cover
Contact Name
Prima Utama Wardoyo Putro
Contact Email
primautama28@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
capital@unipma.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
CAPITAL: JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN
ISSN : 25989022     EISSN : 25989618     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen published by Universitas PGRI Madiun with regitered number ISSN: 2598-9022 (Print) and 2598-9618 (Online), which published twice a year on September and March.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023)" : 12 Documents clear
ANALISIS RISIKO KEUANGAN DAN PROFITABILITAS EMITEN SEKTOR KESEHATAN DI BEI Aam Aminah; Ambardi Ambardi
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.16983

Abstract

Dalam setiap aktivitas bisnis selalu ada risiko. Salah satu risiko yang dihadapi perusahaan adalah risiko keuangan. Risiko keuangan adalah segala bentuk keputusan yang berkaitan dengan keuangan yang menimbulkan kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko perusahaan dari sisi risiko keuangan dan pengaruhnya terhadap profitabilitas emiten Kesehatan di BEI. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan model regresi data panel. Populasi penelitian ini adalah  emiten  sektor kesehatan  yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Kriteria yang dipilih dalam penentuan sampel adalah Emiten sektor kesehatan yang terdaftar di BEI sejak tahun 2019-2022, Emiten menyampaikan laporan keuangan 31 desember secara rutin selama  4 tahun. Variabel  independen dalam penelitian ini adalah Current Rasio (X1), Debt to Asset Ratio (X2). Variabel dependen yang digunakan dalam peneitian ini adalah Return On Asset (Y). Dalam peneltian ini dilakukan pengujian pemilihan model terlebih dahulu  dengan menggunakan uji chow dan uji Hausman. Chow Test dilakukan untuk membandingkan model mana yang terbaik antara Common Effect Model (CEM) dan Fixed Effect Model (FEM). Hasil temuan penelitian ini adalah Variabel liquiditas (CR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas (ROA) emiten sektor kesehatan.di bursa efek Indonesia dan Variabel solvabilitas (DAR) juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA pada emiten sektor kesehatan di bursa efek indonesia. Kata Kunci :  Risiko keuangan, Profitabilitas, Sektor Kesehatan
STUDI EXPLANATORY OJEK ONLINE DI KOTA MALANG: STRATEGI BISNIS GRABBIKE UNTUK MENARIK KONSUMEN MAHASISWA Ilham Mito Nugroho; Khofifatu Rohmah Adi; Agung Wiradimadja
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.15518

Abstract

Abstract: Keberadaan transportasi online dapat memunculkan berbagai peluang usaha, salah satunya adalah jasa GrabBike. Untuk memasarkan jasanya, GrabBike menggunakan beberapa strategi pemasaran di antaranya adalah produksi, tempat, harga, pelayanan, dan promosi. Tujuan riset ini untuk memperoleh karakteristik mahasiswa pengguna jasa GrabBike, dan menganalisis ada atau tindaknya pengaruh harga, pelayanan, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian jasa GrabBike oleh mahasiswa. Riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Selanjutnya jumlah sampel ditentukan dengan rumus Isac Michel dan didapatkan sebanyak 138 responden. Teknik untuk mendapatkan data menggunakan kuesioner melalui metode penilaian skala Likert. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Teknik untuk menganalisis yang dipakai dalam riset ini adalah analisis data deskriptif serta analisis regresi linear berganda. Hasil riset memaparkan karakteristik mahasiswa pengguna jasa GrabBike dapat dilihat dari jenis kelamin, tempat tinggal dan uang saku mereka per bulan. Sedangkan nilai hasil analisis yang didapatkan berupa nilai signifikansiharga (0,023), pelayanan (0,000), dan promosi (0,000). Berdasarkan hasil tersebut seluruh variabel memiliki nilai signifikansi < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan secara parsial terdapat adanya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Sedangkan hasil nilai pengujian simultan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berati terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas secara simultan terhadap varibel terikat oleh mahasiswa di Kota Malang.
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAIN SASAMBO DI MUTMAINAH KOTA BIMA Ovriyadin Ovriyadin; Hardian Reza Dharmansyah; Indra Darmawansyah
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.16987

Abstract

: When consumers buy the same product at a higher price and then find the same product at a lower price, it will certainly affect their purchasing decision. Apart from the price factor, the product quality factor as seen from the attractive product design will influence consumer purchasing decisions. If the quality of a product meets the needs and desires of consumers, then consumers will not care about the price given or feel they will not regret the quality that has been given to buy the product and consumers who buy it for the first time find it difficult to reach locations because of the route. in the same direction. The purpose of this study was to analyze the effect of price, product quality, location on purchasing decisions, both partially and simultaneously. The population is all consumers of mutmainah shops who have bought sasambo cloth, while the sampling technique in this study was using an accidental sampling technique, and using 96 respondents. The analysis technique used is multiple linear regression, correlation coefficient, determination test, t test and F test. The results show that: 1) Price, quality partially affect the purchasing decision at the mutmainah kota bima store, while the location has no effect on the purchasing decision. 2) Simultaneously price, quality and location affect consumer decisions at the mutmainah kota bima store
KINERJA KEUANGAN: SALES GROWTH, SUSTAINABILITY REPORT, DAN POLITICAL CONNECTION DALAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN Rahma Ivena Larissa Asianti; Liliek Nur Sulistiyowati; Ririh Anggraini Setyahety; Tri Jarwa
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.17441

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Sales Growth, Sustainability Report, dan Political Connection terhadap kinerja keuangan. Pengujian dilakukan pada 9 sampel perusahaan sektor pertambangan dan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2022. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa sales growth memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, dimensi kinerja ekonomi dalam sustainability report memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, dimensi kinerja lingkungan dan dimensi kinerja sosial dalam sustainability report tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, political connection berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan secara simultan sales growth, sustainability report, dan political connection berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan.
BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI MEDIASI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Endang Setyo Wati; Endi Sarwoko; Yuni Mariani Manik
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.15705

Abstract

The purpose of this study is to identify and analyze about (1) The effect of leadership on employee performance. (2) The influence of leadership on employee performance through organizational culture. Samples were taken using a sample proposition method. The selected respondents were employees of PT Ramayana Lestari Sentosa who had worked for more than 3 years. In this case the researchers took a sample of 170 respondents. The hypothesis of this study was tested using path analysis techniques. The results of this study indicate that leadership has a direct effect on employee performance. Organizational culture has a role in mediating the influence of leadership on employee performance significantly. Thus the role of organizational culture has an important role in improving employee performance.
PENGARUH KEPATUHAN STANDAR AKUNTASI KEUANGAN, SALAH SAJI MATERIAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP OPINI AUDIT DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021) Tifany Arcillia Geraldhine; Tri Ratnawati
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.17308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh Kepatuhan SAK, Salah Saji Material dan Kinerja Keuangan terhadap Opini Audit dengan Good Corporate Governance sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 42 data pengamatan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0 dengan pendekatan uji structural model yang terdiri dari Uji outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepatuhan SAK dan Salah saji Material berpengaruh positif dan siginfikan terhadap Opini Audit sedangkan Kinerja Keuangan tidak berpengaruh terhadap Opini Audit. Good Corporate Governance tidak dapat memediasi Kepatuhan SAK dan Salah Saji Material terhadap Opini Audit.
Bibliometric Analysis of Performance Management: Research Obstacles and Opportunities Muhammad Hanifa; Bambang Widagdo; Robert Kurniawan
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.16038

Abstract

This study presents a bibliometric analysis of publications relevant to performance management. Increased research in management has led to the emergence of a new paradigm in applying performance management systems. The researchers explore how to improve the effectiveness of the performance of companies and institutions. This bibliometric analysis research found 945 articles related to performance management using the Scopus database. The R-Studio bibliometric package is used to conduct data analysis to find trends, worldwide distribution of documents, influential journals, frequently used citations, and countries that dominate publishing articles. This study aimed to analyze articles from the Scopus database related to "Performance Management." The findings obtained in this study that the effectiveness of management lies in the organization's ability to determine goals, motivate employees to change individual behavior, and use the Balanced Score Card (BSC). This research can assist organizations in improving the effectiveness of performance management and as an illustration for future research.
APAKAH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT MEMENGARUHI INDIVIDUAL READINESS FOR CHANGE? Prima Utama Wardoyo Putro
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.17382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi dukungan organisasi bisa memberikan dampak pada kesiapan individu untuk berubah. Penelitian yang dilakukan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jawa Timur ini melibatkan 46 sampel atau seluruh populasi yang berasal dari jabatan fungsional Widyaiswara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Pengukuran variabel dukungan organisasi didasarkan pada empat dimensi, yaitu: keadilan, dukungan atasan, dan penghargaan atas kondisi kerja. Sementara untuk variabel kesiapan individu untuk berubah diukur menggunakan dimenasi kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil uji statistic yang telah dilakukan ditemukan hasil bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap kesiapan individu untuk berubah. Hasil ini membuktikan bahwa organisasi telah memberikan perhatian yang cukup baik, sehingga ketika organisasi melakukan perubahan sebagai Langkah mencapai tujuannya individu yang terlibatkan di dalamnya siap untuk mengikuti perubahan yang dilakukan organisasi.
ANALISIS SWOT DAN PEMASARAN DIGITAL STRATEGI PENINGKATAN BISNIS UMKM KREMESAN AYAM CSP SNACK Chriswardana Bayu Dewa; Lina Ayu Safitri; Wisnu Hadi
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.16242

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mengenai strategi peningkatan bisnis pada UMKM Kremesan Ayam CSP Snack yang beralamat di Jalan Candiwinangun No.7, Sardonoharjo, Ngaglik Sleman, Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa strategi peningkatan bisnis dengan melakukan analisis SWOT dan pemasaran digital. Selain analisis SWOT, peneliti juga melakukan analisa pemasaran digital untuk mengetahui keefektifan dan efesiensi pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM terhadap peningkatan penjualan. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan melakukan wawancara kepada UMKM Kremesan Ayam CSP Snack. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan melakukan perhitungan pada IFAS (Internal Factors Analysis Strategic) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Strategic). Hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis SWOT ditemukan posisi UMKM Kremesan Ayam CSP Snack berada di kuadran satu dimana UMKM Kremesan Ayam CSP Snack sedang dalam kondisi bisnis progresif. Kondisi bisnis progresif berarti UMKM Kremesan Ayam CSP Snack sedang dalam kondisi menguntungkan karena mengalami peningkatan jumlah permintaan. Hal tersebut mengakibatkan meningkatkan kepercayaan konsumen akan keamanan produk dari segi kualitas makanan. Strategi yang diterapkan pada kondisi bisnis progresif adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).Kata Kunci: Analisis SWOT, Pemasaran Digital, Strategi Bisnis, UMKM
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT ULANG MENGGUNAKAN BRILINK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI DESA SENDEN KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK Suniya Sova Ayu Lestari; Rifki Hanif
CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/capital.v7i1.17344

Abstract

One of the well-known banks in the community is BRI, which has BRILink Agent services and has spread to many regions of Indonesia. The importance of convenience can affect a person's satisfaction and also interest in reusing a banking transaction service. This study aims to examine the effect of customer satisfaction as a mediation between perceived convenience and interest in reusing BRILink services in Senden Village, Kampak District, Trenggalek Regency. This study uses a quantitative research approach with path analysis. The type of research used is causal research with observation method. Data obtained by distributing questionnaires to respondents obtained 100 samples through accidental sampling technique. Based on the results of the study it is known that indirectly perceived convenience influences repurchase intention through customer satisfaction. Meanwhile, perceived convenience does not directly affect repurchase intention

Page 1 of 2 | Total Record : 12