cover
Contact Name
Muhammad Rizky Nur Prakoso
Contact Email
muh.rizkynp@gmail.com
Phone
+6285647337639
Journal Mail Official
medikons.bkunisri@gmail.com
Editorial Address
muh.rizkynp@gmail.com ahmadjawandi@gmail.com
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
ISSN : 2528424X     EISSN : 2686651X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Guidance and Counseling for Disabled Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Career Planning Psychological Assessment Communication Techniques Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Family Counseling
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS" : 10 Documents clear
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIAM TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 triyamtiningsih, triyamtiningsih; Kusumaningtyas, Lydia Ersta
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Gambar Diam Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Siswa Kelas VIII Di Smp N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitiannya adalah non eksperimental.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji t ). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa VIII SMP N 1 Colomadu yang berjumlah 218 siswa dari 7 kelas.Sampel yang digunakan adalah 35 siswa (kelas VIII) dengan menggunakan teknik simple random sampling secara acak mengambil 5 anak dari setiap kelasnya.Dari data yang terkumpul, setelah di analisis diperoleh t hitung hasil nilai t sebesar 12,590 kemudian dibandingkan dengan t tabel dalam taraf signifikansi 5% dan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 jadi dapat disimpulkan bahwa > (12,590>2,032). Dengan demikian, hipotesis kerja yang menyatakan bahwa “ada pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media gambar diam terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di kelas VIII SMP N 1 Colomadu tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG BULLYING TERHADAP KERUKUNAN TEMAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 arista, ersa destrie; Koesdyantho, A. Roedy
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Ada tidaknya “Pengaruh Layanan Informasi Tentang Bullying Terhadap Kerukunan Teman Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Negeri 1 Colomadu, Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 35 siswa yang mengalami masalah kerukunan teman. Dari 35 siswa jumlah anggota populasi tersebut digunakan semua sebagai sampel penelitian. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok dan bantu. Metode pokok yang terdiri dari metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kerukunan teman dan metode bantu yang terdiri dari metode wawancara dan obserbasi dipergunakan untuk mengetahui perilaku kerukunan teman antar siswa, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dalam bentuk gambar. Teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan teknik analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan informasi tentang bullying terhadap kerukunan teman pada siswa kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019. Ini dibuktikan dengan t hitung = 12,21 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,032 < 12,21. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan informasi tentang bullying terhadap kerukunan teman pada siswa kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Layanan informasi, Kerukunan teman
PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TENTANG MENEJEMEN DIRI TERHADAP KONSENTRASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X TOKR 1 DI SMK NEGERI 1 MIRI TAHUN 2018/2019 khusnia, yurian kanza; hartini, sri
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak pengaruh layanan orientasi tentang menejemen diri terhadap konsentrsi dalam mengikuti pembalajaran di kelas X TOKR 1 SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TOKR 1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulan data tentang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknis analisis data menggunakan rumus Uji-t atau t-test.Bahwa Hipotesis Nol atau nihil (Ho) yang menyatakan”tidak Ada Pengaruh Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri terhadap Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pada Siswa kelas X TOKR 1 di SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019 “ditolak ,berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan T-tes diperoleh hasil nilai t sebesar 13,41. Selanjutnya nilai T- hitung tersebut dikonsultasikan dengan T-tabel dengan db = (N-1) = (36-1) = 35 pada taraf signifikansi 5% = 2,030. Bahwa hasil T-hitung=13,41 lebih besar dari T-tabel pada taraf signifikansi 5% =2,030, dengan demikian Hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri Terhadap Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pada Siswa Kelas X TOKR 1 Di SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019” diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci : Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL PADA TEMAN SISWA KELAS VII DISMP N 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 rahayu, bekti; Kusumaningtyas, Lydia Ersta
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untukmengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Permainan Terhadap Peningkatan Perilaku Sosial Pada Teman Siswa Kelas VII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Colomadu, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Colomadu yang berjumlah 221 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknikProporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai perilaku sosial teman. Observasi digunakan untuk mengamati perilaku siswa dengan temannya, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh foto kegiatan pelaksanaan layanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh hipotesis bahwa Ada Pengaruh Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Permainan Terhadap Peningkatan Perilaku Sosial Pada Teman Siswa Kelas VII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019Terbukti. Dibuktikan dengan thitung =5,908 dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = (N-1) = 35-1 = 34 yang menunjukan taraf signifikansi 5% = 2,034. Dapat disimpulkan bahwa hasil thitung lebih besar dari taraf signifikansi 5% = 2,034. Kata Kunci : Layanan Informasi Media Permainan, Perilaku Sosial Pada Teman
HUBUNGAN ANTARA LITERASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. istiqomah, nur aida tirtin; Suryanti, Hera Heru Sri
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan sebagai pengamatan dasar sebelum dilakukan penelitian, metode angket digunakan untuk pengumpulan data tentang literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data selama kegiatan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menganalisis data digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic menunjukkan bahwa sebesar 0,534.Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan dengan N = 35 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,334. Sehingga lebih besar dari atau 0,534>0,334. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Literasi Penggunaan Gadget, Sikap Sosial Siswa
PERAN KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBENTUK SIKAP KESETIAKAWANAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI I COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 weni, listyani kumoro; Suryanti, Hera Heru Sri
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konseling kelompok dalam membentuk sikap kesetiakawanan sosial siswa kelas VII F SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualittatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik trangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang mengalami sikap kesetiakawanan sosial yang belum terbentuk dan obyek dalam penelitian ini adalah peran konseling kelompok dalam membentuk kesetiakawanan sosial.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan selama penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa setelah diberikan layanan konseling kelompok selama lima kali pertemuan diperoleh kemajuan sikap kesetiakawanan subyek secara bertahap. Subyek dalam kelas VII F yang kondisi awalnya belum dapat terbentuk sikap kesetiakawanan sosialnya yang sering tidak peduli dengan teman sebaya di kelas menjadi meningkatkan sikap kesetiakawanan sosialnya dengan lebih terbuka dan peduli kepada teman sebayanya di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok berhasil berperan dalam membentuk sikap kesetiakawanan sosial siswa kelas VII F SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: konseling kelompok, sikap kesetiakawanan sosial
PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN HUBUNGAN SOSIAL (Penelitian Pada Ssiwa Kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019) purdyanti, aulia; Koesdyantho, A. Roedy
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan teknik sosiodrama terhadap peningkatan hubungan sosial pada siswa terisolir kelas X IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 181 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dengan tingkat hubungan sosial rendah yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 5 siswa kelas X IPS 2, 7 siswa kelas X IPS 3, 16 siswa kelas X IPS 4, dan 4 siswa kelas X IPS 5. Teknik sampling dalam penelitian ini ialah purposive sampling, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan 3 kali treatment. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan sosial siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan. Wawancara digunakan untuk mengetahui sejauh mana peran layanan terhadap peningkatan hubungan sosial siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui hubungan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jalannya kegiatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparasi dengan rumus ttes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar 2,862. Selanjutnya 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 nilai tersebut di konsultasikan dengan dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 pada taraf signifikansi 5% = 2,042. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,862 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikansi 5% = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap peningkatan hubungan sosial siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta dengan tingkat hubungan sosial rendah tahun pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Layanan Informasi, Teknik Sosiodrama, Hubungan Sosial
PENGARUH KONSELING SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER PADA SISWA KELAS X IPA 3 DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 setyowati, kartika septia; Suryanti, Hera Heru Sri
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Konseling Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Pada Siswa Kelas X IPA 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini digunakan tipe penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPA 3 MAN 1 Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perencanaan karier,sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data diri dan data-data lainnya yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan t-tes.Hasil analisis data secara statistik tentang pengaruh konseling sebaya terhadap perencanaan karier pada siswa kelas X IPA 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh thitung sebesar 3,367 dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = (N-1) = (24-1) = 23 dalam taraf signifikan 5% = 2,069 dan 1% = 2,807. Jadi dapat disimpulkan thitung lebih besar dari ttabel atau 2,069 < 3,367 > 2,807. Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh konseling sebaya terhadap perencanaan karier pada siswa kelas X IPA 3 di MAN 1 surakarta tahun pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya. Kata Kunci : Konseling Sebaya, Perencanaan Karier.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MANAJEMEN EMOSI DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019)”. palupi, heny tri; Koesdyantho, A. Roedy
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 60 peserta didik dan keseluruhannya digunakan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 99,55 sedangkan rata-rata postest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 107,46 Dengan demikian ada pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019”, yang ditunjukan dengan nilai t hitung 11,135 > 2,001 pada taraf signifikansi 5%.
PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERSEPSI MEROKOK SISWA KELAS X SMK NEGERI NGARGOYOSO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 pratama, rendi
MEDIKONS Vol 6, No 2 (2020): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019.Populasinya siswa kelas X SMK berjumlah 213 siswa terdiri atas 6 kelas. Sampel jatuh pada siswa kelas X TSM 4 sebanyak 35 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen berupa angket terlebih dahulu diuji cobakan pada 20 siswa kelas X TSM 1 guna menguji tingkat validitas dan reliabilitas. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 30 item dari 35 dinyataan valid sedang reliabilitasnya diperoleh 0,976. Teknik analisis data menggunakan Treatment By Subjects Designs (Pola TS) t-test.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X TSM 4 SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019, diperoleh nilai thitung sebesar 7,429. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada derajat kebebasan (d.b) = N – 1 (35-1) = 34, dengan taraf signifikansi 5% = 2,030 dan taraf signifikansi 1% = 2,724. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau (2,030 < 7,429 > 2,724), maka hipotesis yang berbunyi: “Ada pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019”, terbukti kebenarannya. Kata kunci : Konseling Kelompok, Persepsi Merokok.

Page 1 of 1 | Total Record : 10