cover
Contact Name
faris
Contact Email
faris@yudharta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
faris@yudharta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL HERITAGE
ISSN : 20880626     EISSN : 24427365     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media cetak.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage" : 6 Documents clear
MODEL KOMUNIKASI POLITIK HOMOHETEROFILI DALAM PROYEK SUMBER AIR UMBULAN Muzaki.M.Si, Dr.Moh
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.799

Abstract

Berlarutnya pelaksanaan proyek pembangunan SPAM Umbulan ditengarai akibat adanya kesalahan daripemerintah sebagai pembuat kebijakan dan pengambil keputusan dalam memilih model komunikasipolitik. Selama kurang lebih 45 tahun, pemerintah melakukan komunikasi politik searah menggunakanmodel homofili yang bersifat atas-bawah (Top down). Pada saat pendekatan ini digeser dari modelkomunikasi homofili vertikal internal ke model homofili horisontal internal hasilnya justru berbedakarena lima pemerintah daerah yang terkait dengan proyek SPAM Umbulan yaitu: Kabupaten Pasuruan,Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik yang masing-masing sejajarhirarki birokrasinya (Pemerintah kabupaten dan kota) pada kenyataannya saling mempertahankankepentingannya sendiri. Akibatnya terjadi konflik kepentingan di internal pemerintah daerah, khususnyamenyangkut konpensasi bagi hasil dari proyek tersebut. Konflik ini kemudian dapat diredam melaluimodel komunikasi homofili vertikal internal melalui intervensi kebijakan dari pemerintah pusat atauhirarki birokrasi yang lebih tinggi. Namun model komunikasi politik ini, sempat ditolak oleh kalanganeksternal termasuk masyarakat dan para politisi di DPRD Jawa Timur. Untuk mencapai keseimbangandalam melakukan komunikasi politik, maka perlu adanya pendekatan campuran dengan memadukanmodel komunikasi politik yang bersifat bawah-atas (Bottom-up) yaitu komunikasi politik model heterofilihorisontal eksternal yang melibatkan kelompok kepentingan (Stakeholders) secara lebih luas, terbuka dandapat dipertanggungjawabkan seperti melalui Musrenbang tingkat desa sampai nasional. Selain itu perlujuga pendalaman komunikasi politik melalui FGD dengan melibatkan para ahli dari perguruan tinggi(PTN/PTS). Dengan demikian, maka dapat diperoleh sintesa baru yaitu kombinasi komunikasi politik:model homofili-heterofili (Homoheterofili), vertikal-horisontal, dan internal-eksternal.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN S.Sos.,M.AB., M.Sulhan,; Huda,S.Sos.,M.AB., Miftahul
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.800

Abstract

PT Otsuka Indonesia Unit Pabrik LVP PB periode tahun 2012 sampai 2014 cenderungmeningkat menunjukkan bahwa kinerja karyawan yang baik, sehingga menarik peneliti untukmengkaji variabel yang mempengaruhinya dari sisi Kompensasi Finansial, dan Non Finansial.Kompensasi Finansial, dan Non Finansial merupakan alat yang dapat dipergunakan olehperusahaan untuk meningkatkan motivasi dan Kinerja Karyawan. Tujuan penelitian ini untukmenguji pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi Non Finansial terhadap motivasi dankinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris dengan pendekatan positivistresearch atau pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi finansialberpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi non finansial berpengaruhsignifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi non finansial berpengaruh signifikan terhadapmotivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS TERPAAN IKLAN DALAM APLIKASI SEBUAH SMARTPHONE Fazizah,S.Sos.,M.AB., Amma
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.801

Abstract

Semakin berkembangannya era globalisasi saat ini banyak sekali dampak dari perubahan gayahidup di masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok. Perkembangan teknologi menjadisemakin canggih dan mempunyai fitur-fitur menarik di dalamnya. Termasuk salah satunyaperkembangan teknologi mobile/telepon. teknologi mobile/t4elepon yang familiar digunakan sebagianbesar masyarakat saat ini adalah telepon pintar/smartphone.Karena hal itulah tentu terdapat pengaruh positif dan negatif dari berbagai fenomena yang ada.Diantaranya semakin banyaknya karakteristik pengguna smartphone dengan berbagai macam merek danfitur-fitur yang berbeda.Dampak dari penggunaan teknologi smartphone tersebut menyebabkan sebuah candu dan rasaketergantungan akan menggunakannya, sehingga berdampak negatif. Selain berdampak positif darifenomena yang ada juga menimbulkan dampak positif bagi dunia usaha, yaitu upaya produsen dalammemasang iklan untuk memasarkan produknya di dalam aplikasi sebuah smartphone.Perubahan tingkat pemakaian/penggunaan sebuah produk komunikasi yang semakin cepatmembuat sistem komunikasi seseorang semakin berkembang sehingga sangat mempengaruhi duniaperiklanan dalam aplikasi sebuah smartphone.Dari perkembangan komunikasi yang semakin cepat menyebabkan dampak yang besar padadunia advertising pada aplikasi sebuah smartphone. Hal demikian memberikan peluang yangmenguntungkan sebuah perusahaan untuk mengiklankan produk/jasanya dalam bentuk mobileadvertisement. Iklan ini bisa ditampilkan dalam Mobile advertisement adalah sebuah iklan yang dapattampil dalam berbagai bentuk diantaranya sound, music, tulisan, model grafik, lewat terminal komunikasisebuah smartphone (N. Sott dan I. Respini : 2001)Banyak perusahaan membentuk hubungan/kerjasama secara intens denganpengusaha/pengembang sebuah aplikasi dalam smartphone yang paling banyak di download penggunadan aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna, kemudian pada aplikasi tersebut disisipkan sebuahiklan. Mobile advertisement mempunyai kelebihan diantaranya bisa melakukan one to one pemasarandan mass marketing dalam waktu yang sama (Carhm, Inter : 2002)Seiring berjalan waktu dan berkembangnya teknologi komunikasi, banyak perusahaan yangmemperhatikan efek dari pemasangan iklan di sebuah aplikasi smartphone, untuk mengetahui tingkatefektifitas strategi pemasaran produk/jasa mereka melalui pemasangan iklan dalam aplikasi sebuahsmartphone.Penelitian ini tidak lain bertujuan untuk menginvestigasi terhadap efektivitas sebuah iklan dalamaplikasi sebuah smartphone dan menginvestigasi beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi parapengguna dalam mengunakan smartphone tersebut. Diharapkan penelitian ini ke depan bisa memberikankontribusi/rekomendasi tentang beberapa kualifikasi iklan yang bagus di masyarakat.Metode survey akan diterapkan pada penelitian ini dan melihat hubungan antara beberapapengukuran tentang advertising pada aplikasi sebuah smartphone.
STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PT. PLN UPJ SUKOREJO Asy'Ari,ST., MT, SUBCHAN
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.802

Abstract

Pelayanan merupakan unsur yang sangat penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada dasarnyaposisi pelayanan ini merupakan faktor pendukung terhadap aktifitas pemasaran jasa PLN. Dalam rangka meningkatkanpelayanan penyediaan tenaga listik oleh PT PLN kepada masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya.Maka dalam hal ini PT. PLN UPJ Sukorejo melaksanakan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pelayananyang tiada henti kepada pelanggan dan secara berkesinambungan. Dalam proses penelitian ini menggunakan berbagaimetode diantaranya Metode Observasi, Interview dan Dokumentasi. Dalam pembahasan beberapa Strategi PT. PLNUPJ Sukorejo dalam meningkatkan pelayanan adalah Sosialisasi Pelayanan Tiada Henti Bayar Listrik On-Line Bank,Mitra pembayaran program pembayaran listrik on-line bank, Sosialisasi Listrik Pra Bayar (LPB), Strategi PT. PLN UPJSukrejo dalam mengatasi masalah APBN. pelayanan-pelayanan dalam mengatasi keluhan yang diberikan olehpelanggan sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Schnaars dalam Tjiptono (1998), yaitu Penanganan keluhanmemberikan peluang untuk mengubah seorang pelanggan yang tidak puas menjadi pelanggan produk perusahaan yangpuas (atau bahkan menjadi ’pelanggan yang abadi’). Maka dalam hal ini PT.PLN.UPJ Sukorejo merupakan salah satuunit pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat.
Teknologi Media Informasi Dan Komunikasi Dalam Keniscayaan Praktik Interaksi Sosial S.Sos.,M.Med.Kom, Faris,
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.803

Abstract

Penyebaran teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang pesat. Hal ini tidak laindikarenakan oleh dukungan teknologi yang semakin canggih yang mampu membawamasyarakat ke peradaban yang lebih maju.Teknologi komunikasi juga telah mengubah fungsimedium, bila semula medium hanya sebagi saluran, kini ia menjadi pesan itu sendiri. mediasebagai alat atau sarana penyampaian pesan telah memiliki fungsi yang besar dalamkehidupan masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakincepat dan semakin canggih. Namun dengan perkembangan tersebut dapat mengubah fungsidan peranan media, dimana media telah menjadi alat dari pemilik modal yang tidakmementingkan nilai-nilai dan norma-norma agama dan norma kesusilaan, yang menjadipedoman dan prinsip dalam kehidupan, sehingga diperlukannya; 1.Rekonstruksi media,2.Rekonstruksi sistem pendidikan, 3.Rekonstruksi perundangan pers.
IMPROVING VOCABULARY ABILITY BY USING GAME APPLICATION (COC) Zuhriyah, Aminatuz
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v5i1.804

Abstract

The problems of this research were how to improve vocabulary using game application (COC) andhow to motivate the students to apply it in their d English. The research was guided by a conceptualframework leading to the using game aplication through peer work to improve their motivation to speakEnglish during the process of classroom communication interaction. The research type was an actionresearch. The subject consisted of 20 students of the third grade of Islamic Elementary School DarutTaqwa in 2016-2017 academic years. The research data were collected using test (test after first treatmentand test after the second treatment), observation for collecting data on the students’ motivation inimproving vocabulary ability using series pictures. The Data on vocabulary ability using game application(COC) were analyzed using the descriptive and statistic analysis, to know the improvement in meanstudents after the first cycle and the second cycle. Based on the first cycle, the students’ average was 67.8,then, on the second treatment, the students’ average increase to be 78.8. It can conclude that teachingvocabulary using game application can improve students’ vocabulary ability.

Page 1 of 1 | Total Record : 6