cover
Contact Name
wulandari harjanti
Contact Email
wulanadari@stiemahardhika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stiemahardhika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Media Mahardhika
ISSN : 08540861     EISSN : 24074950     DOI : -
MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide significant contribution to the development of accounting practices and accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, MEDIA MAHARDHIKA provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 1 (2017): September 2017" : 1 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL BUMI SURABAYA CITY RESORT Supartini Supartini; Novelia Asita; Yeni Ika Pratiwi
Media Mahardhika Vol. 16 No. 1 (2017): September 2017
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/mahardika.v16i1.45

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kualitas pelayanan melalui dimensi-dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) terhadap kepuasan konsumen dengan mengajukan lima hipotesis. Objek dalam penelitian ini menggunakan Hotel Bumi Surabaya dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang diperoleh menggunakan rumus 15 atau 20 kali variabel bebas (Joseph F. Hair:1998), sedangkan pengambilan sampel mengunakan metode random sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Dari hasil studi menunjukkan bahwa tidak seluruh dimensi kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dari seluruh hipotesis yang diajukan hanya 4 yang dapat dikonfirmasikan dan 1 lainnya gagal dikonfirmasikan. Kehandalan,Jaminan,Daya tanggap,Empati yang berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan Bukti langsung merupakan aspek yang harus adatetapi bukan merupakan aspek yang menentukan dalam kepuasan konsumen sehingga variabel tersebut tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh nilai koefisien determinasi terhadap variabel kepuasan konsumen adalah 51,7%, sisanya sebesar 48,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain, sehingga ada kemungkinan variabel-variabel lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen.

Page 1 of 1 | Total Record : 1