Journal of Education Action Research
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
" Vol 3, No 3 (2019)"
:
11 Documents
clear
Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Permainan Kasti Melalui Pendekatan Bermain
Sumarta, I Nyoman
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (539.349 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17373
Prasarana pembelajaran telah memenuhi kebutuhan pelaksanaan pembelajaran PJOK, namun yang menjadi ganjalan bagi Peneliti adalah belum tercapainya hasil belajar PJOK bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Mengwi sesuai dengan harapan Peneliti. Hasil tes Prasiklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 adalah 73 dan ketuntasan belajar mencapai 45,2 %. Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SD Negeri 3 Mengwi adalah kurang semangatnya anak-anak dalam mengikuti pembelajaran PJOK dan kondisi fisik siswa SD belum kuat menunjang aktivitas kegiatan PJOK. Melihat kondisi tersebut Peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan – perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan bermaindalam pembelajaran PJOK dengan mengangkat materi Permainan kasti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PJOK melalui pendekatan bermain bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Mengwi . Penelitian inii dilakukan dalam 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). observasi, (4). Refleksi/Tindakan. Hasil penelitiannya adalah: hasi lbelajar padasiklus I nilai rata-rata menunjukkan 79,3 sedangkan hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata 83,0. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pendekatan bermain dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Mengwi dengan baik.
Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik
Rahayu, Iin Puji;
Asri Hardini, Agustina Tyas
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (630.449 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17369
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar setelah menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik di kelas VA SD Negeri Cebongan 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan metode observasi dan tes, kemudian data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Pada pra siklus presentase hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan hanya sebesar 27,27%, kemudian meningkat menjadi 59,09% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 86,36% pada siklus II. Sedangkan untuk keaktifan dari pra siklus presentase siswa yang termasuk dalam kriteria aktif sebesar 22,73%, kemudian meningkat menjadi 54,55% di siklus I dan meningkat kembali menjadi 81,82 di siklus II. Peningkatan tersebut terjadi karena guru telah menerapkan model pembelajaran sesuai sintaknya dan dapat memancing siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi secara leluasa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK
Wardika, I Nyoman
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (622.565 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17377
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan permainan tradisional dapat mengatasi kejenuhan belajar PJOK siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja semester II kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penurunan kejenuhan belajar siswa dengan menerapkan permainan tradisional. Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional sangat efektif diterapkan untuk mengatasi Kejenuhan Belajar siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Rata-rata penurunan Kejenuhan Belajar siswa pada siklus I sebesar 228,41 berada pada katagori tinggi, sedangkan pada siklus II rata-rata penurunan Kejenuhan Belajar meningkat menjadi 251,30 berada pada katagori sangat tinggi. Sedangkan ketuntasan klasikal siklus I sebesar 92,59%, meningkat pada siklus II menjadi 100%
Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw
Nahgiyah, Eva;
C. Relmasira, Stefanus
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (656.205 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17370
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, pada mata pelajaran tematik tema 6 “Cita-citaku” pada kelas IV semester II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, non tes (observasi), tes, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Noborejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga sebanyak 34 peserta didik. Prosedur kegiatan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi melalui dua siklus pembelajaran, terdapat refleksi pada tindakan siklus I kemudian dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I persentase keterampilan berbicara peserta didik 70%, kemudian meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara peserta didik juga berdampak pada hasil belajar peserta didik, dimana siklus I jumlah ketercapaian hanya 71% dari jumlah peserta didik meningkat menjadi 87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 6 “Cita-citaku” peserta didik kelas IV SD Negeri Noborejo 01
Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013
Wahyu Utami, Septi;
Ardiyanto, Asep;
Wijayanti, Arfilia
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (415.354 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17371
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang nakal kepada temannya dan suka melakukan bullying, padahal di sekolah tersebut telah menerapkan pendidikan karakter melalui proses pembelajaran maupun non pembelajaran, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 siswa kelas 3A SDN Gayamsari 01 Semarang. penelitian ini difokuskan pada pembelajaran tematik tema 7 sub tema 1 dan 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket, menggunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik berjalan dengan baik, siswa sudah mampu menerapkan nilai-nilai karakter yang diajarkan, walaupun belum sepenuhnya, data presentase hasil penelitian meliputi presentase nilai karakter di RPP mencapai 38,88 %, presentase penerapan nilai karakter mencapai 55,55 %, presentase hasil observasi siswa mencapai 84, 375 %, dan presentase hasil angket mencapai 100 %
Penerapan Teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dalam Pemecahan Masalah Hubungan Interpersonal
Sukri, Made
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (519.705 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17372
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 6 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Obyek penelitian ini adalah hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2. Variabel dalam penelitian ini adalah konseling eklektif dan hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2. Instrumen penelitian ini adalah angket sosiometri. Data yang telah terkumpul dianalsis secara deskriptif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Ada 4 bentuk hubungan interpersonal pada data awal dan siklus I, yaitu kelompok I, II, III, dan IV. (2) Dengan teknik konseling eklektif dengan perilaku attending, dapat mengubah bentuk hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 6 Singaraja dimana pada data awal dan siklus I terbentuk 4 kelompok selanjutnya pada siklus II menjadi 3 kelompok. (3) Dengan konseling eklektif dengan perilaku attending dapat menurunkan jumlah siswa yang mengalami penolakan/tidak disukai; dan (4) Dengan konseling eklektif dengan perilaku attending dapat meningkatkan jumlah siswa yang diterima di dalam hubungan interpersonal pada siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 6 Singaraja.
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bali melalui Model Discovery Learning
Murtini, Ni Wayan
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (513.918 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17972
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Bali dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X JB1 SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini berupa data hasil belajar bahasa Bali yang dikumpulkan melalui tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif yaitu data dilakukan perhitungan kuantitatif dan dideskripsikan untuk memperoleh gambaran hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Bali siswa Kelas X JB1 SMKN 4 Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dari kenaikan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Bali siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 72,43 dengan ketuntasan 66%, pada siklus II 76,57 ketuntasan 83%.
Optimalisasi Penerapan Metoda Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Menganalisis Teks Prosedur
Syarifah, Syarifah
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (574.388 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17851
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peningkatan kemampuan menganalisis teks prosedur melalui penerapan metoda latiha pada siswa kelas XI, MM Semester Ganjil SMK Negeri 41 Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dimana rancangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM pada semester Ganjil yang berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara diskriftif dan hasil analisis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar siswa, terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok menganalisis teks prosedur melalui penerapan metode belajar latihan dan hasilnya adalah: pada siklus I nilai rata–rata 76,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,9%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Simpulan dalam penelitian ini: penerapan metode pembelajaran latihan terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menganalisis teks prosedur terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI.MM Semester ganjil SMK Negeri 41 Jakarta secara signifikan
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Studi Kasus untuk Meningkatan Hasil Belajar PKn
Sudarmini, Made
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (431.969 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17850
Sebagian besar siswa di kelas III SD Negeri 1 Padangbulia belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 74. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode studi kasus dengan model pembelajaran problem based instruction dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes hasil belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai 59,32 meningkat menjadi 69,77 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,18. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode studi kasus dengan model pembelajaran problem based instruction dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar mereka.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru
Suardana, Putu
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (744.89 KB)
|
DOI: 10.23887/jear.v3i3.17974
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Petak Kaja di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pelajaran permainan tolak peluru masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri 1 Petak Kaja pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,25, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,50 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,50. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45,00%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,00%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru siswa kelas VI semester II SD Negeri 1 Petak Kaja tahun pelajaran 2017/2018