cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016" : 14 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU DAN IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIK TERHADAP PRODUKTIVITAS PPPPTK KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Cucu Jajat Sudrajat
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.2 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5583

Abstract

Abstract       The purpose of this research is to test and analyze (1) obtain a viewing quality management system; (2) obtain a viewing strategic planning implementation; (3) obtain a viewing productivity organization; (4) identify the quality management system to  organization productivity; (5) identify influence the implementation of the Strategic Planning to organization Productivity; (6) to analyze and identify influence the application of Quality Management System and Implementation of the Strategic Planning to organization Productivity      The results showed the implementation of quality management systems and implementation of strategic planning and organizational productivity at the high category. Simultaneous influence that application of the quality management system and implementation of strategic planning have positive effect and significant on organization productivity. Keywords: quality management system, strategic planning implementation, organizational productivity        Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) memperoleh gambaran Sistem Manajemen Mutu PPPPTK; (2) mendapatkan gambaran Implementasi Perencanaan Strategik PPPPTK; (3) memperoleh gambaran Produktivitas Organisasi PPPPTK; (4) mengidentifikasi seberapa besar pengaruh Sistem Manajemen Mutu terhadap Produktivitas PPPPTK; (5) mengidentifikasi seberapa besar pengaruh Implementasi Perencanaan Strategis terhadap Produktivitas PPPPTK; (6) untuk menganalisis dan mengidentifikasi seberapa besar pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu dan Implementasi Strategik terhadap Produktivitas PPPPTK.Hasil penelitian menunjukan penerapan sistem manajemen mutu, implementasi perencanaan strategik dan produktivitas organisasi berada pada kategori tinggi. Secara parsial penerapan sistem manajemen mutu dan implementasi perencanaan startegik berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas organisasi. Secara simultan penerapan sistem manajemen mutu dan implementasi perencanaan strategik berpengaruh positif dan siginifikan terhadap produktivitas PPPPTK Kemendikbud. Kata Kunci : Produktivitas Organisasi,  Sistem Manajemen Mutu, Implementasi Perencanaan Strategik
VALUE-BASED LEADERSHIP BELAJAR KEPEMIMPINAN DARI SEORANG IBU, SAHABAT, KEKASIH, DAN PELAYAN Minnah El Widdah; Asep Suryana
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.671 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5574

Abstract

AbstrakKepemimpinan berkaitan dengan how to lead dari seorang pemimpin, perilaku yang dinampakan dalam konteks formal menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin.  Untuk mempelajari perilaku dalam kepemimpinan banyak teori yang dapat dijadikan rujukan. Teori tentang perilaku kepemimpinan pada dasarnya mengacu kepada dua bentuk yaitu perilaku yang berorientasi kepada pekerjaan dan perilaku yang berorientasi kepada hubungan. Dalam kehidupan sehari-hari mempelajari perilaku kepemimpinan dapat diperoleh dari bergagai bentuk perilaku yang diperankan orang.  Perilaku-perilaku yang baik dan menjadi panutan dapat dijadikan dasar untuk mereflekasi sebagai dasar dalam membentuk perilaku kepemimpinan yang baik. Belajar dari seorang ibu dengan kasih sayangnya, dari seorang sahabat dengan kesetiaannya, dari seorang kekasih dengan ketulusannya, dan belajar dari seorang pelayan dengan ketelatenannya.  Peranan-peranan orang dalam kehidupan itu dapat menjadi acuan dalam menerapkan kepemimpinan, tinggal bagaimana kita memaknai bahwa setiap perilaku itu dapat diperankan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Perilaku, Orientasi Tugas, Orientasi Hubungan. Abstract Leadership is about how to lead from a leader, behavior in the context of formal duties and functions as the leader. To looking the behavior of the leadership are many theories that can be used as a reference. Theories about leadership behavior basically refers to two forms which is oriented to the job and realtionship oriented. In daily life we can find leadership behavior from more forms of behavior that people played. Good behavior and be role models can be used as a basis for shaping the leadership behavior. Learning from a mother with affection, with the loyalty of a friend, of a lover with his sincerity, and learn from a waiter. Roles life from the people that can become a reference in applying leadership, just how we interpret that many behavior that can be played. Key Word: Leadership, Behavior, tas-Orented, Behavior-Oriented.
DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI ALIANSI STRATEGIS Herlan Suherlan; Johar Permana
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.849 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5579

Abstract

AbstrakCompetitiveness, excellences dan quality merupakan isu strategis dan agenda besar BPSD Kementerian Pariwisata termasuk Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan Bali sebagai UPT BPSD Kementerian Pariwisata. dalam menciptakan kualitas lulusan yang memiliki kemampuan daya saing berkelanjutan. Untuk mewujudkan visi dan misi lembaga, maka dengan kelemahan/keterbatasan yang STP Bandung dan Bali miliki terutama berkenaan dengan sumber daya (tenaga pendidik dan kependidikan, fasilitas fisik, keuangan), maka di era globalisasi yang sangat ketat dan cepat berubah, upaya melakukan dan mengembangkan kemitraan (aliansi strategis) dengan semua stakeholder merupakan suatu keharusan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji gambaran empirik masalah-masalah strategis yang dihadapi dan strategi yang dilakukan dalam merespon kebutuhan-kebutuhan pengembangan sumber daya manusia ke depan serta Aliansi Strategis yang dilakukan STP untuk merespon persaingan global.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan metode deskriptif dan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purfosif. Analisis data dilakukan melalui proses display data, reduksi data dan verifikasi data melalui proses triangulasi.Kata Kunci : Manajemen stratejik, Aliansi Stratejik, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, PT Kepariwisataan__________________________________________________________________________________________AbstractCompetitiveness, excellences and quality is a strategic issue and a big agenda BPSD including Tourism Ministry Tourism College (STP) Bandung and Bali as UPT BPSD Ministry of Tourism. in creating quality graduates who have sustained competitiveness. To realize the vision and mission of the institution, then the weaknesses / limitations of STP Bandung and Bali have had especially with respect to resources (educators, physical facilities, finance), then in the era of globalization is very tight and rapidly changing, efforts to conduct and develop partnerships (strategic alliances) with all stakeholders is a necessity.This study aims to identify and assess the empirical description of strategic issues faced and strategies undertaken in response to the needs of human resource development forward and carried STP Strategic Alliance to respond to global competition.This study used a qualitative approach naturalistic, with descriptive methods and case studies, with data collecting technique uses interview, observation and document study. The sampling technique used is purfosif. Data analysis was performed through a data display, data reduction and data verification through triangulation process. Keywords : Strategic Management , Strategic Alliance , Sustainable Competitive Advantage , PT Tourism
Pengaruh Kompensasi dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru non PNS Madrasah Aliyah Zain Ikhwani Jihadi R; Eka Prihatin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.34 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5570

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh kompensasi dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian  ini secara keseluruhan bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai kompensasi dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung Barat.Alasan dilakukannya penelitian ini untuk mengungkapkan aspek-aspek yang penting yang berkaitan dengan kepuasan kerja guru yang secara langsung dipengaruhi oleh kompensasi dan iklim organisasi sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara praktis maupun teoretis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Adapun subjek yang dijadikan sampel adalah guru Madrasah aliyah non PNS yang berada di lingkungan Kabupaten Bandung Barat.Temuan penelitian menunjukkan bahwa gambaran umum variabel kompensasi yang ada di Kabupaten Bandung Barat dalam kondisi cukup baik. Sedangkan untuk variabel iklim organisasi sekolah dan variabel kepuasan kerja. Secara simultan kompensasi dan iklim organisasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini membuktikan bahwa kompensasi dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki determinasi yang positif.Kata kunci: kompensasi, iklim organisasi sekolah, kepuasan kerja guru AbstractThe overall purpose of this study aims to describe and analyze the compensation and school organizational climate on job satisfaction of teachers Madrasah Aliyah in Bandung Barat. study reason to reveal important aspects related to job satisfaction of teachers who are directly affected by compensation and school organizational climate. The result is expected to benefit both practically and teoretis.Metode used in this research is survey method with quantitative approach. Data collection technique used was a questionnaire. The subjects were sampled Madrasah Aliyah is non-civil servant teachers who are in the neighborhood Bandung Barat. Finding study showed that the general picture variable compensation at Bandung Barat in fairly good condition. As for school organizational climate variables and variable job satisfaction. Simultaneously, compensation and organizational climate and significant positive impact on job satisfaction of teachers. This proves that the compensation and organizational climate on job satisfaction of teachers Madrasah Aliyah in Bandung Barat which has a positive determination.Keywords : compensation , school organizational climate , job satisfaction of teachers
MANAJEMEN PERUBAHAN PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR Aceng Muhtaram Mirfani
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.69 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5575

Abstract

ABSTRAKBahwa upaya-upaya perubahan secara umum banyak mengalami kegagalan, tidak terkecuali dalam penyelenggaran sistem pendidikan. Artikel ini menyajikan laporan hasil penelitian suatu upaya perubahan berupa pengembangan kapasitas sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah pada satuan pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini secara umum diarahkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan aspek-aspek dimensional manajemen perubahan. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada paradigma penelitian kualitatif yang  menggunakan data primer yang diambil dari catatan lapangan sejumlah hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan-temuan esensial hasil penelitian telah didialogkan dan dikonsultasikan dengan sejumlah pandangan akademik yang relevan. Pada batas-batas tertentu prinsip-prinsip MBS sudah dapat teraktualisasikan. Namun demikian pada aspek-aspek dimensional manajemen perubahan masih ada kelemahan. Karena itu rentan untuk keberlanjutan perubahan yang telah dicapai. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengajukan suatu model strategi perubahan sistemik yang memadukan kepemimpinan dalam perubahan untuk mengatasi risiko perubahan. Kata Kunci: Perspektif Manajemen Perubahan, Manajemen Berbasis Sekolah, Pengembangan Kapasitas Sekolah,  Kepemimpinan Perubahan, Sistem Peringatan Dini. ABSTRACT The essence of the research relates to change management of a school capacity building program in terms of the implementation of school-based management (SBM) for basic education unit.  In general, the research is aimed to identify and analyze the problems of change management dimensional aspects. The research methods employed refer to qualitative research paradigm using primary data that are drawn from a number of interview, obervation and documentation study in field. In general, the changes for better independence, transparency, participation and accountability take place and impact to among others school condition that leads comfortability of study and motivates the schools in terms of accrediation. For certain contexts, while the SBM principles have already been actualized there continues to be the weaknesses of changes management dealing with dimensional aspects. Therefore, the sustainability of achieved changes would be vulnerable maintained. For above problems, the researcher would propose a systemic change strategic model that involve leadership of changes in order to cope with the risks. Keywords: Chang Management Perspective, School-Based Management, School Capacity Building, Change Leadership, Early Warning Syatem.
PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI RENCANA STRATEJIK PADA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT Andriani Lestari
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.649 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5580

Abstract

Abstrak : Permasalahan yang ingin di jawab meliputi : Bagaimana deskripsi implementasi renstra, kepemimpinan partisipatif, dan komitmen organisasi rapa besar pengaruh kepemimpinan partisipatif, komitmen organisasi terhadap implementasi renstra di Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi. Pendekatan deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner disebar kepada 32 sample Madrasah Aliyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif berada pada kategori sangat tinggi, komitmen organisasi berada pada kategori sangat tinggi, efektifitas implementasi renstra berada pada kategori sangat tinggi, kepemimpinan partisipatif berpengaruh terhadap efektifitas implementasi renstra, komitmen organisasi berpengaruh terhadap efektifitas implementasi renstra, dan kepemimpinan partisipatif dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap efektifitas implementasi renstra.  Kata Kunci : manajemen stratejik, rencana stratejik, implementasi, kepemimpinan, kepemimpinan partisipatif, komitmen organisasi. Abstract :This study was aimed to answer: How does the description of implementation of strategic planning, participative leadership, and organizational commitment, how much the influence of participatory leadership, organizational commitment to the implementation of the strategic plan in Madrasah Aliyah in Sukabumi. Quantitative descriptive approach to the instrument in the form of a questionnaire distributed to 32 samples Madrasah Aliyah. The findings revealed that: the category of participative leadership was very good; the category of organizational commitment was very good; the category of effectivity of strategic plan implementation was very good; participative leadership influenced the effectivity of strategic plan implementation; organizational commitment influenced the effectivity of strategic plan implementation; participative leadership and organizational commitment influenced the effectivity of strategic plan implementation. Keywords : strategic management, strategic plan, implementation, leadership, partisipative leadership, organizational commitment.
Pengaruh Intellectual Capital dan Komunikasi Organisasi terhadap Efektivitas Implementasi Renstra UPI Hijria Efendi; Taufani C. Kurniatun
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.037 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5571

Abstract

AbstrakRencana strategik (renstra) merupakan salah satu alat yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi untuk menghadapi setiap tantangan yang datang dari lingkungan yang selalu berubah-ubah. Salah satu komponen yang terpenting dari renstra adalah implementasi. Banyak faktor yang mempengaruhi implementasi renstra, diantaranya adalah intellectual capital dan komunikasi organisasi. Intellectual capital merupakan sumberdaya intangible berupa pengetahuan, informasi, pengalaman, dan komitmen untuk memanfaatkannya. Sedangkan komunikasi organisasi merupakan proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam suatu organisasi yang berkenaan dengan tugas. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh intellectual capital dan komunikasi organisasi terhadap efektivitas implementasi Renstra UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang di dukung dengan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari dekan, ketua departemen dan ketua prodi dengan jumlah total 89 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran umum efektivitas implementasi Renstra UPI, intellectual capital dan komunikasi organisasi berada pada kategori tinggi. Secara parsial, intellectual capital dan komunikasi organisasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas implementasi Renstra UPI. Selanjutnya secara simultan, juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas implementasi Renstra UPI..      Kata kunci: implementasi renstra, intellectual capital, komunikasi organisasi AbstractStrategic palan is one of the tools needed by universities to face any challenge that comes from an environment that is always changing. One of the most important components of the strategic plan is the implementation. Factors affecting the implementation of the strategic plan, i.e. intellectual capital and organizational communication. Intellectual capital is an intangible resource such as knowledge, information, experience and commitment to exploit it. While organizational communication is delivering process and receiving messages within an organization which related with the task. This research purpose is describing and analyzing the affect of intellectual capital and organizational communication toward implementation effectiveness of strategic plan in UPI. This research used survey method with quantitative approach. Data collecting technique used was a questionnaire. Subjects consisted of Dean, Department Chairman, and study Program Chairman with a total 89 people. The result showed that the general description of implementation effectiveness of strategic plan in UPI. Intellectual capital and organizational communication at the high category. Partially, intellectual capital and organizational communication have a significant influence on the implementation effectiveness of strategic plan in UPI. Furthermore, simultaneously it also has a significant influence on the implementation effectiveness of strategic plan in UPI. Key word: implementation of strategic planning, intellectual capital, and organizational communication
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA KOMITE SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Cucu Cucu; Endang Herawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.331 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5572

Abstract

AbstrakUpaya meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah merupakan dua faktor yang ikut berkontribusi terhadap keberhasilan pengimplementasian manajemen berbasis sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran dan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka.  Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode survey dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran umum perilaku kepemimpinan kepala sekolah  memiliki kategori sedang, kinerja komite sekolah memiliki kategori tinggi, serta efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah memiliki kriteria sangat tinggi. Kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka adalah sedang. Kontribusi kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka adalah kuat. Kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka adalah kuat.  Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Komite Sekolah, Efektivitas Implementasi MBS
PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI Ismala Sari; Nurdin Nurdin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.76 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5577

Abstract

Abstrak Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datan dilakukan melalui penyebaran angket tertutup kepada 42 pegawai. Hasil penelitian dengan menggunakan Weight Means Scored (WMS) menunjukkan bahwa gambaran umum komunikasi internal sebagai variabel X dengan nilai rata-rata sebesar 3,02 (baik) dan gambaran umum motivasi kerja pegawai sebagai variabel Y dengan nilai rata-rata sebesar 3,15 (sangat baik). Selanjutnya hasil analisis korelasi antara variabel X dan Y diperoleh dengan skor 0,601 yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh kuat terhadap variabel Y. Hasil uji determinasi dengan bantuan SPSS 22.00 for windows menunjukkan nilai sebesar 0,361 artinya bahwa komunikasi internal berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai sebesar 36,1% sedangkan 63,9% adalah faktor lain yang turut berpengaruh. Hasil uji regresi yang menunjukkan Y=18,734+0,601X yang bersifat signifikan dan linier, artinya bahwa setiap terjadi komunikasi internal akan meningkatkan motivasi kerja pegawai sebesar 0,601. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari komunikasi internal terhadap motivasi kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan IV Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.  Kata kunci: komunikasi, komunikasi internal, motivasi kerja pegawai Abstract The method that used in this research is descriptive with quantitative approach. The data is obtained through the closed-questionnaire to the 42 employees. The result taken from Weight Means Scored (WMS) shows that the general description about internal communication as X variable with the mean score as much as 3,02 (good) and the employee’s work motivation as Y variable with the mean score as much as 3,15 (very good).The result of correlation analysis between X and Y variable obtained with score of 0,601 shows that X variable has a great influence to Y variable. The test result of determination by using SPSS 22,00  for windowa shows the score as much as 0,361, it means that the internal communiation influences the employee’s work motivation as much as 36,1% while the 63,9% is the other influence factor. The test result of regresssion shows that Y=18,73+0,601x which is significant and linear, it means that every internal communication will improves the employee’s work motivation as much as 0,601. The conclusion from this research is showed the positive and significant influence from internal communication toward employee’s work motivation at Education and Training Hall IV of Ministry of Public Work and Housing.  Keywords : communication, internal communication, employee’s work motivation
PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN, SARANA-PRASARANA, KERJASAMA INSTITUSI, DAN PEMASARAN LULUSAN TERHADAP KEPUASAAN SISWA Bambang Darmawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.946 KB) | DOI: 10.17509/jap.v23i1.5582

Abstract

AbstrakTop of FormPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan pembelajaran, sarana-prasarana, kerjasama institusi dan pemasaran lulusan terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey eksplanatory, sebagai unit analisis terdiri dari 49 kompetensi keahlian yang tersebar di di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yang telah bersertifikat ISO 9001-2008 di Kota Bandung dengan responden 2450 siswa, teknik pengumpulan data dengan angket, dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian dapat disimpulkan; Kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran, memiliki tingkat kesesuaian kepuasan layanan pembelajaran dengan kinerja yang diberikan sekolah menunjukkan tinggi pada tingkat kepuasan Cukup. Layanan pembelajaran memiliki tingkat kesesuaian antara persepsi layanan pembelajaran dengan kinerja yang diberikan sekolah menunjukkan tinggi, pada tingkat  kepuasan Cukup. Sarana dan prasarana memiliki tingkat kesesuaian persepsi sarana dan prasarana dengan kinerja yang diberikan sekolah menunjukkan tinggi, pada tingkat kepuasan Cukup. Kerjasama institusi memiliki tingkat kesesuaian persepsi kerjasama institusi dengan kinerja yang diberikan sekolah menunjukkan tinggi, pada tingkat kepuasan Kurang Puas.Pemasaran lulusan memiliki tingkat kesesuaian persepsi pemasaran lulusan dengan kinerja yang diberikan sekolah menunjukkan tinggi, pada tingkat kepuasan Kurang Puas. Secara bersama-sama pengaruh variabel layanan pembelajaran, sarana prasarana, kerjasama institusi dan pemasaran lulusan terhadap kepuasan siswa dengan  secara signifikansi dapat diterima.  Kata kunci: Kepuasan Siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue