cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
civicus.ummat@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 23389680     EISSN : 2614509X     DOI : https://doi.org/10.31764/civicus.
Core Subject : Social,
Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu Social, Ilmu Hukum, Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) teori pembelajaran, pengembangan pembelajaran, Penerapan pembelajaran, model-model pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan; (3) hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2: September 2017" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembeajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMPN 11 Mataram Muhammad Rifaid; Abdul Sakban
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.419 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.434

Abstract

Kurangnya memahami materi yang di berikan oleh guru dalam proses belajar mengajar PPKn. Hal ini terjadi karena dalam setiap pembelajaran guru lebih sering mengunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan hasil belajar siswa PPKn kelas VIII SMPN 11 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain yang digunakan yaitu pre eksperiment dengan desain static group comparason, dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data menggunakan tehnik analisis stastistic dengan menggunakan rumus t-tes. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh nilai rata-rata eksperimen sebesar 18,75 dengan nilai tertinggi 23 dan nilai terendah 14 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 17,91 dengan nilai tertinggi 22 dan nilai terendah 14. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t-hitung sebesar 2,350 dan t- tabel sebesar 1,671 maka karena t-hitung ≤ t-tabel maka di terima dan  ditolak. Dari hasil yang diperoleh menggunakan uji t,  sebesar 2,350 dan  1,671. Apabila  ≥  maka hipotesis diajukan diterima. Lack of understanding the material provided by the teacher in the learning process of PPKn. This happens because in each learning teacher uses the lecture method more often, so student learning outcomes are low. For this reason, we need a group learning method. The purpose of this study was to determine the effect of the learning model think talk write can improve student learning outcomes of class VIII PPKn students of 11 Public High School Mataram. The type of research used is quantitative with an experimental approach, the design used is pre experiment with a static group comparason design, using simple random sampling technique. Data collection methods use test, documentation and observation methods. Data analysis method uses stastistic analysis techniques using the t-test formula. The results of the research and data analysis obtained the experimental average value of 18.75 with the highest value of 23 and the lowest value of 14 while the average value of the control class 17.91 with the highest value of 22 and the lowest value 14. Based on the results of the t test, obtained t -count is 2,350 and t-table is 1,671 so because t-count ≤ t-table is accepted and rejected. From the results obtained using the t test, amounting to 2,350 and 1,671. If ≥ then the hypothesis is submitted.
Persepsi masyarakat Desa Bajur Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat terhadap Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa Ibrahim Ibrahim; Sri Rejeki; Sawaludin Sawaludin
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.316 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Bajur Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat terhadap Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam mengefektifkan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa di Desa Bajur Kecamatan Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Desa Bajur Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, teknik penentuan subyek penelitian adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data adalah reduksi data penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat desa Bajur terhadap pelaksanaan undang-undang Nomor 6 tahun 2014 bahwa pemahaman masyarakat  terhadap pelaksanaan undang-undang desa sudah baik walaupun sebagian pelaksanaan program-program pembangunan desa terdapat masalah adanya pelaksanaan pembangunan yang dilapangan tidak sesuai dengan rencana awal yang disepakati oleh pemerintah desa, BPD dan masyarakat setempat. Sedangkan upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk mengefektifkan undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa di desa Bajur ialah mengadakan kegiatan sosialisasi diberbagai pemerintah desa, meningkatkan pengetahuan aparatur desa melalui pelatihan keterampilan dibidang pengelolaan dan adanya tenaga pendamping yang memadai baik dari pemerintah maupun dari masyarakat.Kata Kunci: Persepsi Masyarakat; UU Desa
Implementasi Kinerja Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Muliadin Muliadin; Maemunah Maemunah; Candra Candra
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.596 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.431

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala tentang kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintah di Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan menggunakan hukum empiric dengan pendekatan normatif yuridis.Pengumpulan data dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumen kemudian analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa sudah berjalan secara optimal, hal tersebut terlihat dari kemampuan Dalam Membuat Perencanaan Pembangunan Desa, kemampuan Dalam Memberikan Pengarahan Kepada Bawahan atau Masyarakat Dalam Pelaksanaan  Pembangunan,  dan  kemampuan  Dalam  Mengambil  Keputusan Dalam   Proses   Penyelenggaraan   Pembangunan, 2) Kendala-kendala tentang kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintah di Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017 yaitu a) Persoalan Sumber Daya Manusia b) Fenomena pengalaman sistem pembangunan dari masa orde baru hingga masa reformasi saat ini masih kuat di memori masyarakat desa. Kata Kunci: Kinerja; Perangkat Desa; Penyelenggaraan Desa
Tradisi Belis dalam Perkawinan Adat Suku Weelewo Maria Lede; Zaini Bidaya; Zakaria Anshori
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.918 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.432

Abstract

AbstrakBelis merupakan tradisi yang memiliki nilai-nilai luhur dan bentuk penghargaan terhadap perempuan.Permasalahan proses tradisi belis dalam perkawinan Adat Suku Weelewo.Mengapa masyarakat Desa Sangu Ate masih mempertahankan tradisi belis dalam perkawinan. Tujuan penelitian yang peneliti kemukan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proeses tradisi belis dalam perkawinan Adat Suku Weelewo pada masyarakat Desa Sangu Ate. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Metode pengumpulan data yang digunakan ini adalah observasi, wawancara,dokumentasi yang terstruktur.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan sehingga tersusun rangkaian sistematika. Hasil penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa tradisi belis dalam perkawinana Adat Suku Weelewo pada masyarakat Desa Sangu Ate, ini terbagi yang mahal  sangat mahal dan keberlakuannya tetap wajib bagi siapa saja yang ingin menikah dengan putri-putri  yang ada dimasyarakat  Desa  Sangu Ate. Karena dengan Belis ini, mereka menganggap sebagai kesungguhan dari pria yang ingin menikahi putri-putri mereka. Masyarakat Desa  Sangu Ate masih mempertahankan Belis dalam perkawinan Suku Weelewo,selain itu Belis ini menciptakan keluarga yang kukuh hingga akhir hayat dalam ikatan keluarga yang kuat. Kata Kunci: Tradisi Belis; Perkawinan Adat Weelewo
Upaya Kepolisian Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan Yang Dilakukan Pelajar (Studi Wilayah Hukum Polres Dompu) Neneng Anggraini; Zaini Bidaya; Zedi Muttaqin
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.977 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.433

Abstract

AbstrakTujuan peneliti ini adalahuntuk mengetahui upaya kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh pelajar dan untuk mengetahui kendala yang dihadapikepolisian dalam menangani masalah tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh pelajar di Dompu.Metode penelitian menggunakan metode hukum empiris,dengan pendekatan sosiologis hukum.tehnik pengumpulan data digunakan tiga yaitu,observasi,wawancara dan dokumentasi adapun lokasi penelitian di polres Dompu.tehnik analisis data di bagi menjadi tiga yaitu,Reduksi data,Penyajian data, dan Menarik kesimpulan. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan hasil data,dapat disimpulkan bahwa upaya kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh pelajar di Dompu, yaitu melakukan penyuluhan-penyuluhan,disetiap sekolah maupun desa-desa, melakukan kerja sama dengan berbagai komponen atau lembaga yang berkaitan,sedangakn kendala yang dihadapi kepolisian, yaitu pelaku bungkam,Balai Pemasyarakatan (BAPAS) dan orang tua. Kata Kunci: Polisi; Penanggulangan; Tindak Pidana Pelajar
Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa di SMP Darul Hikmah Mataram Abrar Abrar; Komang Sundara
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2: September 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.315 KB) | DOI: 10.31764/civicus.v5i2.977

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam menumbuhkan nasionalisme adalah dengan memberikan pemahaman melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas,  bahkan sampai ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Mataram. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data berupa data kualitatif, dengan perolehan data sebagai sumber data primer melalui wawancara dan sumber data, dan data sekunder melalui dokumentasi serta catatan yang terkait. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah Mataram mampu menumbuhkan semangat nasionalisme para peserta didik. Hal ini terlihat dari kehidupan para siswa yang selalu antusias melaksanakan hari-hari besar nasional, melaksanakan upacara bendera, selalu aktif dalam kegiatan pramuka, rajin masuk sekolah, disiplin dalam kehidupan sehari-hari, rajin melaksanakan tugas yang diberikan guru. Kesadaran siswa-siswi akan pentingnya pendidikan sangat tinggi, terlihat pada saat proses belajar mengajar, jarang ada yang malas apalagi bolos. Jika ada siswa-siswi yang malas, biasanya setelah diberikan teguran dan nasihat akan sadar dengan sendirinya. One of the Government's efforts in fostering nationalism is to provide understanding through learning of citizenship education ranging from primary level to secondary school, even to the College. The purpose of this research is to know the role of civic education in cultivating a learning attitude of nationalism on a junior high school student Darul Hikmah Mataram. Research methods and approaches used is descriptive qualitative. Data collection method using observation, interview and documentation. The type of data in the form of qualitative data, with the acquisition of the data as the source of primary data through interviews and data sources, and secondary data through documentation and the related notes. Data analysis using data reduction, the presentation of data, and the verification conclusion and withdrawal. The results showed that the learning of PKn in SMP Darul Hikmah Mataram was able to foster a spirit of nationalism learners. This is apparent from the lives of the students who have always been enthusiastic about carrying out major national days, carry out ceremonial flags, always active in Boy Scout activities, diligently attend school, discipline in our daily lives, diligently perform the duties given the teacher. Awareness of the students of the importance of education is very high, visible at the time the process of teaching and learning, there are lazy much less skipping. If there are students who are lazy, usually after being given a reprimand and advice will be aware of its own.

Page 1 of 1 | Total Record : 6