cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA
ISSN : -     EISSN : 25986341     DOI : 10.30829/algoritma
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): November 2020" : 7 Documents clear
Sistem Pakar Mengidentifikasi Minat Bakat Anak Dengan Metode Certainty Factor (Studi Kasus : Sekolah Bilingual Nasional Plus Permata Bangsa Binjai) Rusmin Saragih; Muhammad Eka
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8517

Abstract

       Banyak orang tua yang cenderung memaksakan kehendaknya ketika memilih sekolah formal ataupun non formal untuk anaknya. Dikarenakan tidak mengetahui Minat dan bakat yang dimiliki oleh anaknya. Hal ini mengekibatkan anak akan sulit untuk berkembang. Dan sulitnya menemukan psikolog anak untuk berkonsultasi juga menjadi salah satu penyebab hal ini Sistem pakar mengidentifikasi minat bakat anak dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah Php MyAdmin (MySql). Sistem pakar harus mampu bekerja dalam kondisi ketidakpastian. Dalam menghadapi masalah, sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian. Tinggi rendahnya tingkat ketidakpastian hasil identifikasi dipengaruhi oleh aturan yang tidak pasti dan jawaban pengguna. MetodeCertainty Factor yang merupakan suatu teori matematika untukmengakomodasi ketidakpastian pemikiran seorang pakar, guna mengggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang di hadapi.Hasil perhitungan diperoleh dari karakteristik yang ada, sehinggamenghasilkan identifikasi kecerdasan yang dimiliki oleh anak yaitu pada kecerdasan visual-spasial yang memiliki nilai kepastian paling kuat sebesar 99,60%. Kata Kunci : Minat, Bakat, Sistem Pakar, Certainty Factor.
Animasi Masjid Mengggunakan Software 3DS MAX naima azmi zamzahira; Yuyun Dwi Lestari; Munjiat Setiani Asih
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8453

Abstract

Masalah yang sering terjadi selama ini adalah masyarakat mengenal perencanaan pembangunan masjid menggunakan sketsa 2D, maka penulis membuat desain masjid dengan model 3D supaya objek yang dihasilkan kelihatan lebih nyata. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada pada saat ini dengan mengunakan Aplikasi 3DS Max yang dapat membuat suatu simulasi berupa Animasi. Perancangan desain masjid animasi 3D ini penulis menggunakan 2 (dua) software yaitu 3DS MAX dan Wondershare Filmora, software 3DS MAX berfungsi untuk proses pemodelan, memberi texture dan pembuatan animasi, sedangkan software Wondershare Filmora berfungsi untuk proses pengeditan animasi yang sudah dirancang dan dijadikan sebuah video serta pemberian sound sehingga menjadi tampilan yang menarik.
Analisis Minat Mahasiswa Terhadap Proses Audit Di Era Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Audit TI Chairul Rizal; Silvia Kartika; Supiyandi Supiyandi; Muhammad Zen; Muhammad Amin
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8522

Abstract

Sistem Informasi dan audit TI telah menjadi suatu keterkaitan yang sangat erat, terus berkembang dan akan terus berkembang. Disamping teknologi informasi kian bertambah pesat dan begitu juga halnya dengan audit teknologi informasi yang mengalami perubahan yang sangat signifikan terhadap proses audit di era teknologi informasi saat ini. Teknologi informasi memberikan dukungan demi pencapaian tujuan, efisiensi dan efektifitas dari sebuah proses audit organisasi. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan sistem audit yang melahirkan suatu teknik yang sangat membantu pekerjaan auditor di masa sekarang ini, yaitu Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK). Mahasiswa sistem informasi yang memiliki kesempatan dalam mempelajari audit tentu sangat memengaruhi dan mempunyai andil yang besar dalam kemajuan audit itu sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana reaksi serta minat mahasiswa sistem informasi terkait audit TI di era teknologi informasi. Menganalisis apakah minat mahasiswa terhadap audit berpengaruh kepada proses pembelajaran audit TI selama mahasiswa mengikuti pembelajaran audit TI. Kata Kunci : Audit TI, Sistem Informasi, Minat 
Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Bibit Jambu Madu Terbaik Dengan Menggunakan Metode MOORA DAN SAW agung pradana; Yuyun Dwi Lestari; Mufida khairani
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8454

Abstract

Jambu madu merupakan jambu yang memiliki tingkat kemanisan yang luar biasa. Namun tidak mudah untuk memilih bibit jambu madu yang baik dan berkualitas. Bibit jambu yang kurang bagus dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat, sehingga panen jambu madu akan terhambat dan lama untuk panen. Dengan memilih bibit jambu yang baik dan berkualitas dapat menjamin hasil yang sangat memuaskan, sehingga hasil panen tidak terlalu lama dan meningkatkan keuntungan yang lebih besar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu penjual dalam menentukan bibit jambu madu yang terbaik. Pada penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) dan metode Simple Additive Weighting (SAW). Berdasarkan hasil dari pengerjaan metode MOORA dan metode SAW didapatkan hasil yang sama dimana setiap alternatif mendapatkan urutan dan rangking yang sama dengan nilai yang berbeda.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Sparkol Dengan Menggunakan Media Internet Dalam Pembelajaran Matematika SMP Negeri 1 dan 2 Kecamatan Tanah Jawa Imeldawaty Gultom; Marto Sihombing
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8523

Abstract

Keberadaan internet dan segala fasilitas yang ada dapat memberikan pengetahuan baru ataupun menelusuri bahan ajar bagi guru sehingga internet sebagai media pembelajaran yang lebih mudah dan dapat memperkaya wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pemanfaatan  video  sparkol  sebagai  sumber belajar  bagi  Guru  matematika SMP Negeri Kecamatan Tanah Jawa. Media pembelajaran internet berbasis video sparkol dibuat dengan aplikasi videoscribe, sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian bermaksud mengembangkan media pembelajaran yang dapat diakses secara bebas di Internet. Model pembelajaran internet berbasis video sparkol yang digunakan adalah videoscribe yang bersifat terbuka dan massal. Kurikulum pembelajaran juga menyediakan seperangkat alat pembelajaran meliputi, berbagai soal,  kuis, dan bentuk- bentuk penugasan.   Langkah-langkah pelaksanaan penelitian mengikuti pola umum penelitian  ilmiah  dengan  pendekatan  berorientasi  obyek  dengan  tahapan  identification (identifikasi), analysis (analisis), design (perancangan), coding (pemrograman) dan testing (pengujian). Penelitian ini menghasilkan luaran yang ditargetkan pada hasil penelitian ini adalah berupa artikel yang akan dipublikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi. Artikel ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan ke depannya terutama dalam menemukan aturan asosiasi antar indikator pencapaian standar kompetensi yang diujikan pada mata pelajaran matematika.Kata Kunci : Internet, Media Pembelajaran, Sparkol, Video Scribe  
Perancangan Animasi 3D Sebagai Media Promosi Rumah Pada PT. Prima Inti Nusa Andrian -
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8455

Abstract

Rumah merupakan harta terbesar bagi keluarga dan merupakan tempat tinggal paling utama. Dalam mempromosikan rumah, tentunya sangat banyak media promosi yang dipakai seperti media cetak atau media elektronik. PT. Prima Inti Nusa adalah perusahaan yang bergerak dibidang properti dan pemasaran rumah. Selama ini perusahaan menggunakan media cetak sebagai media promosi yang memiliki banyak keterbatasan seperti calon pembeli tidak mengetahui informasi lebih mengenai detail rumah yang akan dibeli. Untuk  itu, dengan membuat animasi 3D sebagai media promosi rumah pada PT. Prima Inti Nusa diharapkan mampu meningkatkan penjualan. Animasi 3D ini dibuat melalui tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Proses pengerjaan animasi 3D menggunakan software Sketchup Pro 2016, Lumion 6, dan Adobe Premiere Pro CC 2015. Output yang dihasilkan berupa sebuah animasi 3D sebagai media promosi rumah pada PT. Prima Inti Nusa yang menampilkan exterior dan interior rumah.Kata Kunci : Animasi, Promosi, Animasi 3D
Perancangan Intelligent Tutoring System Sebagai Upaya Inovatif Pada Pembelajaran Algoritma dan Struktur Data Khairunnisa Khairunnisa; Nur Wulan
ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA Vol 4, No 2 (2020): November 2020
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/algoritma.v4i2.8515

Abstract

Perkembangan teknologi komputer dan informasi ikut serta dalam membantu perkembangan dan memberikan solusi permasalahan di bidang lainnya, salah satunya di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, salah satu permasalahan yang diperhatikan adalah dalam hal pembelajaran. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda untuk memahami suatu materi yang diampuhnya. Salah satunya pada mata kuliah Algoritma dan Struktur data. Yang mana mata kuliah ini adalah salah satu materi dasar yang harus dipahami untuk mahasiswa fakultas teknik dan komputer. Didalam pelajaran Algoritma dan Struktur Data memiliki berbagai macam materi dasar pemrograman yang harus dipahami dengan jumlah pertemuan kuliah yang terbatas. Hal tersebut merupakan hambatan bagi para pengajar untuk menyampaikan seluruh materi berdasarkan kemampuan dan pemahaman peserta didiknya. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah pembelajaran yang mampu membantu para peserta didik untuk belajar mandiri dengan efektif. Perkembangan IPTEK salah satu media komputer yang dimanfaatkan dalam pembelajaran saat ini. Karena media komputer sangat memberikan dampak positif bagi peserta didik yang ingin belajar mandiri. Intelligent Tutoring System (ITS) adalah suatu program aplikasi interaktif yang menerapkan metode dalam kecerdasan buatan yang dapat digunakan sebagai media penyampai informasi maupun sebagai media evaluasi dalam proses pembelajaran.Kata Kunci : Pembelajaran, Intelligent Tutoring System, Algoritma dan Struktur Data

Page 1 of 1 | Total Record : 7