cover
Contact Name
Edy Susanto
Contact Email
jurnal.staialamindpu@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.staialamindpu@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
AL-FURQAN
ISSN : 22523812     EISSN : 26212099     DOI : -
Core Subject : Education,
AL-FURQAN: Jurnal studi Pendidikan Islam adalah jurnal nasional bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017" : 5 Documents clear
Penerapan Pendekatan Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V MIN Kandai II Dompu Muh Irfan
AL-FURQAN Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.427 KB)

Abstract

Peneliti bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan pendekatan kritis untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V MIN Kandai II Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kandai II Dompu yang berjumlah 41 Orang. Hasil analisis data pada siklus I dan II yaitu: (1) hasil tes kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 66,75 % dan meningkat pada siklus II menjadi 83%; (2) Skor rata-rata aktivitas kegiatan siswa di siklus I sebesar 71,24% dan pada siklus II rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 85,21%. Dari keseluruhan hasil pada siklus II telah memenuhi criteria yang maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kritis dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Analisis Tingkat Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Geometri dan Bilangan Bulat yang Berbentuk Soal Cerita Lala Intan Komalasari
AL-FURQAN Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3071.8 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi geometri dan bentuk akar dalam bentuk soal cerita. Metode yang digunakan adalah menggunakan tes dan wawancara. Tes dilakukan kepada siswa sedangkan wawacara dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil wawancara guru menyatakan bahwa kesulitan guru dalam mengajar geometri adalah kurang tersedia media pembelajaran yang bisa menunjang pembelajaran di kelas. Sekolah pada penelitian ini menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pada materi KTSP siswa tidak mengalami kesulitan tetapi siswa kesulitan pada soal-soal K13 yang setara soal olimpiade. Selain itu kurang efektifnya penyampaian guru disebabkan kekurangan siswa dalam mempresentasikan materi pembelajaran. Selanjutnya siswa mudah lupa dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Pada materi bilangan bulat guru tidak mengalami kesulitan dalam mengajarkannya, kesulitan justru dialami oleh siswa seperti halnya pangkat negatif, pangkat tak sebenarnya, siswa juga kesulitan dalam mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat.Sedangkan hasil tes siswa menunjukkan bahwa dari semua faktor penyebab kesalahan siswa paling banyak kurang memahami soal yang diberikan terutama pada soal cerita. Selain pemahaman kemampuan mengecek kembali jawaban dengan pertanyaan juga kurang. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan penggunaan media pembelajaran yang mudah didapat
Perbedaan Hasil Belajar IPA Terpadu antara Pemberian Tugas di Awal Pembelajaran Dengan Pemberian Tugas di Akhir Pembelajaran pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Tahun Ajaran 2016-2017 Muhammad Wahyu Setiyadi
AL-FURQAN Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.409 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang di ajar dengan metode pemberian tugas di awal pembelajaran dengan pemberian tugas di akhir pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bolo sebanyak 223 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VII I sebagai kelas eksperimen kedua, dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang siswa atau 18,84% dari jumlah populasi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pre-tes kepada kedua kelas, dilanjutkan dengan pembelajaran dan di akhiri dengan memberikan post-tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata (mean) gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen pertama dengan metode pemberian tugas di awal pembelajaran mencapai 43,3, sedangkan nilai rata-rata (mean) gain pada kelas eksperimen kedua dengan metode pemberian tugas di akhir pembelajaran mencapai 38,3. Hasil uji t diperoleh t hitung­­ 2,262 dengan dk (40) α = 5% dan diperoleh t tabel sebesar 2,021, maka t hitung ≥ t tabel. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan, dimana hasil belajar siswa dengan metode pemberian tugas di awal pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pemberian tugas di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu dengan metode pemberian tugas di awal pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas di akhir pembelajaran. Sehingga peneliti berharap kepada guru agar menerapkan metode pemberian tugas di awal pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu Tahun Pelajaran 2017/2018 Nurhasanah Nurhasanah
AL-FURQAN Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.533 KB)

Abstract

Pada saat mengenalkan konsep-konsep baik-buruk, benar-salah atau menanamkan disiplin pada anak, orang tua atau guru hendaknya memberikan penjelasan tentang alasannya. Seperti (1) mengapa menggosok gigi sebelum tidur itu baik, (2) mengapa sebelum makan harus mencuci tangan, atau (3) mengapa tidak boleh membuang sampah sembarangan. Penanaman disiplin dengan disertai alasannya ini, diharapkan akan mengembangkan self-control atau self-discipline (kemampuan mengendalikan diri, atau mendisiplinkan diri berdasarkan kesadaran sendiri) pada anak. Apabila penanaman disiplin ini tidak diiringi penjelasan tentang alasannya, atau bersifat doktriner, biasanya akan melahirkan sikap disiplin buta, apalagi jika disertai dengan perlakuan yang kasar.
Komparasi Daya Matematis antara Siswa yang Diajar Melalui Strategi Pembelajaran TTW Dengan TAPPS Titi Pujiarti
AL-FURQAN Vol 6 No 1 (2017): Edisi Maret -Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.537 KB)

Abstract

The research aimed to discover the description, the difference of the improvement of Mathematical Powers of students who were taught by using cooperative learning TTW strategy TAPPS strategy to class VIII students at SMPN 26 Makassar. This research is a quasi-experimental research, using the h pretest-posttest two group design. The population in this study in a class VIII at SMPN 26 Makassar on the academic year 2016/2017 by number of 250 students. The study involved two experimental class, the class VIII 3 consisting of 28 student and class VIII 4 which consists of 28 student selected by simple random sampling. The first experimental class was treated by applying cooperative learning with TTW strategy and and the second experimental class was treated by applying TAPPS strategy. The instruments of the research were Mathematical power test, learning implementation observation sheet, and students’ activities observation sheet. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistical analysis using analysis of Multivariate Analysis of Varian (MANOVA). The results of the research showed that (1) Mathematical powers (concept understanding ability) after the implementation of cooperative learning with TTW strategy were in high category, Mathematics communication abilities were in medium category, Mathematics problem solving abilities were in high category and the improvement of Mathematical powers in high category. And Mathematical powers (concept understanding ability, Mathematics communication, and Mathematical problem solving) after the implementation of cooperative learning with TAPPS strategy were in medium category, Mathematical powers in medium category, (2) there was difference of improvement of Mathematical powers of students who were taught by using TTW strategy and TAPPS strategy. (3) there was no difference of the improvement of Mathematics concept understanding abilities who were taught by using TTW strategy and TAPPS strategy (4) there was a difference of the improvement of Mathematics communication abilities of the students who were taught by using TAPPS strategy, and (5) there was a difference of the by using TTW strategy and TAPPS strategy to class VIII students at SMPN 26 Makassar

Page 1 of 1 | Total Record : 5