cover
Contact Name
ahmad gawdy prananosa
Contact Email
ahmadgawdynano@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ipm2kpeintecoms@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
ISSN : 26213249     EISSN : 26141574     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 67 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science" : 67 Documents clear
Rancang Bangun Keamanan Koneksi Pribadi Melalui Open VPN Berbasis Cloud Rahmad Milsa Pratama; Sri Wahyuni; Akhyar Lubis
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5368

Abstract

Kejahatan dunia maya mengalami peningkatan pada saat pandemi yang terjadi ditahun 2019 lalu, hampir seluruh hal dilaksanakan melalui online. Koneksi internet yang dilakukan sebagian besar masih memanfaatkan jaringan wi-fi publik. Kebiasaan menggunakan wifi publik yang terbuka sangat rentan terhadap penyadapan dari aktifitas yang kita lakukan. Jaringan Virtual Private Network merupakan upaya dalam memberikan keamanan privasi ketika berselancar di internet sehingga hampir tidak dapat dilacak. Namun, penggunaan VPN terutama yang gratis dapat memungkinkan pihak ketiga melakukan pencurian data. Pembiayaan yang tidak jelas, performa lambat, pembatasan bandwith dan masalah privasi data. Banyak alasan mengapa perlu adanya server vpn pribadi yang kita miliki sendiri dan dapat dikonfigurasi. Dukungan teknologi cloud saat ini memungkinkan untuk pembuatan vpn server secara pribadi yang menawarkan keamanan dan transparansi yang jauh lebih baik dari VPN pihak ketiga. Layanan Cloud Computing yang digunakna penulis adalah yaitu menggunakan Amazone Web Service (AWS). Tujuan dari penelelitian ini adalah menyediakan layanan vpn dengan infrastruktur secara pribadi. Infrastruktur yang akan dibangun pada penelitian ini menggunakan VPC dengan mengintegrasikan layanan lainnya seperti internet gateway, NAT gateway, elastic ip address, private subnet, EC2 dengan mengintegrasikan OpenVPN sebagai core layanan VPN. OpenVPN yang digunakan penulis adalah free lisensi dengan dua koneksi secara simultan. Hasil dari implementasi adalah infrastruktur berhasil dibangun dan menjadi solusi ketika tetap harus menggunakan jaringan wi-fi publik agar selalu tetap aman
Analisis Persediaan Pupuk Anorganik dan Organik Menggunakan Metode Pemrograman Dinamis Rahmad Fadhli; Suherman Suherman; Muhammad Isnaini Hadiyul Umam; Anwardi Anwardi; Muhammad Nur; Nazaruddin Nazaruddin
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5394

Abstract

Sistem penjualan pupuk anorganik dan organik yang sudah satu paket, menyebabkan kenaikan permintaan akan kedua jenis pupuk tersebut. Dalam kondisi aktualnya, di pengecer pupuk ini sering kali terjadi kekosongan dan penumpukan pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk jumlah dan biaya persediaan pupuk anorganik dan organik yang optimal memenuhi kebutuhan petani pada pengecer pupuk. pengolahan data dilakukan melalui metode pemrograman dinamis. Data yang digunakan yaitu data primer dan skunder selama 7 bulan mulai dari bulan januari hingga juli 2022. Hasil analisis didapatkan jumlah persediaan pupuk anorganik maupun organik yang optimal dalam memenuhi permintaan pupuk sesuai dengan periode permintaan pupuk di usaha tersebut. Biaya persediaan pupuk yang dihasilkan juga memberikan solusi yang optimal dalam memenuhi permintaan kedua jenis pupuk tersebut sesuai dengan jumlah modal dari pemilik usaha tersebut
Pemanfaatan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) dan Latent Semantic Analysis (LSA) dalam Pengembangan Chatbot E-Education. Muhammad Febrilian Zulrahman; Hermawan Syahputra
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5459

Abstract

ABSTRAK Chatbot adalah program terkomputerisasi yang bertindak seperti bahasa sehari-hari antara manusia dan bot, assisten virtual yang telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir terutama karena peningkatan dramatis di bidang-bidang seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan teknologi dasar lainnya seperti jaringan saraf dan pemrosesan bahasa alami. Tidak seperti pendidikan tradisional, e-education adalah area di mana kemungkinan teknologi baru dengan cepat dieksplorasi dan diadopsi. Ini berguna baik untuk pendidikan tatap muka maupun untuk e-learning. Itulah mengapa pentingnya platform pendidikan harus terus ditingkatkan. Di era industry 5.0 society banyak berkembang teknologi kecerdesan buatan untuk memudahkan peran manusia. AIML dengan pendekatan metode LSA dalam membangun chatbot yang berisi pendidikan tentang pengetahuan dasar tentang Islam. Dengan pengembangan Chatbot E-Education ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan terkhusus pendidikan agma islam. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu sarana interaktif dalam pengembangan chatbot dengan memanfaatkan Artificial Intelligence Markup language (AIML) dengan pendekatan Latent Semantic Analysis (LSA) yang berisikan edukasi pengetahuan dasar agama Islam. Sehingga dapat membantu dalam memberikan informasi dan edukasi seputar agama Islam. Kata Kunci: Chatbot, Artificial Intelligence, E-education
Rancang Bangun Game Edukasi Membangun Budaya Anti Korupsi Berbasis Android Yarman Yarman; Rio Septian Hardinata
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5518

Abstract

Penggunaan ponsel pintar (smartphone), Ipad, Tablet PC, dan lain sejenisnya dalam kehidupan sehari-hari kian marak. Mulai merk terkenal sampai biasa saja, dan yang canggih sampai yang sederhana kian santer digunakan. Berbagai alasan menjadi magnet bagi semua kalangan dalam penggunaanya. Ringan, mudah dibawa, praktis menjadi alasan utama pemakaiannya. Selain itu, Terdapat banyak fitur game yang tidak hanya sebagai hiburanbermain, namun sudah banyak game untuk mengasah daya pikir dan logika yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk diterima dan dipahami, Game merupakan sesuatu yang paling diminati oleh banyak kalangan, sehingga game termasuk alat yang paling mudah dimengerti dan menjadi kesenangan banyak orang. penulis mengangkat judul penelitian rancang bangun game edukasi membangun budaya anti korupsi, agar dapat mudah dipahami dan demengrti oleh banyak kalangan, budaya korupsi khususnya di indosnesia sangatlah memprihatinkan, pemerintah melalui berbagai kalangan berusaha untuk mengedukasi tentang bagaiamana membangun generasi anti korupsi, oleh karena itu penulis berusaha membantu dengan merancang game edukasi membangun budaya anti korupsi berbasis android.
Perancangan Sistem Informasi Kelompok Tani Menggunakan Design User Interface Dan User Experience Dengan Metode User Centered Design Randi Rian Putra; Nadya Andhika Putri; Sri Handayani
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5519

Abstract

Kelompok tani desa klambir lima kebun merupakan sekumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. Kelompok tani bertujuan untuk membentuk salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah perancangan website kelompok tani berdasarkan design user interface dan user experience yang sudah responsive terhadap tampilan mobile, sehingga dengan adanya perancangan ini dapat membangun sebuah website kelompok tani berdasarkan uji usability dari anggota kelompok tani di desa klambir lima kebun. Proses kegiatan dari kelompok tani di desa klambir lima kebun masih menggunakan sistem secara manual sehingga mengakibatkan banyak kegiatan dari kelompok tani yang tidak diketahui oleh masyarakat luar, hasil dari penelitian ini dapat terciptanya sebuah design website kelompok tani yang dapat membantu dalam proses mengembangkan dan menyebar luaskan kegiatan kepada masyarakat luas, sehingga kelompok tani pada desa klambir lima kebun dapat berkembang dengan baik.
Sistem Administrasi Pasien Dengan Model Webbase System Application Di Puskesmas Koto Kampar Hulu Mohd Rinaldi Amartha
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5525

Abstract

Puskesmas Koto Kampar Hulu merupakan lembaga kesehatan yang bertanggung jawab untuk mengatur pelayanan kesehatan tingkat pertama yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan, khususnya masyarakat yang ada di wilayah kerja. Puskesmas Koto Kampar Hulu memiliki beberapa permasalahan terhadap pelayanan dan administrasinya, yaitu terlalu banyak menggunakan media kertas dalam pencatatan pasien berobat, dimana sistem administrasi yang berjalan pada Puskesmas Koto Kampar Hulu belum terkomputerisasi secara administrasi. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem administrasi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan pembuatan sistem ini yaitu mempermudah dalam pencatatan berobat pasien agar dapat dikelola dengan baik. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode Webbase Aplication. Dari hasil implementasi sistem informasi administrasi Puskesmas Koto Kampar Hulu ini dapat melayani dan menunjang kinerja pelayanan terhadap masyarakat. Untuk pengembangan lebih lanjut sistem dapat di tambahkan dengan sistem informasi kepegawaian pada puskesmas Koto Kampar Hulu.
Desain UI/UX Prototipe Pembelajaran Berbasis Game Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode HCD Virdyra Tasril; Muhammad Zen; Eka Surya Fitriani; Agil Dwi Putra
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era sekarang Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah umum digunakan oleh dunia, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Proses pembelajaran bahasa inggris saat ini sudah banyak dipelajari melalui media online dalam bentuk aplikasi di smarphone pengguna ataupun pada website. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan siswa dasar disekolah kebanyakan masih dilakukan dengan cara menggunakan papan tulis dan buku sebagai media pembelajaran. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang kurang disukai para siswa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini membuat sebuah desain UI/UX untuk aplikasi pembelajaran berbasis game untuk menambah kosakata bahasa inggris dengan penerapan metode HCD (Human Centered Desain). Dimana metode HCD memiliki tiga tahapan pendekatan, yaitu inspirasi, ideation, dan implentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini dalam bentuk desain high-fidelity prototype untuk memperoleh hasil evaluasi dari pengguna atau user dari sisi tampilan user interfacenya.
Rancang Bangun Sistem E-Arsip Berbasis Web Menggunakan Metode Design Thinking Zul Haji Nasution; Akhyar Lubis; Eko Hariyanto
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5349

Abstract

Dalam sebuah instansi baik negeri maupun swasta mempunyai sumber informasi dalam instansi yang paling berpengaruh keberadaannya adalah bidang administrasi. Dengan kata lain setiap instansi tidak terlepas dari kegiatan suratmenyurat, karena surat mempunyai fungsi dan peranan penting dalam sarana. pencapaian tujuan dari instansi yang bersangkutan bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan sebagai bukti otentik atas kegiatan yangtelah dilakukan Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang Perancangan E-Arsip Berbasis Web. Perancangan website ini dibuat bertujuan mempermudah dalam proses pengarsipan surat-surat menggunakan system yang terkomputerisasi. Sistem yang dibangun dengan menggunakan PHP dan MYsQL, serta metode yang digunakan adalah Design Thinking, yang memiliki beberapa tahapan yaitu : Empaty, Difine,Ide,Prototype,Test
Analisa Sistem Informasi Inventory Menggunakan Metode Web Engineering Pada Primer Koperasi Kartika Sejahtera Amanda Lestari; Eko Hariyanto; Rio Septian Hardinata
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5516

Abstract

Sistem informasi merupakan suatu bentuk komunikasi dimana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori social. Penelitian ini merupakan pengalaman dan pengamatan dari peneliti dimana Primer Koperasi Kartika Sejahtera memerlukan kemajuan dalam proses kerja nya untuk lebih memudahkan anggota mengakses informasi. Perkembangan teknologi di bidang website yang semakin pesat, dan penggunaan internet yang semakin populer, menjadi inspirasi untuk menggunakan teknologi ini sebagai sarana dan fasilitas dalam penyediaan informasi stok barang berbasis web. Rancangan bangun dalam studi kasus ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dikembangkan dengan Visual Studio sebagai editor. Bahasa pemrograman ini dinilai mampu membuat sebuah web yang dapat diakses secara online, sehingga pengelolaan data dapat terpenuhi. Haasil penelitian menunjukan bahwa dengan rancangan bangun ini anggota dapat dengan mudah mengakses persediaan stok yang ada dalam koperasi ini. Tahap akhir adalah dengan pengujian menggunakan metode web engineering.
Sistem Informasi Pelaporan Aktivitas Wartawan Pada PT. Visual Internasional Kerinci / Media Kerinci Tv Berbasis Framework Codeigniter Rahmad Budi Utomo
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v6i1.5517

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini masa ke masa semakin canggih yang mana membuat banyak instansi perguruan tinggi berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara mengembangkan sistem informasinya menggunakan teknologi yang canggih terutama pada kegiatan penelitian dengan menggunakan bahasa pemograman berbasis framework codeigniter ini adalah salah satu sistem informasi yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya. Pada PT. Visual Internasional Kerinci / Media Kerinci TV Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi pengolahan data wartawan saat ini masih belum juga optimal, karena dalam sistem pengolahan data tersebut masih menggunakan tulisan tangan dan microsoft excel pada Media Kerinci TV Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tersebut masih banyak data yang diolah semua ini dapat membuat informasi berjalan lambat, penyimpanan berkas dalam map-map atau documen bisa menyebabkan pencarian data yang relative lama menjadi keamanan data kurang terjamin dikarenakan pencarian berkas yang dicari lembar - perlembar dapat menyebabkan kehilangan data. Pengolahan data wartwan pada PT. Visual Internasional Kerinci / Media Kerinci TV Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi seharusnya diolah menggunakan sistem komputerisasi yang cukup memadai agar laporan yang dibutuhkan mendapatkan informasi yang berguna untuk masa yang akan datang dalam mengambil keputusan

Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 5 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 3 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 1 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 6 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 4 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 2 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 1 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 2 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 2 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 2 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 1 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 1 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 2 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 1 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 2 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 1 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science More Issue