cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 26146614     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019" : 15 Documents clear
VARIASI BAHASA MAHASISWA FISIPOL UNIVERSITAS BENGKULU Weza Yunita; Dian Eka Chandra W.; Rokhmat Basuki
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.478 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10226

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan variasi bahasa mahasiswa Fisipol pada ragam santai, dan ragam akrab, dilihat dari pilihan kata (bahasa tutur sapa, bahasa gaul dan bahasa daerah). pada komunikasi mahasiswa fisipol dari jurusan Sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Jurnalistik penggunaan variasi bahasa yang digunakan penulis berdasarkan konteks penggunaan bahasa yaitu pada saat komunikasi mahasiswa sebelum jam kuliah dimulai, sesudah jam kuliah, di kantin, di taman, di halaman parkir gedung kuliah, dan dikegiatan Hima. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data (1) teknik observasi, (2) teknik rekaman, (3) teknik catat. Teknik analisis data terdapat lima tahap (1) transkripsi data, (2) identifikasi data, (3) klasifikasi data, (4) analisis secara deskriptif, (5) kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian variasi bahasa Mahasiswa Fisipol Universitas Bengkulu terdapat penggunaan variasi bahasa pada ragam santai memiliki ciri-ciri sebagai berikut (1) terdapat penggunaan bahasa daerah bengkulu, (2). Terdapat bentuk kata atau ujaran yang dipendekkan. (3), terdapat penggunaan kata tidak baku. Dan (4) terdapat pernyataan ekspresi. Penggunaan ragam akrab memiliki ciri-ciri sebagai berikut (1) terdapat bahasa tutur sapa, (2). Terdapat penggunaan bahasa daerah bengkulu dan asing yaitu penggunaan bahasa inggris, (3). Terdapat istilah khas yang berupa penggunaan bahasa gaul. Kata Kunci : Variasi bahasa, segi nonformal, ragam santai dan ragam akrab
ANALISIS SLOGAN DI KOTA BENGKULU Desi Lastri; Padi Utomo; Agus Trianto
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.86 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10194

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui bahasa pada slogan di Kota Bengkulu. Penelitianini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah jenisslogan, diksi slogan, dan jenis kalimat slogan. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik dokumentasi. Langkah-langkah analisis data menggunakanteknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian analisis slogan di Kota Bengkuluberdasarkan jenis-jenis slogan terdapat 6 yaitu : Slogan Motivasi (M), Slogan LaluLintas (LL), Slogan Lingkungan (L), Slogan Pendidikan (P), Slogan Kesehatan (K),Slogan Produk (PM). Slogan yang paling banyak yaitu slogan motivasi (M) berjumlah16 dari jumlah keseluruhan 35 slogan, sedangkan yang paling sedikit yaitu sloganproduk (PM) berjumlah 2, slogan kesehatan (K) berjumlah 2. Slogan di KotaBengkulu berdasarkan diksi terdapat 6 macam yaitu : pemakaian kata asing,pemakaian kata bersinonim, pemakaian kata pilihan umum, pemakaian kata abstrakdan konkret, pemakaian kata denotasi dan konotasi negatif, dan pemakaian jargon.Diksi yang paling banyak digunakan dalam slogan yang telah ditemukan di kotaBengkulu yaitu pemakaian kata umum dengan jumlah 12. Diksi yang paling sedikitdigunakan dalam slogan yang telah ditemukan di kota Bengkulu yaitu pemakaianjargon berjumlah 1. Namun, ada 3 slogan yang menggunakan diksi kasar. Slogan diKota Bengkulu berdasarkan jenis kalimat yang paling banyak digunakan pada slogan di Kota Bengkulu yaitu kalimat ajakan (P) dengan jumlah 35. Dari keseluruhan slogan ada 3 slogan yang menggunakan kata ayo dan mari, serta ada 3 slogan yang menggunakan perihal lah yang mempunyai tujuan mempertegas kalimat ajakan pada slogan tersebut.Kata Kunci : Slogan, Diksi, Jenis Kalimat
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MIPA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU Netty Fitria Dinanti; Susetyo Susetyo; Padi Utomo
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.2 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10203

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Unib edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat dan paragraf. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa ditemukan kesalahan ejaan, kesalahan diksi, kesalahan kalimat, dan kesalahan paragraf pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Perhitungan secara keseluruhan berdasarkan kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Dapat disimpulkan bahwa total kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terbanyak pada jurnal MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 terdapat pada bidang ejaan.Kata kunci: kesalahan berbahasa, bahasa Indonesia, jurnal MIPA
PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS VIII-A DAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS VIII-B SISWA SMP N 11 KOTA BENGKULU Windi Astuti; M. Arifin; Agus Trianto
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.719 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10227

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis  teks persuasi menggunakan media audio visual pada kelas VIII-A dan yang menggunakan media gambar pada kelas VIII-B siswa SMP N 11 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komperatif. Data penelitian berupa hasil tes kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual dan yang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan menulis teks persuasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII-A mendapatkan nilai rata-rata 74,96 termasuk dalam kategori baik, artinya siswa sudah mampu menulis teks persuasi dengan baik, namun perlu ditingkatkan dengan belajar, agar kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menjadi lebih baik lagi. (2) kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media gambar siswa kelas VIII-B dengan nilai rata-rata 65,79 termasuk dalam kategori cukup, artinya masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sehingga siswa harus belajar dan latihan lagi agar kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menjadi lebih baik. dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual pada kelas VIII-A dan yang menggunakan media gambar pada kelas VIII-B. Artinya penggunaan media audio visual pada kelas VIII-A lebih baik digunakan daripada penggunaan media gambar pada kelas VIII-B. Kata kunci: Menulis, Teks Persuasi, Media, Audio visual, Gambar
ANALISIS DEIKSIS PADA PERCAKAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS BENGKULU Dwiyan Sebastian; Irma Diani; Ngudining Rahayu
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.041 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10195

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis deiksis serta referennya padapercakapan mahasiswa bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah deiksis pada percakapan mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia, yaitu deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial. Sumber data dalam peneltian ini adalah percakapan mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia dalam kegiatan formal dan juga nonformal. Kegiatan formal meliputi diskusi mahasiswa pada saat perkuliahan, kegiatan informal meliputi, latihan teater, percakapan saat menunggu dosen, percakapan santai (di kantin, di kos-kosan, warung nasi, rental game). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sadap dan teknik rekam. Langkah-langkah analisis data pada penelitian ini dengan cara analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu deiksis yang ditemukan meliputi, deiksis persona (persona pertama tunggal, persona pertama jamak, persona kedua tunggal, persona kedua jamak, persona ketiga tunggal), deiksis ruang/tempat, deiksis waktu (lampau, sekarang, medatang, deiksis wacana (anafora, katafora), deiksis sosial. Pada setiap deiksis yang ditemukan tentunya mempunyai titik pusat yang berbeda dan juga bisa berganti atau berubah, jika berada pada konteks yang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ditemukan adanya deiksis pada percakapan mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia edisi bulanMaret-April 2019. Kata kunci : Analisis, deiksis, Percakapan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEMA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS X TATA BOGA SMKN 3 KOTA BENGKULU Ririn Anggraini; Agus Joko Purwadi; Didi Yulistio
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.886 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10204

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X tataboga SMKN 3 Kota Bengkulu memperoleh nilai rata-rata 66,28. Termasuk dalam kategori cukup, karena terletak pada interval  56-69. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori cukup. Rincian kemampuan menulis puisi siswa yaitu: Tidak ada siswa siswa dalam kategori nilai sangat baik, 17 siswa termasuk dalam kategori nilai baik, 9 siswa termasuk dalam kategori nilai cukup, 6 siswa termasuk dalam kategori nilai kurang. 2 siswa termasuk dalam kategori nilai sangat kurang.Kata kunci: Kemampuan, Menulis, dan Puisi
ANALISIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ROSE IN THE RAIN KARYA WAHYU SUJANI Adi Setiawan; Emi Agustina; Yayah Chanafiah
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.054 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10112

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter tokoh utama dalam Novel Rose in the rain Karya Wahyu Sujani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data (a) Peneliti menganalisis tokoh dan penokohan pada novel Rose in the rain (b) Peneliti membentuk unsur-unsur pembangun yang terkait dengan penokohan dalam novel Rose in the rain karya Wahyu Sujani. Hasil penelitian inidikemukakan beberapa data yang diperoleh sebagai bukti hasil penelitian. Data yang disajikan pada bagian ini adalah data yang memuat tokoh dan sebagai salah satu unsur pembentuk novel tersebut. Dilihat dari peran tokoh-lokoh dalam pengembangan cerita dibedakan atas tokoh-tokoh utama dan tokoh tambahan, sedangkan jika dilihat dari fungsi penampilan tokoh dapat digolongkan ke dalam tokoh protagonis (tokoh yang kita kagumi), dan tokoh antagonis (tokoh yang menyebabkan terjadinya konflik). Tokoh utama dalam novel ini adalah Mashira Alexandra.Kata Kunci: Tokoh utama, Novel.
NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PENANGSANG LUKISAN SEMBILAN CAHAYA KARYA NASSIRUN PURWOKARTUN Yuni Astuti Nengsih; Amril Canhras; Amrizal Amrizal
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.554 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10228

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai religius di dalam novel Penangsang Lukisan Sembilan Cahaya karya Nassirun Purwokartun. Metode Yang digunakan adalah metode kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dari dialog yang dapat diamati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural untuk mengetahui struktur nilai-nilai religius dalam novel Penangsang Lukisan Sembilan Cahaya karya Nassirun Purwokartun. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius yang rekandung di dalam novel, “Ya Allah kami semohon kepadamu kebaikan, ketakwaan, dan perbuatan yang engkau ridhoi, dalam perjalanan kami ini, ya Allah mudahkanlah perjalanan kami nanti, dan jadikanlh jalan kami ini jauh terasa dekat. Ya Allah engkau adalah teman sejadi selama kami di perjalanan nanti serta lindungilah bagi harta dan keluarga yang kami tinggalkan. yaAllah kami berlindung kepadamu, dari kejadian yang menyedihkan, dari kepulangan yang mengenaskan, yang menimpa harta dan keluarga kami, Amin (PLSC,2015:109)”  menunjukkan kuasa Allah bagi kaum muslim dan seluruh umat muslim agar memberi perlindungan baginya. Dan menunjukkan suatu ucapan di dalam hati yang tidak bisa ditebak oleh umat manusia akan tetapi bisa dipahami oleh Allah yaitu do,a. Kata kunci: Nilai-nilai religius, novel Penangsang Lukisan Sembilan Cahaya
KEMAMPUAN MENYIMAK KRITIS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPA DAN IPS SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU Febri Narapadia; Didi Yulistio; Suhartono Suhartono
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.131 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10200

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menyimak kritis  dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 196 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling atau sampel acak sebanyak 25% dari jumlah populasi, yaitu 49 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menyimak kritis pidato ini di nilai dari 9 indikator, yaitu menentukan masalah, bahasa yang tidak lazim, kekeliruan atau penyebutan kata yang salah, menentukan fakta dan opini, kebiasaan-kebiasaan ujaran, menentukan masalah yang masih bersifat praduga, menentukan informasi baru dan tambahan, menentukan pokok permasalahan, dan membuat kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung rata-rata atau mean. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu adalah 58,08 dengan kategori (cukup). Bagi siswa, hendaknya lebih meningkatkan lagi dan bersemangat lagi dalam proses pembelajaran menyimak kritis. Bagi guru, hendaknya lebih menekankan menegenai pembelajaran menyimak kritis siswa.Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak, Kritis, Dengan, Media, Audio, Visual
ANALISIS FRASA PADA SURAT KABAR HARIAN RAKYAT BENGKULU Seri Melani; Supadi Supadi; Suryadi Suryadi
Jurnal Korpus Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.341 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i2.10224

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan golongan frasa endosentrik dan eksosentrik serta struktur frasa endosentrik dan eksosentrik pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung frasa endosentrik dan eksosentrik pada berita tindak kejahatan kolom Borgol surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini adalah berita tindak kejahatan kolom Borgol surat kabar Harian Rakyat Bengkulu edisi Februari 2019. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik delesi dan teknik substitusi. Hasil penelitian ini, yaitu ditemukan golongan frasa endosentrik, yaitu (1) frasa endosentrik koordinatif, (2) frasa endosentrik atributif, dan (3) frasa endosentrik apositif. Golongan frasa eksosentrik, yaitu (1) frasa eksosentrik direktif, dan (2) frasa eksosentrik non-direktif. Selain itu, struktur frasa endosentrik yang ditemukan berjumlah 15 struktur, yaitu FN/N + konj + FN/N, FV/V + konj + FV/V, FN/N + FN/N, FN/N + Dem, N + A, N + V, N + Adv, FNum/Num + FN/N, Adv + A, Adv + V, V + Adv, V + N, Adv + N, Num + kata gugus, Num + kata penggolong, FN/N (N1 + N2). Struktur frasa eksosentrik yang ditemukan berjumlah 7 struktur, yaitu struktur preposisi + FN/N, preposisi + FV/V, preposisi + FA, preposisi + nomina lokatif + FN/N, preposisi1 + FN/N + preposisi2 + FN/N, artikula + FN/N, Yang + FV. Kata Kunci: Analisis, Frasa, Harian Rakyat Bengkulu

Page 1 of 2 | Total Record : 15