran interaktif saat ini merupakan kebutuhan yang selalu ada saat proses belajar dan mengajar di kelas. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu media pembelajaran yang membantu menampilkan gambar 2D pada lembar mewarnai menjadi 3D sehingga terlihat nyata. Tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi QuiverVision sebagai media pembelajaran mewarnai dan menunjukkan kelayakan pada aplikasi yang dikembangkan dari segi desain, kemudahan, dan efisiensi. Jumlah total respoden adalah 28 orang siswa dan 2 orang guru yang dipilih dengan teknik purposive sampling. User acceptance test dilakukan untuk memprediksi tingkat pemanfaatan terhadap aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan dari segi desain 91,56% responden menjawab sangat setuju dengan desain tampilan aplikasi sebagai media pemebelajaran mewarnai, dari segi kemudahan 92,8% responden menjawab sangat setuju penggunaan aplikasi sebagai media pemebelajaran mewarnai ini sangat mudah digunakan, dan dari segi efisien 91,5% responden menjawab sangat setuju aplikasi Augmented Reality QuiverVision 3D sebagai media pemebelajaran mewarnai ini dapat digunakan sangat cepat efektif dan efisien. Hal ini mengimplikasikan bahwa aplikasi dapat sangat diterima.
Desain Touch Screen Struktur One Glass Solution Dan Problemnya Sebagai Antar Muka End User - Perangkat Elektronik Saludin Muis
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51211/itbi.v6i2.1836

Abstract

Abstrak : Touch screen adalah perangkat yang menggantikan fungsi papan ketik dan mouse sebagai alat antar muka antara end user dengan perangkat elektronik, dimana berkomunikasi antara end user dan perangkat eletronika dilakukan. Teknologi one glass solution /OGS merupakan perkembangan dari teknologi Dito (double ITO) dan Sito (Single ITO), dimana OGS hanya membutuhkan satu lempengan kaca (sebagai substrate) untuk membangun fungsi modul touch screen sedangkan Dito dan Sito memerlukan dua lempengan kaca (substrate dan kaca pelindung). Kesederhanaan yang ditampilkan OGS membawa konsekuensi pada kerumitan proses pembuatan dan problem kehandalan. Problem pada struktur OGS antara lain : efek negatif lapisan ITO terhadap kinerja lempengan kaca, Keretakan lapisan ITO, efek outgassing, ESD, dan lain-lain. Problem-problem tersebut berkaitan dengan desain struktur OGS itu sendiri, sehingga solusinya tidak dapat bersifat menyeluruhan, hanya dapat dikurangi melalui peningkatan proses pembuatan. Kata kunci : Touch screen, OGS, Outgassing, ESD, ITO. Abstract : Touch screen is a device that replaces the keyboard and mouse functions as an interface between end users and electronic devices, where communication between end users and electronic devices is carried out. One glass solution /OGS technology is a development of Dito (double ITO) and Sito (Single ITO) technology, where OGS only requires one glass slab (as a substrate) to build a touch screen module function while Dito and Sito require two glass slabs (substrate and glass protector). The simplicity displayed by OGS has consequences for the complexity of the manufacturing process and reliability problems. Problems with the OGS structure include: the negative effect of the ITO layer on the performance of the glass plate, cracking of the ITO layer, the outgassing effect, ESD, and others. These problems are related to the design of the OGS structure itself, so the solution cannot be comprehensive, it can only be reduced through improving the manufacturing process. Keywords : Touch screen, OGS, Outgassing, ESD, ITO.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2023): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2023) Vol 8 No 1 (2023): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Edisi Khusus Vol 6 No 2 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2022) Vol 7 No 1 (2022): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 202 Vol 5 No 2 (2021): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2021) Vol 6 No 1 (2021): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 202 Vol 4 No 2 (2020): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2020) Vol 5 No 1 (2020): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 202 Vol 3 No 2 (2019): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2019) Vol 4 No 1 (2019): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 201 Vol 2 No 2 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2018) Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 201 Vol 1 No 2 (2017): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2017) Vol 2 No 1 (2017): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 201 Vol 1 No 1 (2016): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Desember 201 More Issue