Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1: April 2018"
:
10 Documents
clear
STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARTOON CARD DENGAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III
Dina Puspitasari
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1242
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa, 2) strategi mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar Matematika antara strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III.1 dan III.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan analisis prasyarat menggunakan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: 1) tidak terdapatperbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta yang dibuktikan dengan thitung ttabel, yaitu 0,78 2,301 dan nilai probabilitas 0,938 0,05, 2) strategi pembelajaran Cartoon Cardsetarapengaruhnya dengan Course Review Horay terhadap motivasi belajar Matematikapada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta dan dibuktikan dengan skor rata-rata motivasi belajar Matematika kelas 3.1yang tidak berbeda secara signifikan dengan kelas 3.2, yaitu adalah 91,80 – 91,60 = 0,20. This study aims to determine: 1) the difference of learning motivation Mathematics between the implementation of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students, 2) Which strategy is greater influence on learning motivation Mathematics between learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students. This research is a quantitative experimental research. The population in this study were all students of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. The sampling technique used is purposive sampling. Samples taken are students of class III.1 and III.2. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data analysis technique used is t test which previously conducted prerequisite analysis using normality test. Result of data analysis with 5% significance level obtained: 1) there is no difference of learning motivation Mathematics between applying of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay at grade 3 student of SD Kleco 1 No.7 Surakarta which proved by t count ttabel, that is 0,78 2,301 and probability value 0,938 0,05,2) Cartoon Cards teaching strategy shears with Course Review Horay to motivation learn Mathematics in grade 3 of SD Kleco 1 No.7 Surakarta and proved by average score of motivation learn Mathematics class 3.1 which is not different significantly with class 3.2, ie is 91.80 - 91.60 = 0.20.
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Rusni Rusni;
Agustan Agustan
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1233
Kedisiplinan belajar merupakan hal yang penting dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Menggunakan metode ex post facto karena eksistensi dari variabel yang diteliti telah terjadi. Hasil penelitian menggunakan analisis statatistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil kedisplinan siswa adalah 72,22 dan tergolong cukup tinggi, rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 77,97 tergolong tinggi. Hasil penelitian mengunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai rhitung 0,799 lebih besar dari nilai rtabel untuk n = 36 yaitu 0,329berarti terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar yang menjadi populasi. Hasil uji signifikan dengan α 5 % diperoleh thitung7,746 lebih besar dari ttabel 1,691, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Pada hakekatnya kedisiplinan adalah hal yang dapat dilatih. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melatih kedisiplinan siswa. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membiasakan anak untuk mengaktifkan diri dengan nilai-nilai moral untuk memiliki dan mengembangkan disiplin diri. Hal ini sesuai dengan teori Shochib. Discipline learning is an important thing in learning. This study aims to find out the hubugan discipline of learning on student learning outcomes mathematics. Using the ex post facto method because the existence of the variables studied has occurred. The result of the research using descriptive statistical analysis showed that the average of disciplinary result of students was 72.22 and quite high, the average of students' mathematics learning result was 77,97 was high. The result of the research using Pearson Product Moment correlation shows the value of rs 0,799 bigger than rtabel value for n = 36 that is 0,329 mean there is influence of learning discipline to student learning result at SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar become population. Significant test results with α 5% obtained tcount 7.746 greater than t table 1.691, this means there is a significant effect of learning discipline on student learning outcomes in Elementary School Nusa Harapan Permai Makassar City. In essence, discipline is something that can be trained. This research can be a reference in training student discipline. One of the things that can be done is to familiarize children to activate themselves with moral values to own and develop self-discipline. This is in accordance with Shochib's theory.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Ahmad Ali Akbar;
Tarman Tarman
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1238
Penggunaan media gambar sangat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Karena melibatkan seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh penggunaan Media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, Karna hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sungguminasa III Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tergolong rendah dengan nilai 6,83. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan jenis one group pre test-post test design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang dikumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif jenis uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada proses pembelajaran pada hasil belajar berpengaruh. Hal ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran yaitu hanya mencapai 6,83, selanjutnya setelah menggunakan media gambar pada proses pembelajaran mencapai nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 16,35. Hal ini berarti bahwa tingkat kemampuan siswa meningkat. Pengaruh media gambar dalam proses pembelajaran diketahui pula berdasarkan hasil perhitungaan uji t. Hasil penelitian diperoleh, tHitung= 16,41 dan tTabel= 3,792 maka t Hitung ≥ tTabel atau 16,41≥ 3,792. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa penggunaan media gambar dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. The use of image media is very helpful to improve student learning outcomes, because it involves all the potential possessed by students. The purpose of this study to mengatahui effect of the use of media images of learning outcomes Indonesian, Karna student learning outcomes fourth grade SD Negeri Sungguminasa III Somba Opu District Gowa is low with a value of 6.83. The type of research used is pre experimental with type one group pre test-post test design. The technique used to collect data is a test technique. The collected data will be analyzed using descriptive statistical technique of test t-test type. The results of this study indicate that the use of image media on the learning process on learning results have an effect. This is seen in the level of students' ability before using the learning method that is only reached 6.83, then after using the media images on the learning process to reach the average value obtained for 16.35. This means that the level of student ability increases. The influence of image media in the learning process is also known based on the results of t test calculation. The results obtained, t = 16.41 and tTable = 3.792 then t Count ≥ tTable or 16.41 ≥ 3.792. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted. This means that the use of image media can have an effect on improving students' skills in Indonesian language.
PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET SCIENCE FOR KIDS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Tiurida Intika
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1234
Media booklet dapat dijadikan sumber belajar karena bentuknya sederhana serta menyediakan data akurat yang dapat membantu siswa memahami konsep materi. Tujuan pengembangan adalah untuk mengetahui pentingnya cara pengembangan serta efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) yang dilakukan mengacu pada teori Borg dan Gall. Data yang diambil adalah kebutuhan pengembangan booklet, kelayakan booklet, tanggapan siswa mengenai kelayakan booklet dan hasil belajar siswa melalui media booklet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan booklet. Terlihat pada penilaian validasi produk booklet dari pakar materi dan media yang memperoleh skor rata-rata 3,28 dengan kriteria sangat baik atau layak digunakan. Siswa memberikan tanggapan dan respon positif sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 9,26%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan ≥75 pada uji coba pemakaian 84,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media booklet science for kids booklet efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dikembangkan berdasarakan kebutuhan guru dan siswa. Media booklet can be used as a source of learning because it is simple and provides accurate data that can help students understand the concept of the material. The purpose of development is to know the importance of development and its effectiveness. This research is a Research and Development (R D) research which is done referring to Borg and Gall theory. The data taken is the need of booklet development, booklet feasibility, student responses about booklet feasibility and student learning outcomes through booklet media. The results showed that teachers and students responded positively to the use of booklets. Seen on the validation assessment of product booklets from material and media experts who scored an average of 3.28 with criteria very good or feasible to use. Students responded positively very well with an average score of 9.26%. While the completeness of student learning outcomes with ≥75 on the trial use 84.5%. Based on the results of the study can be concluded that the media booklet science for kids booklet effective and worthy used to improve student learning outcomes and developed based on the needs of teachers and students. Media booklet can be used as a source of learning because it is simple and provides accurate data that can help students understand the concept of the material. The purpose of development is to know the importance of development and its effectiveness. This research is a Research and Development (R D) research which is done referring to Borg and Gall theory. The data taken is the need of booklet development, booklet feasibility, student responses about booklet feasibility and student learning outcomes through booklet media. The results showed that teachers and students responded positively to the use of booklets. Seen on the validation assessment of product booklets from material and media experts who scored an average of 3.28 with criteria very good or feasible to use. Students responded positively very well with an average score of 9.26%. While the completeness of student learning outcomes with ≥75 on the trial use 84.5%. Based on the results of the study can be concluded that the media booklet science for kids booklet effective and worthy used to improve student learning outcomes and developed based on the needs of teachers and students.
APLIKASI ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GELOGOR
Mansur S
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1239
Penelitian kualitatif ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya kelas IV SD Negeri Gelogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengaplikasikan asesmen dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Gelogor sebagai suatu upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan evaluasi di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan ini diperlukan data empirik yang diperoleh dari kelas yang diberi tindakan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan evaluasi. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data di lapangan. Pengamatan dilakukan secara ongoing proses, saat guru melakukan tindakan pembelajaran IPA. Hasil yang diperoleh adalah sebelum guru melaksanakan asesmen terlebih dahulu membuat rancangan alat evaluasi bersamaan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kemudian saat pembelajaran berlangsung guru melaksanakan rancangan alat evaluasinya. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA tersebut guru berhasil melaksanakan asesmen dalam bentuk a) penilaian proses, b) portofolio, c) wawancara dan diskusi, dan d) tes formatif.
METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI VAKT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II
Fajri Basam;
Sulfasyah Sulfasyah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1235
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar melalui metode multisensori VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat komponen utama: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II sebanyak 49 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes membaca lancar siswa pada siklus I sebesar 59.32 mengalami peningkatan sebesar 77.64 dari skor maksimal 100. Sebesar 81.63% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan indikator yang ditetapkan yaitu sebesar 80% siswa mencapai KKM telah tercapai. Dengan demikian metode pembelajaran multisensori VAKT dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas II.This study is a classroom action research that aims to improve the ability to read fluently through VAKT multisensory method (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) in grade II elementary school students. The research was conducted in two cycles consisting of four main components, namely: 1) Planning, 2) Implementation of action, 3) Observation, and 4) Reflection. The subjects of the study were the second grade students of 49 students. Data collection using test and observation, while data analysis used is with descriptive quantitative data analysis. The results showed the average of the results of students' reading tests on the first cycle of 59.32 has increased by 77.64 from a maximum score of 100. A total of 81.63% of students have achieved minimal mastery criteria (KKM) in the second cycle. This indicates that the indicator set by 80% of students reaching KKM has been achieved. Thus VAKT multisensory learning method can improve the ability to read fluently grade II students. This study is a classroom action research that aims to improve the ability to read fluently through VAKT multisensory method (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) in grade II elementary school students. The research was conducted in two cycles consisting of four main components, namely: 1) Planning, 2) Implementation of action, 3) Observation, and 4) Reflection. The subjects of the study were the second grade students of 49 students. Data collection using test and observation, while data analysis used is with descriptive quantitative data analysis. The results showed the average of the results of students' reading tests on the first cycle of 59.32 has increased by 77.64 from a maximum score of 100. A total of 81.63% of students have achieved minimal mastery criteria (KKM) in the second cycle. This indicates that the indicator set by 80% of students reaching KKM has been achieved. Thus VAKT multisensory learning method can improve the ability to read fluently grade II students.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Mirnawati Mirnawati;
Muhammad Basri
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1240
Kecerdasan emosi terhadap pembelajaran matematika ada suatu kemampuan untuk mengendalikan emosi diri mengola dan mengekspresikan emosi terhadap orang lain, kecerdasan emosi sangat diperlukan untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahada pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematikapeserta didik, dan mengubah pandangan peserta didik tentang pelajaran matematika. Penelitian ini meruapakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 5 peserta didik dari tiga kelas paralel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari grafik regresi bahwa titik-titik yang tersebar mendekati garis regresi dan searah miring dengan garis regresi. Nilai koefisien determinan (r2) yang diperoleh sebesar 0,229 yang menandakan bahwa faktor kecerdasan emosional memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika sebesar 22,9% selebihnya 77,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis regresi diperoleh nilai konstan sebesar 39,993 koefisien regresi untuk vareiabel kecerdasan emosi sebesar 0,229, sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y= 39,993 + 0,229X. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dapat diambil adalah peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan lebih terampil dalam menenangkan diri dan memusatkan perhatian dalam memahamai materi pelajaran. Kegiatan ini sangat penting utamanya bagi guru untuk mengetahui keesulitan peserta didik. Hal ini sejalan dengan kemampuan guru untuk lebih mengenal karakter peserta didik.Emotional intelligence to the learning of mathematics there is an ability to control self-emotion mengola and express emotions to others, emotional intelligence is needed to understand the lessons conveyed by the teacher. This study aims to determine whether there is a positive influence between emotional intelligence on mathematics learning outcomes and students, and change the views of learners about math lessons. This research is an ex-post facto research. The subjects of this study were high school students who numbered 30 students consisting of 5 students from three parallel classes. The results of this study indicate that there is a positive influence between emotional intelligence on mathematics learning outcomes. It can be seen from the regression graph that the dots are scattered near the regression line and in the same direction with the regression line. The value of determinant coefficient (r2) obtained by 0.229 indicating that the emotional intelligence factor gives effect to the learning result of mathematics equal to 22,9% 77,1% is influenced by other factor. Regression analysis results obtained constant value of 39.993 regression coefficient for vareiabel emotional intelligence of 0.229, so obtained a simple regression equation Y = 39.993 + 0.229X. Based on these results, the conclusions can be drawn are learners who have high emotional intelligence will be more skilled in calming down and focusing attention in comprehending the subject matter. This activity is very important especially for teachers to know keesulitan learners. This is in line with the ability of teachers to be more familiar with the character of learners
PENINGKATAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER
Hasnah K;
Bahrun Amin;
Abdan Syakur;
Suardi Suardi
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1236
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut bersifat konvensional dan membuat fasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di IV SD Inpres Barang Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Menggunakan penelitian tindakan kelas (class room action research), dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Indikator kinerja KKM 70 dengan syarat ketuntasan belajar adalah 80 % .Hasil perhitunganrata ketuntasan individual pada siklus I rata-rata 65,93 dan siklus II sebesar 82,53. Hasil ini menunjukkan kenaikan skor 16,6. Berdasarkan perhitungan ketuntasan klasikal, siswa yang lulus pada siklus I sebesar 53,33% dan siklus II 93,33%, yang menunjukkan kenaikan secara signifikan sebesar 40%. Kegiatan belajar berkelompok bagi siswa merupakan upaya guru dalam mengembangkan potensi kerjasama siswa, hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran student centered learning.Indonesian language learning in schools indicates that the learning is conventional and makes it fasif. This study aims to analyze the application of numbered heads together learning (NHT) in improving student learning outcomes and activities in IV Primary Inpres of Pujananting Sub-district of Barru District. Using classroom action research, two cycles are carried out, each cycle is held for 4 meetings. Indicator of KKM 70 performance with learning completeness requirement is 80%. The result of the average calculation of individual endurance in the first cycle average 65.93 and the second cycle of 82.53. These results indicate a 16.6 increase in scores. Based on the calculation of classical completeness, students who graduated in the first cycle of 53.33% and cycle II 93.33%, which showed a significant increase of 40%. Group learning activities for students is an effort of teachers in developing the potential of student cooperation, it is in line with the concept of learning student centered learning
PEMBERIAN UMPAN BALIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PEREDARAN DARAH PADA SISWA SD
Evi Ristiana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1241
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pemberian umpan balik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) siswa pada konsep Sistem Peredaran Darah. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 1 Mapilli Kabupaten Polewali-Mandar yang terdiri atas dua kelas. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara langsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian yaitu test pilihan ganda yang dilaksanakan setelah empat kali pertemuan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik infernsial dengan uji–t. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif STAD dengan umpan balik meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 7,7 sedangkan pada siklus 1 lebih rendah dengan nilai rata-rata 6,5. Sedangkan hasil analisis statistik infernsial diperoleh nilai thitung = 10,91 ttabel = 1,96. Sehingga disimpulkan ada peningkatan hasil belajar melalui pemberian umpan balik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa.This research is a class action research that aims to improve learning outcomes through the provision of feedback on the model of cooperative learning type STAD (Student Team Achievement Division) students on the concept of Circulatory Systems. The subjects of this study were students of Class V SD Negeri 1 Mapilli Polewali-Mandar Regency consisting of two classes. Determination of research subject is done directly. This study was conducted in 2 cycles. Data were obtained by using research instrument that is multiple choice test which was conducted after four meetings. Data were analyzed by using descriptive statistic and infernal statistic with t-test. From the results of descriptive statistical analysis obtained the average value of student learning outcomes are taught by using the STAD cooperative model with feedback increased in cycle II with an average value of 7.7 while in the 1st cycle lower with an average value of 6.5. While the result of statistical analysis infernsial obtained tcount = 10,91 ttable = 1,96. So it is concluded there is an increase in learning outcomes through the provision of feedback on the model of cooperative learning type STAD students.This research is a class action research that aims to improve learning outcomes through the provision of feedback on the model of cooperative learning type STAD (Student Team Achievement Division) students on the concept of Circulatory Systems. The subjects of this study were students of Class V SD Negeri 1 Mapilli Polewali-Mandar Regency consisting of two classes. Determination of research subject is done directly. This study was conducted in 2 cycles. Data were obtained by using research instrument that is multiple choice test which was conducted after four meetings. Data were analyzed by using descriptive statistic and infernal statistic with t-test. From the results of descriptive statistical analysis obtained the average value of student learning outcomes are taught by using the STAD cooperative model with feedback increased in cycle II with an average value of 7.7 while in the 1st cycle lower with an average value of 6.5. While the result of statistical analysis infernsial obtained tcount = 10,91 ttable = 1,96. So it is concluded there is an increase in learning outcomes through the provision of feedback on the model of cooperative learning type STAD students.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK LCD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V
Abustan Abustan;
Nawir Nawir
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1237
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh media elektronik LCD terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuannya untuk mengungkapkan pengaruh media elektronik LCD terhadap prestasi penggunaan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experiment yaitu rancangan penelitian eksperimen yang hanya mempergunakan kelompok eksperimen saja, tanpa kelompok komtrol (pembanding) sampel subyek dipilih seadanya tanpa mempergunakan randomisasi. Rancangan yang digunakan adalah “One Group Design Pretest-Postest”. Pembelajaran diukur sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Jumlah populasi hanya 25 siswa. Maka dalam penentuan sampel hanya menggunakan kelompok eksperimen saja tanpa kelompok kontrol (perbandingan), subyek dipilih tanpa mempergunakan randomosasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen-instrumen yang sudah disebutkan diatas yaitu hasil ulangan harian siswa dan respon siswa/ pengisian angket siswa. Data yang dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar sebelum penggunaan media elektronik LCD (Pretest) Sekolah Dasar adalah bervariasi dengan hasil belajar rata-rata 71,4% dengan standar deviasi 7,788. Sedangkan Skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar setelah (Posttest) penggunaan media elektronik LCD Sekolah Dasar adalah bervariasi juga dengan hasil belajar rata-rata 78,84% dengan standar deviasi 7,949. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS meningkat setelah diterapkan penggunaan media elektronik LCD pada proses belajar mengajar. This research was conducted to find out the influence of LCD electronic media to the learning achievement of Social Science of Grade V Elementary School Students. The objective is to reveal the influence of LCD electronic media on the achievement of learning Social Sciences of Grade V Elementary School students. The type of research used is pre-experiment or pre-experiment research that is experimental research design which only use experiment group only, without group of controller (comparison) sample of selected subjects pickup without using randomization. The design used is "One Group Design Pretest-Posttest". Learning is measured before and after treatment. The population is only 25 students. So in the sample determination using only the experimental group alone without the control group (comparison), the subjects were selected without using randomosatio . Data collection is done by using the instruments mentioned above that are result of student's daily test and student's response / student questionnaire filling. The data collected will be analyzed qualitatively and quantitatively. The average score of students' IPS learning outcomes taught prior to the use of electronic LCD media (Pretest) Primary Schools was varied with an average learning outcome of 71.4% with a standard deviation of 7.788. While the mean score of IPS learning outcomes of students who were taught after (Posttest) use of electronic media LCD Primary School is varied also with the average learning outcome 78.84% with standard deviation of 7.949. Based on the discussion that has been described, it can be concluded that the results of IPS learning increased after applied the use of LCD electronic media on the learning process.