cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : 1412632X     EISSN : 26146789     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 22 Documents clear
PENGARUH PINJAMAN P2P TERHADAP KREDIT PERBANKAN DI PULAU JAWA DAN LUAR JAWA SAAT PANDEMI COVID-19 Cliff Kohardinata; Jevan Andreas Talahaturusun; Anastasia Filiana Ismawati
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1771

Abstract

Covid-19 memberikan dampak bagi masyarakat, ekonomi dan sektor-sektor lain. Adanya peraturan yang diterapkan oleh pemerintah memberikan peluang munculnya tren transaksi non tunai. Platform P2P berkembang pesat di Indonesia sehingga berpotensi terjadi disrupsi proses inovasi disektor keuangan. Platform peer to peer (P2P) dapat mempertemukan pemberi dan peminjam tanpa perlu bertatap muka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pinjaman P2P terhadap kredit perbankan pada situasi Covid-19 di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data cross section dan time series di 33 provinsi selama pada periode bulan Januari-Desember 2021, sehingga pengujian pada penelitian ini menggunakan regresi panel. Hasil penelitian dengan menggunakan variabel independent penyaluran pinjaman P2P dan outstanding pinjaman P2P menunjukkan bahwa penyaluran pinjaman P2P dan outstanding pinjaman P2P tidak berpengaruh signifikan pada kredit perbankan di pulau Jawa. Sebaliknya, penyaluran pinjaman P2P dan outstanding pinjaman P2P berpengaruh signifikan positif pada kredit perbankan di luar pulau Jawa.
Peran Customer Satisfaction dalam Memediasi Service Quality dan Brand Image terhadap Customer Loyalty Super I*** di Jakarta Tommy Setiawan Ruslim; Fransisca Yulianti; Claudia Gita Hapsari; Deni Iskandar
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1775

Abstract

Kebutuhan manusia yang semakin kompleks membuat pertumbuhan bisnis ritel semakin berkembang di banyak daerah terutama di kota-kota besar. Super I*** merupakan salah satu jenis perusahaan ritel yang cukup besar di Indonesia. Super I*** berdiri sejak 1997 yang sampai saat ini sukses mengembangkan bisnisnya hingga mencapai 186 gerai yang sudah tersebar pada berbagai daerah di Indonesia. Agar dapat mengembangkan bisnisnya secara pesat maka Super I*** perlu mengupayakan loyalitas dari para pelanggan mereka. Tujuan penelitan ini untuk menganalisa pengaruh menjaga citra merek, meningkatkan kualitas pelayanan serta memberi kepuasan pada pelanggan yang akan mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Super I*** yang berada di wilayah Jakarta serta mengambil sebanyak 250 responden dengan kriteria berusia 18 tahun ke atas dan berdomisili di Jakarta. Penelitian ini juga akan menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan respondennya. Ketika seluruh data telah terkumpul maka peneliti akan menggunakan metode SmartPLS untuk mengolah data ini. Setelah penelitian dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh kualitas layanan dan juga citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, yang dimana juga kepuasan pelanggan sebagai mediasi memiliki pengaruh positif signifikan bagi kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan
The Effect of Profitability Ratios and Liquidity Ratios on Share Prices of Companies in the Consumer Goods Sector Listed on the Indonesian Stock Exchange for the 2016-2021 Period Mustofa Rahmadhani; Tiar Lina Sutingkir
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1845

Abstract

The purpose of this research is to describe the profitability ratio, liquidity ratio, and stock price, as well as to ascertain whether the current ratio, return on equity, and return on assets have any partial or simultaneous effects on stock prices. In this study, a quantitative strategy is combined with a descriptive verification method. This study's objectives include describing the profitability ratio, liquidity ratio, and stock price, as well as evaluating return on equity and return on assets' effects Using data from 60 financial reports, six years of observation were used. The findings demonstrate that both the return on equity and the return on assets In the data analysis procedure, multiple linear regression analysis and hypothesis testing are performed. The population of the study consists of the 76 consumer products businesses that are traded on the Indonesian stock exchange. Using a deliberate sampling strategy, 10 companies were found. This study's objectives include describing the profitability ratio, liquidity ratio, and stock price, as well as evaluating return on equity and return on assets' effects Six years of monitoring are used, yielding 60 financial report data. The findings indicate that while the current ratio has an impact on stock prices, return on assets and return on equity have a little impact. Return on assets, return on equity, and current ratio significantly influence stock prices of consumer products businesses listed on the Indonesia Stock Exchange between 2016 and 2021.
The Influence Perception Fund Quality Risk Health Services Against Interest in Using KB acceptor Aminatu Juhria; Hawignyo Hawignyo
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1876

Abstract

Study This aim For test And analyze about Influence Perceptions of Risk and Quality of Health Services Against Interest in Using KB acceptors at KB acceptors at Mandiri Midwife Practice Rina Listiana Karawang. This research was conducted using descriptive and verification methods, that is: gather, serve, analyze And do testing hypothesis, make conclusion And suggestion. Sample collected with using the Slovin method and non-probability sampling techniques with Engineering Sampling Purposive Sampling. With a total sample of 361 from a population of 3684 person. engineering analysis Which used that is technique analysis range scale And analysis track with help Methodof successful intervals (MSI), program computer MicrosoftExcel 2010, Microsoft Word 2010 and applications SPSS version 23 . Based on the results of the analysis that has been carried out this study proves that . The correlation coefficient between the variables Perceived Risk and Quality Service Health obtained mark as big 0.875 Which means have level correlation Which Very Strong, positive And significant between Perception Risk And Quality service health. Influence in a manner Partial Perception Risk to Interest Use as big 0.328 And Quality Service Health Which value of 0.525. So it can be stated that the Quality of Health Services is more Lots give contribution to Performance Interest Use acceptor KB compared to with Perception Risk. Influence simultaneous Quality Service Health And Perception Risk to Interest Use as big 85.3% whereas the remaining 14.7% is a variable other who does not researched.
The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions on Yamaha Motorcycles at PT. SJKM Custodian of Medan: Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepeda Motor Yamaha di PT. SJKM Titipapan Medan Wisnu Rayhan Adhitya; Vivi Suwandari C
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1880

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha di PT. SJKM Titipapan Medan. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan data sekunder dimana data dan informasi yang perlukan dengan cara membaca buku, data dari internet, skripsi maupun tesis penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan yang terdaftar di PT. SJKM Titipapan Medan selama 4 tahun terakhir, dengan populasi sebanyak 4.750 data pembelian, dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Lokasi berpengaruh terhdap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh terhdap keputusan pembelian. Hasil analisis membuktikan bahwa secara parsial Produk, Harga, Lokasi dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha di PT. SJKM Titipapan Medan. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan data sekunder dimana data dan informasi yang perlukan dengan cara membaca buku, data dari internet, skripsi maupun tesis penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan yang terdaftar di PT. SJKM Titipapan Medan selama 4 tahun terakhir, dengan populasi sebanyak 4.750 data pembelian, dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Lokasi berpengaruh terhdap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh terhdap keputusan pembelian. Hasil analisis membuktikan bahwa secara parsial Produk, Harga, Lokasi dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Tahun 2016-2021: Studi Kasus di Provinsi Daerah Istimewa Yogayakarta Imam Ma'ruf Azhari; Sitti Retno Faridatussalam
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1886

Abstract

Kemiskinan adalah suatu kondisi utama yang mana sebagai sasaran fokus perhatian pemerintah di Indonesia salah satunya kemiskinan yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dampak dari kemiskinan adalah Indonesia yang masih tergolong negara berkembang sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya pembangunan di Indonesia. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh indeks pembangunan manusia, upah minimum, produk dosmestik bruto, dan jumlah objek pariwisata terhadap kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama periode 2016-2021. Data yang dikumpulkan dengan Teknik dokumentasi yang bersumber dari website Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dianalisa menggunakan regresi data panel. Berdasarkan hasil uji Chow dan Uji Hausman model yang terpilih dalam penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa indeks pembangunan manusia dan upah minimum Kabupaten/kota berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan sedangkan produk domestik bruto dan jumlah objek wisata tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lifestyle Analysis And Factors Affecting Consumer Interest In Post Pandemi Video On Demand Netflix Subscriptions Aditya Rizki Rahmawati; Cecep Hermana
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1907

Abstract

The impact that has occurred since the presence of the Covid-19 pandemic has led to changes in people's lifestyles in carrying out their activities including carrying out their hobbies. On of the most popular activities for the public during the pandemic is watching online videos through streaming services using Video on Demand such as Netflix, which is known that Netflix is the online streaming application that is most in demand by the public as their choice of watching videos . Given this phenomenon, this study aims to analyze lifestyle and the factors that influence consumer interest in subscribing to Netflix after the pandemic. The type of research used in this study is a qualitative method by using literature/library research to obtain data and information used by researchers to analyze. The results of the study indicate that there are factors that influence consumer interest in subscribing to Netflix, namely, work, hobbies, age, gender, and individual attitude. The results of the analysis show that changes in lifestyle during the pandemic will greatly affect consumer interest in subscribing to Netflix.
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN PEMASARAN DAN MEDIA SOSIAL Jessy Liauw; Louis Utama
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1911

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Bisnis di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini juga menggunakan Kemampuan Pemasaran sebagai mediator dan Media  Sosial sebagai moderator. Populasi penelitian adalah pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) di industri makanan dan minuman. Sampel dipilih dengan menggunakan metode non-probability sampling (purposive sampling) dan terdiri dari 145 pemilik UKM di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala likert dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UKM makanan dan minuman di Tanjung Duren pada masa pandemi Covid-19. Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan Media  Sosial oleh pemilik UKM di Tanjung Duren, Kemampuan Pemasaran tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM makanan minuman di Tanjung Duren, Media Sosial tidak berpengaruh terhadap Kemampuan Pemasaran UKM makanan minuman di Tanjung Duren Duren, Media Sosial dapat memoderasi hubungan antara Orientasi Kewirausahaan dan Kemampuan Pemasaran UKM makanan dan minuman di Tanjung Duren, Media Sosial tidak mempengaruhi kinerja UKM makanan dan minuman di Tanjung Duren, Kemampuan Pemasaran dapat memediasi hubungan antara Orientasi Kewirausahaan dan kinerja UKM makanan dan minuman di Tanjung Duren, di masa pandemi Covid-19
The Effect Of Work Environment, Work Motivation, And Training On Employee Performance At PT Sanden Intercool Indonesia Jenny Juniantan; Pujiarti Pujiarti; Andy Andy
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.1924

Abstract

This research was conducted to determine the effect of work environment, work motivation, and training have on employee performance at PT Sanden Intercool Indonesia. Quantitative research is the procedure used in this thesis and used questionnaires to 134 respondents. The output of data processing using SPSS 25 obtained the is 1.9781, the for the work environment is 4,392 > 1.9781, the for work motivation is 9,221 > 1.9781 and the for training is 13,026 > 1.9781. the output of the hypothesis testing found that (127.857) > (2.67) is obtained and a significance of 0.00 < 0.05 it means Work Environment, Work Motivation, and Training has an significant influence on the performance of employees of PT Sanden Intercool Indonesia.
Analisis Pengaruh Populasi Penduduk, Upah Minimum, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Provinsi Banten Tahun 2017-2021 Bagas Aji Ramadhan; Eni Setyowati
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/pe.v21i3.2065

Abstract

Indonesia saat ini menempati urutan ke empat negara dengan penduduk terbanyak di dunia hal itu menjadikan salah satu tantangan bagi Indonesia dalam mengelola banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dikarenakan akan meningkatkan jumlah tenaga kerja dan harus dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja. Faktor utama yang menyebabkan peningkatan TPAK pada Provinsi Banten yakni jumlah penduduk dengan pertambahan jumlah penduduk di suatu wilayah dapat menjadi boomerang maupun pendukung bagi tingkat partisipasi angkatan kerja, ketika jumlah penduduk tidak dimanfaatkan dengan baik dan dikelola dengan baik maka hanya akan menambah tenaga kerja yang tidak memiliki keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi angkatan kerja diProvinsi Banten. Penelitian ini memperhatikan pengaruh produk domestic regional bruto, indeks pembangunan manusia, upah minimum kabupaten, dan jumlah penduduk terhadap penyerapan tenaga kerja di provinsi Banten selama periode 2017-2021. Dengan menggunakan alat regresi data panel. Berdasarkan penelitian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Upah Minimum Regional (UMR) berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Sementara, variabel popolasi penduduk (POP) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja(TPAK).

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 3 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 2 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 1 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 3 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 2 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 1 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 2 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 3 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 3 (2021): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 2 (2021): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 19 No. 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 3 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2020): PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Vol 18 No 1 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 2 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 1 (2018): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue