Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015"
:
12 Documents
clear
EFEKTIVITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI BAGI GURU
Joko Ahmad Julifan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (706.084 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5382
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan diklat berbasis kompetensi bagi guru, (2) mendeskripsikan implementasi program diklat berbasis kompetensi bagi guru, (3) mendeskripsikan kegiatan evaluasi diklat berbasis kompetensi bagi guru, dan (4) menganalisis tingkat efektivitas manajemen diklat berbasis kompetensi bagi guru di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI), serta (5) mengembangkan model hipotetik manajemen diklat berbasis kompetensi yang efektif bagi guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan penelitian kualitatif yang akan digunakan adalah studi kasus yang proses pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen diklat berbasis kompetensi bagi guru di PPPPTK BMTI belum sepenuhnya dilaksanakan secara efektif. Kata kunci: Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, Manajemen Diklat Berbasis Kompetensi, Program Diklat AbstractThe objectives of this study are: (1) to describe the planning of competence-based training for teachers, (2) to describe the implementation of competence-based training program for teachers, (3) to describe the evaluation of competence-based training for teachers, and (4) to analyze the effectiveness of management of competence-based training for teachers in Center of Development and Empowerment of Teacher and Educational Personnel of Machine and Industrial Engineering (CDETEP MIE), and (5) to develop an effective model of competence-based training management for teachers. The method used in this study is descriptive method with qualitative approach. Qualitative research approach used in this study is a case study where the process of data collection is carried out through observation, interviews and documentary studies. The conclusion of this study shows that the competence-based training management for teachers in CDETEP MIE has not been conducted effectively. This condition occurred as a result of the poor performance of managing the planning, implementation, and evaluation process of the training in integrated way. Keywords: Management of Trainning , Management of Competence-Based Training, Trainning Program
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU PADA SMA SWASTA DI KOTA BANDUNG
Ermawati Girsang;
Munir Munir
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (694.469 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5389
AbstrakFenomena yang terjadi masih banyak sekolah yang bermutu rendah. Hal ini terjadi disebabkan karena masih adanya kepala sekolah yang hanya menjadi instrumen kepala dinas serta masih rendahnya kinerja guru yang tercermin dari kompetensi dan output yang dimiliki guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif yang didukung dengan studi dokumentasi serta angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel dalam penelitian ini termasuk kategori baik. Uji korelasi ketiga variabel penelitian menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Sementara itu, nilai regresi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu sekolah yang menunjukkan bahwa apabila ada perubahan pada variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru sebesar satu unit maka mutu sekolah mengalami perubahan dengan arah positif. Rekomendasi penelitian ini agar kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat memberikan dampak yang nyata, maka kepala sekolah lebih aktif memberikan pembinaan terhadap warganya dan aktif menggali informasi terbaru. Begitupun pun para guru di sekolah harus mau memperbaiki kinerjanya supaya kinerja guru dapat lebih baik, maka guru dan staff TU untuk lebih menyesuaikan diri dengan sistem sekolah yang terus mengarah pada arah perbaikan. Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja guru, dan mutu sekolah. AbstractA phenomenon that occurs is still a lot of low-quality schools. This happens due to the persistence of the principals who just became the instrument of the head office as well as to the performance of teacher competence and output reflected owned the teacher. This study aims to describe and analyze the relationship between transformational principals and teachers to the quality of school performance. This study uses a quantitative approach with descriptive methods that are supported by documentation study and questionnaire as a data collector. The results showed all three variables in this study included both categories. Correlation test three variables studies showed a positive and significant. Meanwhile, the value of transformational leadership regression principals and teachers to the quality of school performance that shows that if there is a change in the variable transformational leadership principals and teacher performance by one unit then the quality of the school experience a change in the positive direction. The study recommended that transformational leadership principals can have a significant impact, then the principal is more active in providing guidance to citizens and actively explore the latest information. Likewise also the teachers at the school must be willing to improve its performance so that performance can be better teachers, then teachers and staff to better adjust to the school system that continues to lead in the direction of improvement. Keywords: transformational leadership principals, teacher performance, and quality of schools.
PENGELOLAAN TEACHER CAPACITY BUILDING (TCB) UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus Guru SMPN 2 dan SMP Darul Hikam Bandung)
Elis Rosdiawati
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (707.41 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5394
ABSTRAKPembangunan kapasitas guru atau Teacher Capacity Building (TCB) sangat perlu dilakukan agar sekolah yang dapat memberikan layanan pendidikan yang bermutu. Pada kenyataannya TCB belum dikelola dengan baik sehingga TCByang dilakukan di sekolah belum efisien dan efektif. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab empat pertanyaan utama yakni bagaimana tahapan pengambilan kebijakan TCB, bagaimana pengelolaan TCB yang dilakukan sekolah, bagaimana sistem penjaminan mutu (quality Assurance) dari TCB, dan dampak dari TCB baik terhadap diri guru, terhadap mutu pembelajaran maupun terhadap mutu sekolah. Penelitian dilakukan di SMPN 2 dan SMP Darul Hikam Bandung sebagai representasi dari sekolah yang memiliki school policy dalam pembangunan kapasitas guru. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metoda deskriptif dengan menggunakan tiga jenis teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan TCB di SMP Darul Hikam didasarkan pada hasil analisis kebutuhan, otoritas kepemimpinan yang tinggi, sistem seleksi dan rekruitmen guru yang ketat, dan hasil penilaian kinerja guru. Sedangkan di SMPN2 Bandung, keberhasilan dipengaruhi oleh netrworking yang solid dengan stakeholder serta adanya iklim persaingan yang sehat diantara para guru untuk berprestasi. Beberapa aspek yang belum optimal dalam penyelenggaraan TCB bermutu yang ditemukan dalam penelitian adalah lemahnya sistem dokumentasi dan quality assurance. Kata Kunci: Teacher Capacity Building (TCB)ABSTRACTTeacher Capacity Building (TCB) is a key point for a quality education service provided by a school. In the reality, schools have no standardize TCB system to ensure that their TCB is conducted effectivity and efficiently. The research was conducted to figure out the answers to four main questions related to the steps taken in determining the TCB policy at school, the TCB management, the quality assurance system, and the impacts of TCB either for the teacher as an individual, for learning quality, or for school quality. The location of the research were SMPN 2 Bandung and SMP Darul Hikam Bandung as the representation of school with their own school policy on TCB. The reasearch was a qualitative reaserch with descriptive method. The data was callected using three major techniques: observation, indeepth interview, and documentary study. The research revealed that the TCB in SMP Darul Hikam is basen on need analysis, the power of the leader, the tandardized recruitment, and teacher performance assessment. In SMPN 2 Bandung the TCB is empowered by the networking and a very health atmosphere for the teacher to show their best performances. The research also found that the aspects needs to be improved in the implementation of the TCB in both schools are the documentary and the quality assurance. Key word: Teacher Capacity Building (TCB)
KOMPENSASI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KINERJA MENGAJAR GURU SMP DI YALA THAILAND SELATAN
Arudee Samaeng;
Cicih Sutarsih
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (679.094 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5385
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru pada SMP Tham Vitya di Provinsi Yala Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja mengajar guru pada SMP Tham Vitya di Provinsi Yala Thailand Selatan dengan criteria tinggi. (2) Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru pada SMP Tham Vitya di Provinsi Yala Thailand Selatan dengan criteria sangat tinggi. (3) Pengaruh kompensasi dan motivasi berprestasi secara simultan terhadap kinerja mengajar guru pada SMP Tham Vitya di Provinsi Yala Thailand Selatan dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kinerja mengajar guru yang profesional perlu diperhatikan adalah aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta perbaikan dan pengayaan pembelajaran secara efektivitas dan seefisien mungkin, untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja mengajar guru, perlu optimalisasi kompensasi guru yang efektif dan motivasi berprestasi guru yang tinggi.Kata Kunci: Kompensasi, Motivasi Berprestasi, Kinerja Mengajar Guru. AbstractThe purpose of this study was to determine how much influence the compensation and achievement motivation on the performance of teachers teaching at Junior Hight School Tham Vitya in South Thailand Yala Province. This study used a survey method with quantitative approach. Data collection tool used was a questionnaire (questionnaire). The results showed: (1) There is an effect of compensation to the performance of teachers teaching at Junior Hight School Tham Vitya in South Thailand Yala province with high criteria. (2) There is the influence of achievement motivation on the performance of teachers teaching at Junior Hight School Tham Vitya in South Thailand Yala province with very high criteria. (3) Effect of compensation and achievement motivation simultaneously on the performance of teachers teaching at Junior Hight School Tham Vitya in South Thailand Yala province with very high criteria, while the rest influenced by other factors not examined in this study. Performance professional teachers teach to note is the aspect of planning, implementation, evaluation, and improvement and enrichment learning effectiveness and as efficiently as possible, to improve and enhance the teaching performance of teachers, need to optimize effective teacher compensation and teacher achievement motivation high. Keywords: Compensation, Achievement Motivation, Teachers' Teaching Performance.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP SEKOLAH EFEKTIF PADA SD NEGERI DI PURWAKARTA
Eri Yuningsih;
Endang Herawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (688.816 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5390
AbstrakPenelitian ini bertolak belakang dari masalah apakah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap sekolah efektif pada SD Negeri di Kecamatan Purwakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, melalui regresi korelasi sederhana, dan regresi korelasi ganda. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu angket yang disebar ke 392 responden pada 30 SD Negeri sampel dari jumlah populasi 82 SD Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Purwakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh cukup kuat terhadap sekolah efektif dengan determinasi rendah, iklim sekolah terhadap sekolah efektif berpengaruh cukup kuat dengan determinasi rendah, sedangkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah iklim sekolah secara simultan berpengaruh kuat terhadap sekolah efektif dengan determinasi sedang. Rekomendasi terhadap penelitian ini diantaranya adalah perlu dikembangkan kegiatan sekolah yang difokuskan pada peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik. Bagi kepala sekolah perlu dikembangkan kerjasama kolaboratif antar stakeholder sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Iklim Sekolah, Sekolah Efektif. AbstractThis study opposite of matter whether transformational leadership principals and school climate affect either partially or simultaneously to effective schools at public primary schools in the District of Purwakarta. This study aims to determine how much influence the principal's transformational leadership and school climate for effective school. The method used in this research is survey method with quantitative approach, through simple regression correlation, and multiple regression correlation. The instrument used to obtain the data that is distributed questionnaires to 392 respondents in 30 primary schools sample of the population of 82 primary schools in the District of Purwakarta. The samples in this study using cluster sampling (sampling area). The results showed that the principal effect of transformational leadership is strong enough to lower effective schools with determination, school climate for effective school effect is strong enough to lower determination, whereas transformational leadership principals and school climate simultaneously strong influence on effective school with determination being. Recommendations for the study of which is the need to develop school activities are focused on improving the academic and non-academic achievements of learners. For principals need to be developed collaborative partnership between school stakeholders in creating a school climate that is conducive. Keywords: Transformational Leadership, School Climate, School Effectively.
STUDI EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Hery Muljono;
Udin Syaefudin Sa'ud
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1139.912 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5397
ABSTRAKTujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran empiris dan menganalisis mengenai seberapa besar pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan dampaknya terhadap peningkatan kinerja sekolah dari variabel-variabel karakteristik pribadi, perilaku memimpin, kualifikasi pekerjaan dan konteks tugas kepala sekolah. Unit analisis kepemimpinan kepala sekolah dan responden penelitian ini adalah para guru sekolah SMP swasta di kota Cimahi, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan analisis jalur (path analysis) untuk menjelaskan dan menjabarkan kondisi masing-masing variabel secara rinci serta mengkaji hubungan kasualitas antar variabel-variabel penelitian. Sampel penelitian yang diteliti adalah seluruh sekolah SMP Swasta di kota Cimahi yang berjumlah sebanyak 24 sekolah dengan responden penelitian sebanyak 390 orang (guru) dari seluruh SMP swasta tersebut. Temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif karakteristik pribadi, perilaku memimpin, kualifikasi pekerjaan, konteks tugas terhadap efektivitas kepemimpinan secara langsung dan tidak langsung. Kata Kunci: Efektivitas kepemimpinan, kepala sekolah, karakteristik pribadi, perilaku memimpin, kualifikasi pekerjaan, konteks tugas, kinerja sekolah ABSTRACTA Study on the Effectiveness of Principal LeadershipThe main aim of the present study is to describe empirical description and to analyze how far the influence of principal leadeship's effectiveness and its impact to the increasing of the school performance from variables. The variabels are personal characteristic, leading behavior, work qualification, and the task context of the principal. The subject and respondents of the present study are teachers from Private Junior High School in Cimahi, West Java. This study uses qualitative approach by applying path analysis to desribe and explain each variable condition in detail and to examine the causality relationship between the variables. The research sample studied is the entire private junior high school in the town of Cimahi, calculated to as much as 24 schools with research respondents as many as 390 people (teachers) from all the private junior high school.Key words: Leadership effectiveness, principal, personal characteristic, leading behavior, work qualification, task context, school performance
MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI BAGI WIDYAISWARA MUDA
Asep Iwa Hidayat;
Udin Syaefudin Sa'ud
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (621.936 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5386
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menemukan model alternatif pendidikan dan pelatihan yang dapat menunjang peningkatan kompetensi widyaiswara, khususnya komptensi widyaiswara muda dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam pembelajaran diklat. Pendidikan dan pelatihan berbasis komptensi pada hakekatnya praktek pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan standar kompetensi, sehingga meningkatkan kompetensi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai widyaiswara. Metode pengembangan model pendidikan dan pelatihan berbasis komptensi dilakukan dengan penelitian dan pengembangan (research and development). Uji coba model diklat berbasis kompetensi bagi widyaiswara muda di laksanakan di Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung Tahun 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan bagi widyaiswara yang selama ini dilaksanakan di Lingkungan Badan Diklat Kemendagri belum efektif, karena tidak menunjukkan peningkatan kompetensi widyaiswara sesuai dengan target diklat, masih konvensional dan belum proporsional; (2) Penyusunanan model pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (competence based training) sebagai sebuah pendekatan diklat yang ditawarkan, menitikberatkan pada kegiatan praktis dalam pelaksanaanya, dan sekaligus merupakan sebuah inovasi pembelajaran; (3) Implementasi model pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi yang dikembangkan menunjukkan efektivitas perolehan hasil belajar yang didukung oleh sistematika dan hubungan antar komponen yang adaptif. Model diklat berbasis kompetensi dapat digunakan untuk menjadi alternatif dalam meningkatkan kompetensi widyaiswara muda di berbagai Badan Diklat pada Kementerian terkait. Kata Kunci: Kompetensi, Widyaiswara, Pengembangan, Model, Diklat.AbstractThis study aims to find alternative models of education and training to support the improvement of the competence of lecturers, especially young widyaiswara competence in performing basic tasks and functions in training learning. Competency-based education and training is essentially learning practices in accordance with the standard requirements of competence, thus increasing the competence to carry out the duties and functions as trainers. Method of model development competency-based education and training carried out by the research and development (research and development). Test models of competency-based training for young trainers carried on in Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung in 2013. The results showed: (1) Implementation of Education and Training for trainers who have been held in the Environment Training Agency Kemendagri not been effective, because it does not show an increase in the competence of trainers in accordance with the target of training, still conventional and not proportional; (2) Preparation of models of competency-based education and training (competence-based training) as an approach to training that is offered, focusing on practical activities in its implementation, and it is also a learning innovation; (3) Implementation of models of competency-based education and training that was developed showing the effectiveness of the acquisition of learning outcomes that are supported by systematic and adaptive relationships between components. Competency-based training models can be used to be an alternative to improve the competence of young lecturers in various Training Agency at the Ministry concerned. Keywords: Competence, Lecturers, Development, Models, Training And Education.
KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU
Ly Rathana;
Cicih Sutarsih
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (726.939 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5391
AbstrakPenelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja mengajar guru pada SMP Se-Bandung Utara. Metode yang digunakan adalah analisis deskripsi analitik dengan pendekatan kuantitatif, melalui teknik analisis data korelasi. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah The Principal Instructional Management Rating Scale (PIMRS) (Hillinger Murphy, 1985) untuk variabel Kepemimpinan Instruksional kepala sekolah, Organizational Climate Index (OCI) (Hoy, 2003), sedangkan untuk variabel iklim sekolah dan the Teacher Performance Criteria Questionnaires (TPCQ) (Cheffers Sullivan, 2010; Cheffers Keilty, 1981, Cheffers, 1972) untuk kinerja mengajar guru. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 sekolah dan 85 guru sebagai responden. Berdarsakan analisis data, hasil penelitian ini ditemukan bahwa kepemimpinan instruksional kepala sekolah, sekolah memberikan memberikan pengaruh yang pisitif dan signifikan terhadap kinerja mengaja guru. Maka terdapat pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja mengajar guru yang baik. Saran dan rekomendasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja mengajar guru, agar memperhatikan kepemimpinan instuksional dan iklim sekolah para guru sebagai ujung tombak peningkatan mutu pendidikan. Kinerja guru yang perlu diperbaiki adalah menggunakan kritik yang tepatnya digunakan untuk pengendalian, guru menghindari penggunaan kritik yang kasar. Kata kunci: kepemimpinan instruksional, iklim sekolah, kinerja mengajar guru. AbstractThis research is to describe the influence of principals’ instructional leadership and school climate on teacher performance of secondary schools in the north of Bandung. The study used correlation statistical analysis based on the interpretation of the Pearson Correlation which provides the direction and significance. The Principal Instructional Management Rating Scale (PIMRS) by Hillinger Murphy, 1985), Organizational Climate Index (OCI) by Hoy, (2003), dan Teacher Performance Criteria Questionnaires (TPCQ) modified by Cheffers Sullivan (2010); Cheffers Keilty (1981), Cheffers (1972) are used as the data collection instrument through survey questionnaires. This study with population of 30 schools and 85 teachers as respondents found that the instructional leadership of school principals and school climate significantly and positively influence on teacher performance, yet as the commendation; in order to improve the quality of education, Teacher performance needs to be improved is to use constructively and critically criticism and avoid using harsh criticism. Keywords: Instructional Leadership, School Climate, Teacher Performance.
PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SMK DI KOTA BANDUNG
Ika Rahmawati
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (313.063 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.6682
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain survei yang menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa iklim sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar Guru SMK di Kota Bandung dengan kategori sangat rendah (sebesar 14,74%). Selain itu, motivasi kerja juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar Guru SMK di Kota Bandung dengan kategori sangat rendah (sebesar 12,46%). Secara simultan, iklim sekolah dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja mengajar guru SMK di Kota Bandung dengan kategori rendah (sebesar 27,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kinerja mengajar guru SMK di Kota Bandung dipengaruhi oleh variabel iklim sekolah dan motivasi kerja sebesar 27,1% secara simultan. Sedangkan 72,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.This study aims to determine how much influence of School Climate and Work Motivation To Teaching Performance of Vocational Teachers In Bandung City. This study used quantitative research methods to design a survey using a questionnaire as a data collection tool. Based on data analysis, it was found that the school climate provide a positive and significant effect on the teaching performance of vocational teacher in Bandung with very low category (14,74%). In addition, work motivation also provide a positive and significant effect on the teaching performance of vocational teacher in Bandung with very low category (12,46%). Simultaneously, the school climate and work motivation to teaching performance of vocational teacher in Bandung effect with low category (27,1%). The conclusion of this study is teaching performance of vocational teacher in Bandung influenced by the school climate and work motivation about 27,1% simultaneously. While 72,9% are influenced by other variables.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DI SDN KABUPATEN GARUT
Maya Desi Kusumah;
Endang Herawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (715.7 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v22i2.5398
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh motivasi kerja dan pelatihan terhadap kinerja kepala sekolah di sekolah dasar negeri di kecamatan cibatu Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasinya adalah seluruh kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Garut yang ber jumlah 47 orang. sampel penelitian diambil berdasarkan total sampling dari seluruh Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Garut. Penjaringan data menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberaadaan motivasi kerja, pelatihan, dan kinerja kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Garut berada pada katagori tinggi. Motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Pelatihan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja kepala sekolah, dan secara bersama-sama motivasi kerja dan pelatihan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja dan pelatihan terhadap kinerja kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Garut.Kata Kunci: Motivasi kerja, Pelatihan, Kinerja Kepala SekolahAbstractThis study aimed to describe and analyze the influence of work motivation and training toward the performance of the principal in all elementary schools in Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, and also analyzing how much the effect of the work motivation and training toward the principal performances in Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, either partially or simultaneously. The approach used in this study is quantitative approach with survey method. The population is 47 principals in all elementary school in Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. that selected by totaly sampling from all elementary school in Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. The technique used to collect the data is questionnaire and the data was analyzed by correlation and regression. The result of the data processing and analysis shows that the work motivation, the principal training, and the principal performance in all elementary school in Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut are at high category. Either the work motivation or the principal training is affecting positively and significantly toward the principal performance, and together with the motivation work, the principal training is affecting positively and significantly toward the principal performance.Key Words: Work Motivation, Principal Training, Principal Performance