cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU" : 21 Documents clear
KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH Aini Zakiyah Aini Zakiyah
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i1.462

Abstract

Abstrak: Artikel ilmiah ini adalah tulisan hasil penelitian yang merupakan bagian dari Tugas Akhir Mahasiswa S2 (tesis), dalam artikel ilmiah ini menjelaskan tentang kemampuan kepala sekolah yang merupakan salah satu pendukung dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalan melaksanakan program peningkatan kompetensi guru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru senior/ketua MGMP, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala SMA Negeri 7 Banda Aceh telah melakukan program peningkatan kompetensi guru dalam program kerjanya, program peningkatan kompetensi guru tersebut adalah program pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi, penghargaan (reward), dan persepsi. 2) Strategi lainya yang ditempuh oleh kepala SMA Negeri 7 Banda Aceh untuk peningkatan kompetensi guru adalah dengan mengirim guru-guru ke lembaga pelatihan atau penataran, mengadakan program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), seminar dan workshop, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk strategi peningkatan kompetensi guru, dalam pelaksanannya sudah terlihat ke arah perbaikan khususnya dalam mengajar, sudah ada peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. 3) Kendala-kendala yang dihadapi adalah sarana dan prasarana masih kurang, selain itu juga yang menjadi kendala adalah waktu yang terbatas. Kata kunci: Kemampuan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi guru
PELAKSANAAN MGMP DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Fakrurridha Fakrurridha; Nurdin Nurdin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah asosiasi atau perkumpulan bagi para guru mata pelajaran yang berada di suatu sanggar, sekolah kabupaten/kota yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, sarana silaturrahmi antar guru, dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi/pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas. Kenyataan yang ditemui di lapangan, saat ini kiprah MGMP khususnya MGMP tingkat Madrasah Tsanawiyah secara umum belum berjalan secara optimal sebagaimana yang diharapkan. Bahkan dibeberapa tempat khususnya pada tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, hal ini tidak berjalan sama sekali, padahal wadah ini sebagai suatu wadah untuk menyatukan semua perpsepsi di antara guru dan kepala madrasah. Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang: Pelaksanaan musyawarah guru mata pelajaran Agama Islam/MGMP yang sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme dan kinerja mengajar guru mata pelajaran, pengaruh musyawarah guru mata pelajaran/MGMP terhadap peningkatan profesionalisme guru, dan pengaruh musyawarah guru mata peiajaran/MGMP terhadap peningkatan kinerja mengajar guru pada tingkat MTs Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program peningkatan kemampuan profesional guru melalui MGMP berorientasi pada panduan dan juga berdasarkan kebutuhan dilapangan, disamping itu juga diinovasikan untuk menyesuaikan program dengan tuntutan-tuntutan pembaharuan pendidikan. Dalam materi kegiatan yang disusun sudah mencantumkan hal-hal baru yang memenuhi syarat sebagai suatu perencanaan yang baik, faktual, rasional, fleksibel, komitmen dan komprehensif. Pelaksanaan MGMP PAI pada MTs Kota Langsa telah berjalan sesuai dengan jadwal serta berjalan dengan lancar.
KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN Amiruddin Amiruddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i1.468

Abstract

Abstrak: Peningkatan mutu pendidikan pada umumnya menjadi tuntutan masyarakat kini dan masa yang akan datang. Faktor utama yang paling menentukan meningkatnya prestasi belajar siswa adalah tentang pengelolaan kelas pada saat guru melangsungkan proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal ini, berbagai pelatihan atau penataran sering diikuti oleh guru dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru tersebut. Diperlukan kajian melalui suatu penelitian tentang kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, dan telah dilaksanakan di MIN Bambi Kabupaten Pidie mulai bulan Mei sampai dengan juni 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai usaha meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran pada MIN Bambi Kabupaten Pidie berjumlah 9 orang. Sampel penelitian diambil secara total sampel sebanyak 9 orang, dengan persentase masing-masing sekolah(100%). Data di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian dari analisis data, menunjukan bahwa guru-guru di MIN Bambi Kabupaten Pidie memiliki kemampuan yang tiggi dalam pengelolaan kelas, sehingga kualitas pembelajaran menjadi meningkat. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Mengelola Proses Pembelajaran
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) Irma Aryani; Maulida Maulida
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi proses berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, dan metakognitif. Berdasarkan tujuan kurikulum 2013, soal-soal matematika harus mengintegrasikan HOTS. Soal kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah berbasis permasalahan kontekstual yang menuntut siswa berpikir kreatif dan kritis dalam mengkreasi ide atau gagasan, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengevaluasi, dan menganalisis dengan cara yang bermakna. Adapun indikator untuk mengukur kemampuan HOTS adalah siswa dapat menggunakan keterampilan berpikir analisis, evaluatif, kreatif, kritis, dan berpikir logis untuk memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara yang disusun berdasarkan indikator HOTS. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan yang beranekaragam dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS, meliputi kesalahan dalam memahami perintah soal, kesalahan dalam mengaitkan menghubungkan suatu fakta dari satu konsep ke konsep lain, kesalahan dalam menulis, mengkonstruksi, mengkreasi ide, konsep, rumus, atau cara menyelesaikan masalah, dan tidak (kesalahan) menarik kesimpulan. Penyebab kesalahan tersebut diantaranya adalah sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan berpikir tingkat tingginya.
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SISWA SMP Iin Sumidar Iin Sumidar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i1.467

Abstract

Abstrak: Manajemen berbasis sekolah merupakan suatu pendekatan pengelolaan manajemen sekolah dalam rangka memberikan wewenang yang lebih luas kepada kepala sekolah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan sumber-sumber daya pendidikan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam bidang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dalam bidang personalia dan pada pengelolaan keuangan pada SMPN 1 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, komite sekolah, pengawas dan bendahara sekolah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam bidang kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di mulai dari penyusunan visi, misi, tujuan sekolah, ekstrakurikuler, kokurikuler, pembagian tugas, silabus , RPP, dan kalender pendidikan,(2) bidang personalia Kepala sekolah SMPN 1 Meulaboh melaksanakan pembinaan dan peningkatan profesional guru melalui kegiatan pelatihan, MGMP, Memberikan izin untuk pendidikan lanjutan dan melakukan supervisi, sedangkan rekruitmen, mutasi dan pensiunan masih di atur oleh Pemerintah Daerah 3) dalam pengelolaan keuangan dilakukan dengan penetapan sumber dana, analisis kebutuhan, alokasi anggaran, pengawasan, dan pelaporan dengan melibatkan stake holder dan komite sekolah. Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah dan Mutu Pendidikan.
THE RELATION OF STUDENTS’ LEARNING HABITS TOWARDS ACCOUNTING LEARNING ACHIEVEMENT (A RESEARCH ON STUDENTS GRADE XII IS SMAN 1 BANDA ACEH) Faridah Yahya Faridah Yahya; Siswandi Yunandar Siswandi Yunanda
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i1.463

Abstract

Abstract: This writing is intended to know 1) students’ learning habit, and 2) the relation of students’ learning habit towards learning achievement. This research’s sample is student grade XII IS that totaled thirty students. The techniques of collecting data in this research are observation, questionnaire, and documentation. Data analysis for the first goal by using Likert scale and the second goal by using moment product correlation formula. the research’s result showed that the average score from students learning habit are a) items of preparing all the requirements at night with the score 3.52, b) concentration with the score 3. 35, c) reading and making notes with the score 3. 32, d) managing study time (study schedule) with the score 3. 31, e) revising lesson’s material with the score 3.2, f) being diligent in doing homework with the score 3.14, and g) being used to visit library with the score 2. 62. However, when viewed as a whole, the average score acquired 3.31 or it can be categorized medium. Furthermore, the relation between students’ learning habit and students’ achievement obtained t value ( 5. 958) greater than table t (2.0484) on significant rate 5 %. Thus Ha accepted and Ho rejected. Keyword: learning habit, students’ achievement
KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR Amirzan Amirzan; Ilyas Ilyas
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara efektif, apabila ia menguasai manajemen dengan baik, sehingga pada akhirnya dapat mencapai produk pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena-fenomena tentang: Kemampuan konseptual, kemampuan teknis dan kemampuan hubungan manusiawi yang dimiliki oleh kepala sekolah, dengan metode deskriptif. Sedangkan untuk memperoleh data kualitatif ditempuh dengan tehnik wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap subjek penelitian yakni Kepala Dinas , Pengawas TK/SD dan para Kepala sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Kota Sigli. Pengolahan atau analisis data dengan tahapan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konseptual kepala sekolah sudah baik, hal ini ditandai dengan kemampuan Kepala sekolah dalam menetapkan prioritas, sistem perencanaan, merumuskan program, visi dan misi sekolah. Selanjutnya kemampuan teknis kepala sekolah dasar juga sudah memadai karena mereka telah mampu mengimplementasikan berbagai program ke kondisi yang real. demikian pula kemampuan hubungan manusiawi yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah terlihat ke arah yang semakin baik, karena kenyataan di lapangan membuktikan para kepala sekolah dasar mampu bekerja sama, mengindentifikasi perbedaan karakteristik serta telah memotivasi para guru dan staf sekolah agar bersungguh-sungguh dalam bekerja.
KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA SMP NEGERI 2 BABAHROT ACEH BARAT DAYA Alfian Helmi Alfian Helmi
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i1.464

Abstract

Abstrak: Kinerja merupakan prestasi, hasil atau kemampuan yang dicapai dalam pelaksanaan tugas serta tanggung jawab. Baik buruknya kinerja ditentukan oleh banyak faktor diantaranya pembinaan, penegakkan disiplin, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar sehingga usaha-usaha dalam peningkatan proses belajar bisa tercapai. Penelitian di lakukan untuk melihat bagaimana kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar serta pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar mengajar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh dewan guru yang mengajar pada SMP Negeri 2 Babahrot Aceh Barat Daya. Adapun teknik yang di gunakan dalam mengumpulkan data berupa teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah kinerja guru yang di perlihatkan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dikatagorikan masih kurang. Direkomendasikan agar kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, pemberian bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan serta pelaksanaan evaluasi dari proses belajar mengajar dapat ditingkatkan, maka para guru harus dilakukan pembinaan dan bimbingan dari kepala sekolah dan instansi terkait. Pelaksanaan proses belajar mengajar harus di laksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Kata Kunci : Kinerja, Guru dan peningkatan prestasi
SUPERVISI AKADEMIK DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN Zainuddin Zainuddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/si.v11i2.34

Abstract

Supervisi akademik berpengaruh kepada kegiatan membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran baik dalam menyusun perencanaan, melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran serta melakukan tindak lanjut hasil penilaian berupa pembimbingan siswa, baik dilakukan melalui kunjungan kelas, bimbingan individu dan kelompok guru sebagai sebuah tanggung jawab dalam mencapai keberhasilan pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan supervisi akademik yang baik akan menghasilkan output yang baik pula. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik akan berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kelas dan untuk mengetahui Supervisi Akademik yang dilakukan kepala sekolah kepada guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kelas pada SD Negeri 28 Peusangan Kabupaten Bireuen. Adapun tehnik dalam penelitian ini adalah melaksanakan kunjungan kelas, memberikan saran perbaikan baik dalam merencanakan, melakanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan persuasif, kemampuan guru di sekolah dapat ditingkatkan dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Penelitian Tindakan ini dilaksanakan di SD Negeri 28 Peusangan terhadap 10 orang guru SD Negeri 28 Peusangan Kabupaten Bireuen dengan merencanakan, melaksanakan, observasi dan refleksi terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran diperoleh hasil yaitu: yaitu (Pra Siklus) ; tidak ada guru dengan katagori Sangat Baik, 1 orang Baik, 7 orang Cukup, dan 2 orang Kurang baik. (Siklus 1) ; 5 guru berada pada kagori Baik, dan 5 orang Cukup, (Siklus 2) ; 3 orang guru Sangat Baik, 6 orang guru Baik, 1 orang Cukup dan tidak ada lagi guru yang berada pada katagori Kurang Baik.
KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE Junaidi Junaidi; Taufiq Taufiq
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh pencapaian dan peningkatan dari pembelajaran melalui pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis yang mendapat pembelajaran kontekstual dan strategi think-talk-write, korelasi termasuk dalam katagori tinggi.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue