cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019" : 18 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Kenampakan Alam melalui Metode Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 1 Sumberingin Karangan Trenggalek Tunik Tunik
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.685 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.150

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Hewan dengan Lingkungannya melalui Metode Resitasi Kasmiatin Kasmiatin
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.055 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.148

Abstract

Proses pembelajaran kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Joho Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, masih mengunakan metode konvensional yaitu metode ceramah.Kondisi seperti ini tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran khususnya mata pelajaran IPA. Akibatnya nilai hasil ulangann 80% dari 23 siswa di bawah KKM .Metode Resitasi memberikan kebebasan belajar secara mandiri, merangsang siswa belajar, berperan mengembangkan kemandirian siswa, membuat siswa bergairah karena kegiatan belajar dilakukan dengan berbagai variasi, kebebasan berpikir, berpendapat, aktif dankreatif. Setelah metode resitasi diterapkan ada kenaikan. Ditunjukkan dari penelitian pembelajaran pada siklus I tingkat keberhasilan ketuntasan kelas sebesar 56,52%. Sedangkan padasiklus II keberhasilan ketuntasan kelas sebesar 95,65%.
Membangun Generasi Milenial melalui PPK Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila endang srinanda
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.342 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.160

Abstract

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X TKJ 3 SMK Negeri I Kademangan Ganeswati Ganeswati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.557 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.152

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan teman guru fisika yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 1 Kademangan, ditemukan pembelajaran pada materi besaran dan satuan belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Selain keterampilan proses yang masih rendah, nilai rata-rata ulangan harian peserta didik masih setara dengan KKM (75) yaitu 76.56. Untuk memecahkan masalah di atas peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran model PBL, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Kademangan dengan penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Kademangan dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian meliputi instrument tindakan yaitu RPP dan Lembar Kerja, lembar keterlaksanaan PBL, format catatan lapangan, lembar observasi keterampilan proses, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan cara berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Kademangan. Dari hasil analisis dapat dilihat peningkatan aspek berpikir kritis pada siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata nilai 78.17 dengan kriteria baik, pada pertemuan 2 meningkat menjadi rata-rata 83.83 dengan kriteria baik, lalu pada sikus II pertemuan 1 rata-rata 84.08 dengan kriteria baik dan pada pertemuan 2 menjadi 90.91 dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada siklus Isebesar 76.56 menjadi 80 pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya berdampak positif terhadap ketuntasan belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 73.53% pada siklus II meningkat menjadi 92.31%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN RODA PUTAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TKN PAKUNDEN 1 KOTA BLITAR peni pratiwi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.481 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.145

Abstract

ABSTRACT: The main purpuse of this research is to describe the application of turning wheel game to improve kognitive skill of group A students at Pakunden 1 kindergarten Blitar town. This Classroom Action Research used 2 cycles. The result of this research showed that it can improve learning activity well. It could also increas students cognitive skill. The percentage result of cognitive skill in pre-test was 38,1%, in cycle I was 49,9%, and in cycle II was 89,5%
Penggunaan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling dan Luas Lingkaran lestari, tri
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.971 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.161

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan siswa agar dapat memainkan peranan dalam lingkungan hidup secara tepat di masa mendatang. Pembelajaran Number Head Together ( NHT) merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dengan pendekatan konstruktivitas, berupa rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Penerapan pembelajaran Number Head Together (NHT) memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus sehingga cukup efektif untuk diterapkan. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih siswa menggunakan berbagai metode walaupun dalam taraf yang sederhana, di mana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep, dan ketrampilan sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KARANGSOKO Sutiyah Yah Sutiyah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.39 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.154

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan siswa dalam memperoleh ilmu dan hasil belajar yang baik adalah kinerja guru yang baik dalam memberikan atau mentransfer ilmu kepada siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat mendorong siswa lebih aktif. Kesuksesan guru dalam menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran dengan menggunakan CTL di Sekolah Dasar Negeri 3 Karangsoko dengan melibatkan 6 guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari 54,46 menjadi 75,60 dan 94,35 sedangkan aspek penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran meningkat dari 54,63 menjadi 70,83 dan 87,96 dan aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut dari 55,77 menjadi 68,91 dan 81,73 pada akhir siklus kedua. Meningkatnya kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, hasil belajarnya pun turut meningkat.
Penggunaan Media Pohon Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TKN Sukorejo hariyatin hariyatin
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.406 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.146

Abstract

ABSTRAK: This research background in cognitive abilities of children in low count using tree count, especially at the time of calling the numbers 10-20, the symbol pair numbers and called the addition and subtraction with objects This study aims to describe the steps the use of the media tree count and tree count describes the use of media in improving the cognitive abilities of children in the kindergarten group A Sukorejo Blitar City District. The research was conducted at TKN Sukorejo with the study design used was a class act design (TOD) model Kemiss and Mc Taggart. In each cycle consists of several stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. In this study researchers collaborate with classroom teachers. The results showed that the use of the media tree count in the learning activities refer to numbers 1-20, numbers and symbols mentioned pair addition and subtraction with objects shown to develop children's cognitive abilities Ability TK.Pada I cycle the average child reaches 69.99% increase to 88.51% in cycle II. Marked increase with increasing cognitive abilities through the call numbers 1-20, numbers and symbols mentioned pair addition and subtraction with objects. Based on this research, called the numbers 1-20, numbers and symbols mentioned pair addition and subtraction by using media objects counting tree can enhance children's cognitive abilities in math. encouraged to try to study with another problem with using other media, namely in the field of physical motor development, habituation, art, and language.
Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Penanaman Karakter bagi Siswa SMPN 2 Blitar nuriyah, siti
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.82 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.164

Abstract

Sejarah kehidupan bangsa Indonesia terkenal dengan berbudi luhur dan mempunyai peradapan yang tinggi. Pancasila selalu tertanam dalam kepribadian setiap insan seluruh warga negara. Bahwa penduduk Indonesia beraneka ragam suku, ras, agama dan budaya. Namun seiring dengan perkembangan jaman pengaruh dari luar negeri tidak dapat terelakkan, maka dari itupendidikan multikultural sangat penting untuk dilakukan sejak dini agar keragaman yang ada di negara kita tetap terjalin persatuan dan kesatuan sehingga dapat meningkatkan penanaman karakter bagi siswa di SMP Negeri 2 Blitar. Pendidikan multikultural dapat disisipkan dalam sub sub bidang pelajaran Pendidikan kewarganegaraan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial dikembangkan dengan kolaborasi bersama.
Pengaruh Pengetahuan Intuitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Archimedes Yuniar Alam
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.69 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Pemecahan Masalah Terhadap Pembelajaran Fisika pada Materi Pokok Hukum Arcimedes Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian mix-method dengan embedded experimental,dengan populasi seluruh siswa SMKN 1 Kademangan Blitar semester ganjil angkatan 2019/2020. Perbandingan persentase jumlah siswa menggunakan pengetahuan intuitif untuk indikator Common Sanse persentase pretest 4,54% dan Posttest 58,71. Indikator Power of Synthesis persentase pretest 18,55% dan Posttest 34,84%. Indikator Catalitic Interferences persentase pretest 63,02% dan Posttest 6,45%

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 4 (2025): Volume 9, Nomor 4 Tahun 2025 Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025 Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025 Vol 9 No 1 (2025): Volume 9, Nomor 1 Tahun 2025 Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024 Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024 Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024 Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024 Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023 Vol 7 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3, 2023 Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2, 2023 Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023 Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022 Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022 Vol 6 No 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, April 2022 Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022 Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021 Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021 Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021 Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021 Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020 Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020 Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020 Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019 Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019 Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019 Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019 Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018 Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018 Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017 More Issue