cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI POR TFOLJO ASSESSMENT DALAM MATA KULIAH STUDI KASUS SUPERVISI PENDIDIKAN Sukarti Nasihin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.91 KB) | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6067

Abstract

Evaluasi pengajaran merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Akan tetapi sejauh ini teknik evaluasi yang diterapkan hanya berupa informasi kuantitatif yang tidak menggambarkan kemampuan kualitatif mahasiswa. Secara konsep, Portfolio Assessment (PA) merupakan salah satu strategi penilaian hasil dengan maksud untuk mendokumentasikan kemajuan belajar atau pendidikan mereka. Penilaian atas prestasi belajar berupa angka-angka atau huruf dalam kerangka PA hanyalah salah satu bagian dari tuntutan pelaksanaan suatu penilaian yang authentic. Mata kuliah (MK) Studi Kasus Supervisi Pendidikan (SKSP) bertujuan agar setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini memiliki keseluruhan wawasan supervisi pendidikan baik akademik maupun penguasaan konsep teoritik dan praktik. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan analisis terhadap kasus-kasus yang diambil dari konteks empirik dengan cara sistematik sesuai dengan kaidah analisis kasus melalui strategi PA. Melalui strategi ini mahasiswa mengungkapkan fakta (orang dan peristiwa), masalah, analisis sebab akibat, alternatif pemecahan, penilaian alternatif, pemecahan dan penentuan alternatif terbaik.Berdasarkan penelitian terhadap pelaksanaan penerapan PA dalam MK SKSP ini, ditemui beberapa hal positif dalam pelaksanaannya, antara lain mahasiswa mampu mengkonsolidasikan pemahaman dan pengembangan kemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisis dan menjabarkan alternatif pemecahan dan menentukan solusi secara lebih efektif. Dengan demikian PA ternyata cukup efektif sebagai strategi penilaian pembelajaran yang dapat memonitor dan mendorong kemajuan belajar dan kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah Studi Kasus Supervisi Pendidikan.
ORIENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS DEWAN SEKOLAH SERTA UPAYANYA DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH Asep Suryana
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.44 KB) | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6068

Abstract

Kepala Sekolah sebagai Key Person dalam peningkatan mutu sekolah. Di sisi lain, keterlibatan masyarakat dalam sekolah telah memperoleh keran yang cukup besar melaiui wadah dewan sekolah.Fokus permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Orientasi kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan sekolah. (2) Kreativitas Dewan Sekolah dalam menjalankan fungsi dan peranannya. (3) Upaya peningkatan mutu dilakukan oleh Kepaia Sekolah dan partisipasi Dewan Sekolah. Penelitian ini mempergunakan metode penelitian analisis kualitatif deskriprif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Orientasi Kepemimpinan Kepala SDN Karang Pawulang I mengarah kepada kepemimpinan vang berorientasi pekerjaan, sedangkan untuk mendukung keberhasilannya, orientasi hubungan antar manusia tidak bisa terlepas. Orientasi kepemimpinan Kepala SDN Cikadut I lebih besar kepada pekerjaan. (2) Kreativitas Dewan Sekolah. Keterlibatan masyarakat dalam sekolah di SDN Karang Pawulang I menunjukan hasil yang positif. Pada SDN Cikadut I, kreativitas masih dalam tahap pencapaian berikutnya. (3) Upaya Peningkatan Mutu Sekolah di SDN Karang Pawulang l' menunjukkan unsur-unsur yang terlibat didalamnya ditata dalam kebermutuan yang di standarisasi sesuai dengan kebutuhan. Di SDN Cikadut 1. arah kepada upaya untuk meningkatkan menjadi sekolah bermutu masih jauh dari pelaksanaannya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: dalam rangka peningkatan mutu SDN Karang Pawulang I dan SDN Cikadut 1, diantaranva adalah upaya yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Dewan Sekolah (Komite Sekolah) dalam fungsi dan perananya.
STUDI TENTANG PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH PADA SLTP NEGERI DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG D Deni Koswara; Elin Rosalin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.095 KB) | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6069

Abstract

Dalam perspektif masa datang jika kebijakan otonomi daerah sudah terlaksana secara konsisten, setiap sekolah akan  menjadi berkompetisi agar dapat tetap ‘hidup mempertahankan institusinya’. Masyarakat sekolah dituntut untuk mampu bersaing, baik dalam teknologi maupun manajemen agar dapat menghasilkan output/lulusan yang bermutu unggul. Hasil karya institusi sekolah yang bermutu unggul dapat terwujud jika didukung oleh kinerja sumber daya manusia yang efektif. Kekuatan sumber daya manusia ini akan dapat diwujudkan jika berkembang budaya organisasi yang berorientasi pada mutu di lingkungan sekolah tersebut. Oleh karena itu penelusuran empirik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan nilai budaya organisasi sekolah mempunyai peranan penting dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja sekolah itu sendiri.Temuan-temuan penelitian ini sangat bermanfaat bagi akademisi dan praktisi dalam mengidentifikasi faktor-faktor dan upaya pengembangan budaya mutu sekolah yang bersifat kontekstual.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para pimpinan unit organisasi di Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara dan penelaahan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan distribusi, analisis regresi dan varians serta analisis korelasi dan uji determinasi
ETIKA ORGANISASI DALAM MEMBERANTAS KORUPSI DI INDONESIA (Sebuah pengantar menuju Etika Publik) Dharma Kesuma
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.149 KB) | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6065

Abstract

Korupsi sebagai suatu hal yang mejadi akrab dalam telinga kita saat ini dikarenakan begitu kronis dan hampir merebak pada semua lini organisasi yang ada di Indonesia. Indonesia yang kaya raya, gemah ripah loh jenawi menjadi berantakan karena korupsi. Korupsi pun begitu dekat dengan kekuasaan bahkan bisa jadi kekuasan itu adalah korupsi. Prinsip moralitas menjadi penting untuk dikembangkan dalam setiap kekuasaan supaya tidak korup. Pendidikan dan lembaga pendidikan menjadi bagian penting dalam perubahan dan pemberantasan budaya korupsi ini, sebagaimana telah dikembangkan di negara Hongkong.
KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH KAITANNYA DENGAN PEMBINAAN GURU-GURU Ruswandi Hermawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.054 KB) | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6066

Abstract

Seorang pemimpin berperan penting dalam mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya supaya bawahan tadi dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Bawahan akan menjalankan tugas-tugas terseebut apabila seorang pemimpin dalam “menggerakkan” memiliki “power”. Salah satu sumber power dari seorang pemimpin itu adalah “kepribadian”. Oleh karena itu, apabila seorang pemimpin memiliki kepribadian yang baik, maka pembinaan terhadap bawahan akan dirasakan lebih bermakna.
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Dody Hermawan; Ujang Cepi Barlian
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6071

Abstract

Kita menyadari, betapa persoalan-persoalan organisasi makin hari cenderung makin ruwet dan terutama persoalan manusianya itu sendiri yang senantiasa berlanjut menjadi tantangan pokok yang harus dihadapi oleh setiap perangkat management. Seyogyanya individu-individu yang berperilaku dalam organisasi dengan segala motif dan keinginan-keinginan yang hendak dicapainya harus dipahami secara luas dan mendalam. Tugas manager kini harus akrab dengan sifat tabiat dari orang-orang yang dipimpinnya. Apa latar belakang kehadirannya di dalam organisasi, apa yang diinginkan dan yang dicita-citakannya. Dalam menggerakkan potensi dan kemampuan mereka senantiasa didasarkan pada aspek-aspek kemanusiannya demikian pula dalammemotivasikannya senantiasa melihat motif-motif kejiwaannya di samping kebutuhan-kebutuhan lahiriahnnya-sehingga dapat mewujudkan perilaku yang dikehendaki organisasi itu sendiri.
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE RESIT ASI Akdon Akdon
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jap.v2i2.6070

Abstract

Proses belajar mengajar (PBM) merupakan bussiness core dalam pendidikan. Dalam PBM terjadi interaksi antara pendidikan dengan peserta didik melalui berbagai startegi dan metode yang dirancang untuk tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif. Metode resitasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan tugas sebagai instrumen untuk mengembangkan berbagai keterampilan/ kompetensi peserta didik yang disusun berdasarkan materi-materi yang ada dalam silabus. Inti dari metode ini adalah adanya tindaklanjut dari temuan pendidikan terhadap berbagai kondisi peserta didik dalam penyelesaian berbagai tugas yang ada. Tanpa adanya tindaklanjut dari temuan tersebut, maka metode ini tidak memiliki kekuatan untuk ketercapaian tujuan pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2004 2004


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue