cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
PROCESSOR Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer
ISSN : 19076738     EISSN : 25280082     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal PROCESSOR merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal PROCESSOR adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang informatika, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang teknologi informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2018): Processor" : 7 Documents clear
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN KARYAWAN PT. DOS NI ROHA JAMBI MENGGUNAKAN METODE MAUT (MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY) MUHAMMAD HIDAYAT; PAREZA ALAM JUSIA; AMRONI .
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.121 KB)

Abstract

Penerimaan karyawan bila dikelola secara profesional akan menentukan mutu dan kesuksesan dalam memperoleh karyawan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Namun penyeleksian karyawan di PT. Dos Ni Roha Jambi yang sedang berjalan saat ini masih manual sehingga memerlukan waktu yang lama dalam penyeleksian penerimaan karyawan baru dan manipulasi terhadap hasil ujian sangat memungkinkan untuk dilakukan. Ini yang menjadi alasan kenapa penerimaan karyawan yang terkomputerisasi sangat diperlukan. Metode yang digunakan adalah Multi Attribute Utility Theory (MAUT). pengolahan nilai dengan menggunakan metode maut akan menghasilkan informasi hasil perangkingan. Program ini dirancang dengan metode pengembangn sistem model waterfall, metodologi ini terdapat tahapan-tahapan kegiatan yang harus dilakukan dalam merancang suatu sistem. Alat bantu perancangan sistem yang digunakan penulis adalah Use case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan aplikasi Adobe Dreamweaver CS6. Pada sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan ini, menghasilkan karyawan yang direkomendasikan 4 orang dari 9 orang yaitu dengan nilai 14.75, 14.25, 12.26 dan 10.49.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN REKAPITULASI HONOR MENGAJAR DOSEN STIKOM DINAMIKA BANGSA HENDRAWAN .
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.827 KB)

Abstract

Proses awal perhitungan honor mengajar Dosen di STIKOM Dinamika Bangsa dilakukan oleh Staff Prodi, terdapat 2 jenis hasil rekapan dari Staff Prodi yaitu rekap mengajar Dosen Tetap yang akan dikelola oleh Wakil Ketua II dan Dosen Tidak Tetap dikelola oleh Biro Administrasi Umum. Seluruh proses perhitungan honor mengajar sudah terkomputerisasi, namun belum memiliki system. Saat ini proses perhitungan masih menggunakan Microsoft Excel, dimana setiap file tersimpan disetiap bagian yang mengelolanya. Penelitian ini akan menghasilkan suatu prototype sistem manajemen rekapitulasi honor mengajar Dosen dengan pendekatan berorientasi objek meliputi tahapan perumusan masalah, pengumpulan data, analisa sistem, permodelan dan prototyping. Penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut pada saat sistem ini diterapkan dengan beberapa penyesuaian lebih lanjut dari bagian-bagian terkait.
PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN ASPEK USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI) AYU SETIAWATI; ABDUL RAHIM; DESI KISBIANTY
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1735.487 KB)

Abstract

Pengembangan sistem informasi perpustakaan dalam bentuk prototipe yang selanjutnya diuji dengan usability testing menggunakan SUS (Sytem Usability Scale) akan menghasilkan prototipe yang telah memenuhi aspek usability untuk direkomendasikan, selain itu rekomendasi juga diberikan untuk permasalahan yang terdapat pada sistem informasi perpustakaan yang telah diimplementasikan dengan melakukan pengelompokkan terhadap komponen-komponen heuristik. Pengembangan menghasilkan prototipe fitur pengusulan buku, bantuan dosen/mahasiswa, pengelolaan usulan buku, dan bantuan admin. Dengan melibatkan 30 responden, hasil pengujian prototipe menunjukkan keberhasilan menjalankan skenario diatas 90% serta mendapat nilai SUS sebesar 70 untuk acceptable ranges menunjukkan bahwa prototipe yang diujikan berada pada posisi marginal high, untuk grade scale berarti bernilai D, dan untuk adjective ratings dapat dikatakan Good dan telah berada diatas nilai rata-rata yaitu 68. Dilakukan perbaikan prototipe berdasarkan saran responden, serta rekomendasi untuk permasalahan yang ada pada sistem yang sedang diimplementasikan berdasarkan aspek heuristik dari jurnal relevan, sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan pengembang perpustakaan untuk merancang sistem informasi yang sesuai dengan standar usability.
RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS FACE TRACKING UNTUK MENDETEKSI WAJAH PESERTA WISUDA NURHADI .; MULYADI .
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.4 KB)

Abstract

Secara konvensional kehadiran seseorang dideteksi dengan pengisian buku tamu dengan menuliskan identitas peserta yang hadir. Tentu saja hal ini tidak efisien, apalagi untuk suatu kegiatan yang diikuti oleh banyak peserta misalnya wisuda, membutuhkan waktu yang lama dan dapat dengan mudah dimanipulasi. Penggunaan aplikasi Augmented Realitiy berbasi Fece Tracking dapat memberikan hasil yang lebih baik. Face Tracking merupakan suatu metode untuk melacak posisi wajah. Koordinat posisi wajah dapat di gunakan untuk mengontrol device atau alat yang ditanamkan program face tracking, sehingga memudahkan dalam pengidentifikasian seseorang. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis Face Tracking dan dibangun denga Android Studio. Sistem mendeteksi citra wajah yang tertangkap pada frame kamera, lalu menampung rgba dari inputFrame kedalam bentuk matriks imgRgba. Hasil penelitian berupa aplikasi pendeteksi wajah peserta wisuda yang mendukung proses presensi yang lebih baik.
PENGENALAN KARAKTER HURUF RUSIA DENGAN ALGORITMA PERCEPTRON MICHELLE ZEFANYA LUHING; KRISTIEN MARGI SURYANINGRUM
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.697 KB)

Abstract

Jaringan Syaraf Tiruan (JST) merupakan salah satu cabang ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan merupakan metode yang dikembangkan untuk memecahkan masalah dengan cara mengenali dan mengelompokkan berbagai pola. Salah satu pengaplikasian jaringan syaraf tiruan ialah dalam mengenali pola huruf Rusia (alfabet Silirik). Perceptron ialah adalah salah satu metode JST yang dapat digunakan untuk mengenali pola huruf. Pada penelitian ini, sebelum mengenali pola citra suatu karakter huruf, informasi mengenai fitur suatu huruf akan diekstraksi menggunakan metode matriks populasi piksel. Dari penelitian yang dilakukan, pengenalan karakter huruf Rusia memberikan persentase keberhasilan terhadap data sampel sebesar 100% dan persentase terhadap data uji sebesar 84,84%. Kemampuan sistem dalam mengenali suatu karakter huruf Rusia sangat bergantung pada data sampel yang dilatih. Oleh karena itu, semakin banyak data sampel karakter huruf dengan berbagai macam font yang dilatih maka semakin besar pula persentase keberhasilan sistem dalam mengenali pola karakter huruf Rusia di luar data sampel.
SISTEM NAVIGASI ROBOT AVOIDER BERODA PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA (KRPAI) MENGGUNAKAN METODE WALL FOLLOWER AGUS SISWANTO
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.58 KB)

Abstract

Di Indonesia ajang kontes robot dikenal dengan nama KRI atau Kontes Robot Indonesia, dimana kontesini di adakan setiap satu tahun sekali. Kontes Robot Indonesia ini terdiri dari empat kategori. Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI) divisi robot beroda. Pada kategori ini, robot harus bisa bernavigasi untuk menelusuri ruangan-ruangan yang ada di arena menggunakan roda sebagai penggerak. Tujuan utama dari robot ini adalahmencari ruangan yang memiliki titik api dan setelah itu baru memadamkan api yang ada di ruangan tersebut. Akan tetapi, pada saat pertandingan banyak robot yang memiliki masalah pada sistem navigasinya. Akibat permasalahan tersebut banyak robot yang hanya berputar-putar di daerah posisi home atau startnya. Selain itu ada juga robot yang telah masuk ke salah satu ruangan, kemudian tidak bisa keluar dari ruangan tersebut. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan pada sistem navigasi robot divisi beroda adalah dengan cara mengikuti sisi dinding (metode wall follower). Wall Follower merupakan algoritma dimana proses pemilihan sistem navigasi robot yaitu berjalan mengikuti dinding kiri atau dinding kanan.
IMPLEMENTASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT HUMANOID SOCCER BERBASIS RASPBERRY PI IRWAN BUSTAMI
Jurnal Processor Vol 13 No 1 (2018): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.249 KB)

Abstract

Di Indonesia ajang kontes robot sudah dilakukan pada setiap tahunnya baik tingkat regional dan tingkat nasional. Kontes Robot Indonesia atau KRI terdiri dari 4 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI),Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Pada kategori ini, robot harus bisa bernavigasi untuk mencari bola dan menendang bola kearah gawang lawan. Tujuan utama dari robot ini adalah bernavigasi mencari bola dan menendang bola kearah gawang lawan. Akan tetapi, pada saat pertandingan robot memiliki masalah dalam sistem posisi. Akibat permasalahan tersebut banyak robot tidak dapat membedakan mana gawang sendiri dan gawang musuh, sehingga robot dapat menendang bola kearah gawang sendiri. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan pada posisi robot sepak bola adalah dengan cara memanfaatkan sensor kompas sebagai penunjuk arah, yang dapat membedakan mana posisi gawang lawan dan posisi gawang sendiri. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan oleh robot adalah gerak maju, gerak mundur, gerak berbelok kekanan maupun kekiri, dan berhenti.Robot yang dibuat mempunyai satu buah sensor kompas yang berfungsi untuk mendeteksi arah gawang lawan. Robot yang dibuat memiliki sistem navigasi yang baik dan dapat mengikuti instruksi sesuai dengan yang telah diprogram. Penelitian ini menghasilkan sebuah robot humanoid dengan menggunakan motor servo sebagai penggerak dan menggunakan 1 buah sensor kompas untuk mendeteksi arah. Semua sistem dapat bekerja sesuai dengan perintah atau instruksi dari raspberry pi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7