cover
Contact Name
Syaiful
Contact Email
-
Phone
+6281282738786
Journal Mail Official
jrs.astonjadro@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Gedung Ir. Prijono Hardjosentono Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM 2 Kedung Badak Tanah Sareal Kota Bogor 16161
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Astonjadro
ISSN : 23024240     EISSN : 26552086     DOI : http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro
Core Subject : Engineering,
Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil adalah jurnal ilmiah dibidang teknik sipil p-ISSN : 2302-4240 dan e-ISSN : 2655-2086. Jurnal Rekayasa Sipil Astonjadro diterbitkan untuk mengapresiasi dan memberikan informasi ilmiah bagi peneliti, dosen serta para profesional. termasuk dalamnya pengembangan model dan konsep penelitian yang mengacu secara berkesinambungan. Jurnal Astonjadro diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO" : 6 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG PASAR SUKASARI BOGOR MELALUI PENDEKATAN LAIK FUNGSI BANGUNAN Lutfi, Muhamad; Syaifullah, Bagus Nurzein
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.2726

Abstract

Bangunan Gedung Pasar Sukasari mengalami penurunan fungsi bangunan, salah satunya adalah masalah struktur bangunan yang di anggap kurang layak seperti kondisi fisik bangunan dan juga elemen struktur bangunannya yang sudah banyak terdapat kerusakan-kerusakan karena melihat dari usia bangunan Gedung Pasar Sukasari sekitar 25 tahun, sehingga dianggap perlu dilakukan suatu analisis atau kajian kelayakan fisik bangunan Pasar Sukasari. Pemeriksaan kelayakan fisik bangunan Pasar Sukasari Bogor dengan cara pemeriksaan visual dan pemeriksaan kuat tekan beton berdasarkan persyaratan teknis beton yang berlaku, sehingga akhirnya didapat nilai tingkat kelayakan atau keandalan fisik bangunan Pasar Sukasari Bogor serta rekomendasi yang dapat ditindaklajuti oleh PD Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) sebagai pengelola dari bangunan Pasar Sukasari Bogor. Hasil pemeriksaan, sekitar 50 % struktur balok dan plat lantai di lantai 1 mengalami korosi pada tulangannya. Hal ini diakibatkan pelapukan pada beton. Dari segi fisik, merembesnya air pada struktur tersebut terlihat telah berlangsung cukup lama dan berulang-ulang, didapat rerata kerusakan pada balok adalah 19.5%, kerusakan pada kolom 19% dan kerusakan pada pelat adalah 20%, sehingga hal ini akan mempengaruhi kekuatan struktur bangunan. Hasil uji tekan beton menunjukan bahwa mutu beton bangunan pada lantai 2 yang berupa dak beton dimana lantai tersebut diperuntukannya untuk Pujasera, tidak memenuhi standar minimal mutu beton bagi struktur bangunan tahan gempa (>20 MPa). Hasil penilaian Keandalan Bangunan Gedung Pasar Sukasari, dimana tingkat keandalan aspek struktur adalah tidak andal dengan bobot poin 20,48 lebih kecil dari nilai 25.5 (85% x 30), maka berdasarkan UU Bangunan Gedung Nomor 28 Tahun 2002 dapat disimpulkan bahwa keandalan bangunan Gedung Pasar Sukasari Bogor masuk kategori "Tidak Andal” sehingga langkah kebijakan yang dapat diambil oleh PDPPJ adalah ada 4 (empat) opsi yaitu: (1) melakukan perbaikan; (2) melakukan perkuatan; (3) melakukan retrofitting dan (4) melakukan perombakan atau pembongkaran.
PENGARUH PERUBAHAN DIMENSI TANGKI TERHADAP DESAIN PONDASI EKSISTING TANGKI REAKTOR PILOT PLANT BIOGAS POME Yarsono, Samidi; Imamuddin, Mohammad; Suwandi, Juda; TN, Lan Marrakup; Wulandari, Ika; Hanif, Basit Al; Septinia, Eva Nur; Giman, Giman
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.2823

Abstract

Kebutuhan energi terbarukan di Indonesia sangatlah penting, saat ini sumber energi terbarukan porsinya relatif kecil. BPPT ( Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dalam kegiatannya melakukan pembangunan pilot plant Biogas Pome setara 700 kW berkerjasama dengan PTPN V (PT. Perkebunan Nusantara V) dengan sistim tangki berpengaduk secara kontinu yang mana hasil gas tersebut dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler pabrik PMKS di sei pagar. Desain pondasi tangki reaktor dengan kapasitas 2000m3, telah dilakukan dengan menggunakan perhitungan fix head dengan diameter pile 60cm type B dengan jumlah 32 pile dengan kedalaman 12m dikerjakan tahun 2018. Diameter rencana tangki reactor direncanakan berukuran 16.8m dengan ketinggian 9m, dengan beban tangki sekitar 2174.2ton. Sedangkan sekarang terjadi perubahan desain tangki dengan diameter 14m dengan ketinggian 16.8, dimana tinggi pome di 16.1m, dimana beban tangki menjadi 2639.1 ton, dimana berdasarkan koreksi tersebut, analisa pile masih memenuhi sedangkan untuk puching shear perlu di lakukan pertebalan, dimana d' sebelumnya 70cm, sekarang dibuat pile cap 1.2 m dengan d' sebesar 80 cm , dengan tebal mat 60cm.
STIFFNESS DINDING BATU BATA MENINGKATKAN KEKUATAN STRUKTUR Marwahyudi, Marwahyudi
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.2840

Abstract

ABSTRAKStiffness atau kekakuan didefinisikan besar gaya yang menggerakan benda sejauh simpangan tertentu. Pada struktur gedung milai kuat tekan, simpangan sangat mempengaruhi kekuatan gedung. Nilai kuat tekan beton bisa dihitung dilaboraturim dan untuk nilai simpangan dapat dihitung dengan aplikasi software. Pada perencana gedung dalam merencana gedung kebanyakan tidak mempertimbangkan nilai kekuatan yang disumbangkan oleh dinding batu bata. Berdasarkan observasi dilapangan terkait gedung yang terpapar gempa, banyak sekali dinding mengalami kerusakan. Kondisi ini mengambarkan bahwa dinding mendapatkan gaya sehingga mengalami kerusakan. Kerusakan  yang ada dapat terlihat maupun belum terlihat oleh penglihatan. Beberapa kerusakan dilapangan menarik untuk dianalisis terkait kerusakannya. Analisis tersebut mengunakan metode matematika matrik. Metode ini untuk mengetahui seberapa kemampuan menahan gaya lateral. Kemampuan dinding menahan gaya lateral sangat diperlukan dalam kekuatan struktur. Sehingga kemampuan dinding menahangaya lateral akan mempengaruhi kekuatan struktur. Kemampuan dinding batu bata menahan gaya lateral dinyatakan sebagai nilai  stiffness.       Kata kunci: Kekuatan struktur, gaya lateral Stiffness
ANALISIS KINERJA TRUK PENGANGKUT SAMPAH KOTA DI KECAMATAN BENOWO Anggryawan, Ferry; Mudjanarko, Sri Wiwoho; Wahyuni, Atik; Wasono, Sapto Budi
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.2883

Abstract

Semakin jauh rute pelayanan dan semakin banyak jumlah ritasi truk maka  semakin besar pula biaya operasional yang harus dikeluarkan. Lokasi penelitian ini di TPA Kecamatan Benowo dengan tujuan mengetahui sistem atau pola pengangkutan sampah serta biaya operasional kendaraan truk pengangkut sampah. Sistem pengangkutan sampah di Kecamatan Benowo menggunakan Hauled Container System (HCS) dan Stationary Container System (SCS).Dengan rata-rata jarak yang di tempuh per hari jenis kendaraan arm roll adalah 52 km/hari sedangkan jenis compactor 56 km/hari dan rata-rata kecepatan yang di tempuh per hari jenis kendaraan yang di tempuh perhari jenis kendaraan arm roll adalah 23 (km/jam)/hari sedangkan jenis compactor 20.5 (km/jam)/hari. Dari penelitian ini didapatkan biaya  Life Cycle Cost pengangkutan sampah /m3 menggunakan Arm roll lebih murah dengan biaya Rp. 18.394,5259/m3 sedangkan menggunakan comfactor Rp. 32.872,497737.281,8. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai efektifitas yang lebih besar adalah sistem HCS dan biaya angkut sampah menggunakan armroll lebih murah dibandingkan dengan comfactor..
PERENCANAAN PENINGKATAN PERKERASAN JALAN BETON PADA RUAS JALAN BABAKAN TENGAH KABUPATEN BOGOR Mubarak, Maudiawan; Rulhendri, Rulhendri; Syaiful, Syaiful
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.2694

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan mobilitasnya. Jalan Dramaga merupakan jalan di kabupaten Bogor yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, telah dilakukan pengembangan ruas jalan pada tahun 2018 yang menghubungkan jalan Dramaga dan jalan Laladon dalam rangka mengurangi kemacetan. Selain dari itu, jalan babakan tengah sebagai akses jalan menuju dramaga mengalami kerusakan akibat tidak terpeliharanya lingkungan sekitar dan buruknya saluran drainase. Telah dilakukan beberapa kali penanganan dalam perbaikan kerusakan tersebut namun hasilnya tidak sampai bertahan lama, dan rusak kembali. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penanganan yang tepat yakni dengan meningkatkan jalan menjadi perkerasan kaku (rigid pavement) yang dapat bertahan lama dan melakukan analisis geometrik jalan dalam meningkatkan arus lalu-lintas. Dalam penelitian ini, dihasilkan tebal perkerasan sebesar 25 cm dari hasil perhitungan menggunakan metode AASHTO, dengan tulangan memanjang D12-500 dan tulang melintang D12-300, dengan sambungan melintang menggunakan  dowel yang digunakan diameter 32 mm panjang 450 mm, sambungan memanjang digunakan tie bar berdiameter 16 mm, panjang 20 cm dan jarak = 100 dan hasil analisis geometrik didapatkan 1 tikungan dengan jenis full circle dengan nilai jari-jari minimum sebesar 112, 04 m.
ANALISIS TARIKAN PERGERAKAN TERMINAL PETI KEMAS KOTA BANDUNG Akbardin, Juang; Atnasari, Vanesa Desti
ASTONJADRO Vol. 9 No. 1 (2020): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i1.3012

Abstract

Kegiatan ekspor impor barang di Kota Bandung terus meningkat yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan fasilitas penunjang yang dapat mempermudah kegiatan ekspor impor. Menurut RDTRK Wilayah Pengembangan Gedebage, kegiatan pelayanan primer bidang transportasi salah satunya melalui Terminal Peti Kemas Bandung. Barang-barang dari produsen diangkut meuju Terminal peti kemas dengan menggunakan moda transportasi darat. Simpang Gedebage merupakan simpang terdekat dengan terminal peti kemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tarikan pergerakan Terminal Peti Kemas Kota Bandung ditinjau dari Simpang Gedebage Kota Bandung. Data yang dibutuhkan yaitu data kependudukan, ekonomi, dan lingkungan di sekitar Simpang Gedebage yang diperoleh dari instansi terkait. Data tersebut kemudian dimodelkan dengan metode regresi linier berganda. Volume lalulintas diperoleh dengan cara survei lalulintas pada setiap pendekat simpang. Permodelan dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Perhitungan diproyeksikan dalam 5 tahun dan 10 tahun kedepan. Hasil penelitian yaitu, estimasi tarikan pergerakan pada tahun 2018 adalah 323 kendaraan/jam, pada tahun 2023 adalah 401 kendaraan/jam, dan pada tahun 2028 adalah 478 kendaraan/jam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6