cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2: OKTOBER 2015" : 8 Documents clear
UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS DI SMA DAN SMK KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN Kurnaidi, Kurnaidi; Purba, Saut; Ambarita, Biner
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cenelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan kemampuan guru Biologi dalam menyusun RPP model Problem Based Learning; 2) meningkatkan kemampuan guru Biologi menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui supervisi akademik model klinis di SMA dan SMK Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pasie Raja dan SMK Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah lima orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru Biologi menyusun RPP model pembelajaran Problem Based Learning dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 81,25% dengan kategori baik, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 74,64% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,31% dengan kategori baik sekali, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 87,50% dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik model klinis dapat meningkatkan kemampuan guru Biologi menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Pasie Raja dan SMK Negeri 1 Kabupaten Aceh Selatan. 
MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL KEPADA ANAK TUNAGRAHITA Sehana, Franciscus; Ambarita, Biner; Siagian, Sahat
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru Seni Budaya dan Keterampilan meningkatkan kemampuan membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita di SLB Negeri Serdang Bedagai. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru Seni Budaya dan Keterampilan. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah: Kemampuan guru membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita. Tiga langkah dalam open design digunakan dalam setiap siklus. Hasil analisis data membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita pada pra siklus (pre-test) sebesar 58,66% (kurang) setelah dilakukan perlakuan pada siklus I sebesar 68,66% (cukup), dilanjutkan siklus II sebesar 74,66% (cukup) dan pada siklus III sebesar 91,33 (sangat baik). Kesimpulan kemampuan guru membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik dengan tehnik pelatihan model open design. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI MENGGUNAKAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMAN 2 SIGLI Suhadi, Suhadi; Sagala, Syaiful; Zainuddin, Zainuddin
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam membuat media pembelajaran menggunakan PowerPoint pada materi perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250-1800) melalui supervisi akademik teknik workshop di SMAN 2 Sigli. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sigli yang berjumlah lima orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint pada materi perkembangan Islam pada abad pertengahan melalui workshop. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan secara terpadu dan sistematis dalam tahapan berupa siklus-siklus.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint sebesar 78,21% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint sebesar 88,93% dengan kategori baik. Peningkatan nilai rata – rata guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint adalah 88,93%-78,21%= 10,72%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam membuat media pembelajaran menggunakan powerpointdi SMAN 2 Sigli.Kata Kunci: Supervisi, Workshop, Powerpoint
PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SMK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING REKAMAN VIDEO Faisal, Eko; Purba, Sukarman; Siagian, Sahat
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar men gajar guru bidang studi matematika melalui supervisi akademik berbasis coaching rekaman videodi SMK Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini berlangsung dari Febuari 2015 dengan Mei 2015. Subjek dalam penelitian adalah guru bidang studi matematika pada SMK Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, desain penelitian ini ialah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terikat dengan langkah coaching. Aspek keterampilan dasar mengajar guru adalah (1) keterampilan bertanya, (2) Memberikan penguatan, (3) Mengadakan variasi, (4) Menjelaskan, (5) Membuka dan menutup pelajaran, (6) Membimbing diskusi kelompok kecil, (7) Mengelola kelas, (8) Mengajar kelompok kecil dan perorangan. Keterampilan dasar mengajar guru terlihat pada siklus I yang dominan perlu diadakan peningkatan adalah pada keterampilan bertanya, mengadakan variasi, mengajar kelompok kecil dan perorangan dan pada membuka dan menutup pelajaran. Hasil Observasi pada siklus pertama menunjukkan penguasaan rata-rata untuk setiap guru hanya baru mencapai 69% sedangkan hasil observasi pada siklus II menunjukkan peningkakat hingga mencapai 95% untuk penguasaan setiap guru berdasarkan hasilobservasi. Hasil temuan penelitian ini menmukan bahwa melalui supervisi akademik yang berbasiscoaching rekaman video, dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru matematika. Saran penelitian ini diharapkan bagi guru senantiasa memperhatikan dan meimplimentasikan keterampilan dasar mengajar pada saat melaksanakan proses pembelajaran didalam kelas serta selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dasar mengajar dengan sering melakukan refleksi diri dengan menggunakan rekaman video. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA SMK MENGANALISIS BUTIR SOAL MELALUI SUPERVISI TEKNIK PELATIHAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN Dongoran, Junaedi; Siburian, Paningkat; Sitompul, Harun
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematika SMK menganalisis butir soal melalui penerapan supervisi akademik teknik pelatihan di Kabupaten Aceh Selatan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Matematika SMK di Kabupaten Aceh Selatan berjumlah dua belas orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan secara terpadu dan sistematis, yakni mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengamatankemudian diakhiri dengan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes analisis butir soal, (2) observasi, (3) kuesioner, dan (4) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dari hasil analisis dan pengolahan data pre-test nilai rata-rata kemampuan guru menganalisis butir soal adalah 8, 52 dengan kategori sangat kurang. Nilai tersebut meningkat setelah dilaksanakan pelatihan pada siklus I menjadi 76, 15 (kategori cukup). Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kemapuan guru menganalisis butir soal meningkat menjadi 94, 13 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru matematika SMK menganalisis butir soal dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi akademik teknik pelatihan di Kabupaten Aceh Selatan.Kata kunci: supervisi, analisis butir soal, pelatihan.
PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK PELATIHAN GROW ME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INGGRIS MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD Amir, M.; Siburian, Paningkat; Sibue, Abdul Muin
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik teknik pelatihan GROW ME dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini terdiri dari delapan orang guru bahasa Inggris yang mengajar di Kelas X. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan sekolah. Enam langkah GROW ME (Goal, Reality, Option, What next/will, Monitoring, Evaluation) digunakan pada setiap tindakan pada setiap siklus. Hasil Peneltian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan guru meningkat pada setiap siklus. pada siklus pertama dalam membuat RPP model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 80,10%, pada siklus pertama kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 74,53%. Sementara itu pada siklus kedua kemampuan guru menunjukan peningkatan setelah cara melaksanakan tindakan pada siklus sebelumnya direvisi pada siklus kedua. Rata-rata kemampuan guru dalam membuat RPP model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86, 46%, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86, 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan supervisi akademik teknik pelatihan GROW ME dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Inggris dalam menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kabupaten Tebo. 
MODEL SUPERVISI PENGEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN PROPOSAL PTK DI SMK Ginting, Siti Anggraini; Ambarita, Biner; Siburian, Paningkat
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru matematika menyusun proposal PTK melalui penerapan model supervisi pengembangan di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah guru–gurupadaSMK Negeri 1Merdeka Kabupaten Karo berjumlah 10 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran Matematika. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan guru menyusun proposal PTK digunakan pedoman wawancara dan daftar cocok. Sedangkan untuk mengamati kegiatan model supervisi pengembangan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun proposal PTK digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus.Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru Matematika menyusun proposal PTK setelah dilakukan model supervisi pengembangan pada siklus I tergolong dalam kategori kurang dengan nilai 64,4 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,4. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model supervisi pengembangan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika menyusun proposal PTK di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DI TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH Sastra, Gusti Maldy; Darwin, Darwin; Purba, Sukarma
JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN Vol 2, No 2: OKTOBER 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah bidang studi geografi takengon pada guru SMAN di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode-metode penelitian kualitatif dan data dikumpuli dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam temuan penelitian pada pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah, input yang didapatkan dari instrumen observasi yang diisi oleh empat guru sebagai responden penelitian, diketahui pelaksanaan pembelajaran pada umumnya sudah dalam kategori baik. Proses supervisi akademik dimulai dari kunjungan individual model kunjungan kelas merupakan teknik pembinaan guru oleh pengawas sekolah untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Hasil dapat dilihat dari bukti fisik yaitu daftar penilaian siswa yang memuaskan. Hasil yang diperoleh tidak terlepas dari peran serta pengawas sekolah dalam membantu guru guna pencapaian tujuan pembelajaran. Disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah terdapat kesesuaian antara teori dengan temuan penelitian yang didapatkan di lapangan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8