cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
ISSN : 25810251     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret" : 8 Documents clear
Puncak Kejayaan Pendidikan Islam Imam Habibi Harahap
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.13292

Abstract

Dalam lintasan sejarah Islam, Pendidikan Islam mengalami kejayaan dan kegemilangan yang sangat pesat, tumbuh subur lembaga–lembaga pendidikan Islam, eksisnya majelis–majelis yang membahas berbagai ilmu pengetahuan, munculnya ulama– ulama dan ilmuwan–ilmuwan yang terintegrasi dalam dirinya sebagai seorang ilmuwan sekaligus sebagai seorang ulama,ter integrasi ilmu umum dengan ilmu agama. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu faktor dari dalam ajaran Islam itu sendiri yang mendorong manusia untuk menuntut ilmu, adanya usaha–usaha penterjemahan Ilmu pengetahuan ke dalam bahasa Arab, pemerintah atau khalifah mempunyai perhatian yang besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan tersedianya fasilitas-fasilitas yang mendukung.
PROFESI GURU SEBAGAI PANGGILAN JIWA Maulidah Anas
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.13291

Abstract

Dari sekian banyak profesi yang digeluti masyarakat, profesi guru bukanlah profesi yang menjadi harapan utama bagi sebahagian orang. Mengingat bahwa profesi guru memiliki tugas yang tidak sedikit dengan penghasilan yang tidak begitu menggiurkan bila dipandang dari segi materinya. Namunpun demikian profesi guru bukan berarti tidak bergengsi akan tetapi profesi ini memiliki nilai khusus dibandingkan dengan profesi lainnya. Karena apa? Karena apapun bentuk profesi yang ada dipermukaan bumi ini semuanya diawali pengetahuannya dari seorang guru. Hal inilah yang menjadikan profesi guru menjadi lebih mulia dan lebih berharga. Menjadi seorang guru memiliki mental yang kuat bagaikan baja adalah merupakan syarat yang tak tertulis namun harus dipunyai selain syarat-syarat lain yang tak kalah penting  seperti sabar tingkat tinggi, rela berkorban tanpa batasan dan tak kenal keluh kesah walau keadaan menuntut lebih dalam berbuat. Hal ini  akan dapat dimiliki bagi pemilik profesi guru bila profesi yang digelutinya merupakan panggilan jiwa bukan karena terpaksa atau dipaksa. Disaat sesuatu, apapun itu bila melakukannya atas kehendak hati yang tulus dan sedalam dalamnya maka akan menghasilkan sesuatu yang bernilai luar biasa dibandingkan dengan  pekerjaan yang dilakukan hanya karena sekadar memenuhi kewajiban dengan pengharapan balasan duniawi berbentuk materi saja. Saat hasil yang  baik diraih oleh seseorang yang melakukan sesuatu pekerjaan yang memang mencintai pekerjaannya dikarenakan panggilan jiwa dengan penuh tanggung jawab maka itu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi dirinya hingga untuk selanjutnya tetap berpikiran positif untuk terus dan terus memberikan yang terbaik, serta akan menganggap semua perbuatan adalah ibadah yang nantinya pasti mendapat balasan kebaikan dari sang Penguasa yakni Allah swt.Kata Kunci : Profesi, Guru, dan Mulia
Al-Kahfi di Malam Jum’at Abdi Nafi Asshidiqi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.14477

Abstract

This article discusses reading al-Khafi letter at certain times. It also contains the introduction of Surah al-Kahfi among Muslims, reading models and how Muslims interpret the reading of Surah al-Kahfi. This model uses a descriptive analysis method by collecting data in the form of readings that are in accordance with the theme of the discussion. The results showed that most Muslims read Surat al-Kahfi when on Friday, because Friday is a very noble day for Muslims. However, there is also, who read on other days. The benefits of reading Surah Al-Kahf to get a reward from Allah, then as a form of self-protection from the slander of the Antichrist, and to find peaceand serenity.
RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAM DI SEKOLAH ARIF RIO
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.13183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter dengan pendidikan moral yang digunakan di sekolah.Mencari referensi dari artikel dan sumber lain yang dianggap relevan.Untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu diperhatikan beberapa hal: Jasmani non fisik dan terpadu pendidikan (akal, qalb, nafs) dan keterampilan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Tujuannya di sini adalah untuk meningkatkan integrasi pengetahuan. Manfaatkan pelajaran tentang teknik globalisasi, teknik pembelajaran jarak jauh, penggunaan komputer, internet, panggilan konferensi, dan banyak lagi. Serta memperluas jaringan kerjasama internasional. 
KONSEP PESERTA DIDIK DALAM ALQURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ERA DIGITAL Neng Nurcahyati Neng
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.13386

Abstract

Education is a direction or guidance given to students, which is adjusted to their physical and spiritual development towards the stage of maturation. Essentially, the concept of Islamic education in the digital era can never be separated from the role of an educator who truly gives all his knowledge so that students can develop their morals well, and that is of course based on the guidance of the Qur'an and Hadis. With regard to the topics discussed, this research is classified as literature research, in which all data processing is analyzed interactively, and is supported by a variety of accurate educational literature. As for in this study, there are several findings, namely (1) students in the Koran occupy the most important position in Islamic education, namely not only subjects but objects in the implementation of the development of Islamic education in the digital era, (2) characteristics of students in the perspective of Islamic education in the digital era including, have a sanctity of soul, are not arrogant towards knowledge, respect educators, have independence in learning, discipline, and have responsibilities as a student, (3) further discussion regarding the concept of students and their implications for Islamic education in the digital era is basically always related to the development of materials, curriculum and development of other teaching materials that make students continue to hone their knowledge, especially in the field of Islamic education.
HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN HYBRID DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH SDAM PRODI PTIK Maisa Rahmatika
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.15000

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang membuat Kurangnya minat mahasiswa untuk belajar  Banyak mahasiswa kuran paham dengan materi pembelajaran Mahasiswa yang dapat shift online merasa terabaikan pada mahasiswa IAIN BUKITTINGGI.Jenis Penleitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif Assosiatif metode yang digunakan metode Korelasi Berdasarkan hasil penelitian tentang korelasi persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar pada mata pelajaran SDAM prodi PTIK di IAIN Bukittingg yang telah diuraikan Untuk korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar siswa memiliki korelasi positif dan signifikan yaitu sebesar 0,557. Hal ini membuktikan bahwa terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran SDAM pada prodi PTIK.Koefisien determinasi yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah sebesar 29.9%, artinya besar sumbangan (kontribusi) dari persepsi mahasiswa terhadap hasi belajar sebesar 31,02% dan sisanya sebesar 70.168,98% disebabkan oleh faktor lain. untuk mengetahui signifikasi dari penelitian ini, maka didapatkan nilai sig Uji korelasi hitung sebesar o,00 dari yang jika dibandingkan kriteria nya yaitu nilai sig < 0,005. Artinya ada korelasi yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar pada mata pelajaran SDAM prodi PTIK IAIN Bukittinggi.    
Desain Media Pembelajaran Interaktif Komputer Jaringan Dasar Kelas X Menggunakan Powtoon di SMKN 4 Payakumbuh Rahmawati Qodri
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.14976

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain media pembelajaran interaktif komputer jaringan dasar menggunakan powtoon di SMKN 4 Payakumbuh. Hasil wawancara bersama guru mata pelajaran KomputerJaringan dasar bahwa media yang digunakan masih berupa papan tulis dan Microsoft Power Point seadanya sehingga kurangnya variasi media pada penyampaian materi.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E). Nilai uji validitas rata-rata adalah 0,89 (sangat valid), nilai tes kepraktisan rata-rata adalah 0,86 (sangat tinggi), dan rata-rata uji efektivitas adalah 0,88, sesuai dengan temuan pengujian produk yang dilakukan dengan berbagai dosen, guru, dan siswa. (sangat efektiv). Dengan demikian media pembelajaran ini bersifat valid, praktis dan efektiv untuk digunakan.
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INRERAKTIF POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN Yola Ali Sandra
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 1 (2023): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i1.14977

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah sarana dan juga alat untuk berkomunikasi antara pendidik dan juga peserta didik, untuk terlaksananya proses pembelajaran yang baik dan mencapai tujuan belajar, sehingga dengan adanya media pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan mudah untuk dicapai. Pada era globalisasi saat sekarang dimana teknologi semakin berkembang, guru dituntut untuk dapat menerapkan teknologi didalam proses pembelajaran supaya dapat tercipta pembelajaran yang menarik dan kondusif. Di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban guru sejarah kurang mengaplikasikan media pembelajaran berbasis teknologi didalam proses pembelajaran, biasanya guru hanya memakai bahan ajar, lks, ceramah, dan tanya jawab saja, dengan hal itu dalam proses pembelajaran peserta didik akan mengalami kejenuhan dan kurang semangat dalam mengikuti proses belajar dan mengajar. Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan saat sekarang ini adalah media pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint.

Page 1 of 1 | Total Record : 8