cover
Contact Name
Aria Hendrawan
Contact Email
ariahendrawan@usm.ac.id
Phone
+628112790713
Journal Mail Official
ariahendrawan@usm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang Alamat Redaksi: Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi
Published by Universitas Semarang
ISSN : 14109840     EISSN : 25808850     DOI : http://dx.doi.org/10.26623/jprt
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi ( JPRT ) is a scholarly refereed research journal that aims to promote the theory and practice of technology, innovation, and engineering management. The journal links engineering, science, and management disciplines. It addresses the issues involved in the planning, development, and implementation of technological capabilities to shape and accomplish the strategic and operational objectives of an organization. It covers not only R&D management but also the entire spectrum of managerial concerns in technology-based organizations. This includes issues relating to new product development, human resource management, innovation process management, project management, technological fusion, marketing, technological forecasting, and strategic planning. The journal provides an interface between technology and other corporate functions, such as R&D, marketing, manufacturing, and administration. Its ultimate goal is to make a profound contribution to theory development, research, and practice by serving as a leading forum for the publication of scholarly research on all aspects of technology, innovation, and engineering management.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)" : 5 Documents clear
Analisis Prediksi Kemenangan Tim Pada Game Mobile Legends Bang Bang Mengunakan Metode Naïve Bayes Classifier Aryash, Muhana Fadhillah; Hidayati, Nurtriana
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v9i1.11373

Abstract

Game online Mobile Legend: Bang Bang (MLBB) kini termasuk dalam game yang dipertandingkan di SEA Games cabang eSport. Menang atau kalah dalam sebuah permainan merupakan hal yang wajar, namun probabilitas kekalahan para player baru maupun lama akan lebih besar jika tidak memahami permainan tersebut. Penelitian ini dilakukan agar para pemain game MLBB dapat meningkatkan peluang kemenangan melalui presentase dari hasil analisis susunan tim mereka. Prediksi kemenangan pada game MLBB dianalisis menggunakan faktor faktor kemenangan dengan metode Naïve Bayes. Variabel yang digunakanpun merupakan faktor dasar, seperti ability effect, durability, offense, dan difficulty. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil akurasi, presisi, dan recall menggunakan Excel sebesar 80%, 91%, dan 77% dengan 16 prediksi benar dari 20 pertandingan. Penggunaan Naïve Bayes menggunakan Excel mencapai hasil yang yang cukup memuaskan, karena akurasi yang dihitung merupakan akurasi setiap tim. Kata kunci: Game online, Mobile Legends: Bang-Bang, metode Naïve Bayes, Excel
Prediksi Kepuasan Pelanggan Aplikasi Tiktok dengan Metode Naive Bayes Classifier Widhianti, Sekar Elok; Hidayati, Nurtriana
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v9i1.11374

Abstract

Kegiatan berbelanja secara online telah merajalela dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu platform yang menyediakan layanan belanja online atau e-commerce adalah aplikasi TikTok. TikTok merupakan media sosial untuk menciptakan video dengan tempo pendek yang dilengkapi dengan spesial efek yang mudah digunakan. TikTok menjadi populer dikalangan masyarakat Indonesia setelah terciptanya fitur e-commerce. Namun, kini kompetisi aplikasi penyedia e-commerce makin ketat. Salah satu faktor penting bagi keberlangsungan hidup suatu perusahaan adalah kepuasan pelanggan. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan yang baik akan menjadi suatu keuntungan bagi perusahaan tersebut. Maka perlu diadakan penilaian tingkat kepuasan pelanggan pada pengguna fitur e-commerce aplikasi TikTok. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja menggunakan aplikasi TikTok dengan menerapkan data mining pada metode naïve bayes. Naïve bayes merupakan algoritma data mining yang dapat menghasilkan tingkat akurasi yang baik, Indikator yang digunakan pada penelitian ini adalah biaya, kemudahan akses, kualitas produk dan harga. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari penyebaran kuesioner terhadap 100 responden yang pernah melakukan transaksi menggunakan aplikasi TikTok. Pengolahan data dilakukan secara urut berdasarkan metode knowledge discovery database dan menggunakan alat bantu RapidMiner. Tingkat akurasi yang dihasilkan dari pengolahan data tersebut adalah 85% dengan perbandingan data training dan data testing sebesar 80:20. Keywords : Kepuasan Pelanggan; Naïve Bayes; TikTok
Analisis Kelayakan Penggunaan Sistem Payroll Absenku melalui Usability Testing Putra, Jeffrey Andika; Tandianus, Yohanes Pebvikho; Wicaksono, Soetam Rizky
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v9i1.11437

Abstract

Sistem payroll merupakan komponen penting dalam operasional perusahaan, yang berfungsi untuk mengelola data karyawan dan proses penggajian. Namun, sistem ini sering menghadapi masalah usability yang dapat mengurangi efektivitas dan efisiensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan sistem payroll Absenku melalui usability testing dengan pendekatan self-testing. Metode ini melibatkan simulasi skenario pengguna untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan pengalaman pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugas utama, seperti pengelolaan data karyawan dan pengaturan payroll. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem memiliki beberapa kekurangan, termasuk kurangnya validasi pada fitur-fitur kritis, yang dapat memengaruhi integritas data. Meskipun demikian, sistem dinilai efisien dalam proses operasionalnya. Berdasarkan temuan ini, disarankan perbaikan desain antarmuka dan penambahan mekanisme validasi data. Kesimpulannya, sistem payroll Absenku memerlukan pengembangan lebih lanjut agar dapat diterapkan secara optimal dalam operasional perusahaan.
Implementasi Notion sebagai Solusi Manajemen Dokumen Digital dan Kolaborasi: Studi Kasus PT. XYZ. Vintreswari, Regina Sheren Putri; Tarigan, Ketangkasen Ekklesia Martina; Wicaksono, Soetam Rizky
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v9i1.12399

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, pengelolaan data dalam organisasi semakin penting untuk mendukung efektivitas kerja tim. Notion, sebagai aplikasi manajemen data berbasis cloud, menawarkan solusi fleksibel untuk pengelolaan tugas, proyek, dan data dalam satu platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Notion dalam konteks organisasi kecil dan dinamis. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis fitur Notion yang relevan dengan manajemen data serta pengumpulan data melalui wawancara dan survei pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Notion menawarkan fungsionalitas yang luas, kemudahan penggunaan, dan kemampuan kolaborasi yang efektif. Namun, terdapat keterbatasan terkait pengolahan dokumen berat, kontrol akses, dan ketergantungan pada koneksi internet yang stabil. Kesimpulannya, Notion merupakan solusi manajemen data yang efektif untuk organisasi kecil hingga menengah, meskipun ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk penggunaan di skala lebih besar.
Penerapan Model Dromey dalam Pengukuran Kualitas Sistem Manajemen Bisnis Jubelio.com Astawa, Kevin Christian Dwi Putra; Saragi, Aprizal Ferdinand; Soetam Rizky Wicaksono
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol. 9 No. 1 (2025): Mei (2025)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v9i1.12452

Abstract

Penelitian ini menganalisis kualitas perangkat lunak Jubelio.com menggunakan model Dromey, dengan fokus pada atribut fungsional dan non-fungsional seperti efisiensi, maintainability, dan correctness. Hasil analisis menunjukkan bahwa Jubelio efektif dalam mengelola operasional bisnis, terutama dalam sinkronisasi stok otomatis antar toko dan gudang, yang secara signifikan mengurangi redundansi input data. Arsitektur berbasis cloud memungkinkan pembaruan sistem otomatis tanpa mengganggu operasional pengguna, meningkatkan maintainability. Integrasi API WhatsApp sebagai contoh external correctness menunjukkan kemampuan sistem dalam berinteraksi dengan layanan eksternal untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Meskipun demikian, terdapat area yang perlu diperbaiki, khususnya terkait keandalan sistem. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman pengukuran kualitas perangkat lunak dan penerapan model Dromey pada platform manajemen bisnis terpadu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5