cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora" : 3 Documents clear
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SPIRITUAL SISWA DI ERA DIGITAL: STUDI KASUS DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 20 PANAI HULU Ridha, Nikmatur; Sarmin, Sarmin; Lastari, Lastari; Marianti, Eli
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/attazakki.v9i2.26624

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter spiritual siswa di era digital dengan studi kasus di SMK Swasta Muhammadiyah 20 Panai Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kegiatan keagamaan sekolah yang terintegrasi dengan media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan lima strategi utama dalam membentuk karakter spiritual siswa, yaitu: (1) keteladanan di ruang digital dan nyata, (2) penanaman kedisiplinan berbasis teknologi, (3) pembiasaan ibadah dan etika digital, (4) penciptaan suasana religius yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan (5) integrasi serta internalisasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran digital. Strategi tersebut mampu menumbuhkan karakter siswa yang beriman, berakhlak mulia, serta bijak dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap model pembinaan karakter spiritual yang relevan dengan dinamika pendidikan abad ke-21.
PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEISLAMAN SISWA MIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEDAN Sahyan, Sahyan; Gotri, Sri; Fadli, Muhammad; Muttawakil, M. Alfatih
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/attazakki.v9i2.26625

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital interaktif dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan literasi keislaman siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Pendidikan Agama Islam Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, dan dokumentasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif seperti video animasi Islami, aplikasi kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring mampu meningkatkan pemahaman konsep-konsep dasar keislaman siswa, memperkuat motivasi belajar, serta menumbuhkan minat terhadap materi PAI. Selain itu, media digital interaktif juga membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, komunikatif, dan kontekstual. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sarana prasarana dan kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital interaktif dapat menjadi alternatif strategis dalam inovasi pembelajaran PAI di era digital untuk memperkuat literasi keislaman generasi muda.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI MIS IKHLASIYAH TUAMANG MEDAN Lubis, Masruroh; Suyani, Suyani; Azzahra, Marlina; Zulaika, Aida
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/attazakki.v9i2.26626

Abstract

Abstrak: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam meningkatkan karakter siswa di MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam, kepala madrasah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dilakukan melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam seluruh mata pelajaran, pembiasaan ibadah, keteladanan guru, serta kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Strategi tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial siswa. Implementasi yang konsisten dan dukungan dari seluruh warga sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam memperkuat pendidikan karakter di lingkungan madrasah.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Nilai Islami, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah, Implementasi Pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 3